, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara menjadi penjahit profesional bisa jahit baju, jahit kebaya, jahit gaun,dll.


cara menjadi penjahit profesional bisa jahit baju, jahit kebaya, jahit gaun,dll.

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 cara menjadi penjahit profesional bisa jahit baju, jahit kebaya, jahit gaun,dll.

cara menjadi penjahit profesionnna - cara menjadi penjahit profesional bisa jahit baju, jahit kebaya, jahit gaun,dll.malam teman teman, perkenalkan saya cevy pekerjaan saya jahit baju sudah 10 tahun saya kerja jahit dari mulai jahit konfeksi ,tailor ,butik pokoknya hampir semua pernah saya geluti, dari jahit murah sampe jahit yang mahal, dari mulai kaos sampe gaun.
  bagi teman-teman yang lagi belajar jahit baju silakan baca artikel2 saya, di sini saya akan membeberkan cara menjahit dari mulai jahit yang gampang sampai jahit baju yang sangat sulit menurut pengalaman saya sendiri.
knapa orang-orang pada ga mau jadi penjahit, padahal kerja jahit sangat gampang tuk mencari pekerjaan, menurut saya orang yang punya pekerjaan menjahit tidak akan pernah nganggur selama orang orang pake baju, benarkan coba aja pikir? hehe.
  tahap tahap menjadi penjahit fropesional .
1.belajar yang gampang dulu misal jahit kaos
2.jangan ganti ganti model , misalkan jahit kaos, terus jahit kaos ampe benar-benar bisa.
3.belajar secara bertahap jangan langsung pingin bisa yang sudah,misalkan, dari kaos jangan langsung belajar jahit gaun karena ga bakal kesampean, mungkin bisa tapi hasil nya ancur.
mungkin itu dulu perkenalkan kita hehe

  itulah menurut saya kalo mau menjadi penjahit profesional


Tips memulai usaha Jahitan Sendiri
Ada beragam usaha yang kita bisa jalani jika ingin menjadi mompreneur, diantaranya adalah bisnis kue kering, katering, kerajinan tangan, jahitan dll. Tapi yang saya akan bahas kali ini adalah tips seputar membuka usaha menjahit, berhubung ini adalah usaha yang sedang saya jalani sekarang.
Sebelum memulai usaha menjahit atau buka jahitan baik itu berupa modiste atau konveksi, ada beberapa hal dasar yang harus kita miliki atau ketahui. Berikut bahasannya yaaa
Hal pertama yang harus kita miliki untuk membuka usaha menjahit tentunya adalah "ketrampilan menjahit". Keahlian ini bisa kita dapatkan melalui: 

a. Otodidak. Belajar menjahit otodidak bisa dilakukan melalui seraching artikel berkaitan dengan ketrampilan menjahit di internet, membuka youtube.com tuk mencari video menjahit, dan melalui membaca buku-buku ketrampilan menjahit. Keuntungan dari belajar secara otodidak adalah lebih murah bila dibandingkan kursus. Tapi keahliannya yang kita dapatkan pun sesuai dengarn harganya, yaitu pas-pasan. hehehe. Kalu untuk membuat kerajinan tangan bolehlah, tapi tuk tingkat mahir tentu gak akan bisa didapatkan secara otodidak. Dan juga lebih memakan waktu belajar yang lebih lama. nah itulah beberapa kelemahan belajar otodidak.
b. Kursus. Ternyata ada dua jenis tempat kursus yang bisa kita datangi. tempat kursus umum untuk konveksi dan modiste. Jika kita berniat untuk bekerja di konveksi bisa belajar di tempat kursus menjahit umum yang biasanya lulusannya disalurkan ke pabrik-pabrik konveksi. Tetapi, ketrampilan menjahit yang diajarkan juga tidak terlalu mendetail, seputar membuat pola blus2 dasar, rok, cara memotong cepat, menjahit dasar yang memang peruntukkannya untuk kebutuhan konveksi atau pabrik garmen. teknik-teknik detailnya juga sedikit berberda dengan modiste. Biasanya biaya kursusnya juga lebih murah.  Jika kita menginginkan ketrampilan profesional sebagai penjahit dan memiliki ketrampilan mahir menjahit, maka sebaiknya kita kursus di modiste yang membuka kursus, dan muridnya tidak terlalu banyak. selain gurunya lebih intens ke kita, banyak ilmu dan teknik menjahit akan dijelaskan secara detail disini. Belajar juga lebih mudah karena biasanya guru modiste menerangkan secara detail. Biaya untuk kursus menjahit di modiste tentu lebih mahal. Di Tangerang Selatan, kursus di modiste bisa mencapai 2juta per paketnya (blus saja hingga mahir kurang lebih 3 bulan). Alhamdulillah saya tinggal di Sragen, dan kursus di modiste hartati yang biayanya hanya Rp 800ribu hingga mahir semuanya (rok, blus, mukena, gaun, gamis, dll). Untuk pola blus saja saya bisa mempelajari hingga hampir 70 jenis blus disini. murah dan berkualitas loh, recommended buat yang tinggal di sragen.
Hal kedua yang harus kita miliki saat membuka usaha jahitan adalah mesin jahit. Belilah mesin jahit yang awet dan bisa menjahit segala jenis bahan seperti sifon, kain blacu, bahan kaos hingga jeans. Jika ingin menjahit sekedar variasi atau kerajinan, mesin jahit portable bisa dipilih, selain lebih murah, tampilannya keren dan cara memakainya lebih mudah. Tapi biasanya mesin jahit portable yang ringan apalgi gak merk terkenal biasanya dalemannya/ mesinnya hanya dari plastik atau besi kosong. Jika digunakan pada bahan yang tebal seperti celana pria maka akan terdengar bunyi gajluk-gajluk, dan bila dipaksakan bisa bengkok besinya. Mesin jahit gak masalah baru atau second yang penting kualitas mesinnya bagus dan kuat, dan harus terdiri dari komponen besi. Bahkan biasanya mesin lama itu bisa lebih awet dan lebih bagus dari mesin2 baru sekarang. Walaupun mesin baru tentunya lebih praktis saat memakainya. So, terserah bunda saja mau pilih yang mana. Mesin jahit pertama saya adalaha mesin jahit portable, tapi karena kesulitan saat menjahit bahan kaos, spandek, atau rayon jadi saya beli lagi mesin jahit singer lama yang bisa untuk menjahit segala jenis bahan hingga jeans. Ingat, mesin jahit yang bagus biasanya lebih halus, jadi saat datang ke toko cobalah beberapa mesin, lalu rasakan manakah yang mesinnya paling halus.
Hal ketiga adalah mesin obras. Untuk merapikan hasil jahitan dan memperkuat agar bahan tidak terurai dibutuhkan obrasan. Cari mesin obras yang terbuat dari besi isi yang berat, berkualitas dan halus mesinnya. Oiya untuk jenis obrasan ada obrasan halus dan ada juga obrasan besar. Umumnya mesin obras dibuat untuk obras besar (untuk merapikan jahitan dan memperkuat jahitan baju) dan untuk obras halus (ujung kerudung, pinggiran bawah gorden) mesin obras perlu di stel ulang oleh teknisi mesin jahit, alat tambahannya seharga Rp 60ribu. Merk yang saya rekomendasikan buat mesin obras adalah merk Pegasus.
Hal keempat adalah alat-alat menjahit seperti:
a.rader (untuk membuat garis jahit pada bahan)






b. Pendedel (untuk mendedel jahitan yang salah)







c. Meteran (untul mengukur badan)









c. kertas karbon (untuk menjiplak pola koran diatas bahan)









d. penggaris siku (untuk menggaris lurus dan lengkungnya untuk membuat lengkung  lubang lengan dan leher) dan penggaris serong (untuk membuat pinggul saat membuat rok, gaun atau celana)









e. Kapur jahit (untuk menggaris bahan yang akan digunting, biasanya dilebihkan 1  s/d 3 cm dari polanya)









f. pencil glass (untuk menggambar pola perbaikan, dll pada bahan)





g. benang obras (berbeda dengan benang jahit, tekstunya lebih halus)









h. benang jahit aneka warna 









i. jarum jahit









j. Jarum pentul (untuk menahan pola/ bahan agar tidak bergeser, belilah jarum pentul jepang yang ada dalam kemasan bungkus isi 100/ 50 biji- murah kok, bukan jarum pentul biasa yg dijual pada lingkaran karena biasanya tidak tajam) ini tempat jarumnya saya bikin sendiri looh .









k. Gunting (pisahkan antara gunting untuk menggunting kertas pola dan gunting untuk menggunting bahan, pilih yang stainles steel padat seperti gunting hitam ini)










Dan terakhir adalah  bahan kain, untuk jenis-jenis kain akan dijelaskan pada artikel selanjutnya yaaa. oiya untuk memulai usaha jahitan ini yang paling pentinng adalah semangat, jangan pernah putus asa atau bosan dalam belajar. So, Good luck, friends.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menjadi penjahit profesionnna

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Membuat Brokat Menjadi Kaku

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://mybeautifuljournal.blogspot.co.id/2013/06/tips-memulai-usaha-jahitan-sendiri.html

0 komentar:

Post a Comment