, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 Contoh Gambar Motif Batik Nusantara

  3 Contoh Gambar Motif Batik Nusantara

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
  3 Contoh Gambar Motif Batik Nusantara

berilah contoh gambar batik - Contoh Gambar Motif Batik Nusantara. Beberapa macam motif batik di Indonesia sudah memperkaya macam budaya bangsa kita. Setiap daerah di Indonesia mempunyai motif sendiri sesuai sama dengan ciri-ciri orang-orang setempat. Kain batik yang di buat di daerah pesisir biasanya berciri khas pesisir dengan hiasan gambar ikan serta binatang laut yang lain. Demikian juga motif batik pedalaman mempunyai ciri alam dengan ornament tumbuhan serta bermacam bunga.

Di bawah ini bisa anda simak beberapa macam motif batik Indonesia serta keterangannya yang berikan deskripsi sepintas perihal ciri khas serta filosofi yang terdapat di dalamnya.

Contoh Gambar Motif Batik Nusantara

Gambar Motif Batik Ciptoning 

Motif Batik Ciptoning
Motif Batik Ciptoning
Motif batik ciptoning ini umumnya digunakan oleh orang yang dituakan ataupun pemimpin. Dengan memekai motif ini, penggunanya diinginkan jadi orang bijak serta dapat berikan panduan jalan yang benar pada orang lain yang di pimpinnya. Arti filosofis dibalik motis ini sesungguhnya tidak cuma untuk pemimpin, namun juga untuk tiap-tiap orang supaya dapat memimpin (meletakkan) dianya di dalam orang-orangnya. 

Gambar Motif Batik PariKesit 

Motif Batik Pari Kesit
Motif Batik Pari Kesit
Motif batik parikesit ini memiliki kandungan arti bahwasanya untuk mencari keutamaan, mesti dilandasi dengan kerja keras serta kegesitan. Pasti kerja keras serta kegesitan itu tak bisa meninggalkan norma-norma yang berlaku di orang-orang. Kerja keras serta kegesitan lewat cara kotor mesti dihindari lantaran dapat jadi bumerang untuk diri sendiri. 

Gambar Motif Batik Sido Luhur 

Gambar Motif Batik Sido Luhur

Gambar Motif Batik Sido Luhur

Motif batik sidoluhur ini memiliki kandungan arti keluhuran. Untuk orang Jawa, hidup memanglah mempunyai tujuan untuk mencari keluhuran materi serta non materi. Keluhuran materi berarti semua keperluan ragawi dapat tercukupi dengan berusaha keras sesuai sama dengan jabatan, pangkat, derajat, ataupun profesinya


JENIS BATIK ,MOTIF & PENJELASANYA

Mengenal batik lebih dekat dan juga penjelasanya ,

Berikut ini adalah macam -macam batik berdasarkan motif dan corak :


Batik KRATON 
Penjelasan awal mula dari semua jenis batik yg berkembang di Indonesia motifnya menggandung makna :fisiolofi hidup ,Batik-batik ini di buat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton .Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang "biasa"seperti motif batik parang barong ,batik parang rusak termasuk batik adem liris dan beberapa motif lainya .




Batik PRINGGODANI
Penjelasan : Nama kesatriyan tempat tinggal Gatutkaca putera Werkudara .Motif ini biasanya ditampilkan dalam warna-warna gelap seperti biru indigo (biru nila )dan soga-coklat ,serta penuh sulur-suluran kecil yang diselingi dengan naga .




Batik SEKAR JAGAD
Penjelasan Salah satu motif batik khas Indonesia ,Motif ini menggandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang  melihat akan terpesona .Ada pula yang beranggapan bahwa motif sekar jagad sebenarnya berasal dari kata "kar jagad "yang diambil bahasa jawa (kar =peta ; jagad =dunia )sehingga motif ini juga melambangkan keagamaan di seluruh dunia .



Batik SIDO LUHUR
Penjelasan Motif -motif berawalan sida (di baca sido ) merupakan golongan motif yang banyak dibuat para pembatik ,kata "sida "sendiri berarti jadi /menjadi/ terlaksana .Dengan demikian motif-motif berawalan "sida "menggandung harapan agar apa yang diinginkan bias tercapai .Mofif sida luhur (dibaca sido luhur )bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi ,dan dapat menjadi panutan masyarakat .


Batik KAWUNG
Penjelasan Motif Kawung  berpola bulatan mirip buah kawung (sejenis kelapa atau kadang juga di anggap sebagai buah kolang kaling )Yang ditata rapi secara geometris .Kadang motif ini juga di intrepsikan sebagai gambar bunga lotus (teratai ) dengan empat lembar daun bunga yang merekah .Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian .Biasanya motif -motif kawung di beri nama berdasarkan besar kecil nya bentuk bulat lonjong yg terdapat dalam satu motif tertentu .Misalnya kawung picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil .Picis adalah mata uang senilai sepuluh senyang bentuknya kecil .Sedangkan kawung bribil adalah motif-motif kawung yang tersusun oleh bentuk yan lebih besar dari pada kawung picis .Hal ini sesuai dengan nama bribil ,Mata uang yang bentuknya lebih besar darp pada picis dan bernilai setengah sen .Sedangkan kawung yang bentuknya bulat lonjong lebih besar dari kawung bribil di sebut kawung sen .
Batik SEMEN RAMA
Penjelasan Dimaknai sebagai penggabaran dari 'kehidupan yang seni (kehidupan yang berkembang atau makmur ) .Terdapat jenis ornament pokok pada motif-motif semen .Yang pertama adalah ornament yang berhubungan dengan daratan ,seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang berkaki empat .Kedua adalah ornament yang berhubungan dengan udara seperti garuda ,burung dan mega mendung . Sedangkan yang ketiga adalah ornament yang berhubungan dengan laut dan air ,seperti ular ,ikan dan katak .Jenis ornament tersebut kemunginan besar ada hubunganya dengan paham triloka atau tribuwana . Paham tersebut adalah ajaran tentang adanya tiga dunia  ,Dunia setengah tempat manusia hidup dunia atas tempat para dewa dan para suci ,Serta dunia bawah tempat orang yg jalan hidupnya tidak benar /dipenuhi angkaramurka .Selain makna tersebut motif semen rama (dibaca semen romo) sendiri sering kali di hibungkan dengan cerita Ramayana yang sarat dengan ajaran Hasta Brata atau ajaran keutamaan kepada Wibisana ketika dinobatkan menjadi Raja Alengka . Jadi semen romo menggandung ajaran sifat -sifat utama yang seharusnya di miliki oleh seorang RAJA atau pemimpin rakyat .
Batik SIDO ASIH
Penjelasan Motif-motif berawalan sida ( dibaca sido) merupakan golongan motif yg banyak di buat para pembatik .Kata  “sido” sendiri berarti jadi /menjadi /terlaksana .Dengan demikian motif -motif berawalan ”sido” mengandung harapan agar yg di inginkan biar tercapai .Maka dari motif Sido Asih adalah harapan agar manusia mengembangkan rasa saling menyayangi  dengan mengasihi antar sesama .

Batik Tambal
Penjelasan tambal memiliki arti tambal bermakna menambal atau memperbaiki diri menuju kehidupan yang lebih baik ,lahir maupun batin .Dahulu kain batik bermotif tambal dipercaya bias membantu kesembuhan orang yang sakit .Caranya adalah dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan kain motif tambal .Kepercayaan ini muncul karena orang sakit dianggap ada sesuatu" yang kurang" sehingga untuk menggobati nya perlu di 'tambal .
Batik Sido Mukti
Penjelasan  : Sido Mukti merupakan motif batik yang biasanya terbuat dari zat pewarna soga alam .Biasanya di gunakan sebagai kain dalam upacara perkawinan .Unsur motif yang terkandung didalamnya adalah gurda .Motif-motif berawalan "sida" ( dibaca sido ) merupakan golongan motif yang banyak dibuat para pembatik .Kata sida sendiri berarti jadi/menjadi /terlaksana .Dengan motif-motif berawalan "sida "menggandung harapan agar apa yang diinginkan biar tercapai .Salah satunya adalah sido mukti yang menggandung harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin .
Batik Sudagaran
Penjelasan Merupakan motif larangan dari kalangan kraton yang membuat seniman dari kaum sudagar untuk menciptakan motif baru yang sesuai selera masyarakat sudagar .Mereka juga mengubah motif larangan sehinga motif tersebut dapat dipakai masyarakat umum .Desain batik Sudagar umumnya terkesan" berani"dalam memilih bentuk ,Stilisasi atas benda-benda atau alam satwa ,maupun kombinasi warna yang didominasi warna soga dan biru tua .Batik Sudagar menyajikan kualitas dalam proses pengerjaan serta kerumitan dalam menyajikan ragam hias yang baru. Pencipta batik Sudagar mengubah batik keraton dengan isen-isen yang rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik) sehingga tercipta batik yang amat indah .
 
Batik Petani
Penjelasan : Merupakan batik yang di buat sebagai selingan kegiatan ibu rumah tangga dirumah dikala tidak pergi kesawah atau saat waktu senggang .Biasanya batik ini kasar dan kagok serta tidak halus .Motifnya turun temurun sesuai dengan daerah masing-masing dan batik ini di kerjakan secara tidak professional karena hanya sebagai sambilan ,untuk pewarna pun di ikutkan ke Sudagar .
Di atas adalah sebagaian macam-macam batik yang ada di Negara kita Indonesia berdasarkan motif atau coraknya .Kita sebagai bangsa harus bangga dan mungkin juga seharusnya memakai karena memiliki kebudayaan yang luar biasa ini .


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  berilah contoh gambar batik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Tas Ransel Rajutan Cantik 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://blogbatikmuda.blogspot.co.id/2014/03/3-contoh-gambar-motif-batik-nusantara.html

0 komentar:

Post a Comment