, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis-jenis Saku

 Jenis-jenis Saku

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Jenis-jenis Saku


pengertian saku pada busana - Saku adalah bagian penting dari sebuah pakaian. Keberadaannya memberikan kemudahan bagi si pemakai, untuk menyimpan atau meletakkan sesuatu sementara. Saat bepergian, kita tak selalu membawa tas atau dompet. Dalam konteks ini saku menunjukkan kegunaannya, untuk menaruh atau membawa sesuatu yang berukuran kecil dan ringan. Contoh lain, ketika terburu-buru, kita tidak bisa serta merta membuka tas untuk segera memasukkan barang, nah, saku dapat memainkan perannya sebagai tempat menyimpan sementara.

Dalam sebuah pakaian, saku memiliki fungsi sebagai pelengkap, artinya dia bisa ada bisa juga tidak. Namun begitu, terdapat beberapa jenis pakaian (walaupun tanpa kesepakatan) yang dibuat dengan penambahan saku. Misalnya jas, celana panjang, ataupun kemeja.

Fungsi lain dari saku adalah sebagai pemanis. Dia didesain untuk mempercantik sebuah pakaian. Tak jarang saku pemanis tidak memiliki fungsi sebagai penyimpanan. Hal ini terlihat misalnya dari ukurannya yang kecil. Contoh lain misalnya pembuatan detail menyerupai saku.

Saat ini kita banyak menemukan saku yang didesain mewakili keduanya, sebagai penyimpanan sekaligus untuk mempermanis pakaian. Bentuknya pun beragam, terkadang diberi detail-detail tertentu.


Berdasarkan letak dan cara pembuatannya, terdapat dua macam saku. Pertama saku tempel atau saku luar. Saku ini dijahit pada sisi luar pakaian, sehingga bentuknya terlihat, dan seolah-olah menempel pada pakaian. Saku luar biasanya diterapkan pada kemeja dengan bentuk persegi empat atau persegi lima.

Saku Tempel


Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Jenis saku yang kedua adalah saku dalam. Saku ini dijahit dari sisi dalam pakaian sehingga tidak tampak dari luar. Biasanya yang terlihat adalah lajur atau garis yang merupakan tempat untuk memasukkan tangan. Terdapat tiga macam saku dalam. Pertama, saku dalam tanpa lajur. Saku ini biasanya tidak terlihat, dia dibuat pada garis jahit rok atau celana, juga bisa pada bagian-bagian lain. Selain lurus, bisa juga berbentuk “L”.

Saku Dalam Tanpa Lajur
Saku Dalam Tanpa Lajur

Kedua adalah saku passe poille. Saku ini memiliki belahan dua lajur (atas dan bawah), bagian tengahnya adalah tempat memasukkan tangan. Saku model ini bisa menggunakan tutup, bisa juga tidak. Biasanya diterapkan pada blus, kemeja, atau celana.

Saku Passe Poille Tanpa Tutup


Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!
Saku Passe Poille Tanpa Tutup
Ketiga adalah saku vest. Saku ini memiliki belahan satu lajur pada bagian mulut, dan dapat ditambahkan tutup. Model ini biasanya diterapkan pada jas, kemeja, jaket, ataupun celana.

Saku Vest Tanpa Tutup

Tags: model baju batik, model baju lurik, model baju batik wanita dan pria, model baju kerja batik, model baju batik modern, model batik, model baju wanita, model busana wanita, model baju terkini
Saku Vest Tanpa Tutup

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian saku pada busana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Pola Dasar Tangan / Lengan 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/jenis-jenis-saku/

0 komentar:

Post a Comment