Benarkah Diskon Membuat Anda Irit?

Benarkah Diskon Membuat Anda Irit?

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Benarkah Diskon Membuat Anda Irit?

Diskon ciri ciri busana industri - Hal yang sangat menggelitik adalah ketika ada yang menyarankan membeli barang diskonan agar hemat. Benarkah diskon membuat anda hemat? Ternyata jawabannya tidak!

Sebenarnya hal ini sangat scientific dan anda bisa mendapatkan jawabannya dengan detil dengan belajar ekonomi di bangku SMA atau kuliah jurusan ilmu ekonomi. Di sana diajarkan bahwa ternyata tidak semua barang yang harganya turun akan membuat konsumen mengurangi pengeluarannya.

Dalam merencanakan keuangan, sejatinya apapun yang akan kita belanjakan harus tidak boleh melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Anda harus ingat bahwa anda punya batasan dalam membelanjakan uang anda. Batasan itu adalah besarnya penghasilan anda. Misalkan anda berpenghasilan Rp 3 juta sebulan, sejatinya anda tidak boleh menghabiskan lebih dari Rp 100 ribu setiap harinya.

Jika anda mengeluarkan uang lebih dari Rp 100 ribu dan anda tidak mengurangi pengeluaran di lain hari, anda termasuk orang yang boros dan dapat dengan mudah terjebak utang konsumtif.

Lalu bagaimanakah ciri-ciri barang diskon yang membuat anda hemat dan yang membuat anda boros? Simak penjelasan di bawah ini.

Barang Diskon yang Membuat Anda Hemat
Kalau bahasa ekonominya, anda akan hemat jika anda membeli barang diskonan yang sifatnya inelastis. Apa itu? Yaitu barang yang naik turunnya harga hanya mempengaruhi sedikit jumlah barang yang akan anda beli. Barang tipe ini umumnya barang pokok yang sulit tergantikan atau barang yang mudah rusak.

Contohnya jika harga beras Rp 9.000 per liter anda biasanya membutuhkan 3 liter, apakah jika turun dua ribu rupiah anda akan menambah pembelian menjadi 5 liter? Tidak bukan? Jika anda tetap membeli 3 liter maka anda akan hemat Rp 6.000. Nah jika hal yang seperti ini terjadi, maka diskon yang anda terima menguntungkan bagi anda, karena anda mendapatkan kelebihan dari transaksi yang sebenarnya sudah anda anggarkan. Kalau istilah ekonominya adalah surplus konsumen.

Barang Diskon yang Membuat Anda Boros
Sebaliknya, anda akan boros jika anda membeli barang diskonan yang sifatnya elastis. Apa itu? Yaitu barang yang naik turunnya harga akan mempengaruhi jumlah barang yang akan anda beli secara signifikan. Barang tipe ini umumnya barang yang terkait dengan lifestyle. Contohnya jika anda membeli pakaian. Jika pakaian seharga Rp 100.000 anda beli sebulan hanya satu potong, lalu jika didiskon setengah harga anda membeli menjadi 3-5 potong sebulan, maka barang diskonan tersebut malah membuat anda menjadi boros. Pengeluaran anda untuk membeli pakaian bisa membengkak menjadi dua kali lipat. Padahal mungkin anda sudah memiliki banyak pakaian dari pembelian bulan sebelumnya.

Bagaimana Menghadapinya?
Tentu saja kita kembali ke dasar, bahwa uang yang kita belanjakan haruslah sudah dianggarkan dan batas pembeliannya harus jelas. Untuk barang lifestyle, anggarkanlah dana sewajarnya. Jika anda mendapati barang yang akan anda beli ternyata sedang diskon, janganlah bernafsu untuk membeli lebih banyak karena sedang mumpung. Anda harus menahan nafsu anda.

Simpan kelebihan dari sisa anggaran untuk ditabung atau untuk dianggarkan lagi untuk bulan selanjutnya. Bisa jadi barang keperluan anda harganya naik dan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan oleh anda. Jika hal tersebut terjadi, anda tidak perlu kelimpungan untuk mengurangi jumlah barang yang harus anda beli. Ingatlah bahwa lebih baik anda membeli barang yang anda perlukan dalam jumlah yang konsisten dibanding membelinya dalam jumlah banyak. Bisa jadi jika anda memborong suatu barang diskonan, barang tersebut belum tentu bermanfaat bagi anda jika dibeli dalam jumlah banyak.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  Diskon ciri ciri busana industri

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Jual Gaun Pesta Brokat Terlengkap

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/3414417/benarkah-diskon-membuat-anda-irit

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.