Teknologi Busana

 Teknologi Busana

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Teknologi Busana

pengertian lipit jarum - LIPIT


v  PENGERTIAN LIPIT
Lipit adalah lipatan pada pakaian yang berfungsi sebagai hiasan, menambah kelonggaran dan untuk menyesuaikan bentuk tubuh.
Macam-macam lipit :
lipit dibagi menjadi 2 yaitu :
1.      Lipit Mati
2.      Lipit Hidup

    Lipit Mati

Lipit mati adalah lipit yang berfungsi sebagai hiasan maupun untuk bentuk tubuh.
Macam-Macam Lipit Mati :

    a. lipit Jarum

Lipit jarum adalah lipitan-lipitan kecil dibuat menurut arah benang tenunan dan disetik pada bagian luar bahan. Jarak lipit disesuaikan modelnya atau sesuai selera, dalamnya lipit 2-3 mm.
b. Lipit jarum berkelompok
Lipit jarum berkelompok adalah lipitan-lipitan kecil yang disetik pada bagian luar bahan dan dibuat selalu dalam kelompok. Jarak lipit disesuaikan modelnya atau sesuai selera, dalamnya lipit 2-3 mm.

    Lipit jarum variasi

Lipit jarum variasi adalah lipit yang menyerupai lipit jarum rata tetapi disetik secara vertical dan horizontal dengan jarak lipitan beraturan.

    Lipit mati biasa

Lipit mati biasa adalah lipit yang menyerupai lipit jarum rata tetapi lebarnya 1-3 cm. Lipit ini umumnya dibuat kelompok, dalam lipitnya lebih lebar 0,5 cm/sesuai dengan model, jarak lipitan beraturan.

    Lipit mati variasi

Lipit mati variasi adalah lipit mati dengan lebar 0,5 cm disetik pada bagian luar bahan dan dibuat selalu dalam kelompok kemudian pada bagian lipit tersebut dujahit dengan lipitan menghadap ke kanan kemudian dengan jarak 2 cm atau lebih di bawahnya, lipit tersebut dijahit kembali dengan lipit menghadap ke kiri. Begitu seterusnya hingga jumlah yang dikehendaki.

    Lipit opnaisel kerang

Lipit opnaisel kerang/kerut yaitu merupakan lipit mati (opnaisel) yang kemudian pada bagian lipit tersebut di ikat dengan benang dengan jarak tertentu.

    Lipit Hidup

Lipit hidup adalah lipitnyang berfungsi sebagai hiasan maupun untuk menambah kelonggaran bentuk badan.
Macam-macam lipit hidup :
a.       Lipit searah pipih
Yaitu satu lipit yang dilipat sebagai hiasan atau untuk menambah kelonggaran pada bagian bawah rok. Satu lipit terdiri dari 3 bagian : dalam lipit, yaitu bahan yang tersimpan di dalam. Lebar lipit yang menentukan dalamnya lipit yang satu dengan garis lipit yang lain.
b.      Lipit Plisse
Lipit ini hampir sama dengan lipit pipih searah dengan jarak lipit sama dengan lebar lipit. lipit ini umumnya kecil-kecil.
c.       Lipit Sungkup
Lipit sungkup adalah lipit yang terdiri dua lipit pipih/floi yang berhadapan tetapi saling bertolak belakang. Biasanya digunakan pada rok/pada bagian punggung saku. Berfungsi sebagai kelonggaran.
d.      Lipit Hadap

Lipit hadap adalah lipit yang terdiri dari dua lipit/floi yang letaknya berhadapan. Biasanya digunakan pada rok dan kemeja bagian punggung. Lipit ini berfungsi sebagai hiasan dan kelonggaran.
e.       Lipit kipas
Lipit kipas adalah satu tumpukan lipit-lipit searah yang bagian atasnya merupakan satu lipit dan bagian bawah terbagi dam beberapa lipit pipih
f.       Godet
Godet adalah satu bagian di bawah rok yang ditambah dengan suatu guntingan bahan untuk manambah lebar bawah rok/menghias bawah rok. Tambahan kain ini dapat berupa sebagian dari lingkaran/kain serong/bahan yang dilipat, dapat sewarna/dengan kain yang berbeda.

PENYELESAIAN TEPI KAIN

    Rompok

Penyelesaian tepi sering dinamakan dengan bies, yang dibuat dari kain serong, tajur yang digunting dari bahan 450 serong rompok ini dipakai sebagai penyelesaian hiasan ( berwarna, bermotif). Lebar kumai serong 2 cm.
Cara pembuatannya : Pada pakaian tidak dibutuhkan kampuh, kumaiserong dan pakaian disetik 1 kali-kira 0,5 cm dari tepi. Bagian yang saling berhadapan. kumaiserong dibalik ke bagian buruk dilipat dan di jahit pada setikan pertama. Hasil 0,5 cm di bagian baik dan buruk.

    Depun

Tepi kain yang diselesaikan dengan kumaiserong sebagai depun selebar 3-4 cm, yaitu yang pada bagian buruk pakaian selebar 1 cm kurang.
Cara pembuatannya : Pada pakaian dibutuhkan 1-0,5 cm kampuh. Kumeiserong dan pakaian disetik keliling sesuai bentuk dengan bagian baik berhadapan. Kumeiserong dilipat dibagian dalam. Bagian tepi kumeiserong dilipat kebagian buruk dengan melipat keluar tepi pakaian 1 mm dan disetik bagian dalam. Bagian tepi kumeiserong dilipat 1-0,5 cm kemudian dikelim ke pakaian.

    Serip

Penyelesaian ini kebalikan dari depun. Serip ini dapat pula sebagai hiasan yang dapat dibuat dari kumeiserong atau menurut bentuk. Tetapi tepi serip diselesaian dengan disetik pada pakaian.

    Kelim

Penyelesaian bagian yang dilipat dengan teknik tertentu.
a.       Kelim Biasa
Kelim diselesaikan dengan cara tiras kampuh dengan lebar 2-4 cm dilipat 0,5 cm dan dilipat lagi sesuai batas kampuh dan dijahit tangan dengan tusuk kelim bagian baik diambil 1-2 serat saja.
b.      Kelim Sungsang
Kelim ini diselesaiakan seperti kelim biasa bagian baik terlihat tusuk datar serat 1-2 serat. Tetapi penyelesaian bagian buruk terlihat dan diselesaikan dengan tusuk balut.
c.       Kelim Rompok
Kelim ini digunakan untuk menyelesaikan pakaian yang terbuat dari kain tebal. Cara penyelesaiannya : Tepi kampuh yang akan dikelim, dirompok dan dilipat sesuai dengan batas kampuh l
alu di selesaiakan dengan jahit tangan yaitu tusuk kelim.
d.      Kelim Konfeksi
Kelim ini biasa digunakan disuatu konfeksi karena termasuk penyelesaian tepi yang cukup simple dan cepat.
Cara penyelesaiannya : Tiras kampuh dengan lebar 2-4 cm dilipat 0,5 cm dan dilipat lagi sesuai batasan kampuh dan diselesaiakn dengan disetik langsung ke pakaian.
e.       Kelim Obras
Kelim ini diselesaikan dengan mengobras bagian tepi kampuh yang akan dikelim dan melipatnya sesuai batas kelim kemudian diselesaiakan dengan jahit tangan yaitu tusuk flanel.
f.       Kelim Rol
Kelim ini biasa digunakan untuk pakaian yang terbuat dari kain tembus terang.
Cara penyelesaiannya dengan dipilin sedikit demi sedikit bagian tepi kain (pakaian), kemudian diselesaiakan dengan dijahit tangan yaitu tusuk kelim dengan jarak 0,5-1 cm




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian lipit jarum

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Mudah Membuat Jilbab Paris Bermotif 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://fashion-mythebestway.blogspot.co.id/2013/04/teknologi-busana.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.