, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

PELAKSANAAN PROYEK BISNIS

PELAKSANAAN PROYEK BISNIS


5.1    RENCANA IMPLEMENTASI
Rencana implementasi dari proyek bisnis ORIGO dibagi secara per bulan.
Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
April    1        
    2    Melakukan pendekatan kepada pemasok galon, tisu dan  segel (segel) galon    Melakukan kontak dengan telefon dan datang langsung kemudian melakukan pemesanan
    3    Beta Testing    Memberikan free sample kepada konsumen selama beberapa waktu dan membuat kuesioner tentang seberapa besar keinginan konsumen untuk mengonsumsi produk kami
    3    Mencari masukan dari para konsumen    Mengadakan diskusi grup terfokus
    4    Evaluasi dan Revisi Beta Testing    Menganalisa hasil kuesioner dan wawancara terhadap konsumen. Pembuatan plan B jika konsumen tidak mau mengonsumsi produk kami
     4    Rencana Peluncuran    Mempersiapkan badan hukum perusahaan, jalur distribusi dan tempat penyimpanan
     4    Komponen produk telah siap     Melakukan pengambilan komponen produk di beberapa pemasok
     4    Evaluasi bisnis     Evaluasi strategi bisnis
Tabel 5.1 Rencana Implementasi Bulan April

Pada bulan april, ORIGO fokus pada kegiatan untuk persiapan peluncuran bisnis. Setelah melakukan survey pada bulan sebelumnya, ORIGO akan melakukan pemesanan kepada para pemasok yang sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan harga, kualitas dan jumlah minimum pemesanan.
Diskusi grup terfokus akan dilakukan pada bulan ini dengan tujuan mencari beberapa masukan dari konsumen sebagai salah satu cara untuk memperkuat konsep bisnis.
Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
May    1    Peluncuran produk    Pengambilan langsung 300 galon dengan menggunakan 4 kendaraan
    1    Pembuatan materi promosi    Bertemu dengan designer untuk membuat materi promosi seperti spanduk dan brosur
         Pencetakan materi promosi    Melakukan pendekatan terhadap percetakan
    2    Promosi penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter terutama pada waktu acara "arisan"
    2    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    3    Promosi penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    3    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    4    Evaluasi bisnis    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 250 galon pada bulan pertama
Tabel 5.2 Rencana Implementasi Bulan Mei

Semua komponen pendukung prodak diperkirakan selesai pada akhir bulan april sehingga pada awal bulan May peluncuran produk akan terlaksana. Kegiatan pada bulan may mempunyai fokus pada aktivitas promosi penjualan.




Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Juni    1    Promosi Penjualan    Membagikan materi promosi kepada distributor
    2    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    2    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    3    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
     3    Mencari masukan dari para konsumen    Melakukan wawancara informal kepada konsumen ORIGO
    4    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 300 galon pada bulan kedua
Tabel 5.3 Rencana Implementasi Bulan Juni

Aktivitas pada bulan Juni juga mempunyai fokus pada penjualan. Namun, pada bulan ini ORIGO melakukan wawancara informal kepada beberapa konsumen rumah tangga dan beberapa distributor. Hal ini dilakukan dengan tujuan mencari masukan dari konsumen atas pelanan yang telah diberikan ORIGO
Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Juli    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 agen    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Penawaran kontrak terhadap pemilik mesin    Pendekatan kepada pemilik mesin dengan tujuan untuk penekanan biaya produksi
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 400 galon pada bulan ketiga
Tebel 5.4 Rencana Implementasi Bulan Juli

Target ORIGO untuk penjualan adalah mendapatkan 1 agen dan 1 kedai kopi dan teh dalam setiap bulannya. Untuk mendapatkan margin yang lebih besar, ORIGO melakukan pendekatan kepada pemilik mesin dengan tujuan mendapatkan biaya produksi yang lebih rendah.
Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Agustus    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Meningkatkan kapasitas penjualan    Merekrut satu karyawan untuk pengendara mobil
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 agen    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Mencari masukan dari para konsumen    Mengadakan diskusi grup terfokus dan wawancara terhadap distributor dan agen
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 595 galon pada bulan keempat

Tabel 5.5 Rencana Implementasi Bulan Agustus

Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
September    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 agen    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 770 galon pada bulan kelima
Tabel 5.6 Rencana Implementasi Bulan September

Kegiatan pada bulan september dan oktober memunyai fokus pada promosi penjualan dengan target mendapatkan 1 agen dan 1 kedai kopi dan teh.
Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Oktober    1    Mencari informasi dari para konsumen    Mengadakan diskusi grup terfokus
    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    3    Mengadakan Event    Kegiatan eksternal dengan tujuan mengenalkan ORIGO kepada masyarakat
     4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 945 galon pada bulan keenam
              
Tabel 5.7 Rencana Implementasi Bulan Oktober

 eksternal dengan mengadakan acara dengan tujuan mengenalkan ORIGO kepada masyarakat akan dilaksanakan pada bulan OKTOBER. Acara ini akan diadakan di salah satu komplek perumahan di daerah depok.
Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
November    1    Penembahan kapasitas penjualan    Merekrut satu karyawan untuk penjualan
    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 1120 galon pada bulan ketujuh
              
Tabel 5.8 Rencana Implementasi Bulan November

Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Desember    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Evaluasi akhir tahun    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 1295 galon pada bulan kedelapan
Tabel 5.9 Rencana Implementasi Bulan Desember


Rencana Implementasi

Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Januari    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 1470 galon pada bulan kesembilan
              
Tabel 5.10 Rencana Impementasi Bulan Januari
Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Februari    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 1645 galon pada bulan kesepuluh
           
Tabel 5.11 Rencanna Implementasi Bulan Februari


Rencana Implementasi
Bulan    Minggu    Rencana    Aktivitas
Maret    1    Pendekatan terhadap distributor    Melakukan penawaran kontrak terhadap distributor
    1    Pendekatan terhadap kedai kopi dan teh    Melakukan penawaran kontrak terhadap kedai kopi dan teh
    2    Mendapat kesepakatan kontrak minimal dengan 1 distributor    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    2    Mendapat kesepakatan kontrak dengan kedai kopi dan teh    Tanda tangan kontrak kerjasama dengan distributor
    3    Promosi Penjualan    Demo penjualan di perumahan dengan peralatan TDS meter
    3    Mengadakan Event    Kegiatan eksternal dengan tujuan mengenalkan ORIGO kepada masyarakat
    4    Evaluasi    Mengevaluasi target penjualan yang mencapai 1820 galon pada bulan kesebelas
Tabel 5.12 Rencana Implementasi Bulan Maret
Promosi penjualan dilakukan seperti biasanya dengan target yang sama pada bulan November 2009 sampai dengan Februari 2010. Pada bulan maret, akan diadakan acara eksternal untuk lebih memperkenalkan produk ORIGO. Acara ini akan diadakan di salah satu komplek perumahan Cinere.

5.2    KEGIATAN PELAKSANAAN RENCANA BISNIS
Rencana implementasi dibuat sebagai acuan untuk melaksanakan segala kegiatan dan penyusunan strategi kedepan. Kegiatan pelaksanaan rencana bisnis ORIGO yang sudah berjalan selama 3 bulan mengalami beberapa perbedaan dengan apa yang telah direncanakan.
Pada bulan April 2009, kegiatan ORIGO fokus pada persiapan peluncuran bisnis. Kendala yang ditemui pada saat ORIGO mempersiapkan peluncuran adalah mundurnya jadwal produksi yang dilakukan 2 orang pemasok yang mengakibatkan mundurnya peluncuran bisnis ORIGO.
Mundurnya jadwal peluncuran, salah satunya dialami oleh pemasok tisu galon. Pemasok tersebut mundur 1 minggu setelah waktu yang sudah dijadwalkan. Selain itu, pemunduran jadwal produksi juga dialami pemasok tutup galon. Pemasok ini merupakan pemasok yang mengalami pemunduran jadwal yang paling lama. Hal ini dikarenakan kesalahan produksi yang dilakukan oleh mereka sehingga mengalami pemunduran produksi selama 2 minggu.
Peluncuran produk dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2009 dengan mengambil produk secara langsung ke pabrik sebanyak 300 galon. Pengambilan produk ini dibagi menjadi menjadi 2 tahap yaitu sebanyak 200 galon pada hari pertama dan 100 galon di hari kedua. Hal ini dilakukan karena keterbatasan kapasitas angkut yang dimiliki oleh ORIGO.
Sampai saat ini, ORIGO sedang bernegosiasi dengan beberapa agen dan kedai teh dan kopi. Dari beberapa yang telah dilakukan penawaran, terdapat 2 distributor yang sudah mencapai tahap pembicaraan kontrak.
Distributor pertama diperoleh di daerah Lenteng Agung. Distributor ini merupakan perusahaan yang sudah memiliki pengalaman di industri AMDK selama satu tahun. Sampai saat ini, pembicaraan mengenai kontrak sudah mencapai tahap negosiasi harga.
Distributor kedua berada di daerah Bintaro. Di dalam salah satu isi perjanjian dijelaskan bahwa distributor tersebut menawarkan untuk memegang distributor tunggal untuk daerah pemasaran Bintaro. ORIGO dan distributor tersebut sudah mencapai kata sepakat mengenai isi kontrak. Penjualan pada distributor ini direncanakan akan dilakukan pada awal bulan Juli.
5.2.1 EVALUASI HASIL ALPHA TEST 1
Pada perencanaan strategi tahap petama, kami menetapkan Business to Business (B2B) sebagai landasan model bisnis kami. B2B menjadi keputusan yang dipilih dikarenakan telah tersedianya captive market yakni perusahaan swasta yang memiliki permintaan dengan jumlah besar akan air berkualitas TDS 0. Kemudian dengan memanfaatkan jaringan terdekat (keluarga), kami dapat membidik 3 restauran, 3kantor, dan 1 sarana olahraga. Hal-hal tersebutlah yang menjadi pertimbangan kami untuk fokus ke area B2B. kemudian setelah kami tindaklanjuti behaviour dari B2B produk AMDK galon, harga menjadi faktor kritikal bagi perusahaan dalam memilih produk. Melihat adanya pemain dengan kisaran harga Rp.6000 pergalonnya, menyadari bahwa kami belum cukup kuat untuk melakukan kompetisi harga dengan existing player, Sehingga apabila bertahan pada B2B akan sulit bagi kami untuk berkembang.
Situasi ini menuntut kami untuk melakukan perubahan strategi.Proses pencarian strategi yang tepat kami lakukan dengan identifikasi keunggulan bersaing dari ORIGO. ORIGO merupakan air minum dengan kualitas air yang sangat baik, bahkan dapat dikatakan hanya 5-6 merk saja dari 600 merk AMDK di Indonesia yang memiliki kualitas setara dengan ORIGO. Merk yang setara itupun dapat dikatakan belum benar-benar berkualitas sama persis dengan ORIGO karena tidak mencapai angka 0 (nol) kandungan TDS-nya. Keunggulan bersaing ini akan sulit untuk pasar B2B karena kualitas bukanlah faktor utama, sebaliknya bagi B2C (Business to Consumen).
B2C ini mengacu pada segmented market, yang mana menargetkan masyarakat yang peduli atau mulai peduli akan pentingnya pemilihan air untuk dikonsumsi. Yang telah atau ingin mengetahui pengaruh kualitas air pada tubuh manusia dimana tidak semua air minum itu baik untuk dikonsumsi.

5.2.2 PELAKSANAAN ALPHA TEST 1
Pada alpha test 1 kami mendapatkan hasil bahwa kami harus mengganti target market kami yang semula B2B menjadi B2C karena adanya beberapa faktor. Setelah kami memilih B2C sebagai target market kami, kami pun melakukan alpha testing yang kedua dengan tujuan untuk mengetahui jika produk kami bermain di harga premium pada target market B2C apakah konsumen mau menerima produk kami dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh produk kami.
Alasan kami masuk ke pasar premium adalah karena memang produk kami ORIGO memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan competitor yang ada, karena ORIGO memiliki kandungan TDS 0 yang belum dimiliki oleh competitor dan juga untuk mendapatkan profit margin yang lebih tinggi lagi dibanding membidik pasar yang bukan premium. Oleh karena itu kami menggunakan kuesioner sebagai alat bantu untuk mengetahui apakah ORIGO akan diterima di pasar premium. Kami membagikan kuesioner ini kepada 5 orang keluarga yang tersebar di area Jakarta untuk mendapatkan informasi.
Dari hasil kuesioner kami mendapatkan input bahwa tidak mudah bagi kami untuk bermain di level premium, karena pada saat ini aqua sebagai market leader dan juga sebagai price taker memiliki harga di pasaran rata-rata Rp.12,000 dan konsumen juga mempersepsikan bahwa kualitas aqua adalah yang terbaik. Sehingga ketika kita memberikan harga Rp.14,000 dimana diatas aqua maka konsumen akan mempersepsikan produk kita mahal sedangkan kualitas kita masih dibawah aqua.
Akan tetapi setelah kami memberitahu kelebihan-kelebihan dari produk kita dibandingkan dengan competitor, konsumen berani membeli produk kita lebih mahal dibandingkan dengan aqua yaitu Rp.14,000.00 tetapi dengan syarat bahwa kelebihan-kelebihan yang dimiliki produk kita memang benar dan juga masalah distribusi tidak terhambat. Lalu packaging dan stiker yang unik pun kurang berdampak besar di mata konsumen, karena bagi mereka tetap kandungan dan kualitas air adalah yang paling utama sedangkan packaging hanyalah sebagai nilai tambah saja.
Dari hasil sementara alpha testing II didapat bahwa ada kesempatan bagi produk kita untuk bermain pada level premium dengan harga Rp.14,000 karena produk kita memiliki kelebihan dan keunikan dibandingkan dengan competitor tetapi distribusi juga tidak boleh terhambat.

5.2.3 PELAKSANAAN BETA TEST
Tujuan dilaksanakannya beta test ini adalah  untuk mencari tahu apakah produk ORIGO sesuai dengan harapan dan ekspektasi konsumen. Secara teknis pelaksanaan beta test ini tidak dapat dikendalikan oleh pihak ORIGO, oleh karena itu perusahaan akan benar-benar mendapatkan hasil yang murni berdasarkan perilaku konsumen yang mencoba produk ORIGO.
Pihak ORIGO akan memberikan sampel gratis kepada 10 orang calon konsumen dimana setiap konsumen akan mendapatkan jatah dua buah galon untuk dikonsumsi selama dua minggu. Lalu pada akhir minggu kedua tim ORIGO akan memberikan kuesioner kepada konsumen yang berisi tentang pengaruh-pengaruh yang dirasakan oleh konsumen setelah mereka mengkonsumsi produk ORIGO (lihat lampiran pemasaran 6), berikut adalah contoh pertanyaan dan tabel yang harus diisi oleh mereka:

•    Setelah mengkonsumsi produk TDS NOL dengan frekuensi 8 gelas atau kurang lebih dua liter per hari, apakah anda mengalami perubahan seperti berikut?

    (Beri tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai)

Minggu I
     Berpengaruh tidak baik    Tidak berpengaruh    Berpengaruh lebih baik
Kondisi badan setelah bangun tidur             
Daya tahan tubuh           
Kondisi badan secara umum           
*Kondisi badan setelah menstruasi            
*khusus perempuan

Minggu II
     Berpengaruh tidak baik    Tidak berpengaruh    Berpengaruh lebih baik
Kondisi badan setelah bangun tidur           
Daya tahan tubuh           
Kondisi badan secara umum           
*Kondisi badan setelah menstruasi           
*khusus perempuan
Dari 10 responden, diperoleh bahwa 6 responden merasakan bahwa kondisi badan setelah bangun tidur berpengaruh lebih baik. Sedangkan sisanya menjawab tidak berpengaruh. Sedangkan untuk daya tahan tubuh, 7 responden menjawab tidak berpengaruh dan 3 menjawab berpengaruh lebih baik. Untuk kondisi badan secara umum, 6 responden merasakan perbedaan menjadi lebih baik sedangkan sisanya tidak berpengaruh. 3 dari 10 reponden merupakan responden yang masih mengalami masa menstruasi. Dari 3 responden tersebut diperoleh bahwa produk tidak berpengaruh pada kondisi badan setelah menastruasi.

0 komentar:

Post a Comment