PERKEMBANGAN BUSANA INDONESIA

PERKEMBANGAN BUSANA INDONESIA

"PERKEMBANGAN BUSANA INDONESIA"

Tiap bangsa mempunyai busana nasional yang menjadi kebanggaannya. Busana itu menunjukkan kekhasannya dan menjadi identitas bangsa itu. Oleh karena itu, busana perlu dipelihara dengan baik. Di samping busana nasional, dipakai pula busana yang berasal dari negara lain, misalnya budaya Barat.
Bangsa Indonesia juga memiliki busana nasional yaitu kain kebaya bagi wanita dan peci merupakan pelengkap busana pria. Bahkan, tiap daerah mempunyai busana khas. Bentuk-bentuk busana daerah itu beraneka ragam. Keaneka ragaman itu disebabkan oleh negara kita terdiri dari pulau-pulau yang terpencar diseluruh nusantara.
Setelah bangsa kita merdeka, kita mengetahui bahwa busana daerah di Indonesia banyak jenisnya. Sebelumnya pengetahuan kita terhadap busana daerah sangat terbatas. Masing-masing daerah hanya mengenal busana daerahnya sendiri. Kini pengetahuan kita tentang busana daerah kita sendiri berangsur-angsur bertambah. Faktor yang memungkinkan hal itu adalah adanya kemajuan zaman yang menyebabkan komunikasi antar daerah bertambah baik, misalnya adanya majalah, koran dan buku-buku, serta adanya siaran televisi. Selain makin dikenal, busana daerah itu makin berkembang pula.
Pada dasarnya busana daerah yang satu mempunyai persamaan dengan busana daerah yang lain, misalnya jenis kebaya di Sumatera, Jawa, Maluku dan Sulawesi mempunyai persamaan. Demikian pula halnya dengan bentuk baju kurung yang terdapat di berbagai pulau. Perbedaan terletak pada ukuran panjang atau pendek serta variasi busana, sedangkan sebutan jenis busana tergantung pada bahasa daerah masing-masing. Demikian pula halnya dengan kain panjang dan sarung yang dipakai oleh hampir semua orang.

0 komentar:

Post a Comment