Menjahit dan perlengkapan dasar

Menjahit dan perlengkapan dasar

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Menjahit dan perlengkapan dasar



10 alat jahit - Artikel ini aku akan share tentang perlengkapan dasar dan cara menjahit. Kalau kamu baru akan memulai menjahit, cobalah memulainya dengan menjahit project yang simple contohnya project jahitan untuk di rumah.

Cari yang simple aja dulu seperti cara menjahit sarung bantal ( pillow cover ) bisa sarung bantal di ruang santai ataupun untuk di tempat tidur, penutup mesin jahit , taplak meja, simple skirt, pouch, atau pernak pernik simple lainnya. Klo udah expert baru kamu boleh coba cara menjahit tas dll

Tapi, klo kamu belum ada ide… kamu bisa lihat beberapa project menjahit yang sudah aku bikin di dalam blog ini.

Sebelum memulai, kamu kudu memiliki beberapa alat penting untuk menjahit… karena menjahit gak hanya modal jarum dan benang saja kan … pasti ada beberapa alat yang lain yang perlu kamu gunakan nantinya.

aku akan jabarin satu persatu sesuai pengetahuanku dan alat2  ini sering aku gunakan, happy reading ^^ …
1. Pencil / pen  dan kertas

01

Pasti kamu tau apa itu pencil/pen, memang sepele.. siapa saja punya. Tapi pencil ini akan kamu gunakan untuk membuat gambar / pola jahitan. Bukan hanya baju saja loh yang perlu gambar atau pola … meskipun hanya lingkaran/ kotak … kita boleh aja bikin pola. Itu untuk memudahkan kita memotong kain nanti.

nah, pasangan pencil pasti kertas… kertas ini kamu bisa menggunakan kertas apa saja. Kertas roti, koran bekas, ataupun kertas karton. Fungsi kertas ini adalah untuk membuat pola yang bakalnya kamu potong trus jiplak diatas kain.karena membuat pola langsung di atas kain itu enggak mudah. biar gak ngulang2 bikin pola … pake aja kertas yang lebih keras trus di isolasi yang rapi , biar gak mudah sobek atau rusak klo sering di pake.

——————————-
2. Alat ukur

perlengkapan dasar menjahit

Alat ukur ini terdiri dari, penggaris dan pita ukur ( meteran ). Membuat garis lurus gak bakal jadi lurus tanpa bantuan penggaris .. bener gak ? nah.. ini juga penting. Ngebantu banget untuk proses jahit menjahit. dan untuk mengukur project pakaian biasanya menggunakan pita ukur ( meteran).

Sekarang sudah banyak sekali jenis2 penggaris. Mulai penggaris biasa, penggaris quilt, sampai penggaris yang khusus untuk membuat pola. Malah ada penggaris yang bisa di bengkok2an mengikuti lekukan pola yang di butuhkan.

Tapi, jangan tergiur dulu dengan banyaknya model penggaris yang begituan. Meskipun dengan penggaris biasa. kamu tetap saja masih bisa berkarya ^^ …  setuju ?

—————————
3.  Alat potong

alat menjahit

Gunting kain, gunting kertas, gunting benang, gunting kecil, pendedel, gunting bergerigi dan rotary cutter adalah jenis2 alat potong dalam istilah jahit menjahit.

Ini tips yang perlu kamu perhatikan, jangan pernah mencampur adukkan jenis gunting, gunakan untuk satu material saja. Kalau gunting kain… ya di pakai untuk memotong kain jangan untuk memotong kertas dll… itu bisa bikin gunting mudah tumpul. Aku pernah gak percaya loh… aku buktiin sendiri. Ternyata bener.. itu gunting jadi gak tajem lagi.. tapi emang gak langsung tumpul sich.. masih ada prosesnya 🙂 . intinya klo biasanya itu gunting bisa untuk bertahun-tahun … bakal jadi tumpul hanya dalam waktu beberapa minggu/ bulan saja.

Usahakan untuk membersihkan gunting / rotary cutter dengan kain. Ini bisa membuat peralatan kita awet.  Coba aja!

—————————
4. penanda kain

belajar menjahit

Penanda kain nich bahasa inggrisnya sich “ fabric marker “ yaitu alat untuk memberi tanda di atas kain. saat kamu menggunakan penanda kain ini, tak perlu kamu gunakan terlalu tebal, yang penting kamu bisa lihat tandanya … itu udah cukup kok … biar mudah hilangnya nanti. tapi biasanya akan hilang kalau sudah terkena air/dicuci.

penanda kain ini banyak macemnya, mulai dari rader, kapur jahit, pencil kapur …  semuanya bisa ngebantu kamu bikin tanda/garis di atas kain.
5. Jarum

cara menjahit

Untuk artikel ini, aku hanya akan menyebutkan 3 macamjarum yang perlu kita punya.

    Jarum khusus mesin jahit,nomor jarum yang  di pake biasanya menggunakan nomor  9 – 14.
    jarum tangan, jarum yang kita gunakan dengan cara manual menggunakan tangan.
    jarum pin, jarum pin biasanya disematkan di  kain bertumpuk, untuk membantu kain tidak bergerak dan memudahkan kita untuk menjahit.

6. Benang jahit

06

Bukan menjahit namanya kalo tidak ada benang ^^ … karena benang membuat kain kita bisa tampak menyatu. Pilih benang yang kuat dan tidak mudah putus.
7. Mesin jahit

07

Ini akan menjadi teman terbaikmu saat kamu mulai asyik menjahit. Ini adalah peralatan yang wajib kamu punya untuk menjahit.  Aku pake mesin jahit merk brother type BM 2600 … sudah beberapa  tahun ini menemaniku tanpa ada masalah.

—————
Tips sebelum membeli mesin jahit :

    pikirkan dulu mesin apa yang menurut kamu terbaik dan kamu bisa menggunakannya. Yang pasti sesuaikan dengan budget.
    beli mesin jahit di dealer resmi merk tersebut. Karena lebih mudah untuk mendapatkan segala informasi tentang mesin yang akan kita beli. Pastikan bergaransi.
    sebelum pasti membeli, cobalah mesin tersebut. Coba setiap jenis jahitan. Mulai jahitan lurus, zig zag, dan macam2 jenis jahitan lain.

 Setiap mesin pasti punya fitur sendiri2.. so.. kamu perlu mencoba satu persatu fitur2 yang ada. Biar gak menyesal di kemudian hari.

untuk urusan mesin jahit, kita perlu cerewet  ^^ , karena terkadang meskipun ada garansi perbaikan klo ada kerusakan , gak jaminan itu mesin bisa kembali bagus.

Mudah-mudahan artikel ini membantu kamu untuk mulai berkarya… selamat menjahit ^^


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  10 alat jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Kalau Nggak Mau Dicap Pengangguran, 8 Kegiatan Ini Bisa Kamu Kerjakan Selagi Cari Kerja

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://craftbymood.com/menjahit/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.