Karakter Budaya dalam Tim

Karakter Budaya dalam Tim

"Karakter Budaya dalam Tim"

Secara umum terdapat lima karakter budaya tim, yaitu sebagai berikut:

a)Tim yang berfungsi penuh
Suatu tim kerja yamg berfungsi penuh adalah kelompok kerja yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuanya. Tim kerja memiliki memiliki pemahaman dan komitmen yang jelas untuk mencapai tujuannya. Etos kerja dari para anggotanya sangat tinggi.

b)Tim yang menyenangkan
Suatu tim kerja yang menyenangkan adalah kelompok kerja yang dalam melaksanakan tugas dan pekerjaanya dilakukan secara baik dan harmonis. Kerja sama dalam tim ini sangat baik dan harmonis. Kerja sama dalam tim ini sangat baik, kekeluargaan, dan saling tolong menolong, sehingga menyenangkan bagi para anggotanya. Tim kerja ini sangat besar perhatiannya bagi kemajuan hidup masyarakatnya.

c)Tim yang tidak berfungsi
Tim yang tidak berfungsi adalah kelompok kerja yang tingkat produktivitas kerjanya sangat rendah. Tim seperti ini biasanya tidak berlangsung lama atau cenderung cepat bubar karena para anggotanya merasa tidak puas, baik dalam hubungan antarpribadi maupun hubungan dengan tim. Pada tim ini kepemimpinan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

d)Tim yang kaku
Tim ynag kaku adalah suatu kelompok kerja yang memiliki kemampuan menyelesaikan tugas dan prestasi cukup tinggi, akan tetapi fungsi sosialnya buruk. Tim seperti ini juga tidak dapat bertahan lama. Sebab para anggotanya cenderung tidak mau bekerjasama karena menganggap dukungan dan iklim social dalam tim tidak kondusif.

e)Tim yang sedang sedang saja
Tim yang sedang sedang saja adalh kelompok kerja yang dalam melaksanakan aktivitasnya berlangsung sedang sedang saja. Tim ini dalam melaksanakn tugasnya tidak dapat dikatakan gagal mutlak, tatapi tidak juga dianggap sukses karena penampilan atau kinerjanya hanya sedang sedang saja. Keberlangsungan tim ini cenderung pendek karena kuran berprestasi.

0 komentar:

Post a Comment