Seru! Ibu-ibu Ini : Apa itu ploi ?

Seru! Ibu-ibu Ini : Apa itu ploi ?

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Seru! Ibu-ibu Ini : Apa itu ploi ?


cara menghitung pola rok ploi - Sebagian besar mungkin sudah sering mendengar, bahkan mengetahui apa itu ploi (ada juga yang mengatakan sebagai “floi“). Ploi adalah salah satu model atau detail dalam pakaian yang membentuk lipatan. Kalau nggak salah, ploi di kamus bahasa sendiri artinya sih lipatan atai lipitan gitu deh…

Beberapa baju yang sudah pernah dijahit RJH di antaranya banyak menggunakan aksen ploi ini.

Salah satunya seperti pada gambar gamis coklat (yang mengadopsi dari model HGM 151). Ploi yang digunakan pada gamis tersebut adalah jenis ploi satu sisi (membentuk satu lipatan ke satu arah saja).

Gamis batik aksen ploi

Aksen ploi




Contoh bentuk Ploi lain bisa dilihat pada gambar blus biru. Ploi yang digunakan pada blus tersebut adalah jenis ploi yang membentuk dua lipatan yg meghadap satu sisi (mengahadap ke tengah).blouse batik Ibu Muthia dengan aksen ploi

Namun yang akan saya tekankan kali ini sebetulnya bukan mengenai macam macam ploi, untuk macam macam ploi ditunggu next artikel.

Yang akan saya tekankan kali ini adalah sebab akibat pemakaian ploi pada baju.

Untuk baju yang memakai model ploi, secara otomatis akan terjadi penambahan ukuran pada bagian yang ada lipatan ploi nya. Jadi tidak semua bagian akan bertambah ukurannya, tetapi hanya bagian yang ada lipatannya saja. Dikarenakan, untuk membuat ploi, pola dasar baju akan ditambah untuk lebar lipatan ploi, lebar lipatan ploi disesuaikan dengan kebutuhan.

Misal, pada gambar gamis cokelat, karena ploi disini digunakan hanya sebagai aksen atau model saja, maka penambahan bahan untuk lipatan ploi hanya sedikit, lipatan cukup 10 cm, jadi bagian baju yang bertambah ukurannya adalah dari bagian yang mulai ada ploinya, yaitu bagian pinggang  setelah kancing terakhir sampai ke bawah akan bertambah sekitar 10 cm lipatan (atau 20 cm bahan).

Jadi untuk gamis dengan model HGM 151, untuk bagian badan, lengan dan pinggang bisa pas sesuai pola dasar, tapi untuk bagian pinggang ke bawah termasuk bagian pinggul akan ada kelebihan lebar dari poli tersebut.

Contoh lain pada blus biru, karena blus biru ini dipakai untuk baju hamil, maka penambahan lipatan atau ploi nya ini semaksimal mungkin disesuaikan untuk kebutuhan ibu hamil, biasanya sampai 30 cm. otomatis, bagian yang ada ploinya, yaitu bagian dada ke bawah akan bertambah sekitar 30 cm atau sesuai dengan penambahan pada pola.

Nah, berarti, untuk baju baju yang memakai model ploi, ukuran sudah pasti akan bertambah alias tidak akan pas dengan pola dasar, dan penambahan itu HANYA pada bagian yang ada lipatan ploi nya saja.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menghitung pola rok ploi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Daftar POLA KERAH SHANGHAI yang Minim Peminat 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rumahjahithaifa.com/2011/11/22/apa-itu-ploi/
Info Kursus Menarik

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.