Sejarah Pola So-En dan Mayneke


Sejarah Pola So-En dan Mayneke

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Sejarah Pola So-En dan Mayneke

sistem pola so-en - Untuk menciptakan busana yang tidak hanya indah dilihat tetapi juga nyaman saat dikenakan maka dibutuhkan sebuah pola yang bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam membuat pakaian. Pola dasar yang dibuat pada media kertas berdasarkan model dan ukuran yang disesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya, kemudian dijiplak keatas kain sebelum kain tersebut digunting dan dijahit.



 

Dalam desain fashion dikenal berbagai metode yang dapat diterapkan untuk menggambar pola konstruksi pada media datar, diantaranya berupa metode Meyneke, So-En, Dressmaking, Danckaerts dan Cuppens Geurs yang dibuat berdasarkan ukuran badan seseorang. Sistem ini diberi nama sesuai pencipta pola, lembaga, negara, atau benua dimana pola tersebut dibuat.


Secara garis besar pembuatan pola pakaian dengan teknik konstruksi yang disertai dengan ukuran-ukuran model dan petunjuk pembuatan pola, memungkinkan seseor
ang untuk menciptakan sebuah busana sesuai dengan model yang diinginkan tanpa memerlukan penyesuaian pola.


Di negara Jepang, metode pembuatan pola dengan sistem So-En dari Bu
nka Fashion Collage, secara garis besar mendominasi berbagai teknik yang diterapkan untuk mengga
mbar pola pakaian. Bunka Fashion Collage merupakan sekolah menjahit baju barat untuk anak dan wanita yang didirikan oleh Isaburo Namiki pada tahun 1919.


Perkembangan Bunka Fashion Collage yang begitu pesat, mendorong lahirnya majalah So-En pada tahun 1936 yang mempublikasikan kreasi pola pakaian para alumni sekolah desain tersebut. Sebagai majalah yang memuat cara membuat pola dan menjahit pakaian, majalah So-En mampu mempertahankan eksistensinya hingga tahun 2005 dan berlanjut sebagai majalah industri busana hingga saat ini.

Metode pembuatan pola yang tidak kalah populer dengan pola So-En yaitu pola Meyneke yang ditemukan oleh J.H.C. Meyneke. Pola meyneke adalah salah satu jenis pola dasar konstruksi datar yang mempunyai lebih dari satu kupnat yaitu kupnat bahu depan dan belakang serta pinggang, sehingga sangat sesuai untuk membuat busana pas badan.
 

Semoga Bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  sistem pola so-en

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tutorial Membuat Macam-Macam Lipit Pada Busana 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/sejarah-pola-so-en-dan-mayneke/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.