Bawa Bayi Sambil menyebutkan macam - macam peralatan seni ukir? Bisa Banget, Ibu-ibu Ini Buktinya

Bawa Bayi Sambil menyebutkan macam - macam peralatan seni ukir? Bisa Banget, Ibu-ibu Ini Buktinya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Bawa Bayi Sambil menyebutkan macam - macam peralatan seni ukir? Bisa Banget, Ibu-ibu Ini Buktinya

alat alat yg digunakan dalam membuat ragam hias dgn teknik mengukir - Palu kayu, sikat ijuk, alat-alat gambar (pensil, spidol, penggaris, karet penghapus, jangka, routring, dan lain-lain), alat-alat pertukangan ( gergaji, schaap, meteran, kapak, siku-siku, dan lain-lain), dan batu asah

good luck


1. Pahat sebagai peralatan pokok terdiri beberapa jenis yaitu:
(a) Pahat Kuku, pahat ini berjumlah sekitar 20 batang dengan berbagai  ukuran,
(b) Pahat lurus (Pengancap) berjumlah sekitar 10 batang dengan berbagai ukuran,
(c) pahat Col/penatar berjumlah 4 batang, digunakan untuk meratakan bagian dasar ukiran yang mencorok kedalam yang tidak dapat dijangkau oleh pahat lurus.
(d) Pahat setengah lingkaran berjumlah 3 batang berbagai ukuran, digunakan untuk memahat bagian motif lengkung dan mencorok kedalam yang tidak dapat dijangkau oleh pahat kuku.
(e) Pahat miring 2 batang,
2. Peralatan Penunjang
(a) Palu kayu : kayu yang baik untuk bahan palu adalah kayu-kayu yang berat seperti kayu asam, kayu jambu, dan kayu cemara, diusahakan dari serat kayu terpilin agar tidak mudah pecah.batu asah.
 (b) Sikat ijuk : digunakan untuk membersihkan ukiran dari kotoran bekas pahatan dan menghilangkan debu yang melekat pada ukiran.
(c) Alat-alat gambar : digunakan untuk membuat desain baik desain pokok maupun desain motif, jenis peralatan tersebut adalah pensil, spidol, penggaris, karet penghapus, jangka, routring, dan lain-lain.
(d) Alat-alat pertukangan seperti gergaji, schaap, meteran, kapak, siku-siku, dan lain-lain.
(e) Batu asah : untuk menajamkan peralatan baik pahat atau paralatan lainnya. Batu asah ada dua jenis yaitu batu asah kasar untuk memperbaiki mata pahat yang rusak mempercepat pengasahan, dan batu asah halus, untuk menyempurnakan ketajaman pahat.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  alat alat yg digunakan dalam membuat ragam hias dgn teknik mengukir

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Benarkah Ragam Hias dan Teknik Bekarya Dengan Bahan Baku Kayu Bisa Redakan Patah Hati? 
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://brainly.co.id/tugas/265818

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.