, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

ANALISIS POLA DASAR ROK DAN PANTALON WANITA SERTA CARA MEMPERBAIKI POLA

ANALISIS POLA DASAR ROK DAN PANTALON WANITA SERTA CARA MEMPERBAIKI POLA


les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
ANALISIS POLA DASAR ROK DAN PANTALON WANITA SERTA CARA MEMPERBAIKI POLA

1. Pantat besar dan menonjol

Cara memperbaiki polanya sebagai berikut:
Ukur panjang tengah belakang rok pada pola, lalu ukur panjang tengah belakang badan
Hitung berapa selisih panjang tengah belakang dan panjang tengah belakang pola rok, setelah diketahui selisihnya lalu perbaiki pola rok.
Tinggi panggul pada tengah muka rok di bagi dua, lalu garis sampai sisi rokGunting garis tersebut panjangkan pola sebanyak selisih dari panjang tengah rok badan dan panjang tengah rok pada pola. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

2. Pangkal Paha Besar dan Kembung :
Mengukur lingkar panggul tidak memperhatikan besar pangkal paha maka pada bagian tersebut akan terdapat lipatan baik pada rok maupun pantalon, maka cara memperbaiki polanya :
Ukur lingkar panggul mengikuti besarnya pangkal paha, jika bagian tersebut terlalu besar maka ukur lingkar pangkal paha tersebut.
Besarkan pola pada bagian pangkal paha, jika berpengaruh ke panggul maka membesarkannya harus dari panggul


Memperbaiki Pola Pada Pangkal Paha Besar Untuk Pantalondan Bebe:

3. Lipatan Di bawah Pinggang Muka dan Belakang :
Lipatan pada rok atau pantalon dibawah garis pinggang dibagian muka dan belakang terjadi karena garis pinggang terlalu tinggi sedangkan perut dan pantat tidak besar dan rata, sehingga terdapat bagian yang tidak terisi dan jadilah lipatan. Cara memperbaiki polanya : ukur berapa besar lipatan tersebut saat rok atau pantalon sedang dipakai, turunkan garis pinggang di tengah muka dan belakang sesuai dengan besarnya lipatan yang harus dibuang. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini:

4. Bentuk Tulang Panggul Dibawah Pinggang Persegi

Tulang panggul letaknya tinggi dan bentuknya persegi, pada saat dipakai rok atau pantalon di bawah pinggang akan nampak tarikan dan nampak ketat dan sesak. Cara memperbaiki polanya :
Ukur lingkar bawah pinggang kira-kira pertengahan antara pinggang dan panggul
Besarkan pola bawah pinggang sesuai dengan ukuran yang diperlu-kan, otomatis garis pinggang pola rok akan jadi besar, untuk menye-suaikan ukuran lingkar pinggang, kelebihan ukuran pinggang bisa untuk memperbesar kup, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar pola di bawah ini:

5. Perut Besar
Perut besar harus jadi patokan dalam mengambil ukuran panggul, Pada bagian depan pinggang naik tertarik oleh perut, sehingga bawah rok akan naik. Cara memperbaiki polanya :
Ukur kembali panggul dan sesuaikan dengan besarnya perut
Kup muka harus dua agar memberi tempat pada besarnya perut
Gunting bagian tengah pola pada salah satu kup lalu kembangkan sesuai dengan ukuran panggul yang baru, sehingga kup akan menjadi besar
Garis pinggang muka harus naik dari garis pola yang ada, kup dari garis pinggang akan memberikan tempat untuk perut. Cara memperbaiki pola dapat dilihat pada gambar pola di bawah ini:

6. Pesak Pantalon bagian Depan Nampak Tarikan dan kerutan.

Bagian pesak depan pantalon nampak tarikan dan kerutan, keadaan ini terjadi karena garis lingkar pesak terlalu dalam dan sempit, sehingga pada bagian tersebut ada tarikan dan kerutan. Cara memperbaiki polanya: ukur lingkar panggul dan lingkar pesak badan lalu ukur lingkar panggul dan pesak pada pola, setelah diketahui selisihnya besarkan pola pada bagian pesak dan sedikit ke bagian paha. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini :

7. Garis dan Lipatan Pada Bagian Depan Pantalon

Mengukur lingkar panggul terlalu besar menyebabkan pantalon nampak longgar sehingga terdapat lipatan pada bagian depan pantalon. Cara memperbaiki polanya ukur lingkar panggul dengan tepat, ukur lingkar panggul pada pola pantalon lalu perbaiki polanya. Kecilkan bagian pang-gul dan pesak sampai ke lingkar paha sesuai ukuran yang diperlukan.Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar pola di bawah ini :


8. Tarikan Di bawah Pinggang Muka
Nampak tarikan di bawah pinggang ketika pantalon dipakai, hal ini terjadi karena tulang panggul bagian atas terlalu menonjol dan pada waktu mengukur bagian tersebut tidak diperhitungkan. Cara memperbaiki polanya Ukur kembali lingkar panggul lalu ukur kembali tepat pada tonjolan tulang panggul kira-kira 10 cm di bawah pinggang. Ukur pola 10 cm di bawah garis pinggang lalu besarkan pola sesuai dengan ukuran yang diperlukan dan besarkan kup untuk memberi tempat pada bagian yang menonjol. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar pola di bawah ini :

9. Bawah Pinggang Belakang Nampak Tarikan
Bagian sisi pinggang kurang naik ke atas dan tulang panggul di bawah pinggang menonjol serta pinggang belakang letaknya sangat dalam, keadaan ini tidak diperhitungkan pada waktu mengukur dan membuat pola. Cara memperbaiki pola : ukur lingkar bawah pinggang tepat pada tulang panggul yang menonjol kira-kira 10 cm di bawah pinggang. Besarkan pinggang dan naikan garis pinggang pada bagian sisi lalu besarkan kup untuk memberi tempat pada bagian yang menonjol, untuk lebih jelas lihat gambar pola di bawah ini :





0 komentar:

Post a Comment