, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

PENGGALANG TERAP

PENGGALANG TERAP


PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9
Waktu            :


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
1.    Mengapresiasikan dan mengekspresikan diri melalui perilaku Penggalang terap

C.     Sasaran / Indikator
-    Menyebutkan syarat-syarat pengalang terap
-    Menjelaskan perilaku penggalang terap

D.     Substansi Kegiatan
-    Pengalang terap

E.     Pelaksanaan Kegiatan
    Kegiatan awal     :
-    Upacara Pembukaan
-    Menyapa siswa
-    Pembina memberi motivasi pada pembina
-    Inti        :
-    Siswa rajin dan giat mengikuti latihan
-    Pembina menjelaskan syarat-syarat penggalang terap
-    Siswa mampu menyebutkan syarat-syarat penggalang terap
-    Pembina memberikan dan menjelaskan pengertian Sumpah Pemuda
-    Siswa mampu menjelaskan arti Sumpah Pemuda
-    Siswa dapat menyebutkan tanggal kejadian Sumpah Pemuda
-    Pembina menjelaskan sejarah kejadian sumpah pemuda
-    Siswa mampu menceritakan sejarah peristiwa Sumpah Pemuda
-    Pembina menjelaskan pengertian tempat – tempat pentin didaerah kecamatan tempat tinggalnya.

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Gb. Pahlawan Sumpah Pemuda
-    VCD pemutaran sejarah Sumpah Pemuda






PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9
Waktu            : 1 x pertemuan


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
2.    Mengamalkan Dasa Dharma, Tri Satya, dan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa menhafal Dasa Dharma
-    Siswa menerapkan Tri Satya
-    Siswa mendiskusikan gambar-gambar pada dada gambar lambang negara/Garuda Pancasila

D.     Substansi Kegiatan
-    Dasa Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Pembina melatih cara menhapal Dasa Dharma, Tri Satya dan Pancasila
-    Pembina mengadakan kompetisi lewat cerdas cermat peregu
-    Pembina akan memberikan hadiah kepada regu yang berprestasi / menjadi pemenang dalam kompetisi

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Buku Saku Pramukia
-    Gb. Lambang Negara Garuda Pancasila













PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9 / I
Waktu            : 1 x pertemuan ( 40 menit )


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
3.    Menjelaskan peradaban dan sejarah Bangsa Indonesia
Menjelaskan arti symbol-simbol dalam Geraka Pramuka dan Negara NKRI

C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa menjelaskan arti symbol-simbol dalam Gerakan Pramuka
-    Siswa mengartikan Simbol-simbol negara NKRI

D.     Substansi Kegiatan
-    Simbol Gerakan Pramuka
-    Simbol NKRI

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Menghafal arti symbol-simbol dalam Gerakan Pramuka
-    Menghafal arti symbol-simbol NKRI

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Gambar GP
-    Gambar Lambang NKRI





PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9 / I
Waktu            : 1 x pertemuan


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
4.    Melaksanakan tugas – tugas yang diberikan oleh pembinanya ( social, bela negara dll )

C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa bersikap Bela negara dalam kehidupan sehari-hari

D.     Substansi Kegiatan
-    Sikap Bela Negara

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Pembina menjelaskan Sikap Bela Negara

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Gambar Pahlawan



















PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    : 9 / I
Waktu            : 1 x pertemuan


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
4.    Melaksanakan tugas – tugas yang diberikan oleh pembinanya (social, bela negara,
     dll)
C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa bersikap social dalam kehidupan sehari – hari

D.     Substansi Kegiatan
-    Sikap social
-    P3K

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Pembina menjelaskan sikap social
-    Pembina menjelaskan cara memberi pertolonan pertama pada kecelakaan

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Alat-alat P3K



















PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9 / I
Waktu            : 1 x pertemuan


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
5.    Menampilkan salah satu budaya Indonesia dalam suatu pementasan

C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa menyebutkan daerah asal dari alat musik angklung
-    Siswa mengenal not dari masing-masing jenis angklun
-    Siswa memeregakan alat musik angklung dengan benar


D.     Substansi Kegiatan
-    Sikap saling menharai hasil budaya dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Pembina menyampaikan daerah asal dari alat musik angklung
-    Pembina mengajarkan not dari masing-masing angklung

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Peta pulau jawa
-    Alat musik Angklung
-    Buku not balok














PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9 / I
Waktu            : 1 x pertemuan


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
6.    Mengimplementasikan kegitan Kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari

C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa mampu menganalisa perilaku yan normative dalam sekolah maupun masyarakat
-    Siswa membiasakan menolong sesama dalam hal kebaikan disekolah maupun dirumah
-    Siswa trampil dalam membantu menyelesaikan pekerjaan ibu didapur
-    Siswa memiliki rasa tanggun jawab pada janji yang diucapkan

D.     Substansi Kegiatan
-    Pernah ikut serta kerja bakti  gotong royong disekolah, dikampungnya
-    Menikuti kegiatan IMTAQ di sekolah

E.     Pelaksanaan Kegiatan
        Awal     :
-    Mendiskripsikan rasa social yang pernah diamati
    Inti        :
-    Mendiskusikan sifat-sifat social keagamaan disekolah
    Penutup :
-    Siswa bersama guru menyimpulkan
-    Post  test pada diskusi kelas

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    CD bencana (banjir)









PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9/I
Waktu            :


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
7.    Melaksanakan kegiatan olah raga sesuai dengan potensi dirinya dan tahu peraturan permainannya.

C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa melakukan olah raga renang
-    Siswa mengetahui aturan permainan dalam renang

D.     Substansi Kegiatan
-    Mengenal gaya – gaya renang
-    Mengetahui aturan permainan dalam renang

E.     Pelaksanaan Kegiatan
1.    Pembina memberikan contoh-contoh gaya renang
2.    Pembina menjelaskan aturan permainan dalam renang

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Buku petunjuk
-    Kolam renang
















PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9 / I
Waktu            :


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
8.    Memiliki sedikitnya 5 tanda kecakapan khusus

C.     Sasaran / Indikator
-    Siswa menyebutkan tanda-tanda kecakapan khusus
-    Siswa meneetahui manfaat dari tanda-tanda kecakapan khusus

D.     Substansi Kegiatan
-    Tanda kecakapan khusus

E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Pembina memberikan contoh – contoh kecakapan khusus
-    Menunjukan tanda-tanda kecakapan khusus
-    Menjelaskan tanda-tanda kecakapan khusus

F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Gb. SKK
-    Buku SKK

















PERENCANAAN KEGIATAN

Nama Sekolah        : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri    : Kepramukaan
Kelas / Semester    :  9 / I
Waktu            :


A.     Standart Kompetensi
        Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Terap.

B.    Kompetensi Dasar
9.    Menimplementasikan kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari

C.     Sasaran / Indikator
        Untuk agam Islam
-    Tahu hari Raya Isalam
-    Menjadi imam sholat berjamaah
Untuk agama Khatolik
-    Tahu arti missa kudus dan bagian-bagiannya yang penting
-    Tahu alat kebaktian gereja dan warna-warna liturgy
-    Tahu Herarki Gereja
Untuk beragama Protestan
-    Memimpin nyanyian Kristen dalam pertemuan penggalang
-    Memimpin doa dalam pertemuan-pertemuan pengalang
-    Hafal hukum kasih ( Lukas 10 : 27 dan matius 22: 27-40 )
-    Mengerti hokum kasih ( Lukas 10 : 27 dan matius 22 : 27 – 40 )
-    Hafal dua belas pengakuan iman Rosuli
Untuk agama Hindu
-    Mengenal beberapa jenis manusya yadnya
        Untuk agama Budha      
-    Hafal parita wajib Ettavata
-    Hafal vihara Gita jaya Manggala Gatha
-    Melakukan samadhi : Metta Bhavana / shamata Bhavana

D.     Substansi Kegiatan
-    Kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari – hari
E.     Pelaksanaan Kegiatan
-    Pembina menjelaskan kepada para guru agama kegiatan yang akan dilakukan
-    Pembina menjelaskan kepada siswa tentang pembagian kelompok menurut agamanya masin-masing
-    Para guru agama menjelaskan materi kepada siswa
-    Para guru mengadakan kompetisi dari materi yang diberikan
-    Pembina mengawasi jalannya kegiatan
-    Para guru agama memberikan paraf / tanda tangan bai siswa yang lulus kompetisi / pengujian SKU


F.     Waktu dan Tempat
        Waktu        :
        Tempat        :

G.     Sarana  
-    Buku SKU
-    Kitab suci
-    Buku agama
-    Alat tulis

0 komentar:

Post a Comment