Jangan Buru-Buru Buang Pakaian Bekasmu! Sulap Mereka Jadi 10 Barang Baru

Jangan Buru-Buru Buang Pakaian Bekasmu! Sulap Mereka Jadi 10 Barang Baru

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Jangan Buru-Buru Buang Pakaian Bekasmu! Sulap Mereka Jadi 10 Barang Baru

jahit pakaian terpakai - Model pakaian dan sepatu memang terus berubah setiap tahunnya. Dari mulai klasik, bohemian, hingga gaya sporty yang kasual. Saking seringnya kamu mengikuti perkembangan mode, banyak pakaian lama yang akhirnya tidak lagi terpakai dan disimpan dengan manis di dalam lemari.

Kamu merasa sayang untuk membuangnya karena dulu pernah menjadi fashion item kesayangan. Tetapi, untuk memakainya pun jarang karena sedang tidak musimnya. Nah untuk mengatasi kegalauanmu itu, Hipwee punya beberapa tips makeover yang bisa membuat pakaian lamamu terlihat seperti baru. Apa saja? Simak artikel berikut, yuk!
1. Pangkas Celana Panjangmu dan Miliki Celana Pendek Baru


Mau punya celana jeans pendek nggak harus selalu beli kok! Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah hanya dengan bermodal celana lama dan gunting saja. Pertama, carilah celana jeans panjang yang sudah jarang dipakai di dalam lemarimu. Setelah itu, ambil gunting dan potonglah celana tersebut. Panjang dan pendeknya, sesuaikan dengan keinginanmu biasanya hingga batas 2/3 paha atau sedikit di atas lutut.
Langkah-langkahnya


Hasil potongannya memang masih kasar dan menyisakan benang di ujung-ujung celana. Untuk merapikannya, kamu bisa bawa ke tukang jahit langganan atau ke tukang permak jeans yang sering lewat depan rumah. Tapi kalau kamu memang menginginkan penampilan yang sedikit messy look, biarkan saja hasil potongan yang kasar itu tanpa perlu merapikannya.
2. Manfaatkan Jeans yang Tidak Terpakai Jadi Sarung Ponsel Baru


Habis memangkas celana jeans panjangmu? Jangan buang sisa potongannya, karena kamu bisa membuat sarung ponsel dari bahan sisa ini.

Caranya:

    Ambil bahan jeans sepanjang 30 cm, lipat menjadi 2.
    Buat pola sesuai dengan bentuk ponselmu, kemudian potong pola tersebut dengan melebihkan 1 cm di setiap sisinya.
    Satukan sisi kanan dan kiri dengan menjahitnya. Tidak perlu menggunakan mesin jahit karena kamu bisa menjahitnya dengan tangan. Gunakan tusuk jelujur, tikam jejak, atau feston untuk hasil yang lebih kuat.

    Jenis tusukan dalam menjahit

    Jenis tusukan dalam menjahit via azizahflanel.wordpress.com
    Coba masukkan ponselmu ke dalam sarung barunya ini. Lihat apa panjang dan lebarnya sudah pas. Kalau masih kepanjangan, kamu bisa memangkas sedikit di bagian atasnya.

Yeay! Kamu punya sarung ponsel baru, deh!
3. Permak Kaos Lamamu Menjadi Tank Top Lucu


Pergi ke pantai memang enaknya memakai tank top. Selain lebih bebas bergerak, tubuhmu juga bisa merasakan sejuknya angin pantai menyentuh kulitmu. Tapi kalau belum punya tank top bagaimana, ya? Jangan khawatir karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa susah.


Pertama, siapkan kaos lamamu yang berukuran cukup besar atau longgar. Kemudian, potong kedua sisi lengan dan bagian garis leher. Potonglah sesuai dengan tingkat kerendahan dan tebal tali bahu yang kamu ingingkan. Berikutnya, pangkas sedikit bagian bawah kaos supaya tidak terlalu panjang. Untuk hasil yang lebih rapi, kamu bisa menjahit bagian pinggir kaos yang terpotong. Namun, tanpa perlu dijahit pun hasilnya juga sudah oke, kok!
4. Percantik Kaos Polosmu Dengan Teknik Dip Dye


Kaos polos yang sudah bosan dipakai, jangan dibiarkan di dalam lemari saja. Coba deh percantik kaos polosmu dengan teknik dip dye. Kamu hanya perlu menyiapkan kaos polos, pewarna tekstil merek Dylon, sarung tangan karet atau plastik, air hangat, garam, dan ember kecil sebagai wadah.

Langkah-langkahnya:

    Larutkan 1/4 botol bubuk Dylon ke dalam 4 gelas air hangat dan tambahkan 4 sendok makan garam untuk ‘mengunci’ warnanya.
    Setelah larut dengan baik, tambahkan sedikit air untuk mendapat warna lembut yang tidak terlalu pekat.
    Cuci bagian bawah kaos polos yang ingin kamu percantik dengan air biasa dan peras hingga airnya habis.
    Rendam bagian kaos polos yang basah ke dalam larutan Dylon selama 45 detik, lalu angkat. Kemudian lanjutkan pewarnaan dengan cara mencelup-celupkan bagian bawah kaos sebanyak 3-4 kali, supaya mendapat gradasi warna yang cantik.

    Rendam dan celup-celupkan

    Rendam dan celup-celupkan via blog.freepeople.com
    Selanjutnya, peras bagian kaos yang telah diberi warna dan bilas menggunakan air dingin. Lalu, gantung kaos tersebut selama 15 menit sampai bagian yang diwarnai mengering.
    Setelah 1/2 kering, taburkan sedikit bubuk pewarna Dylon di atas bagian yang diwarnai. Taburkan sesukamu untuk membuat efek berkilau.

    Taburkan bubuk Dylon

    Taburkan bubuk Dylon via blog.freepeople.com
    Gantung kembali kaosmu hingga benar-benar kering. Kemudian, bilas dan keringkan sekali lagi untuk membuat warna terserap dengan baik.

Tada! Kaos polos membosankanmu telah berubah menjadi kaos dip dye yang sangat cantik.
5. Gunakan Cat Akrilik Untuk Menghias Sepatu Polosmu Agar Tak Lagi Membosankan


Sepatu polos memang tak pernah lekang oleh waktu. Tapi, terkadang bosan juga menggunakan sepatu yang polos dan begitu-begitu saja. Supaya nggak bosan, warnai sepatumu saja yuk dengan cara berikut.

Siapkan sepatu polos yang akan kamu hias. Pastikan sepatu tersebut dalam keadaan yang bersih; kalau kotor, cuci terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan cat akrilik dengan warna yang kamu inginkan siapkan cat akrilik warna putih jika sepatumu tidak berwarna dasar putih dan spidol marker dengan warna yang sesuai dengan cat. Oiya, jangan lupa juga siapkan kuas untuk mewarnainya ya.


Langkah pertama, pertegas pinggiran lubang tali sepatumu dengan menggunakan spidol marker. Ini dilakukan untuk mengantisipasi supaya lubang tali tidak ikut dicat olehmu. Setelah semua pinggiran lubang telah dipertegas, mulailah warnai sepatumu dengan menggunakan cat akrilik.


Sapukan kuas secara perlahan, terutama bagian pinggi lubang tali. Warnailah HANYA bagian kiri dan kanan saja, biarkan bagian depan dan belakang tetap pada warna aslinya. Setelah semua selesai diwarnai, jemur sepatumu hingga kering, dan kamu punya sepatu baru, deh! 🙂
6. Butuh Tas Baru? Buat Sendiri Fringe Tote Bag Dari Kaos Lamamu


Kaos lamamu tidak cuma bisa dirubah menjadi tank top atau dipercantik dengan teknik dip dye saja, tetapi juga dapat dibuat menjadi fringe tote bag lho! Untuk membuatnya, kamu tidak memerlukan alat dan bahan yang sulit. Cukup sediakan kaos, gunting, pensil, dan penggaris saja.

Pertama, gunting bagian lengan dan leher kaosmu. Setelah itu, ukur panjang kaosmu dari bawah dan beri tanda pada bagian yang menunjukkan angka 6 atau 7 cm. Buat garis horizontal dari kanan ke kiri tepat pada area tanda yang telah kamu buat. Setelah itu, gunting bagian bawah kaosmu secara vertikal untuk membuat fringe atau rumbai-rumbai sampai batas garis horizontal. Usahakan setiap rumbai memiliki lebar 1-2 cm saja.

Rapikan rumbai-rumbai yang telah tergunting supaya tidak ada yang tergulung. Setelah itu, satukan rumbai depan dan belakang dengan cara mengikatnya. Lakukan satu per satu dan terakhir, pastikan kamu mengikatnya dengan kuat supaya menutup dengan baik. Kalau ikatannya tidak kuat, bisa-bisa tasmu nanti tidak mampu menahan beban yang diberikan. Jadi, pastikan tidak ada lubang yang terbentuk ya.
7. Gunakan Studs Untuk Menghias Celana Jeans Lawas


Kamu pasti pernah membeli celana jeans yang kepanjangan. Mungkin karena kakimu kurang jenjang atau memang ukuran merek tersebut saja yang berbeda dari lainnya. Untuk mengatasinya, kamu nggak harus selalu memangkas panjangnya kok. Cukup menambahkan studs saja dan celana jeans-mu sudah terlihat sangat berbeda.


Membuatnya sangat mudah. Pertama, kamu perlu untuk membeli studs dengan bentuk yang diinginkan dan sediakan 1 buah tang. Kemudian, lipat bagian bawah celanamu sebanyak 2 kali atau sesuaikan dengan panjang yang kamu inginkan. Kemudian, mulai pasangkan studs di area lipatan tersebut. Jika mengalami kesulitan, kamu bisa menggunakan tang untuk memudahkan pemasangan. Pastikan lipatan tersebut terhias dengan rapi. Dan voil ! Celana jeans-mu tidak lagi kepanjangan dan semakin cantik untuk dipandang.
8. Ciptakan Hiasan Dinding Unik Dari Kaosmu yang Tidak Terpakai


Jangan biarkan dinding kamarmu kosong tanpa hiasan. Mungkin foto atau poster sudah biasa menjadi hiasan, tetapi kalau kaos? Pasti akan luar biasa.

Cara membuatnya tidak sulit, kok. Siapkan kaos tidak terpakai yang menurutmu sangat artistik, bisa berupa tulisan ataupun gambar. Lalu, sediakan kanvas kosong sejumlah dengan kaos yang akan kamu gunakan. Jangan lupa untuk menyiapkan lem tembak atau pengokot ukuran besar untuk menyatukan kaos dan kanvas.

Setelah semuanya siap, potong bagian kaos yang bermotif sesuai dengan ukuran kanvas yang dimiliki. Lebihkan potongan sekitar 4 cm di setiap sisinya. Kemudian, lem pinggir-pinggir kaos pada bagian kayu di kanvas dengan lekat. Biarkan mengering untuk beberapa saat dan hiasan dinding pun siap untuk digantung.
9. Manfaatkan Kemeja Bekas Sebagai “Baju Baru” Untuk Bantal di Rumahmu


Kemeja ayahmu yang sudah lama tidak terpakai, jangan buru-buru dibuang atau dijual ke tukang loak. Dengan sedikit usaha, kemeja tersebut bisa diubah menjadi baju baru untuk bantal-bantal sofamu.

Untuk membuatnya, siapkan kemeja-kemeja yang sudah tidak terpakai itu. Pastikan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan bantal yang akan kamu sarungi. Kemudian, pakaikan kemeja tersebut pada bantal. Temukan bagian kemeja yang paling pas untuk dijadikan sarung bantal, biasanya dari bagian dada hingga ke bawah. Setelah menemukan posisi kemeja yang paling pas, potonglah bagian yang tidak akan digunakan dan jahit kedua sisi yang masih terbuka. Biarkan kancing kemeja tetap berada di tempatnya karena itu akan menjadi ornamen sekaligus pengunci sarung bantal tersebut.

Langkah-langkah pembuatan yang lebih jelas bisa kamu lihat di video berikut:
10. Hiasan Rambut Cantik Hanya Dalam 5 Menit


Sisa potongan kaos dari membuat tank top, masih bisa untuk kamu manfaatkan sebagai bando. Membuatnya juga gampang sekali. Potongan kaos yang masih menyatu di ujung-ujungnya, kamu bagi menjadi dua. Setelah itu, rapikan bagian-bagian yang tergunting, bisa dengan dijahit atau hanya ditrim saja. Kemudian, kaitkan kedua kain tersebut hingga seperti rantai dan satukan kedua ujungnya dengan jahitan sederhana.


Tak susah ‘kan menyulap barang lamamu jadi barang yang lebih bermanfaat? Mulai sekarang, jangan buru-buru menyingkirkan barang yang nampaknya sudah tak bisa kamu gunakan.

Dengan sedikit kreatifitas,barang-barang lawas tersebut bisa kamu sulap jadi benda-benda baru yang tak kalah bermanfaat. Selamat mencoba, ya!




Membuat Rok dari Dress Lama yang Tidak Terpakai


Punya dress lama yang sudah tidak terpakai karena sudah usang, kependekan atau modelnya jadul? Tapi masih sayang untuk diberikan ke orang lain karena punya kenangan yang berarti. Daripada bingung harus bagaimana, yuk ikut aku memanfaatkan dress lama ini menjadi sebuah rok.

Kebetulan maxidress milik saya ini sedikit kependekan dan modelnya juga kurang pas buat emak-emak anak muda seperti saya, sehingga dress ini jarang sekali saya pakai. Setelah saya ukur, ternyata masih bisa untuk dimanfaatkan menjadi sebuah rok. Lumayan lah, daripada mubadzir gak kepakai kan..? :D

Maxidress atau dress panjang ini akan saya makeover menjadi rok panjang. Kalian juga bisa memanfaatkan dress pendek kamu untuk menjadi rok pendek, dengan mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :


Langkah Pertama
Ukur panjang rok yang diinginkan kemudian potong. Pada dress milik saya ini, saya potong tepat pada tanda garis putus-putus berwarna biru seperti pada gambar berikut.


Langkah Kedua
Siapkan karet elastik dengan panjang ½ dari lingkar pinggang pada rok. Atau sesuaikan dengan lingkar pinggang kita dan kurangi 15-20cm. Karena saya ingin membuat rok yang mudah dan praktis, maka saya tidak membuat ban pinggang secara terpisah. Jadi saya membuat lipatan pada bagian atas rok tersebut untuk dimanfaatkan sebagai ban pinggang elastis.


Caranya adalah dengan membuat lipatan pada bagian pinggang, lipat sebanyak 2 kali seperti membuat kelim, untuk membuat ban pinggang elastis. Sesuaikan ukuran lebar lipatan dengan lebar karet elastik yang akan dipakai. Lebihkan lebar ban pinggang sebesar 0,5cm dari lebar karet elastik.



Langkah Ketiga
Jahit sekeliling pinggir lipatan ban pinggang seperti gambar A. Sisakan ruang sedikit sekitar 3cm untuk memasukkan karet elastik.

Sambungkan dengan jahitan di kedua ujung karet elastik setelah karet elastik telah dimasukkan di dalam ban pinggang seperti gambar B. Jangan lupa untuk menutup sisa ruang ban pinggang tadi dengan jahitan. Kemudian tarik-tarik ban pinggang yang sudah terisi karet elastik hingga kerutan ban pinggang menjadi rata. Atur dan ratakan karet elastik agar merapat di bagian bawah ban pinggang atau bekas jahitan tadi, kemudian tahan dengan beberapa jarum pentul seperti gambar C, sehingga ada sisa ruang selebar 0,5cm di bagian atas ban pinggang yang tidak terisi karet elastik.


Langkah Keempat
Jahit bagian tengah ban pinggang yang terisi karet elastik seperti pada gambar D. Selagi menjahit, lakukan sambil menarik total bagian ban pinggang hingga tidak berkerut.

Cara ini dilakukan agar karet elastik tidak bergeser dan terlipat selagi dipakai. Selain itu juga agar ban pinggang pada rok terlihat lebih rapi.


Langkah Kelima
Langkah terakhir adalah dengan menjahit sekeliling bagian tepi ban pinggang yang tidak terisi karet elastik. Lakukan juga dengan cara yang sama seperti gambar D dengan cara menarik ban pinggang hingga tidak ada kerutan selagi menjahit.
Lakukan secara perlahan agar karet elastik tidak ikut terjahit. Dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Lakukan secara perlahan agar karet elastik tidak ikut terjahit. Dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Nah rok yang saya buat dari dress tadi sudah jadi nih. Siap dipakai untuk bersantai di rumah. Ah iya, foto rok ini juga saya manfaatkan sebagai object untuk menyalurkan hobi saya dalam menggambar loh. Saya iseng-iseng mencoba untuk mempercantik foto object dengan stick drawing menggunakan aplikasi Corel Draw. Yang juga hobi menggambar, yuk ikutan mencoba. ;)


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jahit pakaian terpakai

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pakaian

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://jemariayumna.blogspot.co.id/2015/11/membuat-rok-dari-dress-lama.html http://www.hipwee.com/tips/10-cara-menyulap-pakaian-bekas-jadi-barang-baru-yang-keren/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.