, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tehnik Hiasan

Tehnik Hiasan

les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit

Kita mengenal berbagai macam tehnik hiasan yang erat kaitannya dengan sulaman. Dari berbagai macam jenis hiasan ( sulaman ) tidak semua dapat diterapkan dalam menghias busana karena menyangkut berbagai segi.
Untuk menghasilkan suatu desain hiasan busana yang indah dan menarik, ada hal yang dapat kita jadikan pertimbangan, diantaranya :

Untuk siapa busana yang kita buat

a.Berdasar jenis kelamin : pria dan wanita
Desain hiasan pada busana pria lebih sederhana, baik bentuk, warna maupun bahan dibandingkan desain hiasan pada busana wanita.

b.Usia : anak, remaja, dewasa
Hiasan yang diterapkan pada masing-masing usia akan berbeda. Desain hiasan untuk anak-anak dan remaja pilihan motif akan lebih beragam. Lebih banyak diambil dari motif alam, flora fauna, geometri atau diambil dari gambar tokoh animasi misal : Winnie the Pooh, Mickey Mouse, Spiderman, Cinderella dan lain-lain.
Salah satu tujuan dari motif hiasan yang diterapkan untuk busana anak adalah meningkatkan daya pikir anak.
Begitu pula warna lebih mengarah pada warna-warna yang memberikan kesan ceria. Pada usia dewasa hiasan mengarah pada pilihan motif stilasi, dekoratif dari alam atau benda yang memberikan kesan kestabilan dan ketenangan. Begitu pula pada penggunaan warna.

c.Bentuk tubuh
Bentuk tubuh erat kaitannya dengan bidang yang akan dihias. Penerapan ragam hias untuk bentuk tubuh gemuk akan berbeda dengan tubuh kurus, demikian pula bentuk tubuh tinggi ataupun pendek akan berbeda pada penggunaan efek garis motifnya. Sehingga tujuan membuat hiasan untuk memperindah busana akan tercapai.

Jenis busana yang akan dihias
a.Busana rumah
b.Busana rekreasi / bepergian / bermain
c.Busana pesta
d.Busana kerja
e.Busana Olah raga

Tekstur bahan

Tebal tipisnya bahan, permukaan bahan ( licin, kilau dan kusam ) sangat mempengaruhi desain hiasan yang akan dipilih dan tehnik penyelesaian hiasan itu sendiri misal : bahan sifon sesuai bila menggunakan sulaman bayangan.

Warna bahan

Pengaruh warna sangat dominan dalam menentukan keindahan busana dengan melihat warna bahan kita dapat menentukan kombinasi warna hiasan.

Penerapan tusuk hias

Pemilihan tusuk hias yang akan digunakan pada penyelesaian busana berkaitan erat dengan jenis hiasan yang akan kita pilih. Misal; untuk tusuk feston diterapkan pada sulaman aplikasi, tusuk rantai pada sulaman fantasi. Hal inilah yang akan kita pelajari lebih jauh.

Letak hiasan

Letak hiasan akan sangat menentukan besar kecilnya motif ataupun bentuk dari motif hiasan.
Letak hiasan yang lazim diterapkan pada busana adalah pada :
a.bagian dada
b.bagian sisi badan
c.bagian saku
d.bagian tepi busana
e.bagian kerah
f.bagian pinggang
g.bagian lengan
h.bagian rok
i.bagian ujung gaun
j.bagian ujung celana panjang

keywords : les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit  

0 komentar:

Post a Comment