, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengertian benda pakai dan contoh nya

  Pengertian benda pakai dan contoh nya

 baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
   Pengertian benda pakai dan contoh nya


benda pakai adalah  - Benda pakai adalah hasil karya manusia dengan berbagai bentuk yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya sepatu, pulpen, topi, kursi, tempat tidur.

PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

 
 

Nama Sekolah    : .......................................
Mata Pelajaran      :  Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester    : VII / 1

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
SENI RUPA
1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa   
1.1. Mengindentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat






   
•    Pengertian seni , cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum.
•    Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi karya seni rupa terapan daerah setempat
       
    1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
    •    Methoda diskusi
•    Teknik penulisan hasil diskusi.
•    Teknik presentasi       
SENI RUPA     
 2.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
    2.1.     Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat




    •    Gambar bentuk benda kubistis dan silindris (teknik perspektif, teknik arsir, komposisi, gelap terang) penggunaan media dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat
       
    2.2.    Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
    •    Karya seni rupa daerah setempat meliputi: pengertian benda pakai,benda hias antara lain dari segi motif, corak, teknik  dan sebagainya       
    2.3.    Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat    •    Teknik-teknik pembuatan benda pakai
•    Corak-corak ragam hias daerah setempat       
SENI MUSIK      
3.Mengapresiasi karya seni musik
    3.1 Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat



    •    Pengenalan ragam lagu/musik daerah setempat
•    Elemen/unsur musik yang ada pada lagu
       
    3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
    •    Lagu daerah setempat.       
SENI MUSIK     
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
    4.1.    Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat




    •    Mengaransir lagu  daerah setempat
•    Unsur-unsur musik
•    Tangga nada
•    Birama
•    Tempo
•    Dinamik
•    Interval       
    4.2.    Menampilkan hasil aranse men karya lagu daerah setempat

    •    Berlatih  aransemen sesuai unsur-unsur musik       
SENI TARI
5.  Mengapresiasi karya seni tari
   
5.1.    Mengindentifi-kasi jenis karya seni tari tunggal daerah setempat







   
•    Pengertian Seni Tari :
a.    Pengertian tari daerah, unsur utama seni tari, keindahan seni tari, bentuk penyajian seni tari, tema seni tari daerah setempat
•     Tari Tunggal Daerah Setempat:
a.    Ragam tari tunggal daerah setempat.
b.    Fungsi Tari Tunggal daerah setempat.
       
   
5.2.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal daerah setempat
   
•    Apresiasi Karya Tari Tunggal Daerah Setempat
•    Beragam Tari Tunggal daerah setempat
a.    Tari Dramatik
b.    Tari Nondramatik
       
SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari   
6.1    Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari tunggal daerah setempat


   
•    Pengertian Pola Lantai dalam seni tari
•    Menyesuaikan pola lantai sesuai dengan ragam gerak tari tunggal daerah setempat.
       
    6.2    Memeragakan tari tunggal daerah setempat
    •    Praktek Tari       
SENI TEATER
7.  Mengapresiasi karya seni teater   
7.1.    Mengidentifikasi jenis karya seni teater dae- ah setempat   
•    Teater daerah setempat

       
    7.2.    Menampil kan sikap apre- siatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setem pat    •    sikap apre- siatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater       
SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    8.1.    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
    •    Teater Nusantara daerah setempat
       
    8.2.    Merancang pertunjukan teater daerah setempat
    •    teater daerah setempat       
    8.3.    Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater
    •    prinsip kerja sama dalam berteater       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….





PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : .......................................
Mata Pelajaran      :  Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester    : VII / 2

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
SENI RUPA
9.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa   
9.1    Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
   
Karya seni rupa terapan daerah setempat
       
    9.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat    Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
       
SENI RUPA     
 10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
   
10.1.    Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat



   
•    Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
•    Bentuk-bentukTopeng
       
    10.2.    Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat    •    Teknik pembuatan topeng
•    Corak ragam hias topeng dari daerah setempat
       
    10.3.    Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
    •    Pameran dan kreasi karya seni rupa daerah setempat, meliputi: tujuan,membentuk panitia, waktu, tempat, lingkup pameran
       
    10.4.    Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah    •    Melaksanakan pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas, meliputi: persiapan pameran, menyusun program, mengatur tata letak
       
SENI MUSIK      
11.Mengapresiasi karya seni musik
   
11.1.    Mengindentifikasi ragam jenis musik daerah





   
Mengidentifikasi  tentang karya musik daerah setempat :
a. tokoh musiknya
b. hasil karyanya
c. alat musik yang digunakan dan lain-lain       
   
11.2.    Menunjukan  sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
   
Lagu-lagu daerah setempat
       
SENI MUSIK     
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
   
12.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
   
Aransemen sederhana lagu daerah setempat dan unsur-unsur lagu
       
   
12.1.    Menyajikan karya seni musik daerah setem pat secara perseo- rangan dan berkelompok di kelas
   
Karya seni musik daerah setempat.
       
SENI TARI
13. Mengapresiasi karya seni tari
   
13.1.    Mengindentifi- kasi jenis karya seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
   
•    Bentuk Penyajian Seni Tari:
a.    Tari Tunggal
b.    Tari Berpasangan
c.    Tari Kelompok
       
   
13.2.    menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
   
•    Beragam bentuk tari berpasangan/kelompok daerah setempat       
SENI TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari   
14.1.    Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
   
•    Beragam Bentuk Penyajian tari daerah berpasangan/kelompok daerah setempat
       
   
14.2.    Memeragakan tari tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat   
•    Beragam bentuk Tari Tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat        
SENI TEATER
15.  Mengapresiasi karya seni teater    15.1.    Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
     
Teater daerah setempat       
   
15.2.    Menunjukkan  sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
     
Teater daerah setempat       
SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater   
16.1.    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
   
 Pementasan teater daerah setempat       
    16.2.    Merancang pertunjukan teater daerah setempat           
   
16.3.    Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
           
    16.4.    Menyiapkan pertunjukan teater daerah setempat di sekolah
           
    16.5.    Menggelar pertunjukan teater daerah setempat di sekolah           
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….






PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : .......................................
Mata Pelajaran      :  Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester    : VIII / 1

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
SENI RUPA
1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa   
1.1.    Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara


   
•    Tekstils dalam kehidupan manusia
•    Bahan dasar Tekstils nusantara
•    Jenis-jenis Tekstil di nusantara
       
   
1.2.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
   
•    Keunikan gagasan/ konsep terwujudnya tekstil nusantara
•    Keunikan corak ragam hias tekstil nusantara
•    Keunikan bahan dasar, alat dan Teknik, tekstil nusantara
       
SENI RUPA     
 2.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
   
2.1    Merancang karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
   
•    Merancang pola ragam hias tekstil



       
   
2.2    Membuat karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara

   
•    Membuat Tekstil dengan Teknik Rekalatar dengan
 corak seni rupa terapan Nusantara
       
   
2.3    Mengekspresikan diri melalui  karya seni lukis/gambar   
•    Teknik melukis/   menggambar  ilustrasi
•    Media untuk melukis
       
SENI MUSIK      
3.Mengapresiasi karya seni musik
    3.1    Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara


    •    Lagu Nusantara

a. lagu wajib Nasional
b. Lagu daerah Nusantara
       
   
3.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara
   
Keunikan lagu Nusantara

   
       
SENI MUSIK     
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
   
4.1    Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel

   
Unsur-unsur musik,
 Interval,
 akor dan jenis alat musik Nusantara beserta sumber bunyinya       
   
4.2    Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
   
lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
       
SENI TARI
5. Mengapresiasi karya seni tari
   
5.1 Mengidentifi kasi  jenis karya seni tari tunggal  Nusantara
   
•    Karya Seni Tari Tunggal Nusantara

•    Fungsi Tari Tunggal Nusantara       
    5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara     •    Beragam Tari Tunggal Nusantara

       
SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari   
6.1    Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal Nusantara





   
•    Pengertian Pola Lantai dalam seni tari tunggal nusantara
•    Menyesuaikan pola lantai sesuai dengan ragam gerak tari tunggal daerah nusantara.
       
   
6.2    Memeragakan tari tunggal Nusantara
   
•    Praktek Tari
       
SENI TEATER
7.  Mengapresiasi karya seni teater   
7.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater Nusantara

   
Seni pertunjukan teater  Nusantara sekitar tem- pat  tinggal peserta didik
       
    7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater Nusantara
    sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater Nusantara
       
   
15.3.    Menunjukkan  sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
     
Teater daerah setempat       
SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater   
8.1    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara    
 Teater Nusantara       
   
8.2    Merancang pertunjukan teater Nusantara
           
   
8.3    Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
           
    8.4    Menggelar pertunjukan teater Nusantara            
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : .......................................
Mata Pelajaran      :  Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester    : VIII / 2

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
SENI RUPA
9.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa   
9.1Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara

   
•    Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
•    Ragam hias Nusantara
       
    9.2Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
    •    Beragam karya seni rupa terapan Nusantara

       
SENI RUPA     
 10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
   
10.1  Membuat  karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
   
•    Teknik pembuatan benda pakai dari bahan tekstil


       
    10.2    Mengekspresi-kan diri melalui karya seni grafis



    •    Pengetahuan tentang teknik pembuatan karya grafis
•    Teknik cetak tinggi
•    Teknik cetak saring/ sablon
       
    10.3  Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah    •    Membuat proposal



       
    10.4  Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah    •    Menejemen-pelaksanakan pameran karya seni rupa
       
SENI MUSIK      
11.Mengapresiasi karya seni musik
    11.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni musik tradisional Nusantara


   
Musik tradisional Nusantara
Kolintang
angklung
gamelan
       
   
11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik tradisional Nusantara
   
mengenal sumber bunyi dari alat musik

       
SENI MUSIK     
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
   
12.1 Mengaransir secara sederhana lagu tradisi Nusantara
   
Musik Nusantara


       
    12.2 Menyiapkan seni musik tradisional Nusantara  untukdisajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah
    Perencanaan Pementasan





       
   
12.3 Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara  secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah   
Penyajian musik       
SENI TARI
13. Mengapresiasi karya seni tari
   
13.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari berpasangan/ kelompok Nusantara
   
Beragam jenis tari berpasangan/kelompok nusantara


       
   
13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari berpasangan Nusantara    
Ragam gerak tari berpasangan/kelompok nusantara serta rias dan busana

Beragam ciri-ciri tari berpasangan/kelompok nusantara       
SENI TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari   
14.1 Mengeksplora- si pola lantai gerak tari berpasangan/ kelompok Nusantara
   
•    Beragam Bentuk Penyajian tari daerah berpasangan/kelompok daerah Nusantara
       
    14.2 Menyiapkan pementasan tari berpasangan/ kelompok Nusantara
    •    Seni Pertunjukan Indonesia
•    Manajemen Tari
       
   
14.3 Mementaskan tari berpasangan/ kelompok Nusantara
   
•    Produksi tari       
SENI TEATER
15.  Mengapresiasi karya seni teater   
15.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater Nusantara
   
 Seni pertunjukan teater Nusantara        
    15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara setempat
    sikap apresiatif terhadap keunikan       
SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    16.1  Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
    •     Seni pertunjukan teater Nusantara        
    16.2  Merancang pertunjukan teater Nusantara
    Seni pertunjukan teater Nusantara        
    16.3  Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
    Seni pertunjukan teater Nusantara        
    16.4  Menyiapkan pertunjukan teater Nusantara di sekolah
    Seni pertunjukan teater Nusantara        
    16.5  Menggelar pertunjukan  teater Nusantara di sekolah     Seni pertunjukan teater Nusantara        
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : .......................................
Mata Pelajaran      :  Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester    : IX / 1

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
SENI RUPA
1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa    1.1    Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat




    •    Beragam jenis, bentuk,teknik, makna seni rupa murni daerah setempat
•     Perkembangan seni rupa murni daerah setempat
       
    1.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat
    •    Keunikan seni rupa murni daerah setempat
•    Apresiasi karya seni rupa murni daerah setempat       
SENI RUPA     
 2.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
   
2.1    Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
   
•    Unsur-unsur seni rupa murni Nusantara



       
   
2.2    Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembang kan dari unsur seni rupa Nusantara
   
•    Karya  seni rupa murni Nusantara       
SENI MUSIK      
3.Mengapresiasi karya seni musik
    3.1. Mengidentifik-asi lagu mancanegara di Asia
     Musik/lagu Mancanegara
di Asia.
       
    3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
    Mengenal Komponis Dunia       
SENI MUSIK     
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
    4.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia
   
Musik mancanegara di Asia
       
    4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
    Partitur lagu        
SENI TARI
5. Mengapresiasi karya seni tari
    5.1    Mengidentifikasi karya seni tari mancanegara di Asia



    •    Tari mancanegara di Asia
•    Keunikan Karya Seni Tari Mancanegara di Asia
       
    5.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia
    •    Mengeksplorasi Gerak Tari Mancanegara di Asia
       
SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari    6.1    Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di Asia   
•    Tari mancanegara


       
    6.2    Menampilkan tari kreasi mancanegara di Asia
    •    Praktek Tari       
    6.3    Memeragakan tari tunggal Nusantara
    •    Praktek Tari
       
SENI TEATER
7.  Mengapresiasi karya seni teater    7.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan modern mancanegara di Asia
    Teater tradisional dan modern mancanegara di Asia       
    7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di mancanegar
    teater mancanegara di mancanegar       
SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    81  Merancang pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di Asia    Membuat rancangan teater kreatif       
   
8.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
   
prinsip kerjasama dalam berteater       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : .......................................
Mata Pelajaran      :  Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester    : IX / 2

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
SENI RUPA
9.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa     9.1.   Mengidentifikasi karya seni rupa murni yang dicipta- kan di Indonesia
    •    Karya seni rupa
    murni Indonesia
•    Pelukis/Pematung Indonesia

       
     9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia    •    Keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni Indonesia

       
SENI RUPA     
 10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
   
10.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
   
•    Karya seni rupa murni Nusantara  dan  mancanegara  di luar Asia





       
    10.2. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
   
•    Karya seni rupa murni dua dimensi atau tiga dimensi


       
   
10.3 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau diluar sekolah   
•    Organisasi pameran
•    Penataan ruang pameran
       
SENI MUSIK      
11.Mengapresiasi karya seni musik
   
11.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia
   
Musik mancanegara
Musik klasik
Jazz
country,
       
   
11..2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik mancanegara di luar Asia
   
Musik blues,
reggae dan lainnya
       
SENI MUSIK     
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
    12.1  Mengaransir lagu mancanegara di luar Asia
   
Musik/lagu mancanegara
       
    12.2    Menyiapkan karya seni musik mancanegara untuk disajikan secara perorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah.
    Managemen pagelaran       
    12.3 Menampilkankarya seni musik mancanegar secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah    seni musik mancanegar       
SENI TARI
13. Mengapresiasi karya seni tari
   
13.1  Mengidentifikasi jenis karya seni tari mancanegara di luat Asia
   
•    Tari mancanegara di Asia       
   
13.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari mancanegara di luar Asia
   
keunikan seni tari mancanegara di luar Asia       
SENI TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari   
14.1  Mengekplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara   
•    Tari mancanegara di Asia

       
   
14.2 Menciptakan tari kreasi berdasarkan tari mancanegara
   
•    Praktik Tari


       
    14.3 Menyiapkan pertunjukan tari di sekolah
   
•    Manajemen Tari       
    14.4 Menggelar pertunujkan tari di sekolah
   
•    Produksi tari       
SENI TEATER
15.  Mengapresiasi karya seni teater    15.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan  modern mancanegara di luar Asia
    Teater tradisional dan modern manca negara di luar Asia       
    15.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia    keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia       
SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    16.11 Merancang pertunjukan  teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar Asia
    Teater Modern       
    16.2  Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
    prinsip kerjasama dalam berteater       
    16.3  Menyiapkan pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
    pertunjukan karya teater kreatif di sekolah       
    16.4  Menggelar pertunjukan karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah    pertunjukan karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




















MATA PELAJARAN
KETERAMPILAN 



PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : ....................
Mata Pelajaran      : Keterampilan
Kelas / Semester    : VII / 1

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
1. Mengapresiasi Benda kerajinan    1.1.Memahami keterampilan teknis pada produk benda kerajinan

    1.    Pengertian keterampilan kerajinan
2.    Fungsi kerajinan
3.    Jenis produk kerajinan
4.    Teknik kerajinan       
    1.2.Mengapresiasi unsur estetika pada produk benda kerajinan    1.    Pengertian estetika.
2.    Unsur estetika produk kerajinan.
3.    Fungsi estetika kerajinan
       
2. Membuat benda kerajinan     2.1.Merencana-kan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong, dan rekat.

    1.    Perencanaan prosedur Kerja pembuatan benda kerajinan
2.Perencanaan biaya produksi pembuatan benda kerajinan berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
2.    Pembuat-an sketsa pradesain benda kerajinan untuk fungsi pakai /hias bahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong  dan rekat
       
    2.2.Mendesain benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias bahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat    1.    Desain kerajinan fungsi pakai/hias dari bahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.       
    2.3.Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potog, bentuk dan rekat    2.    Alat dan bahan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi hias/pakai berbahan lunak dengan teknik lipat, potong dan rekat
3.    Fungsi alat dan bahan
4.    Praktik    membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai / hias  berbahan lunak dengan teknik lipat, potong dan rekat sesuai dengan prosedur kerja.       
    2.4.Membuat kemasan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias dengan sentuhan estetika sehingga siap dipamerkan atau dijual
    1.    Desain kemasan
2. Fungsi peralatan dan bahan
3.Pembuatan kemasan benda kerajinan dengan sentuhan estetika
4.Pameran hasil karya benda kerajinan  berbahan lunak dengan teknik lipat, potong dan rekat       
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa     3.1.Memahami fungsi dan keterampilan teknis pada produk alat penerangan dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)    1.    Pengertian peralatan dengan menggunakan  listrik arus lemah (baterai)
2.    Jenis dan fungsi peralatan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)
3.    Teknik pembuatan produk alat penerangan dengan menggunakan listrik arus lemah  (baterai)       
    3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pada produk alat penerangan yang manggunakan  listrik arus lemah (baterai)    1.Apresiasi teknis alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)       
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa     4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)!    1. Skema rangkaian alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)
2. Penyiapan bahan dan alat untuk praktik  pembuatan alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)        
    4.2.Membuat alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)!    1. Praktik merangkai komponen alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)!
2. Pengujian produk : rangkaian alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)
       
5. Mengapresiasi karya teknologi budidaya
    5.1. Mengenal produk hewan unggas petelur    1. Pengertian budi daya unggas petelur
2. Jenis unggas petelur
3. Fungsi pembudidayaan unggas petelur       
    5.2. Mengapresi-asi produk hewan uggas petelur    1. Prosedur pembudidayaan unggas petelur       
6. Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelur    6.1 Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelur


    1. Perencanaan pemeliharaan hewan unggas petelur
2. Pemiihan jenis    Unggas petelur
    Yang unggul.
3. Tempat dan cara Pemeliha raan hewan unggas petelur       
    6.2 Memelihara dan merawat hewan unggas petelur.    4.Pemeliharaan dan Perawatan
   hewan unggas
   petelur       
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan    7.1. Mengenal produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi cita rasa, estetika, dan keterampilan teknik baik lisan maupun tertulis    1. Pengertian pengawetan manisan
2. Fungsi Pengawetan manisan
    basah
3. Jenis Peralatan pembuatan manisan buah basah
4. Teknik pembuatan manisan
    buah basah       
    7.2. Mengapresi-asi produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi cita rasa, estetika, dan fungsinya baik lisan maupun tertulis    1. Apresiasi produk manisan basah   
2. Teknik pengemasan       
8. Menerapkan teknologi karya pengolahan manisan basah    8.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan manisan basah dari bahan nabati    1. Perencanaan pembuatan manisan basah dari bahan nabati
2. Perencanaan biaya produksi manisan basah dari bahan nabati.       
    8.2. Membuat produk manisan basah dari bahan nabati sesuai dengan prosedur kerja yang disusun    1. Pembuatan manisan basah dari bahan bnabati.       
    8.3. Membuat kemasan produk manisan basah siap dipamerkan dan dijual    1. Penyajian hasil dalam pameran dan penjualan       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel Keterampilan.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….






PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : ....................
Mata Pelajaran      : Keterampilan
Kelas / Semester    : VII / 2

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
9. Mengapresiasi benda kerajinan    9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan yang menggunakan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.









9.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pada kerajinan yang menggunakan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak     1. Pengertian teknik butsir, pijit, pilin dan cetak.
2.    Jenis dan fungsi peralatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
3.    Macam-    macam produk kerajinan dengan teknik butsir,pijit,pi-lin dan cetak

4..Apresiasi Teknik pembuata benda kerajinan dengan teknik butsir , pijit, pilin dan cetak
       
10. Membuat benda kerajinan     10.1.Merencana-kan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.

10.2. Mendesain produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak dengan ragam hias tradisional, manca negara maupun modifikasinya     1.Perencanaan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak

2.Desain dan gambar kerja produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak, motif ragam hias tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya
       
    10.3.Membuat produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak

10.4. Membuat kemasan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sehinggga siap dipamerkan dan dijual.    1.Pembentukan karya dari bahan lunak  dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak

2.Pembuatan kemasan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
3. Pameran hasil karya produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan kemasan yang layak jual       
11. Mengapresiasi benda karya teknologi rekayasa     11.1.Mengenal alat/produk yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)    1. Pengertian alat/produk yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)
2. Alat pembuatan produk yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai) 
3. Komponen pembuatan alat /produk listrik arus lemah (baterai)
       
12. Menciptakan benda karya teknologi rekayasa     12.1. Merenca-nakan prosedur kerja pembuatan alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).

12.2.Membuat alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)    1. Skema rangkaian alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).


2. Pembentu
    kan/ perangkaian komponen menjadi karya
3. Uji coba kelayakan produk.
4. Pembuatan kemasan.       
13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya pembibitan hewan unggas    13.1. Mengenal bibit hewan unggas






13.2. Mengapre-siasi keterampilan teknis pembibitan hewan unggas    1. Pengertian, jenis, fungsi   pembibitan unggas
2. Ciri-ciri unggas yang bermutu
3. Kandang unggas yang baik.

4. Teknik pembibitan unggas.       
14. Menerapkan teknologi budidaya pembibitan unggas     14.1. Menyusun perencanaan pemeliharaan bibit hewan unggas.





14.2. Memelihara bibit hewan unggas.     1. Perencanaan pembibitan
2. Persiapan pembibitan unggas
3.Pelaksanaan pembibitan hewan unggas.

4. pemeliharaan bibit hewan unggas       
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan manisan kering    15.1.Mengenal manisan kering dan kemasannya




15.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pembuatan manisan kering.    1. Pengertian manisan kering.
2. Jenis peralatan dan bahan pembuatan manisan kering.
3. Fungsi peralatan.

4. Teknik pembuatan produk manisan kering.       
16. Menerapkan teknologi pengolahan bahan nabati      16.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan manisan kering dari bahan nabati.

16. 2. Membuatan manisan kering dari bahan nabati.

16.3. Membuat kemasan untuk manisan kering yang siap dipamerkan dan dijual.
    1. Perencanaan pembuatan manisan kering dari bahan nabati


2. Pembuatan manisan kering dari bahan nabati

3. Pembuatan kemasan manisan kering       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel Keterampilan.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….





PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
BELUM
Nama Sekolah    : ....................
Mata Pelajaran      : Keterampilan
Kelas / Semester    : VIII / 1

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
1. Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam    1.1.Mengenal berbagai produk kerajinan jahit dan sulam











1.2.Mengapresiasikan produk kerajinan jahit dan sulam    1. Pengertian produk kerajinan dengan  teknik jahit dan sulam
2. Jenis peralatan, bahan  dan produk jahit dan sulam
3. Fungsi peralatan dan bahan untuk  jahit dan sulam
4. Macam-macam produk kerajinan jahit dan sulam.

1.Apresiasi produk kerajinan jahit dan sulam
         
2. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam    2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan jahit dan sulam.

2.2. Mendesain kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional dan manca negara dan modifikasinya.    1.Perencanaan desain dan biaya produksi jahit dan sulam.



2.Desain kerajinan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya        
    2.3. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara, maupun modifikasi nya










2.4. Membuat kemasan produk kerajinan jahit dan sulam sehingga siap dipamerkan dan dijual.    3. Bahan dan alat produk kerajinan jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya
4. Pembuatan karya dan hiasan dengan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya

5. Pembuatan Kemasan
6. Pameran dan penjualan hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual       
3. Mengapresiasi karya karya teknologi rekayasa penjernihan air    3.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.

3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.     1. Pengertian alat penjernihan air.
2. Jenis alat dan bahan  penjernihan air.

1. Fungsi alat dan bahan penjernihan air.
2. Prosedur pembuatan alat penjernihan air.       
4. Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air    4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.

4.2. Membuat  alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.     1. Rancangan desain alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.



2. Praktik pembuatan alat penjernihan air secara mekanis.       
5. Mengapresiasi hasil teknologi budidaya    5.1.Mengenal berbagai tanaman obat






5.2.Mengapresiasi fungsi budidaya tanaman obat    1. Pengertian
   tanaman obat
2. Alat dan media tanam.
3. Teknik penanaman tanaman obat
4. Jenis tanaman obat

1. Fungsi budi daya tanaman obat       
6. Menerapkan teknologi budidaya tanaman obat    6.1.Menyusun rencana penanaman dan perawatan tanaman obat



6.2. Menanam dan merawat  tanaman obat
    1. Perencanaan penanaman tanaman obat.
2. Persiapan penanaman tanaman obat

1. Penanaman tanaman obat.
2. Perawatan tanaman obat       
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan    7.1.Mengenal produk pengawetan bahan nabati yang diasinkan.







7.2.Mengapresiasi fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.    1. Pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Jenis peralatan dan bahan  pembuatan     pengawetan bahan nabati yang diasinkan


1. Fungsi 
  pengawetan  
  pengasinan.
2. Teknik pembuatan produk pengasinan nabati.
       
8. Menerapkan teknologi pengolahan    8.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.

8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.

8.3. membuat kemasan produk pengawetan bahan nabati melalui pengasinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
    1. Perencanaan pengasinan





1. Pembuatan pengasinan bahan nabati.



1. Kemasan produk.
2. Penyajian hasil pengasinan nabati.       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel Keterampilan.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : ....................
Mata Pelajaran      : Keterampilan
Kelas / Semester    : VIII / 2

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
9. Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame    9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan anyaman dan makrame    1. Pengertian teknik anyaman dan makrame
2. Jenis perlatan dan bahan anyaman dan makrame
3. Fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame
4. Macam-macam produk kerajinan anyaman dan makrame
       
    9.2. Mengapresi-asi keterampilan teknis pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1. Apresiasi keterampilan teknik pembuatan anyaman dan makrame       
10. Membuat produk kerajinan anyaman dan makrame    10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1.Perencanaan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame       
    10.2. Mendesain kerajinan anyaman dan makrame    1. Desain kerajinan anyaman dan makrame       
    10.3. Membuat kerajinan anyaman dan makrame    1. Pembuatan kerajinan anyaman dan makrame       
    10.4. Membuat kemasan benda kerajinan anyaman dan makrame sehingga siap dipamerkan dan dijual    1. Pembuatan kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame
2. Pameran  produk benda kerajinan anyaman dan makrame       
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa    11.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi kimia





11.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi kimia    1.Perencanaan alat penjernihan air dengan teknologi berbahan kimia
2. Peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi kimia

1. Teknik pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Prosedur penjernihan air dengan bahan kimia       
12. Membuat alat penjernih air    12.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia    1.Perencanaan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2.Perhitungan biaya produksi       
    12.2. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia    1. Pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Uji coba produk       
13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya tanaman hias    13.1. Mengenal tanaman hias yang ada di lingkungan sekitar menggunakan media tanah.

13.2. Mengapre-siasi keterampilan teknis pembudidayaan tanaman hias yang menggunakan media tanah.     1. Pengertian tanaman hias.
2. Jenis tanaman hias dengan media tanah.

1. Jenis   alat dan  media tanah untuk tanaman hias.
2. Teknik budidaya tanaman dengan media tanah       
14. Menerapkan teknilogi budidaya tanaman hias    14.1.Merencana-kan penanaman dan perawatan tanaman hias yang menggunakan media tanah    1. Perencanaan pembudidayaan tanaman hias       
    14.2. Menanam tanaman hias yang menggunakan media tanah    1. Pembuatan budidaya tanaman hias       
    14.3. Merawat tanaman hias yang menggunakan media tanah    1. Perawatan tanaman hias       
15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan dikeringkan.    15.1. Mengenal produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan    1. Pengertian pengawetan bahan hewani yang diasinkan       
    15.2. Mengapre-siasi fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan    1. Fungsi pengawetan bahan hewani  yang diasinkan
2. Bahan dan alat pengawetan bahan hewani  yang diasinkan       
16. Menerapkan teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan      16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan    1.Perencanaa pengawet an pengasinan bahan hewani dan perhitungan biaya       
    16.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan    1.Pengawetan dengan pengasinan       
    16.3. Membuat kemasan produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan sehingga siap dipamerkan dan dijual    1. Kemasan Produk hasil pengawetan bahan hewani  yang diasinkan
2. Penyajian produk        
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel Keterampilan.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : ....................
Mata Pelajaran      : Keterampilan
Kelas / Semester    : IX / 1

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
1. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi.    1.1. Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan atau konstruksi.







1.2.Mengapresiasi keterampilan teknik potong, sambung, dan konstruksi    1. Pengertian teknik potong, sambung, dan konstruksi.
2. Jenis peralatan dan bahan.
3. Fungsi bahan dan peralatan.
4. Macam-macam produk kerajinan dengan teknik potong, sambung dan konstruksi.

1. Apresiasi produk kerajinan dengan teknik potong, dan konstruksi.       
2. membuat benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi.    2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan atau konstruksi.

2.2. Mendesain produk kerajinan dengan menggunakan teknik teknik potong, sambung, dan konstruksi.
    1.Perencanaan prosedur pembuatan kerja produk kerajinan teknik potong, sambung atau konstruksi.


1.Membuat disain produk kerajinan dengan mengguna-kan teknik potong, sambung dan konstruksi       
    2.3. membuat benda kerajinan menggunakan teknik potong, sambung, dan konstruksi.

2.4. Membuat kemasan produk kerajin sehingga siap dipamerkan dan dijual.
    1. Praktik pembuatan karya kerajinan.





1. Kemasan produk kerajinan.
2. Pameran penjualan produk kerajinan dengan teknik potong, sambung dan konstruksi        
3. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa secara mekanik    3.1. Mengenal berbagai alat yang berputar secara mekanik.





3.2.Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar secara mekanik.    1. Pengertian, jenis,dan fungsi alat berputar secara mekanik.
2. Peralatan dan bahan pembuatan alat berputar.

1. Teknik pembuatan alat berputar secara mekanik.
2. Proses pembuatan produk.        
4. Membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik    4.1.Merencana-kan prosedur  kerja pembuatan alat yang berputar secara mekanik.




4.2. Membuat alat yang berputar secara mekanik    1. Perencanaan pembuatan dan biaya produksi alat/mainan bergerak secara mekanik.
2. Bahan, alat, dan teknik

1. Membuat alat/mainan yang dapat bergerak secara mekanik.
2. Pameran dan penjualan karya       
5. Mengapresiasi karya budidaya ikan air tawar                                                        5.1. Mengenal berbagai jenis ikan air tawar.


5.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pembudidayaan ikan air tawar     1. Pengertian pembudidayaan ikan air tawar.
2. Jenis ikan air tawar.

1. Tempat budidaya ikan air tawar.
2. Cara budidaya ikan air tawar.       
6. Menerapkan teknologi budidaya ikan air tawar    6.1.Merencanakan pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar





6.2. Memelihara dan merawat ikan air tawar      1. Perencanaan pemeliharaan dan biaya produksi ikan air tawar.
2. Persiapan Pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar

1. Pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar
       
7. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan dengan pengawetan    7.1.Mengenal berbagai hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan.







7.2.Mengapresiasi keterampilan teknik peng-awetan bahan nabati yang dikeringkan    1. Pengertian pengawetan dengan pengeringan.
2. Bahan dan alat pengawetan bahan nabati yang dikeringkan
3. Jenis pengawetan bahan nabati yang dikeringkan

1. produk pengeringan nabati
       
8. Menerapkan  teknologi pengolahan dengan pengawetan    8.1.Merencanakan prosedur kerja mengawetkan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.

8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.

8.3. membuat kemasan hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual.    1. Perencanaan
    Pengawetan pengeringan bahan nabati.



1. Pembuatan aneka makanan bahan nabati dengan teknik pengeringan.


1. Kemasan produk makanan bahan nabati yang dikeringkan.
       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...   
Guru Mapel Keterampilan.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah    : ....................
Mata Pelajaran      : Keterampilan
Kelas / Semester    : IX / 2

STANDAR KOMPETENSI    KOMPETENSI DASAR    MATERI
PEMBELAJARAN    ALOKASI
WAKTU    KET
               
9. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik sayat/raut, dan ukiri    9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik sayat  dan ukir.












9.2. Mengapresi-asi keteram-pilan teknis pembuatan ke-rajinan dengan teknik sayat /raut dan ukir.    1. Pengertian teknik sayat/raut dan ukir.
 2. Jenis peralatan dan bahan untuk pembuatan produk kerajinan dengan teknik raut dan ukir.
 3. Fungsi peralatan dan bahan dengan teknik sayat/ raut dan ukir.
4. Macam-macam Produk kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.

1.  Apresiasi produk benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.       
10. Membuat benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir    10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik
     sayat/raut  dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya

10.2. Mendesain benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.    1. Perencanaan prosedur kerja pembuatan benda
    kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinyaan .


1. Membuat disain kerajinan dengan teknik raut dan ukir mengguna-kan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.        
    10.3. Membuat benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.

10.4. Membuat kemasan benda kerajinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
    1. Pembuatan karya kerajinan teknik raut dan ukir.








1. Kemasan produk kerajinan
2. Pameran hasill karya benda produk kerajinan        
11. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa    11.1.Mengenal berbagai alat yang berputar dengan tenaga listrik.




11.2.Mengapre-siasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar dengan tenaga listrik.    1. Pengertian alat berputar dengan tenaga listrik.
2. Peralatan dan bahan pembuatan alat berputar dengan listrik.

1. Teknik pembuatan alat berputar dengan tenaga listri.       
12. Membuat alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik    12.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan alat yang berputar  digerakan dengan tenaga listrik.

12..2. Membuat alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik.    1. Perencanaan prosedur kerja pembuatan alat yang dapat bergerak dengan tenaga listrik.

1. Pembuatan karya alat yang berputar dengan listrik.       
13. Mengapresiasi karya budidaya ikan hias air tawar                                           13.1. Mengenal berbagai jenis ikan hias air tawar.






13..2.Mengapre-siasikan kete rampilan teknis pembu didayaan ikan hias air tawar.     1. Pengertian pembudidayaan ikan hias air tawar.
2. Jenis ikan  hias air tawar.
3. Tempat budidaya ikan hias air tawar.
4. Keindahan  ikan hias air tawar.

1. Teknik budidaya ikan hias air tawar.

       
14. Menerapkan teknologi budidaya ikan hias air tawar    14.1. Merenca-nakan prosedur kerja produk budidaya ikan hias air tawar di dalam kolam.

14..2.Membudi-dayakan  ikan hias air tawar di dalam kolam.    1.Perencanaan budidaya ikan hias di dalam kolam.
2. Pembuatan kolam budi daya ikan hias air tawar.

1. pembibitan dan pemeliha raan ikan hias air tawar di dalam kolam.
       
15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan    15.1.Mengenal berbagai hasil pengewetan bahan hewani yang dikeringkan.




15.2. Mengapre-siasi keterampilan teknik pengawetan bahan hewani yang dikeringkan.    1. Pengertian pengawetan bahan hewani dengan pengeringan.
2. Bahan dan alat pengawetan bahan hewani dengan cara pengeringan.

1. Jenis pengeringan bahan hewani yang dikeringan.
2. Prosedur pengeringan.       
16 Menerapkan teknologi pengolahan    16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.


16..2. Melakukan proses  pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.

16.3. membuat kemasan hasil pengawetan bahan mentah hewani yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual.    1. Perencanaan pengawetan bahan mentah  hewani dengan pengeringan.



1. Pengawetan bahan mentah  hewani dengan cara dikeringkan.


1.Membuat kemasan hasil pengawetan dan  memamerkan hasil karya dan atau menjual       
Ulangan harian        
Ulangan tengah semester       
Ulangan akhir  semester       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........





 ( ........................................... )
NIP/NIK : …………………        .........., .....................  20...  
Guru Mapel Keterampilan.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  benda pakai adalah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pemilihan Bahan Busana / Tekstil  

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://brainly.co.id/tugas/673195

0 komentar:

Post a Comment