Kerajinan Kayu

 Kerajinan Kayu


SEJARAH KERAJINAN KAYU


Perkembangan yang terjadi tidak lepas dari adanya suatu perubahan khususnya kerajinan dinegara indonesia,Perubahan dan perkembangan merupakan proses perjalanan yang mengalir bergerak menuju titik yang ditujumelalui ketrampilan tangan, biasa mengandung unsur seni, Pertumbuhan kerajinan kayu di indonesia khususnya Desa Singakerta berangkat dari bentuk-bentuk seni tradisi yang merupakan kekayaan budaya sebagai landasannya. Dalam buku yang berjudul Seni Hias Damar Kurungmembahas tentang seni tradisi. Seni Tradisi dijelaskan merupakan kekayaan budaya yang dipergunakan sebagai landasan pertumbuhan seni daerah yang tumbuh dengan subur sejak jaman dulu menjadi kekuatan lokal, Penjelasan buku tersebut sangat penting artinya dalam penelitian ini karena terkait dengan pembahasan tentang bentuk-bentuk seni tradisi yang berkaitan dengan landasan seni kerajinan yang berkembang di Singakerta.

seperti yang dikatakan oleh Gustami dalam bukunya Seni Kerajinan Mebel Jepara menjelaskan tentang bentuk-bentuk seni ukir yang dipergunakan pada mebel yang diambil dari bentuk tradisi atau seni hias tradisi (Gustami, 2000, 273).

KERAJINAN KAYU

Kerajinan kayu artinya pembuatan barang-barang bahan kayu yang dihasilkan melalui ketrampilan tangan manusia. Terkait dengan penelitian ini adalah pembuatan barang-barang bahan kayu yang berupa relief dan patung dengan motif bentuk binatang kaki empat dan binatang laut yang dihasilkan melalui ketrampilan tangan manusia.
Selain pengertian diatas juga membutuhkan teori sebagai pendekatan masalah agar sasaran yang diinginkan dapat tercapai. Penggunaan beberapa teori selalu ada kaitannya dengan sasaran yang telah ditentukan,bahan kayu yang bagus adalah kayu jati
Kerajinan kayu indonesia seperti kerajinan khas kalimantan yang sangat unik dan kreatif. Ada diantaranya berupa patung, anyaman tas, dan kerajinan lain.Telisik demi telisik menurut keterangan warga setempat, kerajinan kayu dan barang kerajinan ini bersifat sekunder. Artinya pembuatannya merupakan pekerjaan sambilan dan membutuhkan waktu yang lama. Secara otomatis harga jualnya pun juga ikut mahal.
Bahan kerajinan kayu dan barang kerajinan yang diambil dari kerajinan tangan indonesia khususnya daerah kalimantan berasal dari hutan adat,Pengambilannya tidak secara masal, namun sesuai kebutuhan adat. Dan hal inilah yang menjadi faktor pengaruh masih lestarinya hutan adat di kalimantan.
Lain halnya kerajinan kayu di ngawi
Bertepatan musim liburan di negara lain, sentra kerajinan kayu tradisional ikut kecipratan rejeki. Pusat-pusat kerajinan kayu jadi jujugan turis asing yang melintasi ngawi. Seperti di sentra penjualan kerajinan kayu di wilayah kedunggalar yang berada di sekitar monumen soeryo dan banjarejo sering menerima tamu dari mancanegara yang berminat akan kerajinan ini.
Bentuk pajangan yang unik dan lucu atau kerajinan tangan miniatur binatang adalah yang laris dibeli para turis ini. Rata-rata pengrajin kerajinan dan pengrajin barang kerajinan mematok harga yang berbeda untuk pelancong dari manca ini. “perbedaan harga antara 20 hingga 25 persen.
Minat turis pada barang kerajinan kayu jati dari indonesia khususnya daerah ngawi dan jepara membuat pedagang bersemangat. Apalagi menjelang lebaran para pedagang bisa mendapat penghasilan tambahan.

JENIS KERAJINAN KAYU

-ukir kayu
-patung kayu
-hiasan kayu
-almari
-meja
-kursi


KEUNGGULAN KERAJIAN KAYU

-bentuknya bagus-bagus
-memili banyak sekali motif yang bagus
-harganya relatif murah tergantung tingkat kesulitan dalam pembuatannya
-tahan lama karena sudah di lapisi atau di finishing dengan bahan yang bagus
-terbuat dari bahan yang bagus diantaranya yaitu kayu jati

MACAM_MACAM GAMBAR DARI KERAJINAN KAYU


 sumber : https://beragamkerajinankayu.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-kerajinan-kayu.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.