, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ariel Tatum : MACAM-MACAM JENIS MESIN JAHIT dan FUNGSINYA

Ariel Tatum : MACAM-MACAM JENIS MESIN JAHIT dan FUNGSINYA

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Ariel Tatum : MACAM-MACAM JENIS MESIN JAHIT dan FUNGSINYA

3 macam mesin penyelesaian - Mesin jahit merupakan alat utama untuk membuat sebuah produk sandang, selain bahan utama kain dan benang menjahit. Sesuai dengan kebutuhan untuk menjahit, mesin jahit ini di buat berdasarkan fungsinya, seperti yang akan di bahas di densublog kali ini dan berdasarkan yang saya ketahui selama jalan jalan di konveksi dan garment, mungkin bisa menjadi referensi juga untuk anda yang ingin mulai membuka usaha konveksi.

Sesuai dengan namanya mesin jahit, mesin jahit ini berfungsi untuk menggabungkan bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, maksud dari “bagian” disini adalah elemen elemen yang akan di gabungkan menjadi sebuah produk jadi tekstil, seperti bagian lengan, kerah, badan, yang di buat berdasarkan pola. Banyaknya elemen bagian pada pakaian tergantung pada pola produk jadi tekstil yang kita buat.

Penggunaan mesin jahit ini bemaksud untuk mempercepat proses pengerjaan sehingga waktu yang di perlukan untuk membuat produk jadi tekstil lebih cepat dan rapih, dan berpengaruh terhadap biaya produksi. Terutama untuk perusahaan garment yang lebih menekan biaya produksi dengan hasil yang baik.
Kembali ke topik kita tentang macam dan jenis mesin jahit, berikut kita bahas mesin jahit

1. Mesin Jahit Klasik

Siapa yang gak kenal mesin jahit ini, sebelum ada mesin jahit ini ada mesin jahit yang menggunakan tangan, tepat karena mesin jahitnya di puar dengan tangan untuk menggerakan mesin, 
Mungkin mesin jahit ini cikal bakal sebelum terjadinya revolusi dengan era digital sekarang. cara kerjanya cukup gampang dan sangat murah, mesin jahit ini awalnya di gerakan dengan kaki namun dengan berjalannya waktu untuk mempermudah dalam kerja maka ada dynamo yang di jual secara terpisah, tentunya untuk mempercepat proses penjahitan.
2. Mesin Jahit HighSpeed


 
Mesin jahit ini sudah pakai mesin dengan kecepatan yang tinggi, pengguna mesin ini mesti mempunyai keahlian khusus, dengan system yang sudah dilengkapi dengan pemotong benang sendiri dan mengunci jahitan di awal dan di akhir penjahitan. Menggunaakan mesin jahit ini memberikan kualitas jahitan yang baik, kuantitas penjahitan akan lebih banyak sehingga tingkat efisien waktu lebih hemat, dan tentunya akan menekan cost produksi. 
Apabila ingin membuat usaha konveksi sebaiknya menggunakan mesin jahit ini, karena harga masih termasuk harga yang menengah boleh di bilang cukup murah, untuk mesin bekasnya di bandrol dengan harga 1 jutaan saja tergantung kondisi mesinnya. Harga murah dimbangi kualitas jahitan yang baik di tambah banyak yang sudah ahli menggunakan mesin jahit ini, menjadi pertimabangan sendiri untuk penggiat usaha konveksi dan garment. Banyaknya orang yang sudah bisa dan ahli, anda sebagai pengusaha tidak perlu lagi mengajarkan cara menggunakannya.
3. Mesin Jahit Automatic / Digital

Era Digital saat ini para produsen mesin jahit juga tidak ingin ketinggalan jaman, mereka ikut berpatisipasi di era digital ini, Para produsen ingin lebih memanjakan para konsumennya. Salah satunya mesin jahit ini. dibekali dengan system computer dan kecepatan yang tinggi memberikan anda sensasi dan sentuhan yang baru pada mesin jahit ini. Bagaimana tidak,  fitur di mesin ini cukup lengkap, hanya dengan menekan tombol konfigurasi yang ada pada bagian body mesin, kita bisa mendapatkan berbagai jenis jahitan, 
Harga yang ditawarkan pun berpariatif mulai dari harga 5jutaan, harga yang diberikan sesuai dengan fitur yang diberikan pada mesin jahit digital ini, semakin lengkap fiturnya maka siap – siap lah merogoh kocek lebih dalam.
Awalnya penggunaan mesin jahit jenis ini mungkin akan sedikit sulit karena banyaknya fitur yang ada, walaupun sudah ada sebagian mesin yang memakai monitor, sebaiknya manual book jangna di simpan terlalu jauh dari mesin ini. Mesin jahit digital ini cocok untuk industry kreatif karena variasi jahitan di mesin ini cukup banyak, jadi kreatifitas kita bisa disalurkan di mesin jahit ini. 
4. Mesin Jahit Obras

cocok untuk  overclocking dan overedging bahan ringan dan menengah pelumasan secara otamatis  dan kinerja yang sangat baik low sewing tension. Membuat jahitan lebih rapi dan terdapat pisau pemotong pada mesin ini, sebagai contohnya pada jahitan celana jeans, jahitan lebih kuat, mesin obras ini di gunakan di akhir pekerjaan menjahit.

5. Mesin Lubang Kancing



dari namanya kita sudah dapat menebak fungsi dari mesin jahit ini. Mesin ini berfungsi untuk membuat jahitan dalam atau untuk mebuat lubang kancing. Agar lobang kancing yang sudah di sobek tidak sobek atau memanjang kemana mana, dengan adanya msin jahit lobang kancing ini memberikan batas untuk kancing itu sendiri. Sebagai contohnya seperti pada kemeja, celana, jas dan yang lainnya yang menggunakan accessories kancing.
Pada beberapa tipe tertentu bisa sekaligus untuk memasang kancing, sehingga lebih effisien. Harganya cukup mahal 
6. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai (Distro)


Mesin ini mengadopsi mekanisme tipe jarum feed mechanism, mengambil dan menangkap untuk menghasilkan dua baris jahitan rantai, yang tegas dan elastis, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif, pakaian dalam, pakaian berbahan dasar kaos, bedcover dan kulit. Ada lima jenis alat ukur yang tersedia untuk seleksi.
Mesin jahit ini banyak digunakan di Konveksi dan Garment yang memproduksi kaos dan menjadi salah satu standar jahitan yang diberikan oleh Buyer / pemesan.
7. Mesin Jahit Overdeck
Mesin ini mengadopsi sistem pelumasan otomatis tertutup yang lengkap, drive utama mengadopsi timing belt untuk menjamin kecepatan tinggi dan mengurangi kebisimgan. mesin jahit jenis ini harus di servive secara khusus, untuk meningkatkan kapasitas ketahanan aus nya.

Model dasar dari mesin ini dapat membentuk dasar menjahit dan tingkat lanjut. Mesin ini biasanya digunakan khusus untuk membuat pakainan berbahan dasar kaos, tetapi dapat juga digunakan untuk menjahit ritsleting nilon dan scallop.
8. Mesin Neci

 Mesin ini digunakan untuk menjahit tepian kain, dengan  mesin ini tepiankain akan lebih rapi karena dilengkapi dengan pisau pemotong, untukl anda yang ingin membuka usaha kerudung pembuatan pashmina wajib mempunyai mesin ini.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  3 macam mesin penyelesaian

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pratyusha Banerjee : Apa itu tricot ? 
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://densublog.blogspot.co.id/2016/04/macam-macam-jenis-mesin-jahit-dan.html

0 komentar:

Post a Comment