, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

PENGERTIAN – ARTI APLIKASI

PENGERTIAN – ARTI APLIKASI

 pengertian jahit aplikasi - APLIKASI salah satu cara menghias kain dalam dunia jahit menjahit, menggunakan berbagai motif dan bermacam warna kain. Teknik aplikasi berasal dari kebiasaan menambal kain yang bolong atau robek, dengan potongan kain lain. Tambalan yang di- jahitkan itu ternyata dapat dibuat indah, sehingga me- nyamarkan tambalan itu menjadi hiasan.
Dengan tujuan menghias, bukan menambal, teknik aplikasi yang baik dengan cita rasa seni yang baik akan menghasilkan karya aplikasi yang baik pula. Teknik aplikasi biasa dipakai untuk menghias sarung bantal, rok anak-anak dan dewasa, dan berbagai macam barang yang terbuat dari kain. Menempelkan kain hiasan pada kain dasar, dapat dilakukan dengan cara jahit tangan, dapat pula dengan mesin jahit. Untuk aplikasi yang dijahit tangan, dipakai model jahitan peston. Kalau digunakan mesin jahit, dipakai model jahitan zigzag. Biasanya, sebelum dijahitkan, kain hiasan itu ditempelkan dengan lem lebih dulu pada kain dasar. Dengan begitu, kain hiasan itu tak mudah bergeser ke sana ke mari, Kain yang dipakai untuk hiasan umumnya hanya potongan kain bekas yang berukuran kecil-kecil. Warna dan motif kain yang tepat akan mempermudah pekerjaan aplikasi.

Teknik aplikasi diajarkan di sekolah-sekolah kepandaian puteri, kini Sekolah Kesejahteraan Keluarga, serta di kursus-kursus yang diselenggarakan oleh organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kemahiran ini juga diajarkan di banyak Rumah Yatim Piatu, serta Rumah Pendidikan Anak Negara.
Seni aplikasi. Apiikasi yang baik memanfaatkan warna dan motif kain hiasan secara maksimal, sesuai bentuk hiasan yang diinginkan. Seni aplikasi yang indah dihargai hampir sama dengan lukisan. Bahkan ada yang berpendapat, seni aplikasi adalah seni lukis dengan menggunakan kain sebagai bahan lukisan pengganti cat. Mungkin penilaian di atas agak berlebihan, karena sebenarnya seni aplikasi lebih condong ke arah kerajinan tangan. Kecermatan dan kerapian pengerjaan aplikasi amat berpengaruh pada keindahannya.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian jahit aplikasi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang TUTORIAL JAHIT GAUN KANAK-KANAK 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-arti-aplikasi/
 baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
PENGERTIAN – ARTI APLIKASI

0 komentar:

Post a Comment