Menghias Kain

Menghias Kain

"Menghias Kain"

Alat yang digunakan untuk menghias kain adalah:

1. Rader
2. gunting kecil
3. Gunting besar
4. Benang sulam
5. Jarum tangan dengan berbagai ukuran
6. Karbon jahit/racing paper
7. Bantal jarum dan jarum pentul
8. Kapur jahit
9. Pendedel
10. Meteran
11. Tudung jari/bidal
12. Pemidangan


Macam-macam jarum tangan untuk menyulam

1.Jarum runcing
Jarum runcing biasa diguankan untuk menyulam secara bebas pada tenunan polos seperti batis, oxpord, tetoron dan lain-lain. Ciri-cirinya yaitu sangat tajam, memiliki ujung yang runcing dan mempunyai ukuran dengan nomor 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22 dan 24.

2.Jarum tumpul
Jarum tumpul dikelompokkan menjadi dua yaitu jarum tumpul dengan nomor 12, 14, 16, 18, 20, yang biasa digunakan untuk menyulam dengan hitungan tertentu terutama untuk membuat tusuk hias pada kain strimin.

3.Jarum tumpul yang berukuran besar dan tidak bernomor, digunakan hanya untuk pekerjaan menusuk.

Benang Sulam

Menyulam adalah istilah menjahit yang berarti menjahitkan benang seara dekoratif, untuk itu diperlukan benang hias yang sesuai dengan jenis kain yang akan dihias serta jenis sulaman yang dibuat, begitu juga ukuran dan warnanya. Untuk sulaman tangan digunakan benang sulam mouline atau benang mutiara. Untuk bahan halus dan tipis dapat digunakan benang mouline, sedangkan untuk bahan ang lebih tebal dengan pori-pori besar, digunakan benang mutiara. Untuk benang yang jarang tenunannya seperti kasah, dapat digunakan benang woll atau cashmilon. Pada sampul pembungkus kertas benang dicantumkan merk, panjang benang, nomor dan ukuran serta warnanya. Maka untuk mempermudah pembelian benang berikutnya, label kertas itu perlu kita simpan baik-baik.
Benang sulam pada umumnya dalam bentuk gulungan atau digulung.

No comments:

Post a Comment