Cara Menjahit Kupnat

 Cara Menjahit Kupnat




Kupnat atau darts merupakan lipatan pada pakaian yang dijahit membujur pada bagian dada, pinggang, bahu atau bagian lainnya dengan tujuan untuk mengepas pakaian serta memberikan efek ramping dan menyamarkan bentuk tubuh yang kurang menarik. Penambahan lipatan kupnat dalam jumlah banyak juga mampu memberikan siluet yang lebih menawan pada suatu busana. Cara termudah yang dapat diterapkan untuk pembuatan kupnat yaitu dengan meradernya sesuai dengan pola kupnat.

 

Disamping itu terdapat pula teknik pembuatan kupnat dengan cara lain yang cukup sederhana tanpa menggunakan alat bantu berupa rader maupun karbon jahit. Pertama-tama buatlah garis pola pada kertas menggunakan pensil atau spidol. Kemudian tempelkan kertas pola diatas kain, lalu pindahkan garis pola yang terdapat pada kertas keatas media kain menggunakan kapur jahit yang berlainan warna dengan kain bahan utama.


Untuk memudahkan pembuatan kupnat sematkan jarum pentul pada tiap sisi-sisi kupnat kemudian balikkan kain dan beri titik penanda sesuai posisi jarum yang menembus kain.


Singkirkan potongan kertas pola kemudian hubungkan titik-titik penanda dengan bantuan penggaris. Jika penggunaan kapur jahit tidak begitu terlihat sahabat Fitinline bisa mensiasatinya dengan membuat jahitan jelujur mengunakan benang dan jarum jahit yang berwarna mencolok sebagai penggantinya.


Lipat kain tepat pada pertengahan kupnat dan pastikan kedua garis yang terdapat masing-masing sisi berada dalam posisi sejajar lalu sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser. Tandai ujung kupnat menggunakan jarum pentul dengan posisi tegak lurus.


Jahit kupnat dari bagian ujung atas kebawah sesuai garis tanda yang telah dibuat.

Setelah bagian kupnat terjahit dengan sempurna selanjutnya setrika bagian tersebut untuk memberikan kesan lebih rapi dan menarik.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online


 sumber :  https://fitinline.com/article/read/cara-menjahit-kupnat/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.