Mesin jahit Obras

 Mesin jahit Obras

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Mesin jahit Obras

    
      
obras yang tidak memotong - Mesin obras merupakan mesin berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk merapihkan tepi busana dengan cara mengobras (overlock) dalam satu operasi. Mesin ini mempunyai pisau bagian bawah yang diam, dan pisau atas yang bergerak. Ketika mesin dalam keadaan bergerak kedua pisau ini bekerja layaknya gunting yang memotong pinggiran kain sehingga menghasilkan sisi kain yang rapi dan bersih. Selain itu mesin overlock ini juga dapat dimanipulasi menjadi kombinasi safetystitch/obras (overlock) yang menghasilkan jahitan rantai, hiasan sekaligus jahitan obras dalam satu kali kerja.


    Cara mengoperasikan
    Memasang benang
    Hasil jahitan

Memasang Jarum Obras

Cara pemasangan jarum mesin obras yang berbentuk bulat pada bagian atasnya hampir sama dengan cara memasang jarum mesin jahit biasa. Yaitu dengan melonggarkan sekrup tiang jarum, kemudian memasukkan jarum sampai keatas dengan bantuan penjepit (tang). Hal yang harus diperhatikan adalah posisikan jarum dengan bagian cembung berada dibagian belakang. Setelah jarum terpasang dengan benar selanjutnya pasang kembali skrup penguat jarum dan kencangkan.


Memasang Benang Mesin Obras

Untuk mengganti benang pada overlock machine, maka benang dicabut dari jarum kemudian diganti dengan warna yang diinginkan. Longgarkan bagian tension agar benang dapat lepas tanpa hambatan. Pastikan bahwa benang telah aman dan mempunyai simpul-simpul yang cukup kecil sehingga dapat melewati looper. Pada mesin obras benang tiga, benang yang akan digunakan juga berjumlah tiga. Benang pertama terletak dibagian bawah depan mesin obras, benang kedua merupakan benang atas yang dimasukkan pada jarum atas, sedangkan benang ketiga terletak di bagian samping kiri mesin.


Mengatur Tegangan Benang

Jika hasil obrasan kurang rapi atau kurang bagus maka bagian tegangan benangnya harus diubah. Untuk melonggarkan benang bagian tegangan benang harus diputar kearah kiri sedangkan untuk mengencangkan benang tegangan benang harus diputar kerarah berlawanan yaitu ke kanan. Namun jika hasil obrasan benang bagian depan terlalu pendek, maka tegangan benang pada bagian depan harus dilonggarkan dengan cara memutarnya kearah kiri.


Mengganti Pisau Mesin Obras

Seperti halnya gunting tajam yang berfungsi untuk memotong kain, pisau yang terdapat pada mesin obras juga harus tajam. Penggantian pisau mesin obras yang sudah tumpul merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat mesin obras supaya bekerja dengan baik dan menghasilkan jahitan yang optimal.


Mengobras Kain

Selanjutnya letakkan bahan yang akan diobras dengan cara memasukan pinggiran bahan melalui bawah sepatu obras sampai kira-kira pinggiran kain bisa terpotong sedikit oleh pisau yang terdapat pada mesin obras. Injak bagian pedalnya dengan perlahan, gunakan tangan kiri untuk memegang kain yang belum diobras dan tangan kanan memegang kain yang telah diobras.


Membersihkan Mesin Obras

Bila kegiatan mengobras sudah selesai selanjutnya sisa hasil obrasan dibagian pinggir bahan dipotong. Cabut kabel dynamo dan segera bersihkan sisa-sisa benang atau potongan kain menggunakan kuas kecil atau vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit kemudian minyaki mesin dengan minyak mesin obras lalu letakkan kain perca dibawah sepatu mesin obras.

Pada proses garmen, proses menjahit pakaian menggunakan mesin jahit single needle dan double needle, dengan dilengkapi mesin bantu sewing berupa mesin obras, mesin bartack, mesin pasang kancing, dan mesin lubang kancing. Untuk mengetahui hasil jahitan dari proses garmen, dapat diketahui dari susunan benang yang terpasang pada mesin-mesin penjahitan. Oleh karena itu, untuk dapat mengindentifikasi secara benar maka memerlukan pengetahuan khusus pemasangan benang pada mesin-mesin penjahitan. Di bawah ini adalah susunan benang pada mesin-mesin penjahitan.

Susunan Benang dan Pemasangan Benang pada Mesin Obras
Pada gambar di bawah ini, menunjukkan susunan benang pada mesin overlock (obras).
Susunan Benang pada Mesin Over Lock/Obras

Keterangan gambar :
  • Benang 1 dan 2, menunjukkan Over looper (pembentuk loop atas)
  • Benang 3 dan 4, menunjukkan Over lock (jarum over lock/obras)
  • Benang 5, menunjukkan Under lopper (pembentuk loop bawah)
Urutan Pemasangan Benang Overlock/Obras
Pemasangan benang over lock 1 dan 2 (Right - Left)
  1. Untuk mengganti benang pada over locker, maka benang dicabut dari jarum. Benang dipotong pada tempatnya dan diganti dengan warna yang diinginkan. Benang yang baru diikat pada benang yang telah ada pada mesin dan ditarik secara perlahan, sementara tension disc dilonggarkan agar benang dapat lepas tanpa hambatan. Yakinkan bahwa benang telah aman dan mempunyai simpul-simpul yang cukup kecil sehingga dapat melewati looper. Pemasangan benang over lock dimulai dari looper ke-1.
    Pemasangan Benang Over Lock 1 dan 2 pada Mesin Obras
  2. Pemasangan benang over lock 3
    Pemasangan Benang Over Lock 3 pada Mesin Obras
  3. Pemasangan benang safety stitch – benang 4
    Jeratan dihasilkan oleh mesin jahit yang berkelanjutan dari dua baris paralel jahitan yang terpisah, dalam jarak tertentu. Satu baris overedge (jeratan), baris lainnya adalah jahitan, yang berarti benang ganda. Jahitan ini digunakan untuk :
    • Menggabungkan keliman garmen-garmen rajutan
    • Menggabungkan keliman pada pakaian renang
    • Keliman belakang girdles dan pakaian dalam
    • Menggabungkan dan menyempurnakan keliman pada pakaian olahraga dan pakaian kerja
    • Menggabungkan dan menyempurnakan keliman pada garmen yang mudah kusut
    • Jahitan penutup (finish) untuk pinggiran kain
      Formasi jahitan, ukuran, potongan dan jarak beragam sesuai dengan mesin-mesin yang berbeda. Penambahan kampuh ditujukan agar supaya jahitan tidak slip.
  4. Pemasangan benang safety stitch – benang 5
    Bagian jeratan pengaman terbuat dari dua helai benang, dan untuk menjahit bagian ini, maka dijahit dari arah kanan ke kiri. Diagram di bawah ini menunjukkan area threading (bagian untuk pemasangan benang) untuk safetych dan overlock. Pada tahap ini jarum underlooper, overlooper, dan overlock. Bagian yang perlu dipasang benang untuk pembentukan jeratan pengaman adalah :
    • Chain needle (jarum rantai)
    • Chain looper (pembentuk rantai loop)
    Area Threading (Bagian Pemasangan Benang) untuk safetytch dan overlock
    Pemasangan Benang Safety Stitch (Benang 4 & 5)

tidak semudah memasang benang pada mesin jahit biasa lho. Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya kenapa sulit sekali mempelajari mesin obras ini, termasuk saya dan ibu saya. Sebagian teman pun kadang ikut 'kursus singkat' dengan tetangga yang penjahit.
Sekarang ini jamannya internet, kalau bisa kita pintar-pintar menyingkat waktu dan uang kita dalam belajar apapun via internet. Hal-hal yang masih bisa dijangkau dengan internet kan lebih baik, karena kita tidak perlu keluar rumah dengan menerjang kemacetan dan juga mampu menghemat uang *prinsip ibu rumah tangga* huahhahahha.
Pada postingan sebelumnya saya sempat bertanya tentang memasang benang pada mesin obras dan 2-3 hari setelah saya tulis postingan tersebut saya pamer tulisan sukses memasang benang pada mesin obras heheheeh. Sembari posting saya juga sambil belajar keukeuh marekeuh memasang benang pada mesin obras secara otodidak. Langsung saja ya simak step by step cara memasang benang obras pada mesin obras butterfly dibawah ini.

STEP BY STEP CARA MEMASANG BENANG PADA MESIN OBRAS BUTTERFLY

- Kenali komposisi benang.
Biasanya benang yang digunakan pada mesin obras adalah benang khusus obras berbahan polyster (ada banyak merk:Sling,Kupu-kupu, Mawar,New home dll). Kadang benang yang digunakan pada mesin obras ini bisa menggunakan benang jahit biasa semua untuk tiga²nya( mungkin untuk belajar bisa digunakan dulu daripada ribet untuk membelinya).
Untuk menulis tutorial memasang benang obras ini saya menulis jenis benang dan susunannya dengan angka 1,2,3 (mohon diperhatikan).
a. benang 1 (warna merah) --> jenis benang jahit biasa yang bahannya seperti benang jahit
b. benang 2 (warna kuning) --> benang obras berserabut
c. benang 3 (warna ijo) --> benang obras berserabut dan mengkilat


- Mengenal dan membuka semua penutup/katup pada mesin obras.









- Alur benang 1 (warna merah)



- Alur benang 2 (warna kuning)


- Alur benang 3 (warna ijo)



Setelah semua benang terpasang (1,2,3), maka langkah selanjutnya yang sangat PENTING adalah mengatur tata letak ketiga benang tsb. Pastikan semua benang yang telah masuk ke alur masing dan juga pastikan sudah masuk ke jarumnya masing. Setelah itu usahakan menarik seluruh ujung benang berada di atas sebelah kiri melalui bawah penjepit kain (injak pedal penjepit untuk merenggangkan). Setelah itu injak pedal dinamo mesin obras (tanpa kain) untuk mengetest keberhasilan benang yang telah kita pasang.


PENTING: Memastikan seluruh ujung berada di atas merupakan kunci sukses memasang benang pada mesin obras hingga membentuk anyaman. Diawal saya trial and error benang tidak saya arahkan ke atas melalui bawah penjepit, hasilnya tidak membentuk anyaman obrasan. Jadi hal ini juga wajib jadi perhatian ya teman-teman.

Dan ini hasilnya...TARAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!

Selamat mencoba, jika tidak jelas dan masih bingung dengan tutorial saya tentang Step by step cara memasang benang pada mesin obras Butterfly,
5 JENIS MESIN OBRAS YANG BIASA DIPAKAI KONVEKSI

  Mesin obras merupakan mesin berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk merapihkan tepi busana dengan cara mengobras (overlock) dalam satu operasi. Mesin ini mempunyai pisau bagian bawah yang diam, dan pisau atas yang bergerak. Ketika mesin dalam keadaan bergerak kedua pisau ini bekerja layaknya gunting yang memotong pinggiran kain sehingga menghasilkan sisi kain yang rapi dan bersih. Selain itu mesin overlock ini juga dapat dimanipulasi menjadi kombinasi safetystitch/obras (overlock) yang menghasilkan jahitan rantai, hiasan sekaligus jahitan obras dalam satu kali kerja.


Memasang Jarum Obras

Cara pemasangan jarum mesin obras yang berbentuk bulat pada bagian atasnya hampir sama dengan cara memasang jarum mesin jahit biasa. Yaitu dengan melonggarkan sekrup tiang jarum, kemudian memasukkan jarum sampai keatas dengan bantuan penjepit (tang). Hal yang harus diperhatikan adalah posisikan jarum dengan bagian cembung berada dibagian belakang. Setelah jarum terpasang dengan benar selanjutnya pasang kembali skrup penguat jarum dan kencangkan.
Memasang Benang Mesin Obras

Untuk mengganti benang pada overlock machine, maka benang dicabut dari jarum kemudian diganti dengan warna yang diinginkan. Longgarkan bagian tension agar benang dapat lepas tanpa hambatan. Pastikan bahwa benang telah aman dan mempunyai simpul-simpul yang cukup kecil sehingga dapat melewati looper. Pada mesin obras benang tiga, benang yang akan digunakan juga berjumlah tiga. Benang pertama terletak dibagian bawah depan mesin obras, benang kedua merupakan benang atas yang dimasukkan pada jarum atas, sedangkan benang ketiga terletak di bagian samping kiri mesin.


Mengatur Tegangan Benang

Jika hasil obrasan kurang rapi atau kurang bagus maka bagian tegangan benangnya harus diubah. Untuk melonggarkan benang bagian tegangan benang harus diputar kearah kiri sedangkan untuk mengencangkan benang tegangan benang harus diputar kerarah berlawanan yaitu ke kanan. Namun jika hasil obrasan benang bagian depan terlalu pendek, maka tegangan benang pada bagian depan harus dilonggarkan dengan cara memutarnya kearah kiri.

Mengganti Pisau Mesin Obras

Seperti halnya gunting tajam yang berfungsi untuk memotong kain, pisau yang terdapat pada mesin obras juga harus tajam. Penggantian pisau mesin obras yang sudah tumpul merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat mesin obras supaya bekerja dengan baik dan menghasilkan jahitan yang optimal.


Mengobras Kain

Selanjutnya letakkan bahan yang akan diobras dengan cara memasukan pinggiran bahan melalui bawah sepatu obras sampai kira-kira pinggiran kain bisa terpotong sedikit oleh pisau yang terdapat pada mesin obras. Injak bagian pedalnya dengan perlahan, gunakan tangan kiri untuk memegang kain yang belum diobras dan tangan kanan memegang kain yang telah diobras.


Membersihkan Mesin Obras

Bila kegiatan mengobras sudah selesai selanjutnya sisa hasil obrasan dibagian pinggir bahan dipotong. Cabut kabel dynamo dan segera bersihkan sisa-sisa benang atau potongan kain menggunakan kuas kecil atau vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit kemudian minyaki mesin dengan minyak mesin obras lalu letakkan kain perca dibawah sepatu mesin obras.



Kami Sebagai Toko Distributor Yang Melayani Penjualan dan Pembelian Mesin Obras Untuk Jahit Tepi Kain di Kota Pare-Pare, Kupang, Maluku, Palu, Kendari, Gorontalo, Kolaka, Palopo, Mataram, Lombok, Sumbawa, Ntt, Ntb, Bima Papua, Jayapura, Manokwari, Timika, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Medan, Aceh, Batam, Pekanbaru, Riau, Palembang, Jambi, Padang, Lampung, Bengkulu, Tanjung Pinang, Deli, Serdang, Bangka, Bitung, Padang Sidempuan, Balige, Toba Samosir, Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Pangkalan Bun, Sampit, Tarakan, Bontang, Kutai Kartanegara, Nunukan, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Jombang, Kediri, Bojonegoro, Lamongan, Tuban, Madiun, Blitar, Nganjuk, Ponorogo, Tulungagung, Pacitan, Trenggalek, Ngawi, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Jawa Timur, Surabaya, Semarang, Solo, Jogja, Yogyakarta, Kudus, Magelang, Pekalongan, Rembang, Cilacap, Purwokerto, Sragen, Boyolali, Banyumas, Klaten, Blora, Tegal, Purwakarta, Pemalang, Purwakarta, Jawa Tengah, Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Tangerang, Banten, Depok, Kuningan, Mangga Dua Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Subang, Sumedang, Karawang, Cikarang, Tasik, Ciamis, Majalengka, Cimahi, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Makassar, Bali, Denpasar, Manado, Ambon, Ternate, Luwuk, Ujung Pandang


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  obras yang tidak memotong

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Abineri Ang

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.mansaba.sch.id/web_saba/index.php/akademik/program-unggulan/akademik/science-/home/personalia/video/viewcategory/26/komunitas/bahan-ajar/60-tata-busana/887-mesin-jahit-obras.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.