Pola Kerah Sanghai


Pola Kerah Sanghai

 ·
Bagi yang belum tau caranya membuat pola Kerah Shanghai, gak usah kuatir, disini aku mau berbagi cara menggambar pola kerah shanghai seperti yang kalian butuhkan. Cara menggambar polanya sangat mudah, yang pertama kali harus dilakukan adalah mengukur lingkar leher baju yang akan dibuatkan pola kerahnya setelah ketemu dibagi dua, nah selanjutnya ikuti aja petunjuk dalam gambar dibawah ini, selamat mencoba....semoga sukses ya...!!!!


Tag:
Pola Kerah Kemeja
Pola Kerah Koko
Kerah Baju Anak
Kerah Jubah
Kerah Kotak


 Cara Menjahit Kerah Shanghai


Di postingan perdana ini, saya mau berbagi tentang cara membuat kerah Shanghai.

Kerah Shanghai merupakan jenis kerah pada baju yang paling mudah dibuat. Berikut ini merupakan langkah-langkah mudah untuk membuat kerah Shanghai:


1. Ukur lingkar leher pada busana yang akan diberi kerah, kemudian dibagi dua. Ini merupakan panjang kerah. Sebagai contoh, ukuran lingkar leher di baju saya adalah 44 cm, dibagi dua menjadi 22 cm.
Lebar kerah yaitu 3 cm.
Buat persegi panjang kemudian bentuk bagian ujung melengkung seperti gambar di atas.

2. Sematkan kertas pola dengan jarum pentul. Peletakkan jarum pentul harus menyerong agar kain tidak bergeser. Sisakan masing-masing 1 cm untuk kampuh, tandai dengan kapur jahit kemudian potong.


3. Buat dua pasang potongan kain untuk bagian kanan dan kiri leher. Satu pasang diberi kain keras dan kain pelapis, kemudian rekatkan dengan disetrika. Ukuran kain keras sesuai dengan pola, sedangkan ukuran kain pelapis sesuai dengan ukuran kain yang dipotong.


4. Satukan sepasang potongan kain. Satu buah potongan dengan kain keras dan satu buah potongan dengan kain pelapis. Letakkan menempel dengan bagian kain yang tidak berlapis di bagian dalam. Sematkan dengan jarum pentul kemudian jahit bagian yang diberi jarum pentul.

5. Gunting bagian atas kain (kampuh) menjadi kurang lebih 0,5 cm. Tujuanya agar kerah tidak menggelembung setelah dibalik.

6. Jahit salah satu sisi kerah ke bagian leher baju. Sisi yang lain dijahit sambil memasukan bagian buruk kain ke dalam lipatan yang akan dijahit sehingga terlihat rapi.

7. Lakukan langkah yang sama pada sisi satunya. Jadi deh!!!

Gimana tante? Gampang kan???


 sumber :  http://danitailor.blogspot.com/2015/09/pola-kerah-shanghai.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.