, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 Contoh Kerajinan beserta Asal Daerah, Jenis Bahan, dan Teknik Pembuatan

3 Contoh Kerajinan beserta Asal  Daerah, Jenis Bahan, dan Teknik Pembuatan

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
3 Contoh Kerajinan beserta Asal  Daerah, Jenis Bahan, dan Teknik Pembuatan

gambar kerajinan ,nama kerajinan asal daerah dan jenis bahannya - NAMA

NAMA
KERAJINAN

ASAL DAERAH
JENIS BAHAN
TEKNIK
PEMBUATAN
BATIK TRADISIONAL
PULAU JAWA
kain,canting,malam,dll.
menggunakan alat yang disebut canting. Canting terbuat dari tembaga ringan yang berbentuk seperti teko kecil dengan corong di ujungnya. Canting berfungsi untuk menorehkan cairan malam / lilin pada pola. Saat kain dimasukkan ke dalam larutan pewarna, bagian yang tertutup malam tidak terkena warna. Kemudian kain di cuci untuk menghilangkan lilin.
TIKAR PANDAN
HALMAHERA UTARA
daun pandan
Sebelum dianyam, daun pandan, dibuang dulu durinya, dipotong secara melingkar lalu direbus dan dijemur. Setelah menghasilkan helaian daun yang sudah lemas dan siap dianyam, dedaunan tersebut diiris menggunakan sebuah pisau khusus. Saat lembarannya semakin tipis, baru dimasak dengan memberi zat pewarna. Tujuannya, agar tikar atau anyaman lebih bermotif.
KOPIAH RESAM
PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
batang resam
diawali dengan proses pemisahan serat resam dari batangnya. serat resam tersebut kemudian diserut sesuai kebutuhan yaitu serat halus dan serat kasar. Kemudian serat resam di rendam dalam air lebih kurang 3 (tiga) hari. setelah direndam, bahan resam dikeringkan seperlunya.
Proses selanjutnya adalah penganyaman. Penganyaman pada umumnya dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri. Lamanya penganyaman sangat tergantung dari halus dan kasarnya produk yang diinginkan. Biasanya sekitar 1 minggu hingga 3 bulan (12 minggu). Langkah selanjutnya, kopiah resam yang sudah selesai dianyam dilakukan penyamakan dengan getah pohon tertentu. Untuk hasil yang terbaik , penyamakan dilakukan berulang-ulang kali.


  Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar kerajinan ,nama kerajinan asal daerah dan jenis bahannya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Contoh Proposal Usaha (Tempat Pensil dari limbah kulit jagung)

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://jawara1.wordpress.com/2014/08/12/3-contoh-kerajinan-beserta-asal-daerah-jenis-bahan-dan-teknik-pembuatan/

0 komentar:

Post a Comment