, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jahit celana

 Jahit celana


les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
1.Pengertian celana (pant)  adalah  busana yang digunakan pada tubuh bagian bawah dimulai dari bagian pinggang dengan menggunakan dua lubang.
2.Menurut penggolongannya, celana dikelompokkan berdasarkan panjang pendeknya pipa celana dan silhouettesnya.
3.Pola celana diatas kain pembuatannya langsung dikerjakan atau digambar diatas kain pada bagian buruk kain sesuai dengan ukuran dan desain dengan menggunakan alat bantu kapur jahit atau pensil kapur atau pensil merah biru. 
4.Pembuatan pola celana diatas kain lebih hemat,  cepat dan efisien tetapi memiliki resiko kesalahan yang besar. Untuk itu dibutuhkan  latihan yang berulang-ulang.
5.Alat yang digunakan untuk membuat pola celana diatas kain adalah pita ukur, penggaris pola, kapur jahit/pensil kapur/pensil merah biru dan gunting.
6.Bahan yang digunakan untuk membuat pola celana diatas kain harus disiapkan dengan beberapa cara, yaitu  meluruskan tenunan, penyusutan bahan, melicinkan tenunan, dan melipat menurut arah lungsing.
7.Tempat yang digunakan untuk menggelar kain yang akan dibuat pola adalah meja yang kokoh, kuat dan mempunyai permukaan yang rata dan licin.
8.Ada 8 macam ukuran yang diperlukan untuk membuat pola celana diatas kain yaitu  panjang samping sampai lutut, panjang celana, lingkar pinggang, lingkar panggul, lingkar pesak atau tinggi duduk, lingkar paha, lingkar lutut dan lingkar bawah.

0 komentar:

Post a Comment