Memeriksa Bagian-bagian Busana Tailoring

Memeriksa Bagian-bagian Busana Tailoring

"Memeriksa Bagian-bagian Busana Tailoring"

Model busana anak yang dipilih dan dibuat harus disesuaikan dengan usia dan kesempatan. Pada umumnya setiap orang baik itu orang dewasa maupun anak yang berusia 1–12 tahun memerlukan busana untuk lima macam kesempatan.

Untuk memudahkan memilih desain busana anak sesuai usia dapat dibagi menjadi 4 kelompok tingkatan usia yaitu:
1.Umur 1 tahun sampai dengan 3 tahun
2.Umur 4 tahun sampai dengan 6 tahun
3.Umur 7 tahun sampai dengan 9 tahun
4.Umur 10 tahun sampai dengan 12 tahun
Adapun 5 macam busana anak yang diperlukan sesuai dengan kesempatan antara lain:
1.Busana bermain/rumah
2.Busana sekolah
3.Busana olah raga/rekreasi
4.Busana tidur
5.Busana pesta
Sesuai perkembangan mode pakaian anak dapat divariasi dengan garis hias, corak bahan, tekstur bahan dan hiasan bebe seperti lajur: lajur kerut, renda, sulaman dsb.
Faktor-faktor penting yang membedakan busana dengan berbagai kesempatan dapat dilihat dari pemilihan desain, bahan, penyelesaian dan hiasan.

Dasar-dasar model

1.Basque adalah model pakaian yang mempunyai badan pas dan rok kerut-kerut. Model basque ini dapat dipakai sebagai pola dasar. Dari dasar basque dapat diubah menjadi macam-macam model.

2.Empire adalah model pakaian yang memiliki garis pinggang yang ditinggikan dan merupakan variasi dari basque sesuai untuk anak-anak yang langsing.

3.Princess adalah model pakaian dengan garis hias dari bahu atau kerung dengan lurus atau melengkung ke bawah. Pada busana anak garisnya sangat sederhana. Model ini sesuai untuk anak-anak yang gemuk.

4.A-Line adalah model pakaian yang tidak mempunyai garis pinggang, sempit di atas melebar ke bawah. Model ini sering disebut model bebe gantung sesuai untuk anak-anak berumur 5 tahun ke bawah atau bentuk model pakaian rumah.

5.Long Torso adalah model pakaian yang mempunyai garis pinggang yang diturunkan. Dapat dibuat bermacam-macam variasi dan sesuai untuk anak-anak yang berbadan pendek.
Dalam perkembangan mode busana anak banyak variasinya, garis hias dapat dikondisikan dengan corak bahan, tekstur bahan dan hiasan seperti lajur-lajur kerut, renda-renda, sulaman dan sebagainya.

Menyimak model/menganalisa desain

Salah satu kesalahan yang terjadi pada waktu mengubah pola disebabkan kurang teliti dalam memahami gambar model. Pengertian menyimak maksudnya memahami suatu model pakaian kemudian menentukan letak perbandingan dan ukuran. Berupa besarnya kerah, saku, garis hias, manset, dan sebagainya sesuai dengan perbandingan ukuran si pemakai.

Beberapa ketentuan menentukan letak perbandingan bagian busana antara lain:

1.bentuk menentukan letak garis hias pada panjang pakaian, perlu dibandingkan dengan panjang muka atau panjang pakaian seluruhnya.
2.untuk menentukan letak garis pada garis hias pada lebarnya kita perbandingkan dengan lebar muka.
3.panjang atau lebar garis hias juga disesuaikan denagn panjang atau lebar pakaian, setelah kita menentkan perbandingan kita ukur dengan cm, demikian juga untuk menentukan lebar kerah disesuaikan dengan lebar bahu, lebar manset ditentukan dengan panjang lengan.

Dalam menyimak model selain dapat memahami, menafsirkan masalah cara mengonstruksi pola menurut model. Untuk mampu menganalisa model terlebih dahulu harus mengetahui ciri-ciri model.

1.Gejala perspektif yaitu mengungkap macam-macam berdiri/sikap berdiri
2.Arah serat lungsin atau pakan dapat ditafsirkan dengan melihat jatuhnya bagian serta motif bahan
3.Tekstur, wujud bahan dapat dikenal pada siluetnya garis luar pakaian
4.Warna dan corak bahan
5.Tehnik penyelesaian dalam kaitannya menggambar pola
6.Menganalisa model busana anak dan letak perbandingan bagian busana sesuai desain dan kesempatan.
7.Pecah Pola Busana Anak sesuai kesempatan


0 komentar:

Post a Comment