Sewing Tutorial: Rok Setengah Lingkaran (Membuat Pola Rok)

Sewing Tutorial: Rok Setengah Lingkaran (Membuat Pola Rok)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Sewing Tutorial: Rok Setengah Lingkaran (Membuat Pola Rok)


cara membuat rok setengah lingkaran - hai, Dearest…. agak kangen nih, nulis panjang lebar kali tinggi jadinya volume *apaseeeeeeee.

Sebenarnya seharusnya yang diposting duluan pada edisi sewing tutorial ini adalah postingan yang ini, membuat pola, tapi karena waktu itu postingannya pakai PC sementara tutorial polanya ada di laptop, jadi yang membuat polanya ke-pending dan alhamdulillah ada waktu sekarang.

yukkkk… posting-posting cantik… 🙂
tutorial_roksetengahlingkaran001_membuatpolarok

 tutorial_roksetengahlingkaran001_membuatpolarokdikertas
tutorial_roksetengahlingkaran001_membuatpolabanpinggang
tag: tutorial membuat rok setengah lingkaran, tutorial membuat rok lingkaran, cara membuat rok lingkaran, rok lingkaran, half circle skirt, sewing, easy sewing, diantian, cara menjahit rok sendiri, tutorial membuat rok lengkap, step by step membuat rok, langkah mudah membuat rok sendiri, membuat rok tanpa ribet, panduan membuat rok untuk pemula, menjahit rok pemula, menjahit sendiri, menjahit rok sendiri, menjahit rok payung, simple skirt tutorial, menjahit tepian dengan rapi dan bagus, menjahit tepi tanpa sepatu kelim, menjahit tepi tanpa sepatu klim, diantian, membuat rok setengah lingkaran, pola rok setengah lingkaran mudah dimengerti, pola rok setengah lingkaran detail, pola rok setengah lingkaran untuk pemula, cara mudah membuat pola rok setengah lingkaran, menjahit rok lingkaran.






Cara membuat ROK mudah TANPA POLA



hello ladies, hari ini aku mau bagi tips yang sangat mudah dilakuin untuk membuat rok dengan cara yang sangat sederhana!
Siapa sih yang ngga pernah pakai rok? Item wajib dalam fashion ini tentunya dimiliki oleh para ladies ya.. (bukan cowo ya... hihihi). Tentunya pernah kita mau membeli rok sederhana tapi karena merk (tertentu... ) harganya bisa jadi selangit. Tapi kadang kalau beli rok diluar sana yang abal-abal ( beep**) banyak aja problemnya... seperti bahannya kurang okelah, atau yang paling sering tuh bentuk roknya kurang cantik, jadi jatuhnya kurang gimana gitu (??? terlalu kompleks untuk dijelaskan hahahah)

Tentunya tips ini sangat mudah untuk diterapkan buat kalian yang ada di rumah, baik buat para Mommy ataupun remaja sekalipun, jadi minimal sekarang ngga perlu beli rok mahal mahal ya ladies... hihihi

"Caranya gimana sih? Aku kan awam banget soal pola baju"
Caranya sangat mudah ya ladies, cuma ada satu syarat yang dibutuhkan ya ladies... "bisa menjahit" menjahit disini berarti bisa menjahit menggunakan mesin ya... bukan menjahit tambal baju bolong ya... ( '^_^)

First of all, bahan-bahan yang dibutuhkan :
KAIN  boleh katun atau sintetis ya... dengan lebar 150cm dan panjang 75cm
Pensil kapur warna kontras dengan kain
viselin atau kain pelapis yang cukup tipis
meteran
gunting
jarum pentul
kertas karton
alat tulis
Proses pembuatan :

Masih ingat dengan matematika rumus keliling lingkaran? Yuups! K= π x d. Untuk membuat rok setengah lingkaran gunakan rumus keliling setengah lingkaran. Jika lingkar pinggang 70cm, maka 70= 0,5 x 3,14 x d sehingga diketahui d = 44,5Cm, yang berarti r= 22,25 cm. apabila ingin menggunakan kampuh selebar 1cm, maka r - 1cm. Sehingga r saat ini adalah 21,25cm. Selanjutnya buat seperempat lingkaran di karton dengan menggunakan r = 21,25cm. Seperti gambar di bawah ini. Y= r .

lipat bahan/kain menjadi dua, dimana tepi kain bertemu dengan tepi kain. Kemudian letakan pola seperempat lingkaran tersebut sehingga salah satu sisi jari2nya menempel pada sisi lipatan kain. sedahgkan pada bagian jari2 lainnya beri sisa untuk kampuh ritsliting Sebesar 3cm (a). Untuk lebih memudahkan kain dapat diberi jarum pentul agar tidak mudah bergeser.

Untuk x merupakan panjang dari rok yang diinginkan Ditambah dengan kampuh pinggang dan kampuh kelim bagian bawah rok. apabila panjang rok yang diinginKan 50cm, maka x = 50cm + 1cm (kampuh pinggang) + 3cm ( kampuh kelim bawah rok). Sehingga didapati x sepanjang 54cm. Tandai dengan pensil kapur sehingga berbentuk seperti gambar di atas.
Setelah selesai dengan pola rok di kain berikutnya adalah dengan membuat pola ban pinggang. Ban pinggang dibuat dengan pola lurus. Panjang = lingkar pinggang + (2 × 1cm) + 2cm. 1cm sebagai kampuh kanan kiri, sementara 2cm sebagai lidah pengait ( kancing hak). Sementara lebar = (3cm x 2) + (1 cm × 2). 3cm merupakan hasil tinggi ban pinggang yang diinginkan, sementara 1cm merupakan kampuh Atas dan bawah.
gunting bahan yang sudah ditandai, sehingga terdapat bahan rok, dan bahan ban pinggang. Kemudian letakan ban pinggang pada viselin dan potong sesuai dengan ban pinggang. Kemudian viselin dapat ditempelkan pada ban pinggang pada bagian dalam kain.
bahan-bahan siap dijahit, untuk memudahkan proses menjahit, sebaiknya memberikan garis bantu menggunakan kapur jahit sesuai dengan kampuh yang sudah ditentukan tadi.
Sangat mudah kan ladies? Dengan pembuatan pola yang mudah ini, akan dapat membuatmu lebih mudah dalam membuat rok lingkaran, tanpa harus menggunakan banyak ukuran lain, serta pemecahan pola yang ribet.
So, selamat mencoba ya ladies ❤


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat rok setengah lingkaran

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Menjahit Kupnat 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :  https://diantian.wordpress.com/2015/11/16/sewing-tutorial-rok-setengah-lingkaran-membuat-pola-rok/ https://vivintagestyle.blogspot.co.id/2015/09/cara-membuat-rok-mudah-tanpa-pola.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.