UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS

UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS


ppt tentang kerajinan bahan keras dan unsur unsur estetika dan ergonomis - Contoh Unsur Estetika
2. UNSUR ERGONOMIS
Unsur ergonomis karya kerajinan selalu dikaitkan dengan
aspek fungsi atau kegunaan. Adapun unsur ergonomis karya
kerajinan adalah seperti berikut:

a. Keamanan (security)
yaitu jaminan tentang keamanan
orang menggunakan produk kerajinan tersebut

b. Kenyamanan (comfortable),
yaitu kenyamanan apabila
produk kerajinan tersebut digunakan.

c. Keluwesan (flexibility),
yaitu keluwesan penggunaan. Produk kerajinan adalah produk terap/pakai, yaitu produk kerajinan yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Produk terap/pakai dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya.
Contoh Unsur Ergonomis
Nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki
prinsip:
- kesatuan (unity)
-keselarasan (harmoni)
-keseimbangan (balance)
-kontras (contrast)
sehingga menimbulkan perasaan haru, nyaman, nikmat, bahagia, agung, ataupun rasa senang.
UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS
1. UNSUR ESTETIKA



unsur estetika / sering kita kenal dengan istilah keindahan. keindahan adalah nilai nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni. keindahan juga diartikan sebagai pengalaman estetis yang diperoleh ketika seseorang mencerao objek seni / dapat pula dipahami sbg sebuah objek yg memiliki keindahan



 1. PENGERTIAN KERAJINAN


Sebelum kita membahas poin yang lain dari materi produk kerajinan, alangkah indahnya kita memahami dasarnya dulu sebelum mengenal lebih jauh, yaitu pengertian produk kerajinan. apa itu pengertian kerajinan? Menurut dari sumber wikipedia pengertian kerajinan adalah suatu julukan   bagi benda yang menghasilkan karya seni   buatan  manusia. Sedangkan kata 'kerajinan' berasal dari rajin yang memiliki arti sebagai benda  yang dibuat atau dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan dapat menghasilkan sebuah barang hiasan dan juga sebagai barang pakai. Adapun beberapa nilai-nilai kerajina yang harus dimiliki adalah memiliki percakapan, keahlian,  penguasaan teknik pembuatan produk dan kreatifitas yang tinggi.



Sedangkan kerajinan dibedakan dengan 2 jenis yakni kerajinan  bahan alam dan bahan buatan. apa yang dimaksud dengan bahan alam? adalah bahan-bahan yang di ambil dari alam atau bahan-bahan yang terbuat dari alam sebagai bahan dasarnya, conohnya adalah serat alam dan bambu. Untuk bahan buatan adaah bahan-bahan yang terbuat dari bahan sintetis yang di buat oleh manusia itu sendiri, contohnya adalah plastik dan sabun. Indonesia juga memiliki  beberapa kerajinan yang cukup unik dan di bagi dengan beberapa jenis, yang antara lain,  tenun serat, rotan, batik, kayu, logam, tanah liat dan batu. lantas apakah yang di maksud dengan kerajinan bahan keras merupakan suatu kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan keras



2. FUNGSI PRODUK KERAJINAN DARI BAHAN KERAS


Ok setelah memahami pengertian dari kerajin, Selanjutnya kita akan membas tentang Fungsi produk kerajinan. seperti dengan produk kerajinan bahan lunak, kerajinan bahan keras juga memiliki fungsi yang di bedakan menjadi 2 bagian yaitu:

Benda hias: suatu karya kerajinan yang di buat dengan mengutamakan sebagai benda pajangan atau hiasan

benda pakai: hasil karya kerajinan yang di ciptakan yang mengoptimalkan fungsi dari benda yang diciptakan dan memiliki unsur keindahan tapi hanyalah pendukung saja.

3. Unsur estetika dan ergonomis
memang dalam suatu penciptaan suatu kerajinan tidak lepas dengan yang namanya  estetika dan ergonomis. Estetika adalah salah satu kata lain dari keindahan ,jadi suatu karya seni harus memiliki keindahan untuk memberikan penciptaan yang lebih unik dan  apabilah tidak memiliki keindahan tidak disebut dengan namanya kerajinan karya seni ...Sedangkan ergonomis adalah suatu unsur yang meliputi, keamanan, kenyamanan, keluwesan dan motif dalam kerajinan

4. Motif ragam hias pada kerajinan bahan keras
Selanjutnya kita akan membahas motif ragam hias pada kerajinan bahan keras, Ragam hias nusantara memiliki perbedaan seperti pada motifnya tapi ada persamaan yang dimiliki oleh kerajinan nusantara seperti jenis, motif hias, pola susunan, pewaarnaan dan lain-lain. sedangan ada beberapa motif yang banyak digunakan untuk menghias antara lain:

a. Motif realis
Merupakan motif yang dapat di ambil dari keadaan alam yang bersifat nyata, seperti tumbu-tumbuhan, hewan, bentuk batuan, bentuk awan, bentuk matahari dan lain-lain.

b. motif abstrak
motif abstrak adalah motif yang tidak jelas dengan objek apa yang diterapkan pada motifnya, disisi lain motif ini menggunakan bentuk bebas.

c. motif dekoratif
suatu motif  dengan  tujuan memperindah objek benda yang akan di gambar dalam motifnya. motif ini memodifikasi bentuk alam dengan seindah mungkin tapi tanpa mengubah bentuk aslinya.

d. Motif geomatris
Merupakan motif yang mempunyai bentuk  teratus dan dapat di ukur dengan alat ukur seperti penggaris. Contohnya adalah lingkaran, kerucut, persegi, segitiga dan lain-lain.

4. TEKNIK PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN KERAS
Pada umunya teknik pembuatan kerajinan bahan keras memiliki beberapa macam antara lain:

a. teknik cor
- teknik tuang berulang
-teknik tuang sekali pakai
b. teknik elsa
c. teknik ukir
d. teknik ukir tekan
e. teknik bubut
f. teknik anyam

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  ppt tentang kerajinan bahan keras dan unsur unsur estetika dan ergonomis

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Rangkuman Materi Prakarya Kelas 9

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://prezi.com/oa3dpb0pysg8/unsur-estetika-dan-ergonomis-produk-kerajinan-bahan-keras/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.