Kumpulan Kerajinan Tangan dari Kain Perca yang Mudah Dibuat

Kumpulan Kerajinan Tangan dari Kain Perca yang Mudah Dibuat

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Kumpulan Kerajinan Tangan dari Kain Perca yang Mudah Dibuat


aneka kreasi dari kain perca buat – Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kain perca? Kain perca adalah kain sisa dari pembuatan pakaian. Jika kamu pergi ke tukang penjahit atau pabrik garmen, kamu akan melihat banyak sekali potongan kain kecil-kecil sisa dari pembuatan pakaian. Nah, kain-kain tersebut disebut kain perca.

Biasanya, kain perca ini dibuang oleh pemiliknya. Karena mereka beranggapan kain perca adalah sampah. Apalagi pabrik besar dimana potongan-potongan kain yang tidak terpakai lagi sangat banyak. Padahal, bagi orang-orang kreatif, kain perca ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagi macam kerajinan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
Kerajinan-kerajinan yang dihasilkan dari kain perca ini biasanya berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari dan hasilnya tidak kalah dengan barang yang terbuat dari kain mahal. Justru barang yang terbuat dari kain perca memiliki nilai plus, yaitu memiliki tingkat seni yang tinggi.
Teknik-teknik Menjahit Kain Perca

Jika kamu memiliki keluarga penjahit atau tetangga penjahit, sudah pasti banyak kain perca yang akan dibuang. Karena kebanyakan orang memang tidak mau memanfaatkan kain perca tersebut. Mereka mengaggap kain perca adalah sampah.

Nah, ini merupakan peluang bagi kamu untuk membuat kerajinan tangan dari kain perca. Manfaatkanlah kain perca tersebut menjadi barang-barang yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Namun, sebelum kamu membuat kerajinan tangan dari kain perca, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu teknik-teknik menjahit dengan kain perca. Berikut ini adalah beberapa teknik menjahit menggunakan kain perca.
Menjahit Kain Perca dengan Teknik Patcwork

teknik yang pertama dimanakan teknik patcwork. Teknik menjahit yang satu ini caranya adalah dengan menggabungkan kain perca sesuai dengan alur potongan kain tersebut. Untuk bisa melakukan teknik ini, cara yang paling mudah adalah kamu harus bisa menjahit lurus. Dengan belajar menjahit lurus, kamu bisa melakukan teknik patcwork ini.

Meskipun cukup belajar menjahit lurus, tidak banyak orang yang berhasil mengerjakan teknik ini. Penyebabnya adalah kebanyakan orang kurang sabar, kurang teliti, dan kurang tekun. Hal inilah yang menyebabkan meraka gagal dalam melakukan teknik patcwork. Jadi, jika kamu ingin bisa melakukan teknik patcwork ini, kamu juga harus memiliki ketekunan, kesabaran, dan ketelitian dalam mengukur.
Menjahit Kain Perca dengan Teknik Applique

Teknik kedua dalam menjahit menggunakan kain perca adalah teknik applique. Teknik applique ini sangat berbeda dengan teknik patcwork. Jika teknik patcwork adalah menggabungkan kain perca sesuai dengan alur potongannya, teknik applique adalah teknik untuk membuat motif dari kain perca. Motif yang dibuat menggunakan teknik applique tersebut akan ditempel di kain yang utuh. Jadi, kain utuh tersebut berfungsi sebagai background dan motif yang dibuat menggunakan kain perca tersebut sebagai hiasannya.
Menjahit Kain Perca dengan Teknik Quilting

Teknik terakhir yang perlu kamu pelajari dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca adalah teknik quilting. Teknik quilting ini pada dasarnya hanya teknik penyempurnaan saja. Jadi, teknik quilting ini adalah teknik untuk menambah lapisan menggunakan busa pada kerajinan tangan dari kain perca agar kerajinan tangan tersebut terlihat lebih tebal.

Pola quilting ini bisa dibuat sendiri dengan menggambar atau lebih mudah adalah dengan menjiplak yang sudah ada. Bisa juga berupa garis-garis mengikuti pola patcwork.
Contoh Kreasi dari Kain Perca

Setelah mempelajari berbagai teknik yang bisa diterapkan dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca, sekarang saatnya melihat contoh yang sudah ada mengenai berbagai kerajinan tangan dari kain perca.
Dengan melihat contoh kerajinan tangan dari kain perca, kamu bisa saja mencontoh persis sesuai apa yang kamu lihat atau bisa saja contoh tersebut kamu jadikan inspirasi dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca. Berikut beberapa contoh yang bisa memberikan inspirasi kamu dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca.

Bedcover Unik dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
Salah satu kerajinan tangan dari kain perca yang dapat kamu buat adalah bedcover. Namun, jika kamu masih dalam tahap belajar, sebaiknya jangan membuat bedcover untuk tempat tidur kamu. Alangkah baiknya membuat bedcover dalam ukuran kecil. Hal ini untuk latihan kamu dalam masa belajar.

Gorden dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
Kebanyakan orang berlomba-lomba membuat gorden yang mewah agar rumahnya nampak cantik. Namun, tahukah kamu bahwa gorden dengan biaya yang kecil juga bisa membuat rumah kamu nampak cantik?
Coba kamu membuat gorden dengan memanfaatkan kain perca. Dengan kain ini tentu saja dengan berbagai kombinasi warna yang sesuai, baik antara sambuangan kain maupun warna rumah, maka rumah kamu akan terlihat indah dan serasi. Orang yang melihat hal demikian tidak akan berfikir mengenai berapa harga dalam membuat gorden tersebut, melainkan lebih fokus terhadap keserasian, kecocokan, dan keindahan rumah kamu.

Hiasan Dinding Dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
Ingin menghias dinding rumah tapi tidak memiliki dana banyak? Tenang saja. Kamu tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Karena ternyata hiasan yang terbuat dari kain perca juga terlihat sangat indah dan cocok untuk menjadi hiasan dinding rumah kamu.
Kamu bisa membuat hiasan tersebut sendiri di rumah sekaligus menjadi bahan belajar dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca. Dengan memanfaatkan kain perca ini, kamu juga dapat menghemat biaya besar dalam menghias rumah.

Tikar Karpet dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
Saat ini, harga karpet sangat mahal. Paling murah saja sudah ratusan ribu. Apalagi karpet yang mewah. Pasti harganya jutaan bahkan puluhan juta. Nah, bagi kamu yang menginginkan memiliki karpet untuk rumah, namun saat ini masih belum memiliki dana yang cukup untuk membeli karpet, alangkah baiknya kamu membuat sendiri karpet dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya.
Dengan menggunakan kain perca, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memilikinya. Apalagi jika kamu sudah ahli dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca, tentu saja hasil dari tikar karpet yang kamu buat dengan kain perca tersebut sangat bagus.

Alas Masak dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
membuat alas masak dengan memanfaatkan kain perca ini bisa kamu jadikan latihan dalam membuat kerajinan tangan dengan kain perca. Karena membuat alas masak tergolong cukup gampang. Modelnya juga sederhana. Jadi, kamu bisa meningkatkan skill kamu dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca. Jika kamu sudah ahli dalam membuat alas masak ini, kamu bisa meningkatkan skill kamu dengan membuat kerajinan tangan lainnya yang lebih sulit dari alas masak.

Tutup Galon dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
Sebagian orang akan memberikan tutup untuk galon air mineralnya di rumah. Tujuannya adalah agar galon tersebut terlihat bagus dan enak di lihat. Hal ini menjadi peluang bagi kamu yang memiliki usaha konveksi atau tetangganya seorang penjahit. Karena tentu banyak kain perca yang dihasilkan dari penjahit dan kain tersebut tidak digunakan lagi.
Kain perca tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat tutup galon. Hal ini juga sangat cocok bagi kamu yang masih belajar membuat kerajinan tangan dari kain perca. Karena membuat tutup galon tidak terlalu rumit. Bagi para pemula, hal ini bisa dijadikan latihan. Jika kamu sudah ahli dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca, bisa saja pembuatan tutup galon dengan memanfaatkan kain perca menjadi bisnis.

Bantalan Kursi dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/
Sangat jarang orang mengganti sarung bantal kursi. Biasanya, meraka hanya mencucinya, lalu di pasang lagi sarung bantal tersebut.Umumnya, memang mereka tidak memiliki sarung bantal kursi pengganti. Jadi, setelah di cuci, sarung bantal kursi digunakan lagi.
Nah, bagi kamu yang memiliki kain perca banyak dan kamu memiliki keahlian dalam menjahit, coba saja memanfaatkan kain perca tersebut menjadi sarung bantal kursi. Sehingga sarung bantal kursi kamu tidak melulu itu itu saja. Setidaknya ada satu penggantinya agar terlihat baru lagi kursinya.

Lukisan dari Kain Perca

https://henrinurcahyo.wordpress.com
https://henrinurcahyo.wordpress.com
Percayakah kamu bahwa lukisan pada di atas terbuat dari kain perca? Mungkin, sebagian orang tidak mengira bahwa lukisan tersebut terbuat dari kain perca. Karena memang tidak terlihat bahwa lukisan tersebut terbuat dari kain perca. Karena pembuatnya sudah sangat ahli dalam membuat lukisan dimana bahan utamanya adalah kain perca.

Keset Unik dari Kain Perca

http://mojokerto.blog.com
http://mojokerto.blog.com
Seringkali keset gampang kotor dan rusak. Hal ini memang karena fungsi dari keset tersebut. Sehingga memang harus sedia lebih dari satu keset untuk gantinya. Nah, bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan kain perca menjadi kerajinan tangan, kamu bisa membuat keset sendiri dari kain perca. Selain hemat dalam biaya, kamu juga bisa menyediakan lebih banyak cadangan keset.

Aneka Kreasi Bros dari Kain Perca

dessy-deris.blogspot.com
dessy-deris.blogspot.com
Saat ini, banyak sekali anak muda mencari bros untuk dijadikan aksesoris. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu yang bisa mengolah kain perca menjadi kerajinan. Coba saja membuat bros dari kain perca, lalu kamu tawarkan kepada teman terdekat kamu. Kalau banyak yang minat, berarti bisnis tersebut layak untuk dikembangkan.

Kaligrafi dari Kain Perca

kaligrafibatikgrosir.wordpress.com
kaligrafibatikgrosir.wordpress.com
Selain dimanfaatkan menjadi lukisan, kain perca juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kaligrafi. Tentu saja membuat kaligrafi dengan kain perca sangatlah rumit. Maka dari itu, jika kamu menginginkan bisa membuat hal demikian, cobalah terus menerus untuk latihan agar bisa membuat kaligrafi seperti itu dengan mamanfaatkan kain perca.

Aksesoris Wanita Terbaru Bando/ Bandana dari Kain Perca

duniakecilyulia.wordpress.com
duniakecilyulia.wordpress.com


Yang terakhir adalah bando atau bandana. Ini merupakan yang paling gampang dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca. Jadi, bagi para pemula yang ingin latihan dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca, bisa mencoba untuk membuat bando sebagai tahap awal latihan membuat kerajinan tangan.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  aneka kreasi dari kain perca buat

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Daftar Harga Mesin Obras Terbaru Semua Merek 2017 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://ruangtanya.com/kerajinan-tangan-dari-kain-perca/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.