Pengertian benda pakai dan contoh nya
Pengertian benda pakai dan contoh nya |
benda pakai adalah - Benda pakai adalah hasil karya manusia dengan berbagai bentuk yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya sepatu, pulpen, topi, kursi, tempat tidur.
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester : VII / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
SENI RUPA
1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
1.1. Mengindentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
• Pengertian seni , cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum.
• Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
• Methoda diskusi
• Teknik penulisan hasil diskusi.
• Teknik presentasi
SENI RUPA
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
• Gambar bentuk benda kubistis dan silindris (teknik perspektif, teknik arsir, komposisi, gelap terang) penggunaan media dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat
2.2. Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
• Karya seni rupa daerah setempat meliputi: pengertian benda pakai,benda hias antara lain dari segi motif, corak, teknik dan sebagainya
2.3. Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat • Teknik-teknik pembuatan benda pakai
• Corak-corak ragam hias daerah setempat
SENI MUSIK
3.Mengapresiasi karya seni musik
3.1 Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat
• Pengenalan ragam lagu/musik daerah setempat
• Elemen/unsur musik yang ada pada lagu
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
• Lagu daerah setempat.
SENI MUSIK
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
• Mengaransir lagu daerah setempat
• Unsur-unsur musik
• Tangga nada
• Birama
• Tempo
• Dinamik
• Interval
4.2. Menampilkan hasil aranse men karya lagu daerah setempat
• Berlatih aransemen sesuai unsur-unsur musik
SENI TARI
5. Mengapresiasi karya seni tari
5.1. Mengindentifi-kasi jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
• Pengertian Seni Tari :
a. Pengertian tari daerah, unsur utama seni tari, keindahan seni tari, bentuk penyajian seni tari, tema seni tari daerah setempat
• Tari Tunggal Daerah Setempat:
a. Ragam tari tunggal daerah setempat.
b. Fungsi Tari Tunggal daerah setempat.
5.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal daerah setempat
• Apresiasi Karya Tari Tunggal Daerah Setempat
• Beragam Tari Tunggal daerah setempat
a. Tari Dramatik
b. Tari Nondramatik
SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1 Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari tunggal daerah setempat
• Pengertian Pola Lantai dalam seni tari
• Menyesuaikan pola lantai sesuai dengan ragam gerak tari tunggal daerah setempat.
6.2 Memeragakan tari tunggal daerah setempat
• Praktek Tari
SENI TEATER
7. Mengapresiasi karya seni teater
7.1. Mengidentifikasi jenis karya seni teater dae- ah setempat
• Teater daerah setempat
7.2. Menampil kan sikap apre- siatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setem pat • sikap apre- siatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater
SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 8.1. Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
• Teater Nusantara daerah setempat
8.2. Merancang pertunjukan teater daerah setempat
• teater daerah setempat
8.3. Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater
• prinsip kerja sama dalam berteater
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester : VII / 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
SENI RUPA
9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
9.1 Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
Karya seni rupa terapan daerah setempat
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
SENI RUPA
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
• Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
• Bentuk-bentukTopeng
10.2. Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat • Teknik pembuatan topeng
• Corak ragam hias topeng dari daerah setempat
10.3. Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
• Pameran dan kreasi karya seni rupa daerah setempat, meliputi: tujuan,membentuk panitia, waktu, tempat, lingkup pameran
10.4. Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah • Melaksanakan pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas, meliputi: persiapan pameran, menyusun program, mengatur tata letak
SENI MUSIK
11.Mengapresiasi karya seni musik
11.1. Mengindentifikasi ragam jenis musik daerah
Mengidentifikasi tentang karya musik daerah setempat :
a. tokoh musiknya
b. hasil karyanya
c. alat musik yang digunakan dan lain-lain
11.2. Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
Lagu-lagu daerah setempat
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
Aransemen sederhana lagu daerah setempat dan unsur-unsur lagu
12.1. Menyajikan karya seni musik daerah setem pat secara perseo- rangan dan berkelompok di kelas
Karya seni musik daerah setempat.
SENI TARI
13. Mengapresiasi karya seni tari
13.1. Mengindentifi- kasi jenis karya seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
• Bentuk Penyajian Seni Tari:
a. Tari Tunggal
b. Tari Berpasangan
c. Tari Kelompok
13.2. menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
• Beragam bentuk tari berpasangan/kelompok daerah setempat
SENI TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1. Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
• Beragam Bentuk Penyajian tari daerah berpasangan/kelompok daerah setempat
14.2. Memeragakan tari tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat
• Beragam bentuk Tari Tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat
SENI TEATER
15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1. Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
Teater daerah setempat
15.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
Teater daerah setempat
SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
16.1. Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
Pementasan teater daerah setempat
16.2. Merancang pertunjukan teater daerah setempat
16.3. Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.4. Menyiapkan pertunjukan teater daerah setempat di sekolah
16.5. Menggelar pertunjukan teater daerah setempat di sekolah
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester : VIII / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
SENI RUPA
1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
1.1. Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara
• Tekstils dalam kehidupan manusia
• Bahan dasar Tekstils nusantara
• Jenis-jenis Tekstil di nusantara
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
• Keunikan gagasan/ konsep terwujudnya tekstil nusantara
• Keunikan corak ragam hias tekstil nusantara
• Keunikan bahan dasar, alat dan Teknik, tekstil nusantara
SENI RUPA
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1 Merancang karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
• Merancang pola ragam hias tekstil
2.2 Membuat karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
• Membuat Tekstil dengan Teknik Rekalatar dengan
corak seni rupa terapan Nusantara
2.3 Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar
• Teknik melukis/ menggambar ilustrasi
• Media untuk melukis
SENI MUSIK
3.Mengapresiasi karya seni musik
3.1 Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
• Lagu Nusantara
a. lagu wajib Nasional
b. Lagu daerah Nusantara
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu Nusantara
Keunikan lagu Nusantara
SENI MUSIK
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
Unsur-unsur musik,
Interval,
akor dan jenis alat musik Nusantara beserta sumber bunyinya
4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
SENI TARI
5. Mengapresiasi karya seni tari
5.1 Mengidentifi kasi jenis karya seni tari tunggal Nusantara
• Karya Seni Tari Tunggal Nusantara
• Fungsi Tari Tunggal Nusantara
5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara • Beragam Tari Tunggal Nusantara
SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1 Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal Nusantara
• Pengertian Pola Lantai dalam seni tari tunggal nusantara
• Menyesuaikan pola lantai sesuai dengan ragam gerak tari tunggal daerah nusantara.
6.2 Memeragakan tari tunggal Nusantara
• Praktek Tari
SENI TEATER
7. Mengapresiasi karya seni teater
7.1 Mengidentifikasi jenis karya seni teater Nusantara
Seni pertunjukan teater Nusantara sekitar tem- pat tinggal peserta didik
7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
15.3. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
Teater daerah setempat
SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
8.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
Teater Nusantara
8.2 Merancang pertunjukan teater Nusantara
8.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
8.4 Menggelar pertunjukan teater Nusantara
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester : VIII / 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
SENI RUPA
9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
9.1Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara
• Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
• Ragam hias Nusantara
9.2Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
• Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
SENI RUPA
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1 Membuat karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
• Teknik pembuatan benda pakai dari bahan tekstil
10.2 Mengekspresi-kan diri melalui karya seni grafis
• Pengetahuan tentang teknik pembuatan karya grafis
• Teknik cetak tinggi
• Teknik cetak saring/ sablon
10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah • Membuat proposal
10.4 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah • Menejemen-pelaksanakan pameran karya seni rupa
SENI MUSIK
11.Mengapresiasi karya seni musik
11.1 Mengidentifikasi jenis karya seni musik tradisional Nusantara
Musik tradisional Nusantara
Kolintang
angklung
gamelan
11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik tradisional Nusantara
mengenal sumber bunyi dari alat musik
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1 Mengaransir secara sederhana lagu tradisi Nusantara
Musik Nusantara
12.2 Menyiapkan seni musik tradisional Nusantara untukdisajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah
Perencanaan Pementasan
12.3 Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah
Penyajian musik
SENI TARI
13. Mengapresiasi karya seni tari
13.1 Mengidentifikasi jenis karya seni tari berpasangan/ kelompok Nusantara
Beragam jenis tari berpasangan/kelompok nusantara
13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari berpasangan Nusantara
Ragam gerak tari berpasangan/kelompok nusantara serta rias dan busana
Beragam ciri-ciri tari berpasangan/kelompok nusantara
SENI TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1 Mengeksplora- si pola lantai gerak tari berpasangan/ kelompok Nusantara
• Beragam Bentuk Penyajian tari daerah berpasangan/kelompok daerah Nusantara
14.2 Menyiapkan pementasan tari berpasangan/ kelompok Nusantara
• Seni Pertunjukan Indonesia
• Manajemen Tari
14.3 Mementaskan tari berpasangan/ kelompok Nusantara
• Produksi tari
SENI TEATER
15. Mengapresiasi karya seni teater
15.1 Mengidentifikasi jenis karya seni teater Nusantara
Seni pertunjukan teater Nusantara
15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara setempat
sikap apresiatif terhadap keunikan
SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 16.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
• Seni pertunjukan teater Nusantara
16.2 Merancang pertunjukan teater Nusantara
Seni pertunjukan teater Nusantara
16.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
Seni pertunjukan teater Nusantara
16.4 Menyiapkan pertunjukan teater Nusantara di sekolah
Seni pertunjukan teater Nusantara
16.5 Menggelar pertunjukan teater Nusantara di sekolah Seni pertunjukan teater Nusantara
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester : IX / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
SENI RUPA
1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa 1.1 Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat
• Beragam jenis, bentuk,teknik, makna seni rupa murni daerah setempat
• Perkembangan seni rupa murni daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat
• Keunikan seni rupa murni daerah setempat
• Apresiasi karya seni rupa murni daerah setempat
SENI RUPA
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1 Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
• Unsur-unsur seni rupa murni Nusantara
2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembang kan dari unsur seni rupa Nusantara
• Karya seni rupa murni Nusantara
SENI MUSIK
3.Mengapresiasi karya seni musik
3.1. Mengidentifik-asi lagu mancanegara di Asia
Musik/lagu Mancanegara
di Asia.
3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
Mengenal Komponis Dunia
SENI MUSIK
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia
Musik mancanegara di Asia
4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
Partitur lagu
SENI TARI
5. Mengapresiasi karya seni tari
5.1 Mengidentifikasi karya seni tari mancanegara di Asia
• Tari mancanegara di Asia
• Keunikan Karya Seni Tari Mancanegara di Asia
5.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia
• Mengeksplorasi Gerak Tari Mancanegara di Asia
SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 6.1 Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di Asia
• Tari mancanegara
6.2 Menampilkan tari kreasi mancanegara di Asia
• Praktek Tari
6.3 Memeragakan tari tunggal Nusantara
• Praktek Tari
SENI TEATER
7. Mengapresiasi karya seni teater 7.1 Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional dan modern mancanegara di Asia
Teater tradisional dan modern mancanegara di Asia
7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater mancanegara di mancanegar
teater mancanegara di mancanegar
SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 81 Merancang pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di Asia Membuat rancangan teater kreatif
8.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
prinsip kerjasama dalam berteater
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( SBK )
Kelas / Semester : IX / 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
SENI RUPA
9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa 9.1. Mengidentifikasi karya seni rupa murni yang dicipta- kan di Indonesia
• Karya seni rupa
murni Indonesia
• Pelukis/Pematung Indonesia
9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia • Keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni Indonesia
SENI RUPA
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
• Karya seni rupa murni Nusantara dan mancanegara di luar Asia
10.2. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
• Karya seni rupa murni dua dimensi atau tiga dimensi
10.3 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau diluar sekolah
• Organisasi pameran
• Penataan ruang pameran
SENI MUSIK
11.Mengapresiasi karya seni musik
11.1 Mengidentifikasi jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia
Musik mancanegara
Musik klasik
Jazz
country,
11..2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik mancanegara di luar Asia
Musik blues,
reggae dan lainnya
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1 Mengaransir lagu mancanegara di luar Asia
Musik/lagu mancanegara
12.2 Menyiapkan karya seni musik mancanegara untuk disajikan secara perorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah.
Managemen pagelaran
12.3 Menampilkankarya seni musik mancanegar secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah seni musik mancanegar
SENI TARI
13. Mengapresiasi karya seni tari
13.1 Mengidentifikasi jenis karya seni tari mancanegara di luat Asia
• Tari mancanegara di Asia
13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari mancanegara di luar Asia
keunikan seni tari mancanegara di luar Asia
SENI TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1 Mengekplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara
• Tari mancanegara di Asia
14.2 Menciptakan tari kreasi berdasarkan tari mancanegara
• Praktik Tari
14.3 Menyiapkan pertunjukan tari di sekolah
• Manajemen Tari
14.4 Menggelar pertunujkan tari di sekolah
• Produksi tari
SENI TEATER
15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1 Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional dan modern mancanegara di luar Asia
Teater tradisional dan modern manca negara di luar Asia
15.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia keunikan dan pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia
SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 16.11 Merancang pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar Asia
Teater Modern
16.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
prinsip kerjasama dalam berteater
16.3 Menyiapkan pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
16.4 Menggelar pertunjukan karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah pertunjukan karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
MATA PELAJARAN
KETERAMPILAN
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ....................
Mata Pelajaran : Keterampilan
Kelas / Semester : VII / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
1. Mengapresiasi Benda kerajinan 1.1.Memahami keterampilan teknis pada produk benda kerajinan
1. Pengertian keterampilan kerajinan
2. Fungsi kerajinan
3. Jenis produk kerajinan
4. Teknik kerajinan
1.2.Mengapresiasi unsur estetika pada produk benda kerajinan 1. Pengertian estetika.
2. Unsur estetika produk kerajinan.
3. Fungsi estetika kerajinan
2. Membuat benda kerajinan 2.1.Merencana-kan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong, dan rekat.
1. Perencanaan prosedur Kerja pembuatan benda kerajinan
2.Perencanaan biaya produksi pembuatan benda kerajinan berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
2. Pembuat-an sketsa pradesain benda kerajinan untuk fungsi pakai /hias bahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat
2.2.Mendesain benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias bahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat 1. Desain kerajinan fungsi pakai/hias dari bahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
2.3.Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potog, bentuk dan rekat 2. Alat dan bahan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi hias/pakai berbahan lunak dengan teknik lipat, potong dan rekat
3. Fungsi alat dan bahan
4. Praktik membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai / hias berbahan lunak dengan teknik lipat, potong dan rekat sesuai dengan prosedur kerja.
2.4.Membuat kemasan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias dengan sentuhan estetika sehingga siap dipamerkan atau dijual
1. Desain kemasan
2. Fungsi peralatan dan bahan
3.Pembuatan kemasan benda kerajinan dengan sentuhan estetika
4.Pameran hasil karya benda kerajinan berbahan lunak dengan teknik lipat, potong dan rekat
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa 3.1.Memahami fungsi dan keterampilan teknis pada produk alat penerangan dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai) 1. Pengertian peralatan dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)
2. Jenis dan fungsi peralatan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)
3. Teknik pembuatan produk alat penerangan dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)
3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pada produk alat penerangan yang manggunakan listrik arus lemah (baterai) 1.Apresiasi teknis alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa 4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)! 1. Skema rangkaian alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)
2. Penyiapan bahan dan alat untuk praktik pembuatan alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)
4.2.Membuat alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)! 1. Praktik merangkai komponen alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)!
2. Pengujian produk : rangkaian alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)
5. Mengapresiasi karya teknologi budidaya
5.1. Mengenal produk hewan unggas petelur 1. Pengertian budi daya unggas petelur
2. Jenis unggas petelur
3. Fungsi pembudidayaan unggas petelur
5.2. Mengapresi-asi produk hewan uggas petelur 1. Prosedur pembudidayaan unggas petelur
6. Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelur 6.1 Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelur
1. Perencanaan pemeliharaan hewan unggas petelur
2. Pemiihan jenis Unggas petelur
Yang unggul.
3. Tempat dan cara Pemeliha raan hewan unggas petelur
6.2 Memelihara dan merawat hewan unggas petelur. 4.Pemeliharaan dan Perawatan
hewan unggas
petelur
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 7.1. Mengenal produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi cita rasa, estetika, dan keterampilan teknik baik lisan maupun tertulis 1. Pengertian pengawetan manisan
2. Fungsi Pengawetan manisan
basah
3. Jenis Peralatan pembuatan manisan buah basah
4. Teknik pembuatan manisan
buah basah
7.2. Mengapresi-asi produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi cita rasa, estetika, dan fungsinya baik lisan maupun tertulis 1. Apresiasi produk manisan basah
2. Teknik pengemasan
8. Menerapkan teknologi karya pengolahan manisan basah 8.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan manisan basah dari bahan nabati 1. Perencanaan pembuatan manisan basah dari bahan nabati
2. Perencanaan biaya produksi manisan basah dari bahan nabati.
8.2. Membuat produk manisan basah dari bahan nabati sesuai dengan prosedur kerja yang disusun 1. Pembuatan manisan basah dari bahan bnabati.
8.3. Membuat kemasan produk manisan basah siap dipamerkan dan dijual 1. Penyajian hasil dalam pameran dan penjualan
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel Keterampilan.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ....................
Mata Pelajaran : Keterampilan
Kelas / Semester : VII / 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
9. Mengapresiasi benda kerajinan 9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan yang menggunakan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.
9.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pada kerajinan yang menggunakan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak 1. Pengertian teknik butsir, pijit, pilin dan cetak.
2. Jenis dan fungsi peralatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
3. Macam- macam produk kerajinan dengan teknik butsir,pijit,pi-lin dan cetak
4..Apresiasi Teknik pembuata benda kerajinan dengan teknik butsir , pijit, pilin dan cetak
10. Membuat benda kerajinan 10.1.Merencana-kan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.
10.2. Mendesain produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak dengan ragam hias tradisional, manca negara maupun modifikasinya 1.Perencanaan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
2.Desain dan gambar kerja produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak, motif ragam hias tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya
10.3.Membuat produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak
10.4. Membuat kemasan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sehinggga siap dipamerkan dan dijual. 1.Pembentukan karya dari bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
2.Pembuatan kemasan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak
3. Pameran hasil karya produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan kemasan yang layak jual
11. Mengapresiasi benda karya teknologi rekayasa 11.1.Mengenal alat/produk yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai) 1. Pengertian alat/produk yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)
2. Alat pembuatan produk yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)
3. Komponen pembuatan alat /produk listrik arus lemah (baterai)
12. Menciptakan benda karya teknologi rekayasa 12.1. Merenca-nakan prosedur kerja pembuatan alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).
12.2.Membuat alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai) 1. Skema rangkaian alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).
2. Pembentu
kan/ perangkaian komponen menjadi karya
3. Uji coba kelayakan produk.
4. Pembuatan kemasan.
13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya pembibitan hewan unggas 13.1. Mengenal bibit hewan unggas
13.2. Mengapre-siasi keterampilan teknis pembibitan hewan unggas 1. Pengertian, jenis, fungsi pembibitan unggas
2. Ciri-ciri unggas yang bermutu
3. Kandang unggas yang baik.
4. Teknik pembibitan unggas.
14. Menerapkan teknologi budidaya pembibitan unggas 14.1. Menyusun perencanaan pemeliharaan bibit hewan unggas.
14.2. Memelihara bibit hewan unggas. 1. Perencanaan pembibitan
2. Persiapan pembibitan unggas
3.Pelaksanaan pembibitan hewan unggas.
4. pemeliharaan bibit hewan unggas
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan manisan kering 15.1.Mengenal manisan kering dan kemasannya
15.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pembuatan manisan kering. 1. Pengertian manisan kering.
2. Jenis peralatan dan bahan pembuatan manisan kering.
3. Fungsi peralatan.
4. Teknik pembuatan produk manisan kering.
16. Menerapkan teknologi pengolahan bahan nabati 16.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan manisan kering dari bahan nabati.
16. 2. Membuatan manisan kering dari bahan nabati.
16.3. Membuat kemasan untuk manisan kering yang siap dipamerkan dan dijual.
1. Perencanaan pembuatan manisan kering dari bahan nabati
2. Pembuatan manisan kering dari bahan nabati
3. Pembuatan kemasan manisan kering
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel Keterampilan.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
BELUM
Nama Sekolah : ....................
Mata Pelajaran : Keterampilan
Kelas / Semester : VIII / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
1. Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam 1.1.Mengenal berbagai produk kerajinan jahit dan sulam
1.2.Mengapresiasikan produk kerajinan jahit dan sulam 1. Pengertian produk kerajinan dengan teknik jahit dan sulam
2. Jenis peralatan, bahan dan produk jahit dan sulam
3. Fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam
4. Macam-macam produk kerajinan jahit dan sulam.
1.Apresiasi produk kerajinan jahit dan sulam
2. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam 2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan jahit dan sulam.
2.2. Mendesain kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional dan manca negara dan modifikasinya. 1.Perencanaan desain dan biaya produksi jahit dan sulam.
2.Desain kerajinan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya
2.3. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara, maupun modifikasi nya
2.4. Membuat kemasan produk kerajinan jahit dan sulam sehingga siap dipamerkan dan dijual. 3. Bahan dan alat produk kerajinan jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya
4. Pembuatan karya dan hiasan dengan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya
5. Pembuatan Kemasan
6. Pameran dan penjualan hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual
3. Mengapresiasi karya karya teknologi rekayasa penjernihan air 3.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis. 1. Pengertian alat penjernihan air.
2. Jenis alat dan bahan penjernihan air.
1. Fungsi alat dan bahan penjernihan air.
2. Prosedur pembuatan alat penjernihan air.
4. Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air 4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
4.2. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi mekanis. 1. Rancangan desain alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
2. Praktik pembuatan alat penjernihan air secara mekanis.
5. Mengapresiasi hasil teknologi budidaya 5.1.Mengenal berbagai tanaman obat
5.2.Mengapresiasi fungsi budidaya tanaman obat 1. Pengertian
tanaman obat
2. Alat dan media tanam.
3. Teknik penanaman tanaman obat
4. Jenis tanaman obat
1. Fungsi budi daya tanaman obat
6. Menerapkan teknologi budidaya tanaman obat 6.1.Menyusun rencana penanaman dan perawatan tanaman obat
6.2. Menanam dan merawat tanaman obat
1. Perencanaan penanaman tanaman obat.
2. Persiapan penanaman tanaman obat
1. Penanaman tanaman obat.
2. Perawatan tanaman obat
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan 7.1.Mengenal produk pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
7.2.Mengapresiasi fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan. 1. Pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Jenis peralatan dan bahan pembuatan pengawetan bahan nabati yang diasinkan
1. Fungsi
pengawetan
pengasinan.
2. Teknik pembuatan produk pengasinan nabati.
8. Menerapkan teknologi pengolahan 8.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.
8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.
8.3. membuat kemasan produk pengawetan bahan nabati melalui pengasinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
1. Perencanaan pengasinan
1. Pembuatan pengasinan bahan nabati.
1. Kemasan produk.
2. Penyajian hasil pengasinan nabati.
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel Keterampilan.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ....................
Mata Pelajaran : Keterampilan
Kelas / Semester : VIII / 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
9. Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame 9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan anyaman dan makrame 1. Pengertian teknik anyaman dan makrame
2. Jenis perlatan dan bahan anyaman dan makrame
3. Fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame
4. Macam-macam produk kerajinan anyaman dan makrame
9.2. Mengapresi-asi keterampilan teknis pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1. Apresiasi keterampilan teknik pembuatan anyaman dan makrame
10. Membuat produk kerajinan anyaman dan makrame 10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1.Perencanaan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame
10.2. Mendesain kerajinan anyaman dan makrame 1. Desain kerajinan anyaman dan makrame
10.3. Membuat kerajinan anyaman dan makrame 1. Pembuatan kerajinan anyaman dan makrame
10.4. Membuat kemasan benda kerajinan anyaman dan makrame sehingga siap dipamerkan dan dijual 1. Pembuatan kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame
2. Pameran produk benda kerajinan anyaman dan makrame
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa 11.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi kimia
11.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi kimia 1.Perencanaan alat penjernihan air dengan teknologi berbahan kimia
2. Peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi kimia
1. Teknik pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Prosedur penjernihan air dengan bahan kimia
12. Membuat alat penjernih air 12.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia 1.Perencanaan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2.Perhitungan biaya produksi
12.2. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia 1. Pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Uji coba produk
13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya tanaman hias 13.1. Mengenal tanaman hias yang ada di lingkungan sekitar menggunakan media tanah.
13.2. Mengapre-siasi keterampilan teknis pembudidayaan tanaman hias yang menggunakan media tanah. 1. Pengertian tanaman hias.
2. Jenis tanaman hias dengan media tanah.
1. Jenis alat dan media tanah untuk tanaman hias.
2. Teknik budidaya tanaman dengan media tanah
14. Menerapkan teknilogi budidaya tanaman hias 14.1.Merencana-kan penanaman dan perawatan tanaman hias yang menggunakan media tanah 1. Perencanaan pembudidayaan tanaman hias
14.2. Menanam tanaman hias yang menggunakan media tanah 1. Pembuatan budidaya tanaman hias
14.3. Merawat tanaman hias yang menggunakan media tanah 1. Perawatan tanaman hias
15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan dikeringkan. 15.1. Mengenal produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Pengertian pengawetan bahan hewani yang diasinkan
15.2. Mengapre-siasi fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan
2. Bahan dan alat pengawetan bahan hewani yang diasinkan
16. Menerapkan teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan 16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan 1.Perencanaa pengawet an pengasinan bahan hewani dan perhitungan biaya
16.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan 1.Pengawetan dengan pengasinan
16.3. Membuat kemasan produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan sehingga siap dipamerkan dan dijual 1. Kemasan Produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan
2. Penyajian produk
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel Keterampilan.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ....................
Mata Pelajaran : Keterampilan
Kelas / Semester : IX / 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
1. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi. 1.1. Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan atau konstruksi.
1.2.Mengapresiasi keterampilan teknik potong, sambung, dan konstruksi 1. Pengertian teknik potong, sambung, dan konstruksi.
2. Jenis peralatan dan bahan.
3. Fungsi bahan dan peralatan.
4. Macam-macam produk kerajinan dengan teknik potong, sambung dan konstruksi.
1. Apresiasi produk kerajinan dengan teknik potong, dan konstruksi.
2. membuat benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi. 2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan atau konstruksi.
2.2. Mendesain produk kerajinan dengan menggunakan teknik teknik potong, sambung, dan konstruksi.
1.Perencanaan prosedur pembuatan kerja produk kerajinan teknik potong, sambung atau konstruksi.
1.Membuat disain produk kerajinan dengan mengguna-kan teknik potong, sambung dan konstruksi
2.3. membuat benda kerajinan menggunakan teknik potong, sambung, dan konstruksi.
2.4. Membuat kemasan produk kerajin sehingga siap dipamerkan dan dijual.
1. Praktik pembuatan karya kerajinan.
1. Kemasan produk kerajinan.
2. Pameran penjualan produk kerajinan dengan teknik potong, sambung dan konstruksi
3. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa secara mekanik 3.1. Mengenal berbagai alat yang berputar secara mekanik.
3.2.Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar secara mekanik. 1. Pengertian, jenis,dan fungsi alat berputar secara mekanik.
2. Peralatan dan bahan pembuatan alat berputar.
1. Teknik pembuatan alat berputar secara mekanik.
2. Proses pembuatan produk.
4. Membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik 4.1.Merencana-kan prosedur kerja pembuatan alat yang berputar secara mekanik.
4.2. Membuat alat yang berputar secara mekanik 1. Perencanaan pembuatan dan biaya produksi alat/mainan bergerak secara mekanik.
2. Bahan, alat, dan teknik
1. Membuat alat/mainan yang dapat bergerak secara mekanik.
2. Pameran dan penjualan karya
5. Mengapresiasi karya budidaya ikan air tawar 5.1. Mengenal berbagai jenis ikan air tawar.
5.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pembudidayaan ikan air tawar 1. Pengertian pembudidayaan ikan air tawar.
2. Jenis ikan air tawar.
1. Tempat budidaya ikan air tawar.
2. Cara budidaya ikan air tawar.
6. Menerapkan teknologi budidaya ikan air tawar 6.1.Merencanakan pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar
6.2. Memelihara dan merawat ikan air tawar 1. Perencanaan pemeliharaan dan biaya produksi ikan air tawar.
2. Persiapan Pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar
1. Pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar
7. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan dengan pengawetan 7.1.Mengenal berbagai hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan.
7.2.Mengapresiasi keterampilan teknik peng-awetan bahan nabati yang dikeringkan 1. Pengertian pengawetan dengan pengeringan.
2. Bahan dan alat pengawetan bahan nabati yang dikeringkan
3. Jenis pengawetan bahan nabati yang dikeringkan
1. produk pengeringan nabati
8. Menerapkan teknologi pengolahan dengan pengawetan 8.1.Merencanakan prosedur kerja mengawetkan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.
8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.
8.3. membuat kemasan hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual. 1. Perencanaan
Pengawetan pengeringan bahan nabati.
1. Pembuatan aneka makanan bahan nabati dengan teknik pengeringan.
1. Kemasan produk makanan bahan nabati yang dikeringkan.
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel Keterampilan.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ....................
Mata Pelajaran : Keterampilan
Kelas / Semester : IX / 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI
PEMBELAJARAN ALOKASI
WAKTU KET
9. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik sayat/raut, dan ukiri 9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik sayat dan ukir.
9.2. Mengapresi-asi keteram-pilan teknis pembuatan ke-rajinan dengan teknik sayat /raut dan ukir. 1. Pengertian teknik sayat/raut dan ukir.
2. Jenis peralatan dan bahan untuk pembuatan produk kerajinan dengan teknik raut dan ukir.
3. Fungsi peralatan dan bahan dengan teknik sayat/ raut dan ukir.
4. Macam-macam Produk kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.
1. Apresiasi produk benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.
10. Membuat benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir 10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik
sayat/raut dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya
10.2. Mendesain benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya. 1. Perencanaan prosedur kerja pembuatan benda
kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinyaan .
1. Membuat disain kerajinan dengan teknik raut dan ukir mengguna-kan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
10.3. Membuat benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.
10.4. Membuat kemasan benda kerajinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
1. Pembuatan karya kerajinan teknik raut dan ukir.
1. Kemasan produk kerajinan
2. Pameran hasill karya benda produk kerajinan
11. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa 11.1.Mengenal berbagai alat yang berputar dengan tenaga listrik.
11.2.Mengapre-siasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar dengan tenaga listrik. 1. Pengertian alat berputar dengan tenaga listrik.
2. Peralatan dan bahan pembuatan alat berputar dengan listrik.
1. Teknik pembuatan alat berputar dengan tenaga listri.
12. Membuat alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik 12.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik.
12..2. Membuat alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik. 1. Perencanaan prosedur kerja pembuatan alat yang dapat bergerak dengan tenaga listrik.
1. Pembuatan karya alat yang berputar dengan listrik.
13. Mengapresiasi karya budidaya ikan hias air tawar 13.1. Mengenal berbagai jenis ikan hias air tawar.
13..2.Mengapre-siasikan kete rampilan teknis pembu didayaan ikan hias air tawar. 1. Pengertian pembudidayaan ikan hias air tawar.
2. Jenis ikan hias air tawar.
3. Tempat budidaya ikan hias air tawar.
4. Keindahan ikan hias air tawar.
1. Teknik budidaya ikan hias air tawar.
14. Menerapkan teknologi budidaya ikan hias air tawar 14.1. Merenca-nakan prosedur kerja produk budidaya ikan hias air tawar di dalam kolam.
14..2.Membudi-dayakan ikan hias air tawar di dalam kolam. 1.Perencanaan budidaya ikan hias di dalam kolam.
2. Pembuatan kolam budi daya ikan hias air tawar.
1. pembibitan dan pemeliha raan ikan hias air tawar di dalam kolam.
15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan 15.1.Mengenal berbagai hasil pengewetan bahan hewani yang dikeringkan.
15.2. Mengapre-siasi keterampilan teknik pengawetan bahan hewani yang dikeringkan. 1. Pengertian pengawetan bahan hewani dengan pengeringan.
2. Bahan dan alat pengawetan bahan hewani dengan cara pengeringan.
1. Jenis pengeringan bahan hewani yang dikeringan.
2. Prosedur pengeringan.
16 Menerapkan teknologi pengolahan 16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.
16..2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.
16.3. membuat kemasan hasil pengawetan bahan mentah hewani yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual. 1. Perencanaan pengawetan bahan mentah hewani dengan pengeringan.
1. Pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.
1.Membuat kemasan hasil pengawetan dan memamerkan hasil karya dan atau menjual
Ulangan harian
Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : ………………… .........., ..................... 20...
Guru Mapel Keterampilan.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang benda pakai adalah
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pemilihan Bahan Busana / Tekstil
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://brainly.co.id/tugas/673195
0 komentar:
Post a Comment