, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2

Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2



cara memadang sepul yang benar pada mesin jahit mini portable - Assaalamu'alaykum sobat, gimana puasa hari ini lancar? mudah-mudahan puasa kita lancar ya sobat sampe 1 bulan full. Jangan sia-siakan bulan yang penuh berkah ini sobat :). Oh iya kalo ga salah bulan puasa ini bertepatan dengan hari libur sekolah ya? Haduh pasti bosan ya kalo di rumah cuma tidur, nonton TV dan begitu terus pasti lemes...hehe. Gimana kalo belajar jahit sambil ngabuburit? Bisa jahit ga sobat? Saya juga awam banget sobat soal jahit menjahit. Saya belajar jahit secara otodidak loo.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu suami saya pengen beli mesin cukur rambut, saya yang disuruh cari di online. Nah, pas liat-liat di tokopedia dapet tuh mesin cukur rambut yang bagus. Aku searching-searching ternyata banyak banget yang dijual, ga sengaja saya tertarik untuk mencari mesin jahit portable. Dan lebih tertariknya lagi sama harganya sobat, dengan tipe seperti di bawah ini harganya cuma 175rb rupiah saja. Saya akhirnya beli, hehe..





Sebagai orang yang sangat ga ngerti jahit menjahit (kecuali manual), saya pun berusaha mengartikan buku petunjuknya yang notabene pake bahasa inggris. Saya bolak-balik itu buku..ga ngerti2. Mau searching waktu itu pulsa modem saya habis. Tapi saya ga putus semangat, saya coba-coba aja (trial and error). Terutama  saya berkali-kali gagal waktu pake 'mata nenek' buat masukin benang ke dalam jarum. Parah banget deh sobat pokoke, bener-bener belajar sendiri. Alhamdulillah akhirnya setelah saya utek-utek tuh mesin jahit akhirnya bisa jalan juga. Jahitan saya pun masih miring-miring ga mau lurus. Terus setelah saya berhasil jahit lurus dalam sebuah kain flanel (*bangga) eh ga tahunya sekoci saya rusak..:((

Semalaman saya hanya pegang tuh mesin jahit, saya bingung dia kok ga mau muter ya?. Kalo ga salah saya perbaikinya mulai dari jam 7 malam sampe jam 12 malam (uda plus makan n sholat lo yaa). Malam itupun saya menyerah sama si bantal, :D. Esok paginya saya masih penasaran sama nih mesin jahit alias sedih soalnya baru aja beli. Ternyata eh ternyata saya cuma salah taruh tempat sekoci. Jadi pesen saya sama sobat kalo belajar jahit sekocinya jangan dimainin deh. Kalo lepas bisa pusing tuh...Setelah letak sekocinya bener, mesin jahitnya bisa jalan lagi (asiiik). Setelah ada modem, saya merasa ada cara saya yang salah dalam menjahit. Makanya saya pikir kok benang jahitnya ga bisa ngiket ya?. Nah supaya sobat-sobat ga keliru/tersesat dalam menggunakan mesin jahit portable ini ada baiknya kita lihat tutorial yang saya share dari youtube. Yuk yuk...



Cara memasang tempat spull untuk yang susah masang yaitu lihat tempat spull, disana terdapat 4 cekungan. Jika kita ga ngerti (seperti saya dulu), maka saya akan tertipu untuk memasukkan bagian dalam yang menjorok di cekungan pertama. Tips 1: Di foto yang saya ambil, sobat bisa lihat hanya ada 2 cekungan yang terpakai supaya tempat spull bisa terpasang dengan benar yaitu cekungan nomor 2 dan cekungan no 4. Silahkan dipraktekan....^_^





TIPS 2: Lebihkan panjang benang atas maupun bawah +- 10cm agar benang bisa naik dan jahitan tidak lepas.


Kalau video ini penjelasannya lebih panjang dan rinci: 



Nah, kalo liat videonya jadi berasa gampang banget kan? oke sobat, let's try at home...^_~ O ya sobat ngabuburitnya jangan lupa sambil ngaji ea..hehe


Teman-temaanz..


Ini post saya yang kedua mengenai mesin jahit mini portable..kali ini saya akan sedikit menjelaskan tahapan-tahapan agar bisa menjahit menggunakan mesin jahit mini ini. Oke dicek ya...





1. Letakkan benang hitam (optional) di atas tempat benang. Kemudian masukkan benang ke dalam lubang nomor 1. Anda juga bisa menggunakan spull atas (benang putih) di sebelah kanan untuk menjahit dengan meletakkannya terlebih dahulu ke putaran ungu baru ke lubang nomor 1. Ini sama saja tergantung selera anda mau pakai benang yang lebih besar atau cukup spull saja karena caranya sama. TIPS 3: Jangan lupa dimasukkan ke dalam kumparan (supaya benang tidak menggulung di bawah). Lalu setelah itu, masukkan benang ke lubang nomor 2 (atas).




2. Turunkan benang, kemudian masukkan ke lubang nomor 3 yang berada tepat di bawah lubang nomor 2. Kemudian masukkan ke lubang nomor 4. 




3. Ini gambar lebih jelasnya setelah benang dimasukkan di lubang nomor 4. Benang putih yang di bawah diabaikan saja karena itu benang yang berasal dari tempat sekoci. 




4. Langkah keempat adalah memasukkan benang ke dalam lubang jarum jahit. Disini sobat bisa menggunakan 'mata nenek' untuk memasukkannya dengan posisi seperti di atas yaitu benang dari kiri ke kanan. 




5. Ini gambar setelah benang dimasukkan ke dalam lubang jarum.TIPS 4Ingat ya benang dimasukkan dari kiri ke kanan kemudian ditaruh di bawah sepatu (Kanan Sepatu) sebab jika terbalik maka kain tidak akan terjahit.




6. Langkah keenam adalah benang yang sudah dimasukkan ke dalam jarum arahkan ke bawah sepatu kemudian tarik ke sebelah kanan. Sebelah kanan ya sobat (lihat nomor 6).................




7. Untuk benang pada spull di sekoci (benang putih). Sobat letakkan benangnya ke dalam sekat pada nomor 7. 



8. Tutup tempat sekoci. 




9. Masukkan kain, turunkan sepatu. Kemudian sobat bisa menghidupkan mesin jahitnya jangan lupa pedalnya juga dipasang (buat di kaki). Kemudian sobat tekan pedal dengan kaki dan mesin jahit akan menjahit seperti gambar di atas. Oh iya mesin jahit ini memang tidak bisa mengunci jahitan, jadi sobat jahit dulu sekitar 3 cm kemudian kainnya dibalik (naikkan dulu sepatunya) terus dibalik lagi, baru jahitannya akan terkunci. 


Gerakan benang pada mesin jahit mini portable S2:






Itu tadi tips-tips dari saya, semoga membantu sobat yang mengalami permasalahan yang mirip dengan saya. Mesin jahit ini memang sangat berguna bagi para newbie seperti saya yang belum pernah make mesin jahit sebelumnya. Alhamdulillah setelah mahir menjalankan si mesin jahit mini ini saya sekarang sudah bisa mengoperasikan mesin jahit portable yang besar. Nantikan postingan saya selanjutnya dengan my new sewing machine ya sobat...see u

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara memadang sepul yang benar pada mesin jahit mini portable

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kereen ~ Cara membuat tas dari kaos bekas   

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :  https://moniceoktavina.blogspot.com/2014/06/cara-menggunakan-mesin-jahit-mini.html

0 komentar:

Post a Comment