Bentuk Penataan Ada 3 bentuk display
a. Window Display
Yaitu memajangkan merchadise (barang-barang dagangan) di depan
toko yang disebut etalase. Dengan demikian konsumen atau pengunjung
dapat melihat display tanpa masuk ke dalam ruangan.
Keuntungan menggunakan window display sebagai advertensi
penghubung ialah sebagai berikut.
(1) Kemungkinan konsumen lebih mudah menerima informasi secara langsung dibanding periklanan yang lain.
(2) Konsumen lebih mudah tertarik dengan penataan yang langsung dapat dilihat.
(3) Konsumen dapat menjadi sumber informasi menyampaikan apa
yang telah dilihat.
(4) Lebih percaya terhadap informasi yang bersifat komunikatif.
b. Interior Display
Yaitu memajangkan barang dagangan di dalam toko atau di dalam
ruangan, misalnya ditata di lantai, di meja, di rak dan sebagainya.
Pada umumnya konsumen menyenangi interior display karena dapat
memberikan kesempatan lebih banyak untuk melihat, memikirkan,
memilih barang yang disenangi oleh konsumen, dan lebih
memberikan keaktifan pembeli atau konsumen untuk menentukan
pilihannya.
Interior display ini bertujuan untuk:
· Mempromosikan berbagai merchandise yang dapat
dipertimbangkan mengenai warna, harga, trend, bahan dan
sebagainya.
· Mengenalkan atau mempertunjukkan ide sebagai informasi
barang baru ataupun produk baru atau mengenalkan barang
yang akan datang.
· Sebagai ajang promosi untuk mendapatkan barang yang terbaru,
dan dapat dipesan sebelumnya.
c. Eksterior Display
Yaitu display yang dilakukan dengan memajang barang-barang di
luar toko atau di luar ruangan, misalnya di pameran, bazar dan sebagainya.
Bentuk penataan promosi semacam ini memerlukan konsentrasi
pelayanan konsumen yang lebih aktractif, dibanding bentuk penataan
lainnya, karena ruangan terbuka, dan biasanya pengunjung lebih
padat, sehingga keseriusan pengunjung untuk menentukan
pilihannya kadang-kadang dipengaruhi oleh faktor lingkungan.
0 komentar:
Post a Comment