Pengertian Desain Busana

 Pengertian Desain Busana

pengertian desain busana
 Pengertian Desain Busana

pengertian desain busana - Pengertian Desain Busana

Secara etimologi, desain berasal dari bahasa Inggris "design" yang artinya rancangan. Pada dasarnya, desain merupakan perencanaan dalam sbuah objek, system, komponen, atau struktur. Desaian dikenakan pada bentuk sebuah rencana, dapat berupa gambar, model, maupun deskripsi. Jadi, dapat dikatakan, desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu.

Dari kata design muncullah kata desain yang berarti mencipta, memikir atau merancang. Dilihat dari garis, bentuk, ukuran, warna, tekstur dan value dari suatu  benda yang akan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip desain. Sedangkan dilihat dari kata kerja, desain dapat diartikan sbagai proses perencanaan bentuk dengan tujuan supaya benda yang dirancang mempunyai fungsi atau berguna serta mempunyai nilai keindahan.

Lalu apakah busana busana itu? Istilah busana berasal dari sansakerta yaitu "bhusana" yang dapat diartikan "pakaian". Namun demikian pengertian busana dan pakaian terdapat sedikit perbedaan,  dimana busana mempunyai makna konotasi "pakaian yang indah" yaitu pakain yang serasi, harmonis, selaras, enak dipandang. Busana dalam pengertian luas adalah segala sesuatu yang dipakai mulai dari kepala sampai ujung kaki yang actor kenyamanan dan menampilkan keindhan bagi si pemakai.

Secara garis besar busana meliputi:

    Busana mutlak, yaitu busana yang tergolong busana pokok seperti baju, rok, kebaya, blus, bebe dan lain-lain. termasuk pakaian dalam seperti singlet, bra, celana dalam dan lain-lain.
    Milineris, yaitu pelengkap busana yang sifatnya melengkapi busana mutlak, serta mempunyai nilai guna disamping juga untuk keindahan seperti sepatu, tas, topi, kaus kaki, kacamata, selendang, scraft, shawl, jam tangan, dan lain-lain.
    Aksesoris, yaitu pelengkap busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan sipemakai seperti cincin, kalung, liontin, bross, dan lain-lain.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa desain busana adalah rancangan sebuah busana sebelum dibuat. Jadi , sebelum busana dibuat maka diperlukan desainnya terlebih dahulu. Desain busana yang akan dibuat harus sesuai dengan keadaan seseorang (pemakai). Tujuannya adalah agar nyaman ketika digunakan dan tampak seslaras dan serasi dengan sipemakai. Dan yang terpenting adalah dapat menutupi kekurangan yang ada pada diri seseorang. Dengan demikian pemakai dapat tampil percaya diri.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian desain busana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  ERGONOMI DALAM LINGKUNGAN KERJA

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://ewse.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-desain-busana.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.