10 Macam Alat Jahit Aplikasi Yang Perlu Anda Ketahui


10 Macam Alat Jahit Aplikasi Yang Perlu Anda Ketahui

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 10 Macam Alat Jahit Aplikasi Yang Perlu Anda Ketahui


macam macam alat jahit - Seperti kita ketahui jahit aplikasi merupakan sebuah teknik menghias permukaan kain dengan cara menempelkan guntingan kain pada bahan kain yang berlainan warna. Dalam pembuatan jahit aplikasi secara keseluruhan alat yang dibutuhkan hampir sama dengan kegiatan menjahit pada  umumnya.


Peralatan yang dimaksud diantaranya berupa jarum jahit tangan, benang, gunting, jarum pentul, bantalan jarum,  tudung jari, alat pemasuk benang, pemidangan, pensil atau kapur jahit, pendedel, dan setrika.


Jarum Jahit Tangan

Jarum jahit tangan dibutuhkan untuk membuat jahitan aplikasi dengan tangan. Besar kecilnya jarum sangat bergantung pada benang yang digunakan untuk menyulam. Jarum kecil diperlukan untuk menyulam dengan benang halus, sementara jarum lubang besar diperlukan untuk menyulam dengan benang besar pula.

Gunting

Gunting yang dibutuhkan untuk membuat jahitan aplikasi diantaranya berupa gunting kain, gunting kertas, gunting benang, serta gunting bordir/sulam.

Alat Pemasuk Benang

Alat pemasuk benang yang lebih populer dengan nama mata nenek berfungsi untuk membantu memasukkan benang pada lubang jarum.


Jarum Pentul Dan Bantalan Jarum

Dalam membuat jahitan aplikasi jarum pentul biasa difungsikan untuk membantu menggabungkan kain satu dengan lainnya agar tidak bergeser dan berada tepat pada tempatnya. Sedangkan bantalan jarum diperlukan untuk memudahkan seorang penjahit dalam menempatkan jarum agar rapi dan tidak berserakan.


Tudung Jari

Tudung jari atau bidal berfungsi untuk melindungi jari dari tusukan jarum saat menjahit.


Pemidangan

Pemindangan dapat digunakan untuk meregangkan kain agar permukaannya menjadi lebih rata dan licin sehingga memudahkan pada saat menjahit aplikasi.

Pensil atau Kapur Jahit

Pensil atau kapur jahit dibutuhkan untuk menggambar pola-pola yang akan dijadikan aplikasi pada kertas dan kain.


Pendedel Jahitan

Untuk membongkar jahitan yang salah, sahabat Fitinline bisa memanfaatkan fungsi pendedel jahitan atau pendedel benang yang didesain runcing pada bagian cekungannya.

Setrika

Dalam proses pembuatan aplikasi, seterika diperlukan untuk menghaluskan pola-pola aplikasi agar lebih mudah disusun dan dijahit pada media kain yang berukuran lebih luas.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  macam macam alat jahit
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  CARA MUDAH MEMBUAT BAJU TIDUR / PYAMA

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/10-macam-alat-jahit-aplikasi-yang-perlu-anda-ketahui/
Info Kursus Menarik

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.