PROPOSAL PROGAM KREATIVITAS MAHASISWA



PROPOSAL PROGAM KREATIVITAS MAHASISWA


        JUDUL PROGRAM
JILBAB BELA NEGARA
(BEAUTY, ELLEGANT STYLE, AND INTERESTING DESIGN OF SYAR’I VEIL): INOVASI TERBARU BERSAING DI PASAR GLOBAL





BIDANG KEGIATAN :
PKM KEWIRAUSAHAAN





Diusulkan oleh :

    Mar’atus Sholikah    7101414128/2014








UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2015
PENGESAHAN PKM-KEWIRAUSAHAAN


1. Judul Kegiatan    : Jilbab Bela Negara (Beauty, Ellegant style, and Interesting Design Of Syar’i Veil): Inovasi Terbaru Bersaing di Pasar Global
2. Bidang Kegiatan                :  PKM-K       
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a.  Nama Lengkap        :     Mar’atus Sholikah
b.    NIM        :     7101414128
c.    Jurusan/Prodi        :     Pendidikan Ekonomi/ Pendidikan
                Administrasi Perkantoran
d.    Universitas      :     Universitas Negeri Semarang
e.    Alamat Rumah dan No Telp./HP    :     Desa Garung Lor RT 05/II
            Kaliwungu, Kudus/ 085740056675
f.    Alamat email    : maratus.smkn1kds@gmail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan    : 2 orang
5. Dosen Pendamping
a.    Nama Lengkap dan Gelar    :
b.    NIDN    : 
c.    Alamat Rumah dan No Telp./HP    :   
6.    Biaya Kegiatan Total
a.    Dikti         : Rp 8.620.500,00
b.    Sumber lain    : Rp -
7.  Jangka Waktu Pelaksanaan     : 5 (lima) bulan

            Semarang, 10 Juni 2015
Menyetujui :
Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi



Dr Ade Rustiana, M. Si.            Ketua Pelaksana,            ( Mar’atus Sholikah )
NIP. 196801021992031002    Ketua Pelaksana,



Mar’atus Sholikah
NIM. 7101414128

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan         Dosen Pendamping,



Dr. Bambang Budi Raharjo M.Si.        (dosbing kamu, S.T., M.T.)
NIP. 1960121986011001    Dosen Pembimbing,



....................................
NIDN.



DAFTAR ISI

Halaman Sampul        i
Pengesahan        ii
Daftar Isi        iii
Ringkasan        iv   

BAB 1.    PENDAHULUAN   
1.1.    Latar Belakang        1
1.2.    Tujuan Penulisan        2
1.3.    Manfaat Penulisan        2

BAB 2.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1.    Jenis, Nama Produk, dan Karakteristik Produk        4
2.2.    Keunggulan Produk        4
2.3.    Pesaing dan Peluang Pasar        4
2.4.    Strategi Pasar        4
2.5.    Analisis Operasional        4

BAB 3.     METODE PELAKSANAAN
3.1.    Metode Pelaksanaan         5

BAB 4.    BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1.    Anggaran Biaya        6
4.2.    Jadwal kegiatan         4

LAMPIRAN-LAMPIRAN        11

   

RINGKASAN

Penggunaan jilbab saat ini tidak hanya dipandang sebagai pakaian serba tertutup yang menggambarkan kesan tradisional, monoton dan konvensional. Keberadaan jilbab telah diterima secara luas di berbagai lingkungan dan status sosial.
Oleh karena itu, kami memberikan inovasi terbaru yaitu “Jilbab Bela Negara” dengan desain yang cantik dan menarik serta dengan gaya yang elegan dan modis seharga Rp 65.000,00 per bungkus. Jilbab Bela Negara merupakan jilbab double benefits yaitu dengan double colour and double style, namun tetap dalam satu balutan jilbab.

Kata kunci: Jilbab, inovasi, double benefit.
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    LATAR BELAKANG
Penampilan dalam berbusana merupakan salah satu upaya peningkatan iman dan takwa seorang muslim, dimana penampilannya itu sesuai dengan petunjuk agama serta selaras dengan ketentuan hukum agamanya (KH. Ali Yafi, 1994:294). Di dalam ajaran agama islam terdapat tata cara dalam berpakaian untuk menutup aurat baik laki-laki maupun perempuan. Bagi seorang perempuan muslimah mempunyai aturan menutup aurat yang khas, yaitu dengan menggunakan kain penutup kepala yang dalam al-qur’an dikenal dengan istilah Jilbab atau dalam pandangan masyarakat Indonesia lebih popular dengan istilah Busana Muslim.
Sebagai seorang muslimah hendaknya menggunakan pakaian yang berjilbab, sesuai dengan firman Allah QS. Ar-Nur ayat 31 yang artinya :
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
Berdasarkan ayat di atas menjelaskan bahwa secara tegas hendaknya seorang muslimah untuk menjaga kehormatannya dan menutup aurat mereka dari orang yang tidak melihatnya (Nashruddin Baidan, 1999:121).
Di era modernisasi ini, penggunaan jilbab bagi muslimah telah menampilkan model-model jilbab yang lebih cantik, menarik, dan modis dengan gaya elegan dan feminim yang dibalut dengan busana muslimah.Dengan jenis mode jilbab yang semakin beragam dengan corak, model dan accesorisyang mendukungnya menjadi daya tarik tersendiri. Jilbab saat ini tidak hanya dipandang sebagai pakaian serba tertutup yang menggambarkan kesan tradisional, monoton dan konvensional. Keberadaan jilbab telah diterima secara luas di berbagai lingkungan dan status sosial.
Kini, Jilbab modern dinilai lebih fleksibel dan dapat dikombinasikan dengan berbagai busana lain. Mereka makin dinilai fashionable jika dapat menggabung-gabungkan antara mode pakaian satu dengan yang lainnya. Dengan menggabung-gabungkan mode pakaian satu dengan lainnya dan berani menabrakkan warna dan corak pakaian, maka gaya memakai jilbab saat ini dinilai menjadi lebih kreatif dan variatif. Maraknya model jilbab yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan psikologis anak muda saat ini semakin mendorong perempuan memilih jilbab dalam berbusana kesehariannya.
Oleh karena itu, melalui karya tulis ini, kami mengusulkan sebuah inovasi terbaru yaitu “Jilbab Bela Negara” sebagai jilbab syar’i yang memiliki desain yang cantik dan menarik serta dengan gaya yang elegan dan modis. Jilbab ini merupakan jilbab double colour and double style, jadi satu jilbab mempunyai benefit yang ganda. Melalui karya tulis ini diharapkan mampu memunculkan peluang bisnis baru untuk menghasilkan produk yang lebih unggul dan mampu bersaing di dunia bisnis saat ini.

1.2.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan judul dan latar belakang di atas dapat dikemukakan beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
a.    Bagaiman cara mengoptimalkan jilbab syar’i berbasis bela negara untuk menjadi variasi produk yang mempunyai desain dan gaya yang cantik, elegan, danmenarik ?
b.    Bagaiman cara memasarkan produk yang telah dihasilkan secara efektif dan efisien ?

1.3.    TUJUAN KEGIATAN
Program ini dibuat dengan tujuan sebagai berikut :
a.    mengoptimalkan kegunaan jilbab yang sesuai syari’at islam dengan cara  menghasilkan produk jilbab yang mengikuti perkembangan zaman namun tetap sesuai ajaran islam.
b.    meningkatkan keterampilan dalam memasarkan produk dengan efektif dan efisien.

1.4.    LUARAN YANG DIHARAPKAN
Berdasarkan uraian diatas maka luaran yang diharapkan adalah sebagai berikut:
a.    menghasilkan produk baru berupa jilbab bela negara,
b.    mampu memasarkan produk dengan efektif dan efisien.
1.5.    KEGUNAAN PROGRAM
Kegunaan dari program kreativitas ini adalah:
a.    meningkatkan jiwa wirausaha dalam diri mahasiswa,
b.    mampu mendorong mahasiswa untuk berfikir kreatif, inovatif, dan mampu melihat serta memanfaatkan peluang yang ada,
c.    meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan.

BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

2.1.    JENIS, NAMA PRODUK, DAN KARAKTERISTIK PRODUK
Jenis produk yang akan dihasilkan dalam usaha ini adalah jilbab. Jilbab yang akan diproduksi adalah jilbab khimar instan dengan double benefit. Kami memilih poly ethylene sebagai bahan dasar. Poly ethylene merupakan sejenis bahan kaos non alami yang popular digunakan sebagai bahan jilbab. Kainnnya umumnya relative tebal, halus, dan lembut. Karena keunggulan tersebut banyak digunakan untuk membuat jilbab, khususnya jilbab yang ukurunanya relatif besar.

2.2.    KEUNGGULAN PRODUK
Jilbab bela negara ini merupakan salah satu jenis jilbab syar’i yang berbahan dasar poly ethylene yang dapat menyerap panas dan bahannya sangat lembut dan kesat. Keunggulan dari produk yang akan dihasilkan antara lain:
a.    Jilbab bela negara merupakan jilbab yang panjang dan tebal (tidak tipis dan tembus pandang) sehingga sangat sesuai dengan yang termuat dalam al-qur’an, jilbab bela negara itu menutupi dadamu. Tidak dililit ke atas kepala atau dimodfikasi agar tidak panjang.
b.    No punuk unta
c.    Produk yang dihasilkan merupakan inovasi terbaru dari produk jilbab syar’i lainnya, yaitu dengan double benefit.

2.3.    PESAING DAN PELUANG PASAR
Meskipun banyak sekali para wirausahawan yang menjalankan usaha di bidang ini, tetapi tidak menutup peluang untuk pelaksanaan program ini karena  adanya berbagai keunggulan dari produk ini baik dari segi kualitas maupun dari segi harga yang cukup terjangkau bagi kalangan ekonomi menengah ke  bawah. Banyaknya konsumen yang mulai menyadari pentingnya mengenakan jilbab syar’i juga akan menambah peluang pasar produk ini.

2.4.    STRATEGI PASAR
Strategi pasar dalam pemasaran produk ini adalah Marketing Mix dengan menerapakan beberapa kebijakan diantaranya:
a.    Kebijakan Produk
Usaha ini bergerak di bidang produksi dan penjualan jilbab. Jilbab yang diproduksi yaitu jilbab bela negara.
b.    Kebijakan Harga
Tingkat harga yang ditawarkan kepada masyarakat cukup terjangkau mengingat tingkat ekonomi di Indonesia yaitu menengah ke bawah maka masyarakat baik kalangan kalangan pelajar maupun lainnya cenderung lebih memilih untuk membeli sesuatu yang murah, yaitu hanya Rp 65.000,00 per jilbab.
c.    Kebijakan Promosi
Kegiatan promosi merupakan kegiatan mengenalkan produk kepada masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan hasil penjualan. Untuk dapat meningkatkan hasil penjualan Jilbab Bela Negara maka perlu dilkukan promosi. Bentuk promosi yang dapat dilakukan antara lain dengan memanfaatakan media social seperti facebook, twiteer, BBM, instragram. Selain itu juga memanfaatkan media cetak terutama dengan menyebar brosur kepada konsumena atau pemasangan pamphlet di pinggir jalan ataupun di toko/warung
d.    Kebijakan Distribusi
Distribusi hasil produksi kepada para konsumen dapat dilakukan dengan menawarkan secara online melalui sosial media dan untuk pengiriman atau pengepakan melalui jasa pengantar barang, atau bisa juga denga melakukan kerja sama dengan berbagai toko jilbab atau busana muslim untuk mendistribusikan kepada konsumen, serta juga dengan mengikuti pameran-pameran ataupun expo.

2.5.    ANALISIS OPERASIONAL
a.    Rencana Pembuatan Produk
Rencana pembuatan produk jilbab Bela Negara selama tiga bulan adalah sebagai berikut:
1  minggu    =    12 buah
1 bulan    = 4 x 12 buah =    48 buah
3 bulan    = 3 x 48 buah =    144 buah

Harga penjualan per buah adalah Rp 50.000,00
Harga penjualan 3 bulan    = Rp 65.000, x 144    = Rp 9.360.000,00
Laba penjualan 3 bulan    = Harga jual – Biaya produksi
    = Rp   739.500,00

Perhitungan BEP
BEP Volume Produksi    =     Total Biaya
Harga    =     Rp 8.620.500,00
Rp 65.000,00
            =    132,6
Jadi  pada tingkat volume produksi 133 buah, usaha ini berada pada titik impas. BEP ini terjadi pada bulan ke tiga produksi.
BEP Harga Produksi    =    Total Biaya Produksi
Hasil produksi    =    Rp 8.620.500,00
144
            =    Rp 59.864,58
Jadi, pada tingkat harga Rp 60.000,00 usaha ini berada pada titik impas.
B/C RATIO
B/C Ratio    =    Hasil penjualan
Total produksi
    =    Rp 9.360.000,00
Rp 8.620.500,00
    =    1,085
Karena ratio lebih besar  dari satu  yaitu 1,085  maka usaha ini layak untuk dijalankan.

BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1.    METODE PELAKSANAAN
Metode yang digunakan dalam program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan ini adalah sebagai berikut :

a.    Persiapan
Alat:

Bahan:

b.    Pelaksanaan
Tahap pelaksanaan pembuatan produk ini antara lain sebagai berikut:
a)    Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
b)    Pengolahan bahan
Tahap pengolahannya yaitu :
(a.)    Buat pola jilbab
(b.)    Potong kain sesuai pola jilbab
(c.)    Jahit kain sesuai pola yang telah dipotong dan desain yang dibuat
(d.)    Finishing.
c.    Pengemasan
Setelah melalui proses pembuatan, tahap berikutnya adalah pengemasan.  Jilbab Bela Negara  dikemas dalam box atau plastik yang menarik dan berlabel “I      Syar’i veil”
d.    Promosi
Promosi dilakukan dengan cara menawarkan produk ke konsumen langsung, membuat brosur atau memasang  pamflet di pinggir-pinggir jalan, menitipkan produk ke toko hijab atau busana muslim, membuat akun facebook/twitter/BBM/Instagram/WA/Line, dan lain-lain.
e.    Pemasaran
Segmen pasar adalah semua muslimah, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengingat pentingnya mengenakan jilbab bagi kaum muslimah. Target utama produk ini adalah mahasiswa  Universitas Negeri Semarang.
f.    Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan usaha yang dijalankan, mengetahui tingkat daya beli masyarakat terhadap produk yang dihasilkan, mengevaluasi komentar-komentar konsumen terhadap produk yang dijual, dan memperbaiki produk sesuai dengan harapan yang diinginkan konsumen.

BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1.    RENCANA BIAYA
No.    Keterangan    Total
1.    Peralatan dan perlengkapan penunjang program PKM    Rp     2.586.150,00
2.    Bahan habis pakai    Rp    4.310.250,00
3.    Perjalanan     Rp    862.050,00
4.    Lain-lain     Rp    862.050,00
Jumlah    Rp    8.620.500,00

4.2.    JADWAL KEGIATAN
No.    Deskripsi Kegiatan    Waktu Pelaksanaan
        Bulan ke-1    Bulan ke-2    Bulan ke-3    Bulan ke-4    Bulan ke-5
1.    Persiapan program:                   
    a.    Persiapan bahan
b.    Persiapan alat
c.    Persiapan tempat    V
V
V    -
-
-    -
-
-    -
-
-    -
-
-
2    Pelaksanaan program:                   
    a.    Produksi
b.    Promosi
c.    Penjualan produk    -
-
-    V
V
V    V
V
V    V
V
V    -
-
-
3    Evaluasi     -    V    V    V    -
4    Penyusunan laporan    -    -    -    V    V

Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan akan melakukan beberapa kegiatan paska pelaksanaan program, sebagai rasa tanggung jawab kami dari kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan ini.







LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1.
1.    IDENTITAS KETUA
A.    Identitas Diri Ketua
1    Nama Lengkap    Mar’atus Sholikah
2    Jenis Kelamin    Perempuan
3    Program Studi    Pendidikan Ekonomi Adm. Perkantoran S1
4    NIM    7101414128
5    Tempat dan Tanggal Lahir    Kudus, 30 Desember 1995
6    E-mail    maratus.smkn1kds@gmail.com

7    Nomor Telepon/HP    085740056675
B.    Riwayat Pendidikan
    SD    SMP    SMA
Nama Institusi    SD Negeri 1 Garung Lor    SMP Negeri 1 Kudus    SMK N 1 Kudus
Jurusan    -    -    Administrasi Perkantoran
Tahun Masuk-Lulus    2002-2008    2008-2011    2011-2014
C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.    Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar    Judul Artikel Ilmiah    Waktu dan Tempat
1    LKTIN UNYSef 2015    E-Java Games    Yogyakarta
2    KIOS Corner        Semarang
3    EBC (Economic Brain Competition)    Yudisium Garam    Semarang
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapatdipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratandalam pengajuan Hibah PKM 2016.

            Semarang, 10 Juni 2015
            Ketua,



            Mar’atus Sholikah
            NIM. 7101414128

2.    Anggota I
A.    Identitas Diri
1    Nama Lengkap    Siti Sofiyah Hijayati
2    Jenis Kelamin    Perempuan
3    Program Studi    PKK
4    NIM    5401411065
5    Tempat dan Tanggal Lahir    Banjarnegara, 23 Juni 1993
6    E-mail    bintu_aisyah@gmail.com

7    Nomor Telepon/HP    +628562622861
B.    Riwayat Pendidikan
    SD    SMP    SMA
Nama Institusi           
Jurusan    -    -   
Tahun Masuk-Lulus           
C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.    Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar    Judul Artikel Ilmiah    Waktu dan Tempat
1           
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapatdipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratandalam pengajuan Hibah PKM 2016.
            Semarang, 10 Juni 2015
            Anggota I,


            …………………
            NIM.




3.    Anggota II
A.    Identitas Diri
1    Nama Lengkap   
2    Jenis Kelamin   
3    Program Studi   
4    NIM   
5    Tempat dan Tanggal Lahir   
6    E-mail   
7    Nomor Telepon/HP   
B.    Riwayat Pendidikan
    SD    SMP    SMA
Nama Institusi           
Jurusan           
Tahun Masuk-Lulus           
C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.    Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar    Judul Artikel Ilmiah    Waktu dan Tempat
1           
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapatdipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratandalam pengajuan Hibah PKM 2016.
            Semarang, 10 Juni 2015
            Anggota II,


            ……………………….
            NIM.




             
Lampiran Biodata Pembimbing

A. Identitas Pembimbing
1    Nama Lengkap   
2    Jenis Kelamin   
3    Program Studi   
4    NIDN   
5    Tempat dan Tanggal Lahir   
6    E-mail   
7    Nomor Telepon/HP   

B. Riwayat Pendidikan
    S1    S2    S3
Nama Institusi           
Jurusan    -    -   
Tahun Masuk-Lulus           

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.    Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar    Judul Artikel Ilmiah    Waktu dan Tempat
1    -    -    -
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapatdipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM 2015.
            Semarang, 10 Juni 2015
            Dosen Pembimbing,



    …………………………
    NIDN.

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
1.    Peralatan penunjang
Material    JustifikasiPemakaian    Kuantitas    Harga Satuan
(Rp)    Keterangan
               

2.    Bahan habis pakai
Material    JustifikasiPemakaian    Kuantitas    Harga Satuan
(Rp)    Keterangan
               

3.    Perjalanan
Material    JustifikasiPerjalanan    Kuantitas    Harga Satuan
(Rp)    Keterangan
               

4.    Lain-lain
Keterangan    Total Biaya
(Rp)
   

Lampiran 3.Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No.    Nama/ NIM    Program Studi    Bidang Ilmu    Alokasi Waktu (Jam/ Minggu)    Uraian Tugas
1    Mar’atus Sholikah/7101414128         5112412014/2            Pendidikan Administrasi Perkantoran    Ekonomi    12 Jam/ Minggu    Mengkoordinasikan semua anggota, membantu tugas masing-masing anggota
2                   
3                   


Lampiran 4.Surat Pernyataan Ketua Kegiatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Gedung H : Kampus Sekaran – Gunungpati – Semarang 50229
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Email: pr3@unnes.ac.id, Telp/Fax: (024) 8508003

SURAT PERNYATAAN KETUA PENILITI/PELAKSANA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama     : Mar’atus Sholikah
NIM     : 7101414128
Program Studi     : Pendidikan Administrasi Perkantoran
Fakultas     : Ekonomi

Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-KEWIRAUSAHAAN dengan judul:
JILBAB BELA NEGARA
(BEAUTY, ELLEGANT STYLE, AND INTERESTING DESIGN OF SYAR’I VEIL): INOVASI TERBARU BERSAING DI PASAR GLOBAL
yang diusulkan untuk tahun anggaran 2016 bersifat original dan belum pernah dibiayaioleh lembaga atau sumber dana lain.

Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka sayabersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikanseluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

    Semarang, 10 Juni 2015
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan,        Yang Menyatakan, 




Dr. Bambang Budi Raharjo M.Si.    Mar’atus Sholikah
NIP. 1960121986011001    NIM. 7101414128
   

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.