, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SISTEM EKONOMI LIBERAL(PASAR/KAPITALIS) |ekonomiakuntansiid

 SISTEM EKONOMI LIBERAL(PASAR/KAPITALIS) |ekonomiakuntansiid

 ekonomiakuntansiid.blogspot.co.id - Berikut ini penulis menampilkan pengertian sistem ekonomi liberal (pasar/kapitalis). selamat membaca ...
Pengetian Sistem  Ekonomi Liberal(pasar/kapitalis) Mempunyai beberapa persi sekalipun maknanya tidak berbeda yakni memberikan kebebasan kepada pengusaha untuk menentukan pasar, dan bahkan sangat mengharapkan pemerintah tidak ikut campur tangan didalamnya. 
Pengertian Sistem ekonomi pasar (pasar/kapitalis) adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam Smith, dalam bukunya “An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.”
Pemahaman lain mengatakan mengatakan, pengertian Sistem ekonomi liberal/pasar/ kapitalis adalah sitem ekonomi yang aset-aset produktif dan faktor-faktor produksinya sebagian besar dimiliki oleh sektor individu/swasta. Sementara tujuan utama kegiatan produksi adalah menjual untuk memperoleh laba.
Berdasar dari dua ungkapan tersebut maka Pengertian Sistem perekonomian pasar/tata ekonomi liberal/kapitalis merupakan sistem perekonomian yang memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, menjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya.
Dalam sistem perekonomian liberal/kapitalis/pasar, setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesar- besarnya dan bebas melakukan kompetisi untuk memenangkan persaingan bebas.
Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :
1.Masyarakat diberi kebebasan atau Setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal dan sumber-sumber produksi.
2.Setiap individu, masyarakat, pengusaha bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya
3.Kegiatan ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba
4.Segala kegiatan ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta)
5.Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar atau Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi.
6.Masyarakat terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan pemilik sumber daya produksi dan                   masyarakat pekerja (buruh).
7.Adanya persaingan dalam masyarakat, terutama dalam mencari keuntungan, Persaingan dilakukan secara bebas
8.Kegiatan selalu mempertimbangkan keadaan pasar, karna Pasar merupakan dasar setiap tindakan ekonom.
9.Biasanya barang-barang produksi yang dihasilkan bermutu tinggi.
10.Peranan modal sangat vital
Keuntungan dan Kelemahan.
Keuntungan Sistem Ekonomi Pasar(liberal/Kapitalis) yaitu :
1.Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi, karena masyarakat tidak perlu lagi menunggu perintah dari pemerintah.
2.Setiap individu bebas memiliki sumber-sumber produksi, yang nantinya akan mendorong partisipasi masyarakat dalam perekonomian.
3.Munculnya persaingan untuk maju dari masyarakat atau pengusaha.
4.Mengahsilkan barang-barang yang bermutu tinggi, karena adanya motivasi persaingan sehat antar masyarakat/antar pengusaha.
5.Efisiensi dan efektivitas tinggi karna setiap tindakan ekonomi didasarkan atas motif mencari laba
Sistem ekonomi liberal kapitalis selain memilki keuntungan juga mempunyai kelemahan, antara lain :
Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar(liberal/kapitalis) :
1.Sulitnya melakukan pemerataan pendapatan, karena persaingan bebas serta tidak sehat.
2.Cenderung terjadi eksploitasi kaum buruh oleh para pemilik modal
3.Munculnya monopoli yang dapat merugikan masyarakat
4.Banyak terjadinya gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasi sumber daya oleh individu.
5.Masyarakat yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.
Institusi pokok yang membangun sitem ekonomi liberal/kapitalis/pasar
Ada lima institusi pokok yang membangun sitem ekonomi liberal/kapitalis/pasar, yakni :
a. Hak kepemilikan.
Sebagian besar hak kepemilikan dalam sistem ekonomi liberal/kapitalis/pasar adalah hak kepemilikan swasta/individu (private/individual property), sehingga individu dalam masyarakat liberal/kapitalis/pasar lebih terpacu untuk produktif.
b. Keuntungan.
Keuntungan (profit) selain memuaskan nafsu untuk menimbun kekayaan produktif, juga merupakan bagian dari ekspresi diri, karena itu keuntungan dipercaya dapat memotivasi manusia untuk bekerja keras dan produktif.
c. Konsumerisme.
Konsumerisme sering diidentikkan dengan hedonisme yaitu falsafah hidup yang mengajarkan untuk mencapai kepuasan sebesar-besarnya selama hidup di dunia.  Tetapi dalam arti positif, konsumerisme adalah gaya hidup yang sangat menekankan pentingnya kualitas barang dan jasa yang digunakan. Sebab tujuan akhir dari penggunaan barang dan jasa adalah meningkatkan nilai kegunaan (utilitas) kehidupan. Sehingga masyarakat liberal kapitalis terkenal sebagai penghasil barang dan jasa yang berkualitas.
d. Kompetisi.
Melalui kompetisi akan tersaring individu-individu atau perusahaan-perusahaan yang mampu bekerja efisien. Efisiensi ini akan menguntungkan produsen maupun konsumen, atau baik yang membutuhkan (demander) maupun yang menawarkan (supplier).
e. Harga.
Harga merupakan indikator kelangkaan, jika barang dan jasa semakin mahal berarti barang dan jasa tersebut semakin langka. Bagi produsen, gejala naiknya harga merupakan sinyal untuk menambah produksi agar keuntungan meningkat.
5. Sejarah dan Perkembangan.
Sistem ekonomi liberal kapitalis lebih bersifat memberikan kebabasan kepada individu/swasta dalam menguasai sumber daya yang bermuara pada kepentingan masing-masing individu untuk mendapatkan keuntungan pribadi sebesar-besarnya. Hal tersebut tidak terlepas dari berkembangnya paham individualisme dan rasionalisme pada zaman kelahiran kembali kebudayaan Eropa (renaisance) pada sekitar abad pertengahan (abad ke-XVI). Yang dimaksud dengan kelahiran kembali kebudayaan Eropa adalah pertemuan kembali dengan filsafat Yunani yang dianggap sebagai sumber ilmu pengetahuan modern setelah berlangsungnya Perang Salib pada abad XII – XV. Cepat diterimanya kebudayaan Yunani oleh ilmuwan Eropa tidak terlepas dari suasana masa itu, dimana Gereja mempunyai kekuasaan yang dominan sehingga berhak memutuskan sesuatu itu benar atau salah. Hal tersebut mendorong para ilmuwan untuk mencari alternatif diluar Gereja. Dalam hal ini filsafat Yunani yang mengajarkan bahwa rasio merupakan otoritas tertinggi dalam menentukan kebenaran, sangat cocok dengan kebutuhan ilmuwan Eropa waktu itu.
Pengaruh gerakan reformasi terus bergulir, sehingga mendorong munculnya gerakan pencerahan (enlightenment) yang mencakup pembaruan ilmu pengetahuan, termasuk perbaikan ekonomi yang dimulai sekitar abad XVII-XVIII. Salah satu hasilnya adalah masyarakat liberal kapitalis.
Namun gerakan pencerahan tersebut juga membawa dampak negatif. Munculnya semangat liberal kapitalis membawa dampak negatif yang mencapai puncaknya pada abad ke-XIX, antara lain eksploitasi buruh, dan penguasaan kekuatan ekonomi oleh individu. Kondisi ini yang mendorong dilakukannya koreksi lanjutan terhadap sistem politik dan ekonomi, misalnya pembagian kekuasaan, diberlakukannya undang-undang anti monopoli, dan hak buruh untuk mendapatkan tunjangan dan mendirikan serikat buruh.
a.    Sistem liberal kapitalis awal/klasik.
Sistem ekonomi liberal kapitalis klasik berlangsung sekitar abad ke-XVII sampai menjelang abad ke-XX, dimana individu/swasta mempunyai kebebasan penguasaan sumber daya maupun pengusaan ekonomi dengan tanpa adanya campur tangan pemerintah untuk mencapai kepentingan individu tersebut, sehingga mengakibatkan munculnya berbagai ekses negatif diantaranya eksploitasi buruh dan penguasaan kekuatan ekonomi. Untuk masa sekarang, sitem liberal kapitalis awal/klasik telah ditinggalkan.
b.    Sistem liberal kapitalis modern.
Sistem ekonomi liberal kapitalis modern adalah sistem ekonomi liberal kapitalis yang telah disempurnakan. Beberapa unsur penyempurnaan yang paling mencolok adalah diterimanya peran pemerintah dalam pengelolaan perekonomian. Pentingnya peranan pemerintah dalam hal ini adalah sebagai pengawas jalannya perekonomian. Selain itu, kebebasan individu juga dibatasi melalui pemberlakuan berbagai peraturan, diantaranya undang-undang anti monopoli (Antitrust Law). Nasib pekerja juga sudah mulai diperhatikan dengan diberlakukannya peraturan-peraturan yang melindungi hak asasi buruh sebagai manusia. Serikat buruh juga diijinkan berdiri dan memperjuangkan nasib para pekerja. Dalam sistem liberal kapilalis modern tidak semua aset produktif boleh dimiliki individu terutama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak, pembatasannya dilakukan berdasarkan undang-undang atau peraturan-peraturan. Untuk menghindari perbedaan kepemilikan yang mencolok, maka diberlakukan pajak progresif misalnya pajak barang mewah.
Negara-negara yang menganut sistem ekonomi pasar( liberal/kapitalis) modern antara lain :
1) Di benua Amerika, antara lain Amerika Serikat, Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kuba, Kolombia, Ekuador, Kanada, Maksiko, Paraguay, Peru dan Venezuela.
2) Di benua Eropa, sebagian besar menganut sistem ini antara lain Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Cekoslovakia, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Belanda, Polandia, Portugal, Spanyol, Swedia, Inggris.
3) Di benua Asia, antara lain India, Iran, Israel, Jepang, Korea Selatan, Filipina, Taiwan, Thailand, Turki, Malaysia, Singapura.
4) Kepulauan Oceania, antara lain Australia dan Selandia Baru.
5) Di benua Afrika, sistem ekonomi ini terbilang masih baru. Negara yang menganut antara lain Mesir, Senegal,  Afrika Selatan.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang ekonomiakuntansiid.blogspot.co.id

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Daster Batik Sambungan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://ilmusaudarana.blogspot.co.id/2016/06/sistem-ekonomi-liberalpasarkapitalis.html
baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 SISTEM EKONOMI LIBERAL(PASAR/KAPITALIS) |ekonomiakuntansiid

0 komentar:

Post a Comment