, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Alat & bahan untuk menyulam

 Alat & bahan untuk menyulam

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Alat & bahan untuk menyulam

belajar teknik sulam benang - Alat & bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan di pasaran, bahkan sekarang sudah menjamur toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan untuk menyulam. Harganya juga bervariasi, ada yang mahal ada pula yang murah, semua tergantung penyulamnya.

Bahan yang diperlukan :

Kain
Berbagai jenis kain bisa disulam, asalkan jarum bisa melewatinya.

Benang
Banyak jenis benang di pasaran, ada merk DMC, Blue moon, Rose & masih ada lagi. Memang untuk jenis DMC masih menduduki peringkat atas dalam hasil sulamannya, karena lebih kuat, tebal, & kilap. Bukan berarti merk lain tidak bagus untuk menyulam, merk yang biasa juga bagus loh...!

Pita
Jenis pita juga bemacam-macam, ada pita satin, pita organdi, pita sutra. Ukurannya bervariasi, mulai dari 1/8 inci sampai 2 inci. Jika kain yang digunakan rapat, jangan menggunakan pita terlalu panjang, karena pita akan terkikis oleh kain yang bisa membuat pitanya rusak.

Jarum
Ketika mengerjakan sulam pita pakailah jarum yang ukuran besar, jarum khusus untuk sulam pita. Jarum jenis ini ada yang ujungnya tumpul, ada juga yang runcing. Kalau mengerjakan teknik "spider web rose" lebih nyaman menggunakan yang ujungnya tumpul, supaya ujung jarum tidak tersangkut di pita.
Kalau sulam benang kita bisa memakai jarum biasa.


Pembidang
Digunakan untuk membentangkan kain sehingga mudah di sulam dan untuk mencegah kerutan pada kain.Ada beberapa jenis kain yang tidak memerlukan pembidang, seperti kain kodorai. Karena bekas dari pembidang akan terlihat. Hati-hati juga dengan pembidang yang terbuat dari plastik, jika pembidangan itu dibiarkan di kain dalam jangka waktu lama, terkadang warna pembidangan akan membekas pada kain. Tidak semua kegiatan menyulam menggunakan pembidang, bahkan tanpa pembidang kita bisa dengan bebas menyulam. Tapi itu semua dikembalikan lagi pada setiap penyulam.

Menjiplak pola
Gunakan karbon warna, tapi jangan mempergunakan karbon hitam, karena kotor. Ketika menjiplak pola gunakanlah jarum pentul supaya gambar tidak geser.
Untuk menggambar pola seperti spider web rose, dapat menggunakan penggaris untuk membuat lingkaran





Adapun tusuk dasar sulam pita dapat dilihat dibawah ini
(untuk melihat tutorialnya klik jenis sulamannya)
*maaf sebagian tutorialnya belum ada*



Cara menyulam :

    Awal menyulam

Tusuk dasar sulam pita :

    Stem stitch
    Feather stitch
    Decorated loop stitch
    French knot
    Straight stitch
    Ribbon stitch
    Spider web rose
    Lazy daisy
    Loop stitch
    Gathered ribbon blossom
    Gathered ribbon rose
    Rose stitch
    Concertina rose
    Folded ribbon rose
    Leaf stitch
    Spider web rose 2


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  belajar teknik sulam benang

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  1. pengertian fungsi hias dari bahan limbah (kerang, batok kelapa, dll) sabagai hiasan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://ayomenyulam.blogspot.co.id/2010/12/alat-bahan-untuk-menyulam.html

0 komentar:

Post a Comment