, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas Beserta Langkah-langkahnya

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas Beserta Langkah-langkahnya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas Beserta Langkah-langkahnya



 belajar tentang kerajinan tangan menarik – Banyak barang bekas yang bisa dijadikan kerajinan tangan. Sebagai contoh, kamu bisa membuat kerajinan tangan dari kain perca, kerajinan tangan dari kain flanel, kerajinan tangan dari sedotan, kerajinan tangan dari botol bekas, kerajinan tangan dari kardus bekas, dan masih banyak barang bekas lainnya.

Sebelumnya kita sudah membahas kerajinan tangan dari barang bekas seperti kain perca, sedotan, kain flanel, dan botol bekas; kali ini kita akan membahas kerajinan tangan dari kardus.

Jika kamu memiliki kardus bekas di rumah, jangan buru-buru di buang atau di jual, karena kardus-kardus tersebut bisa kamu manfaatkan menjadi kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang kamu buat bisa saja kamu gunakan sendiri atau bahkan kamu jual. Karena banyak juga kerajinan tangan dari kardus yang di jual di toko kerajinan dan hasilnya sangat bagus-bagus.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari kardus bekas, berikut ada beberapa cara membuat kerajinan tangan dari kardus beserta gambarnya.

Cara Membuat Lampu Gantung dari Kardus Bekas


Dengan memanfaatkan kardus bekas, kamu bisa membuat kerajinan tangan lampu gantung. Kerajinan tersebut bisa kamu jadikan hiasan di rumah sehingga membuat rumah kamu terlihat lebih menarik.

Membuat lampu gantung ini tidak terlalu sulit jika kamu mengikuti langkah-langkah dalam membuat lampu gantung ini. Selain itu, bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk lampu gantung ini cukup mudah didapatkan dan bahkan mungkin kamu sudah memiliki bahan dan peralatannya. Sehingga kamu hanya perlu untuk meluangkan waktu untuk membuat kerajinan tangan berbentuk lampu gantung ini.

Langsung saja bagi kamu yang berminat untuk membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk lampu gantung, berikut ini bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta cara pembuatannya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

Kardus bekas
Lem tembak
Lampu
Tempat lampu
Kabel
Penggaris
Pensil
Cat semprot
Cara Membuat Lampu Hias dari Kardus Bekas

Langkah pertama adalah memotong kardus. Kardus yang sudah disiapkan sebelumnya dipotong dengan ukuran panjang 60cm dan lebar 21cm. Bisa saja kamu memotong sesuai ukuran kamu sendiri.
Langkah kedua adalah mengecat kardus. Gunakan cat warna putih untuk permukaan kardus. Permukaan kardus yang di cat hanya satu sisi saja dan permukaan yang di cat dijadikan warna dalam. Tujuannya adalah agar cahaya lampu nantinya bisa bersinar terang.
Langkah ketiga adalah melipat kardus menjadi segilima. Ingat, sisi dalam kardus berwarna putih dan sisi luarnya warna kardus asli.
Setelah kardus di lipat menjadi segilima, potong-potong kardus yang membentuk segilima tersebut menjadi banyak. Cara mudah memotongnya adalah dengan membentangkan lagi kardus tersebut, lalu dipotong. Setelah dipotong, lipat kembali kardus yang sudah dipotong tersebut menjadi segilima. Gunakan lem agar lipatan kardus tidak kembali lagi.
Susun kembali potongan kardus segilima tersebut dengan posisi berlawanan dari satu kardus ke kardus lainnya. Gunakan lem agar melekat kuat. (lihat gambar)
Langkah selanjutnya adalah membuat lembaran kardus berbentuk segilima. Hal ini berfungsi untuk tempat meletakkan lampu. Buat lubang di bagian tengah kardus berbentuk segilima tersebut, lalu pasang tempat untuk lampunya beserta kabelnya.
Gabungkan lembaran kardus yang berbentuk segilima dengan potongan kardus yang disusun sebelumnya.
Proses membuat lampu hias dari kardus sudah selesai. Kamu bisa menggunakan lampu hias tersebut di teras atau di ruang tamu rumah.

Cara Membuat Pigura dari Kardus Bekas

plus.google.com
plus.google.com
Kerajinan tangan kedua yang dapat dibuat dengan memanfaatkan kardus bekas adalah pigura foto. Kerajinan ini pembuatannya tidak terlalu sulit. Jadi, hal ini sangat cocok bagi kamu yang baru belajar membuat kerajinan tangan dari kardus.
Selain pembuatannya tidak terlalu sulit, bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk pigura ini juga mudah didapatkan.
Bagi kamu yang ingin belajar membuat kerajinan tangan dari kardus, sebaiknya membuat kerajinan tangan berbentuk pigura ini untuk tahap belajar. Berikut bahan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk pigura serta cara pembuatannya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Lem
  • Cutter
  • Kertas hias sebagai pelengkap

Cara Membuat Pigura dari Kardus Bekas

  1. Langkah pertama dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk pigura adalah dengan memotong kardus sesuai dengan ukuran foto yang nantinya ingin dipasang di pigura tersebut.
  2. Kardus dipotong menjadi dua bagian dengan ukuran sesuai dengan foto yang akan dipasang di pigura.
  3. Biasanya, tepi kardus bekas potongan tidak rapi. Kardus yang dipotong masih terlihat kasar. Oleh karena itu, kamu perlu menghaluskan menggunakan cutter.
  4. Kardus bagian pertama di potong tengahnya dan disisakan bagian tepinya beberapa centimeter saja dan bagian kedua dibiarkan begitu saja. (lihat gambar no.2)
  5. Langkah selanjutnya adalah membuat sanggahan agar pigura nantinya dapat berdiri. (lihat gambar no.3)
  6. Untuk langkah selanjutnya, beri lem double tip untuk kardus pertama di setiap sisinya.
  7. Setelah diberi lem, tempelkan plastik yang ukurannya sesuai dengan ukuran kardus pertama.
  8. Gabungkan kardus pertama dengan kardus kedua dengan menggunakan lem kertas.
  9. Setelah keduanya digabungkan, saatnya pigura diberi hiasan agar terlihat bagus menggunakan kertas kado. Caranya adalah dengan mengelem kertas kado di pigura tersebut.
  10. Agar pigura dapat berdiri di atas meja, pasang tempat dudukan yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan lem kertas.
  11. Pigura sudah selesai dibuat. Saatnya kamu memasang foto yang ingin dipajang di pigura tersebut. Gampangkan!!!

Membuat Topi Ulang Tahun dari Kardus Bekas

www.youtube.com
www.youtube.com
Seringkali orangtua merayakan ulang tahun anaknya. Hal ini merupakan salah satu cara orangtua untuk menyenangkan anaknya yang sedang ulang tahun.
Nah, bagi kamu yang ingin merayakan ulang tahun anak, tidak ada salahnya untuk membuatkan topi unik dari kardus. Topi tersebut nantinya digunakan saat pesta ulang tahun berlangsung.
Cara membuatnya tidak terlalu rumit. Kamu bisa mulai dengan membuat desainnya terlebih dahulu dengan menggambar di atas kardus. Setelah di gambar, kardus tersebut di potong sesuai dengan apa yang sudah di gambar sebelumnya.
Potongan-potongan tersebut digabungkan dengan menggunakan lem hingga membentuk topi. Agar topi tidak terlihat monoton, gunakan cat untuk memberikan warna pada topi tersebut. Selain itu, berikan hiasan lainnya yang bisa menjadikan topi terlihat lebih menarik.

Membuat Mainan Perahu dari Kardus Bekas

yopibloger.blogspot.com
yopibloger.blogspot.com
Membuat mainan perahu tidaklah sulit. Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas untuk membuat mainan ini. Mengapa menggunakan kardus bekas? Alasannya adalah kardus bekas mudah didapatkan. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat perahu mainan tersebut serta pembuatan perahu mainan jauh lebih mudah dengan menggunakan kardus bekas dibandingkan bahan lainnya.
Meskipun perahu dengan kardus bekas tidak bisa digunakan di air, tapi mainan ini bisa kamu jadikan hiasan di rumah dan pembuatan perahu dengan kardus bekas juga bisa kamu jadikan latihan untuk membuat perahu dengan bahan lainnya.
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa cara pembuatannya tidak sulit jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat sketsa terlebih dahulu. Mulai dari bentuk perahu seperti apa hingga diukur setiap sudut agar bisa seimbang.
Langkah selanjutnya adalah memotong kardus sesuai sketsa yang dibuat sebelumnya. Lalu, gunakan lem untuk merekatkan potongan-potongan kardus hingga membentuk perahu. Agar terlihat menarik, berikan ornamen-ornamen seperti layar perahu, warna pada perahu, dan sebagainya.

Membuat Rak Mini Dari Bahan Kardus Bekas

http://zhahab.blogspot.co.id/
http://zhahab.blogspot.co.id/
Seringkali orang sembarangan dalam meletakkan buku, pulpen, dan alat tulis lainnya. Penyebabnya adalah tidak adanya rak khusus untuk meletakkan alat tulis tersebut. Resikonya adalah seringkali kehilangan benda-benda tersebut, terutama pulpen atau pensil. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan rak khusus untuk meletakkan alat-alat tulis.
Jika kamu sedang menghemat biaya namun memerlukan rak peralatan tulis tersebut, kamu bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan kardus bekas. Berikut ini cara pembuatannya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Kardus bekas
  • Gunting/cutter
  • Lem

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Berbentuk Rak Mini

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti, kardus bekas, lem, cutter, keras hvs warna/cat, dan pendukung lainnya.
  2. Setelah bahan dan peralatannya terkumpul, kamu bisa langsung memotong kardus sesuai bentuk rak sebelum di rangkai. Gunakan cutter untuk memotong. Jika agak sulit, kamu bisa menggunakan gunting.
  3. Setelah kardus dipotong sesuai dengan bentuk rak, kamu bisa memberikan warna. Terserah mau menggunakan kertas hvs warna atau menggunakan cat. Yang perlu diperhatikan jika kamu menggunakan cat adalah kamu perlu berhati-hati dalam mengecat kardus agar kardus tidak rusak. Setelah di cat, kardus di jemur terlebih dahulu agar cat cepat mengering dan kardus kuat.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat lubang-lubang guna merangkai potongan-potongan kardus menjadi rak.
  5. Langkah terakhir adalah rangkai potongan-potongan kardus tersebut menjadi rak. Jangan lupa untuk memeriksa kekuatan rak agar rak tidak gampang rusak.

Boneka Danbo dari Kardus (DANBOARD)

boneka-danbo-dari-kardus
zhahab.blogspot.co.id
Tahukah kamu boneka danbo? Boneka ini cukup terkenal dan banyak orang yang menyukainnya. Boneka yang terlihat sedang sedih ini terbuat dari kardus.
Sudah banyak toko yang menjual boneka danbo ini. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Mungkin, pembuatan boneka danbo ini agak rumit. Namun, kami akan memberikan tutorial beserta gambar secara detailnya bagaimana cara membuat boneka danbo.
Langsung saja, berikut bahan dan peralatan serta cara membuat boneka danbo.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Kardus bekas
  • Gunting/cutter
  • Lem
  • Penggaris

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Berbentuk Boneka Danbo

  1. Langkah yang pertama adalah perhatikan pola dari gambar di bawah ini.
  2. zhahab.blogspot.co.id
  3. Potong kardus sesuai dengan pola di atas.
  4. Saatnya merangkai potongan tersebut sehingga menjadi boneka danbo. Yang pertama, Rangkai gambar no.16 dan gunakan lem untuk melekatkan. Rekatkan bagian yang warna putih/transparan.
  5. Rangkai gambar no.3 dengan menggunakan lem. Setelah di rangkai, gabungkan rangkaian gambar no.3 dengan no. 16. Letakkan rangkaian no.3 di bagian atas lengan no.16.
  6. Rekatkan gambar no.6 menggunakan lem dari gerigi yang satu ke gerigi lainnya. Lalu, tempelkan gambar no.7 di bagian atas dan bawah rangkaian gambar no.6. Jika sudah jadi, gabungan rangkaian gambar no.6 dan no.7 berbentuk seperti silinder.
  7. Gabungan rangkaian gambar no 16 dan no 3 digabungkan lagi dengan rangkaian gambar no.6 dan no.7. Rangkaian keempat gambar tersebut akan membentuk lengan boneka danbo.
  8. Langkah yang ini mungkin agak rumit. Yang pertama, pada gambar no.10 terdapat tanda silang, potong garis tersebut dengan cutter. Lalu, pasang di bagian lubang besar yang ada di gambar no.8. Kemudian lipat ke atas bagian putihnya. Setelah itu, gunakan gambar no.11 untuk menutup lubang yang ada di gambar no.8. Usahakan gambar no.11 bisa berputar setelah digabungkan. Selanjutnya, gunakan juga gambar no.18 dan 19 untuk menutup lubang lingkaran sisanya. Caranya sama dengan sebelumnya. Langkah ini merupakan langkah membuat badan boneka. Yang terakhir pada step ini adalah mengelem bagian badan yang sudah dibuat.
  9. Rangkaian gambar no.16, 3, 6 dan 7 yang membentuk lengan tadi digabungkan dengan rangkaian yang membentuk badan.
  10. Buat silinder lagi seperti langkah sebelumnya dengan menggunakan gambar no. 14 dan 15. Rangkai gambar no 13, lalu gabungkan dengan silinder yang sudah dibuat.
  11. Rangkai gambar no. 12 dan gabungkan dengan silinder yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya. Rangkaian ini membentuk leher boneka.
  12. Gabungkan rangkaian badan dan leher menggunakan lem. (lihat gambar)
  13. Rangkai gambar no. 1. Jika ingin terlihat lebih bagus, potong bagian mata pada gambar no.1, lalu lekatkan gambar no.4 di rangkaian gambar no.1 (Opsional). Rangkaian ini akan membentuk kepala boneka.
  14. Gabungkan kepala boneka dengan rangkain badan dan leher boneka.
  15. Rangkai gambar no.2 dan gunakan lem untuk merekatkan. Bagian ini merupakan bagian kaki boneka.
  16. Buat silinder lagi dengan menggunakan gambar no. 17 dan no.5. Lalu, gabungkan dengan bagian kaki. Usahakan bisa berputar.
  17. Gabungkan kedua kaki dengan badannya. Laangkah ini merupakan langkah terakhir. Setelah kedua kaku dan badannya digabungkan, maka boneka danbo sudah selesai dibuat.

Tas Cantik dari Kardus Bekas

irnariyani.wordpress.com
irnariyani.wordpress.com
Sebagian wanita suka sekali mengoleksi tas. Berbagai merk dan model tas dikoleksi. Namun, rasanya ada yang kurang jika kamu tidak mengoleksi kerajinan tas dari kardus. Lebih menarik lagi jika kamu membuat kerajinan tas dari bahan kardus sendiri.
Untuk membuat kerajiinan tangan dari kardus berbentuk tas tidak terlalu sulit. Bahan dan peralatannya pun mudah didapatkan. Bagi kamu yang tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk tas, berikut bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta cara membuatnya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Kardus bekas
  • Tali rafia
  • Lem
  • Gunting
  • Tali untuk pegangan
  • Kertas kado
  • Plastik transparan putih
  • Jarum kasur

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Berbentuk Tas

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunting kardus sesuai dengan bentuk tas yang diinginkan.
  2. Agar tas terlihat menarik, bungkus bagian dinding luar kardus dengan kertas kado. Jika kamu memiliki bahan untuk mempercantik dinding luar kardus lainnya, kamu bisa gunakan. Jadi, tidak harus menggunakan kertas kado.
  3. Agar tas yang dibuat nantinya awet dan tahan air, lapisi bungkusannya dengan plastik transparan.
  4. Saatnya kamu merangkai potongan-potongan kardus tersebut menjadi tas. Gunakan jarum dan tali rafia untuk merangkainya dengan cara dijahit.
  5. Langkah terakhir adalah memberikan lubang dan tali untuk pegangannya.
    Tas dari kardus sudah bisa digunakan.

Membuat Celengan dari Kardus Bekas

www.ekspedisiilmu.web.id
www.ekspedisiilmu.web.id
Dalam artikel sebelumnya dibahas cara membuat celengan dari botol, dan sebagainya. Untuk kali ini kita akan membahas cara membuat celengan dari kardus bekas.
Membuat celengan dari kardus bekas sangatlah mudah. Bahan dan peralatannya juga mudah didapatkan. Untuk hasilnya tergantung kreativitas masing-masing. Jika orang tersebut sudah ahli dalam membuat kerajinan tangan dari kardus, tentu saja celengan yang dibuat lebih kreatif dan unik. Namun bagi kamu yang belum pernah atau jarang membuat kerajinan tangan dari kardus, kamu bisa melihat-lihat contoh kerajinan tangan dari kardus di internet.
Berikut ini contoh kerajinan tangan dari kardus berbentuk celengan beserta cara membuatnya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Pensil
  • Penggaris
  • Tali
  • Lem
  • Cutter

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Berbentuk Celengan

  1. Langkah pertama adalah memotong kardus berbentuk kubus yang belum dirangkai. Ukurannya disesuaikan saja.
  2. Setelah itu, rangkai potongan kardus tersebut menjadi kubus. Namun sebelumnya buat lubang melingkar di tiap tepi kardus. Buat juga lubang untuk memasukkan uang.
  3. Langkah terakhir adalah merekatkan kubus tersebut. Gunakan tali untuk merekatkannya. Jadi, kamu lakukan seperti kamu sedang menjahit.
  4. Nah, celengan kardus sudah bisa digunakan. Namun, jika kamu menginginkan celengannya lebih menarik, kamu bisa menggunakan pewarna atau memberikan gambar.

Gitar dari Kardus Bekas

deyaza.com
deyaza.com
Jika kamu memiliki anak yang menyukai musik, kamu bisa memberikan alat musik mainan agar mereka familiar dalam memegang alat musik. Namun, kebanyakan alat musik mainan harganya cukup mahal. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu membuat alat musik mainan sendiri.
Dengan memanfaatkan kardus, kamu bisa membuat alat musik mainan sendiri. Untuk membuat alat musik mainan ini juga tidak terlalu sulit. Kamu cukup menyiapkan bahan dan peralatan sederhana serta melihat tutorialnya, kamu bisa membuat alat musik mainan sendiri.
Sebagai bahan inspirasi kamu alat musik apa yang ingin kamu buat, berikut ini contoh alat musik gitar dari kardus serta cara pembuatannya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Kardus bekas
  • Tali
  • Lem
  • Gunting/cutter
  • Paku/bor
  • Kayu

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Berbentuk Gitar

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong kardus membentuk gitar. Buatlah beberapa guna melapisi gitar agar kuat dan awet.
  2. Satukan lembaran-lembaran kardus yang berbentuk gitar menggunakan lem.
  3. Setelah lem mengering, tempelkan kayu kecil untuk tempat senar/talinya.
  4. Buat lubang untuk mengaitkan gitar dengan senar/tali.
  5. Gitar dari kardus bekas sudah bisa kamu berikan ke anak kesayangan kamu.

Kerajinan Tangan dari kardus Bekas Berbentuk Tempat Lampu

www.bintang.com
www.bintang.com
Setelah membahas kerajinan tangan dari kardus berbentuk lampu gantung, kali ini akan membahas kerajinan tangan dari kardus berbentuk lampu duduk.
Lampu duduk ini sangat cocok untuk diletakkan di kamar tidur. Dengan nuansa yang romantis membuat malam-malam kamu terasa nyaman.
Langsung saja bagi kamu yang ingin membuat lampu seperti itu, berikut bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk lampu serta cara pembuatannya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Kardus bekas
  • Gunting/pisau
  • Lem perekat
  • Lampu lengkap

Cara membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas Berbentuk Tempat Lampu

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk tempat lampu ini adalah memotong kardus berbentuk persegiempat. Karena tempat lampu yang akan kita buat adalah berbentuk silinder.
  2. Bentuk potongan kardus tersebut menjadi silinder. Gunakan lem untuk merekatkannya.
  3. Agar cahaya lampu bisa keluar, buat potongan berbentuk sesuatu (lihat gambar)
  4. Tempat lampu sudah jadi. Saatnya memasang lampu.
  5. Kerajinan tangan dari kardus berbentuk tempat lampu sudah bisa digunakan.

Kerajinan Tangan dari kardus Bekas untuk Rumah Kucing

blogoinformasi.com
blogoinformasi.com
Apakah kamu termasuk pecinta kucing? Jika iya, tentu kamu memiliki kucing kesayangan di rumah. Kalau begitu, saatnya kamu membuatkan kandang untuk tempat kucing kesayangan kamu.
Kamu bisa memanfaatkan kardus untuk membuat kandang kucing. Dengan ini, kucing kesayangan kamu akan lebih senang karena mendapatkan tempat baru.
Untuk kamu yang ingin membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk rumah kucing, berikut ini bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta cara membuatnya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Kardus bekas
  • Gunting/cutter
  • Lem

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas untuk Rumah Kucing

  1. Potong-potong kardus membentuk lingkaran. Setiap lingkaran memiliki ukuran yang berbeda-beda. (hanya beberapa lingkaran untuk bagian bawah yang memiliki ukuran yang sama)
  2. Lubangi semua kardus yang berbentuk lingkaran di bagian tengahnya. Sisakan beberapa centimeter saja. Namun, untuk lingkaran yang memiliki ukuran yang sama tidak perlu dilubangi.
  3. Susun lingkaran-lingkaran kardus tersebut. Yang lingkarannya paling besar berada di bawah. Gunakan lem untuk merekatkan antara lingkaran yang satu ke lingkaran yang lainnya.
  4. Setelah semuanya tersusun rapi dan membentuk setengah bola, lubangi bagian tengah untuk pintu masuk kucing.
  5. Kerajinan tangan dari kardus bekas untuk rumah kucing siap untuk digunakan.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  belajar tentang kerajinan tangan menarik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kesalahan-kesalahan yang biasa ditemukan dalam peletakan pola

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :   https://ruangtanya.com/cara-membuat-kerajinan-tangan-dari-kardus/

0 komentar:

Post a Comment