, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Apakah semua produk berbahan baku tekstil bisa dikategorikan sebagai perwujudan karya seni ?

Apakah semua produk berbahan baku tekstil bisa dikategorikan sebagai perwujudan karya seni ?

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Apakah semua produk berbahan baku tekstil bisa dikategorikan sebagai perwujudan karya seni ?
apakah semua produk berbahan textil bisa di kategori sebagai wujud karya seni,mengapa? - Ya karna hasil karya tekstil termasuk karya seni

Apakah semua produk berbahan baku tekstil bisa dikategorikan sebagai perwujudan karya seni

Tidak, karna dari bahan tekstil bisa saja diciptakan baju biasa yang tidak bernilai seni


 RPP1 PKWU KERAJINAN KELAS X10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester     : X / Gasal
Mata Pelajaran       : Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
Materi  Pokok         : Konsep Dasar Kerajinan Tekstil
Sub Materi Pokok  : Prinsip dan desain kerajinan tekstil
Pertemuan Ke         : 1
Alokasi Waktu        : 2 X 45 Menit
A.   Kompetensi Dasar
1.1.
   
Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.1.
   
Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan  di wilayah setempat dan lainnya
2.2.
   
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
2.3.
   
Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha
3.1.
   
Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
4.1.
   
Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
B.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1. Mengidentifikasi produk karya kerajinan tekstil
3.1.2. Mengidentifikasi desain-desain dalam kerajinan tekstil
C.    Tujuan Pembelajaran
1.       Melalui pengamatan tayangan foto-foto hasil karya kerajinan, siswa dapat menjelaskan pengertian dari kerajinan tekstil
2.       Melalui diskusi presentasi, siswa dapat menjelaskan macam-macam desain dekoratif yang terdapat didalam kerajinan tekstil
D.   Materi Ajar
1.         Konsep Dasar Kerajinan Tekstil – (Lampiran 1)
E.    Metode Pembelajaran
§  Metode Pembelajaran         : Ceramah, penugasan
§  Pendekatan Pembelajaran : Scientific
§  Model Pembelajaran            : Problem Based Learning
F.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
   
Deskripsi
   
Abstraksi waktu
1.    Pendahuluan
   
§  Memberikan salam pembuka
§  Memeriksa kehadiran siswa
§  Guru menayangkan gambar-gambar produk karya kerajinan tekstil, kemudian memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamatinya
§  Guru membentuk kelompok-kelompok kerja
§  Guru menuliskan tujuan pembelajaran
   
10 menit
2.    Inti
   
Mengamati:
§  Peserta didik mengamati tayangan gambar-gambar produk karya kerajinan tekstil
§  Peserta didik membaca materi ajar mengenai konsep dasar kerajinan tekstil
Menanya:
§  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa, misalnya:
-          Apakah prinsip-prinsip yang harus dipenuhi supaya produk kerajinan tekstil bisa disebut sebagai perwujudan karya seni?
Menalar:
§  Guru memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi yang diperlukan dalam pembelajaran
Mencoba:
§  Siswa melakukan browsing di internet mencari gambar-gambar produk kerajinan kain flanel
Jejaring:
§  Setiap siswa mengungkapkan pendapat, ide dan tanggapan secara bebas
   
60 menit
1.    Penutup
   
§  Siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran dengan dibantu guru
§  Evaluasi untuk mengukur ketercapaian pembelajaran
§  Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
§  Guru menyampaikan informasi mengenai tugas pembuatan kliping aneka produk kerajinan kain flanel
§  Menyampaikan informasi mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan mendatang
§  Kegiatan diakhiri dengan salam
   
20 menit
G.   Alat dan Sumber Belajar
1.         Alat dan Bahan:
a.       Aplikasi PowerPoint
b.      Classroom Management Software
2.         Sumber Belajar:
-            Internet:
o   http://prakaryakewirausahaan.blogspot.com
H.   Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.         Teknik: tes dan non-tes
a.       Tes
Soal uraian:
1)      Apakah semua produk berbahan baku tekstil bisa dikategorikan sebagai karya seni, mengapa?
2)      Apakah perbedaan antara produk karya kerajinan tekstil kelompok benda hias dan kelompok benda pakai?
3)      Jelaskan secara singkat perbedaan antara desain struktural dan desain dekoratif dalam  produk karya kerajinan tekstil!
4)      Apakah kegunaan dari bahan utama dan bahan pelengkap dalam pembuatan produk karya kerajinan tekstil?
5)      Jelaskan secara singkat kelompok dan nama-nama alat yang dipakai dalam pembuatan produk karya kerajinan tekstil!

Kunci jawaban:
1)      Tidak semua produk karya berbahan baku tekstil bisa dikategorikan sebagai karya seni, karena harus memenuhi syarat-syarat yaitu adanya kesatuan (unity) dalam produk itu, kerumitan (complexity) serta kesungguhan (intensity).
2)      Produk karya kerajinan tekstil benda hias diciptakan sebagai hiasan pada rumah, barang-barang rumah tangga dan benda-benda lain. Produk karya kerajinan tekstil benda pakai diciptakan sebagai barang perlengkapan rumah.
3)      Desain struktural menyangkut susunan garis, bentuk, warna dan tekstur lengkap dengan keterangan ukurannya, sedangkan desain dekoratif lebih ke sentuhan efek visual pada permukaan tekstil guna memperindah penampilannya.
4)      Bahan utama merupakan jenis tekstil yang akan dipakai sebagai bahan pokok dalam pembuatan produk karya kerajinan tekstil itu, sedangkan bahan pelengkap adalah bahan tambahan yang berfungsi memperindah tampilan dari produk karya kerajinan tekstil yang akan dibuat tersebut.
Pedoman penilaian:
§  Skor per item: 5
§  Total skor: 20
§  Nilai: S(skor per item x 5) = 100
Kriteria penilaian:
§  90 – 100        : Sangat baik
§  85 –   90        : Baik
§  75 –   84        : Cukup
§  <75                 : Kurang
b.      Non-tes
§  Penilaian Unjuk Kerja (Performance)
Tugas:
Pembuatan kliping gambar/foto produk karya kerajinan kain flanel yang dimuat di media cetak atau media internet.
Struktur
   
Indikator
   
Skor
Pendahuluan
   
Menunjukkan dengan tepat tujuan pembuatan kliping
   

Isi

   
§  Orisinalitas
§  Penyusunan gambar mendeskripsikan jenis-jenis kerajinan kain flanel
§  Daftar pustaka yang dapat dipertanggung-jawabkan
   
Penutup
   
§  Kesimpulan
§  Saran relevan dengan kajian, dan berisi pesan untuk peningkatan produk kerajinan kain flanel
   



Jumlah skor
   

Kriteria skor:
Kriteria penilaian untuk masing-masing indikator:
§  Sangat sesuai   : 4
§  Sesuai                : 3
§  Cukup                 : 2
§  Kurang                : 1
2.         Bentuk:
a.       Tertulis
b.      Penilaian kinerja

3.         Instrumen:
a.         Test tertulis
b.        Lembar Observasi


Lampiran 1
Materi Ajar
Konsep Dasar Kerajinan Tekstil
A.      Prinsip-Prinsip Seni
Tidak semua produk yang berbahan utama tekstil bisa disebut sebagai karya seni, sebab perwujudannya harus memenuhi prinsip-prinsip berikut:
a.       Unity  (kesatuan), suatu benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis, harus merupakan kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.
b.      Complexity  (kerumitan), suatu benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan
c.       Intensity  (kesungguhan), suatu benda yang dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya. Nilai itu bisa bersifat  lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh.
B.      Pengertian Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama.
C.      Jenis Kerajinan Tekstil
Jenis produk kriya tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu: benda hias dan benda pakai atau perpaduan dari keduanya. Jenis produk yang termasuk pada benda hias diantaranya: hiasan dinding, sarung bantal kursi, produk kerajinan tekstil yang termasuk benda pakai diantaranya: bad cover, sarung bantal, tirai, tutup aqua galon, tutup kulkas, taplak meja makan, tutup tudung saji, dll.

Bed Cover
   
Sarung Magic Com & Galon Air
   
Hiasan Tutup Toples
D.      Desain Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni akan terwujud secara maksimal apabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan tekstil. Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupa susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Desain dapat diterapkan pada berbagai benda yang ada di lingkungan kita.
Untuk mendapatkan suatu produk kerajinan tekstil yang baik memerlukan sebuah perencanaan yang didalamnya terdapat kesatuan antara bahan yang digunakan dengan fungsi serta jenis benda yang dibuat, kerumitan dalam pengerjaannya yaitu perpaduan yang seimbang, berlawanan, atau saling bertentangan yang menghasilkan nilai estetis pada benda tersebut.
Suatu desain yang baik akan memperlihatkan susunan yang teratur dari bahan-bahan yang dipergunakan sehingga menghasilkan suatu benda yang indah dan dapat dipergunakan. Dalam hal ini terdapat dua macam desain, yaitu structural design (desain struktur) dan decorative design (desain hiasan)
a.      Structural Design (desain struktur)
Structural Design (desain struktur) adalah susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur dari suatu benda baik berupa benda yang mempunyai ruang maupun gambaran dari suatu benda. Contoh deesain struktur: gambaran suatu benda yang akan dibuat dilengkapi dengan keterangan ukuran, warna, dan bentuknya.
b.      Decorative Design (garnitur)
Decorative Design (garnitur) adalah sentuhan/perlakuan yang diberikan pada permukaan busana yang memberikan efek visual memperindah penampilan. Garnitur bisa sebagai unsur dekoratif/hiasan atau sebagai unsur fungsional.
Terdapat tiga cara dalam menyusun decorative desain, yaitu: By the color and pattern, By construction dedtails, By decorative trims. (Davis dalam Mila Karmila, 2006: 27)
                                                   i.      By the color and pattern, yaitu warna dan motif yang tersusun dalam suatu bahan tekstil pada busana, secara tidak langsung juga berfungsi sebagai decorative design.

Batik
   
Tapis
   
Tapestry
   
Songket
                                                 ii.      By construction details, yaitu membentuk detail hiasan tertentu pada busana disini biasanya dilakukan dengan membuat jahitan/setikan pada kain/tekstil.

Quilting
   
Smocking
   
Shiring
   
Pintucks
                                                iii.      By decorative trims, yaitu teknik yang biasanya berupa tempelan kain diatas permukaan kain dengan menambahkan unsur pelengkap lain pada permukaan kain.

Buttons (kancing)
   
Lace (renda)
   
Braids (kepang)
   
Fringe(susur/ekor kuda)
Pembuatan produk kerajinan tekstil dilakukan dengan cara menentukan jenis benda apa yang akan dibuat (benda hias atau benda pakai), membuat desain produk, membuat desain hiasan pada produk, menyiapkan bahan dan alat serta langkah kerja pembuatan produk kerajinan tekstil.
E.       Bahan dan Alat Pembuatan Produk Kerajinan Tekstil
Bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu: bahan utama dan bahan pelengkap. Pada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis benda yang akan dibuat, fungsi dari benda tersebut, serta teknik yang akan digunakan.
Secara umum bahan utama yang dapat dipergunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil adalah bahan tekstil yang tebuat dari serat alam atau serat polyester baik itu berupa kain tenun, rajut, kempa, ataupun berupa benang/tali, contoh bahan-bahan tekstil yang dapat dipergunakan dalam pembuatan produk kriya tekstil adalah kain katun, kain satin, benang katun, benang nylon, tali koor, kain flanel, dan pita.
Pada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan pelengkap memiliki fungsi memperindah atau menyempurnakan tampilan benda yang dibuat. Penggunaan bahan pelengkap pun sama dengan bahan utama yaitu harus disesuaikan dengan jenis benda yang dibuat,fungsi benda, serta teknik pembuatan yang digunakan. Bahan pelengkap yang umumnya digunakan adalah bahan tekstil yang terbuat dari serat alam ataupun polyester seperti kain pelapis/pengeras, busa pelapis, dakron, kain furing, renda, pita dan retsluiting.
Alat yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu: alat utama dan alat penunjang. Alat utama terdiri dari: mesin jahit, alat-alat menjahit, gunting, pita ukur, papan landasan dan lain-lain. Adapun alat penunjang terdiri dari: mata itik, lem, lilin bakar, pemidangan, jarum T dan lain-lain.

                  Mesin jahit                                   Gunting                                      Pita ukur

                   Mata itik                                     Lem tembak                              Lem bakar

                    Bidangan                            Jarum dan benang
F.       Mengenal Kain Flanel
Kain flanel (felt) adalah jenis kain dibuat dari serta wol tanpa ditenun. Kain flanel termasuk salah satu bahan utama yang dipakai dalam kerajinan tekstil. Terdapat kain flanel polos dan kain flanel bermotif.

                   Kain flanel polos                                    Kain flanel bermotif
 Contoh produk kerajinan flanel:

           Gantungan kunci                                Replika kue                                      Bingkai foto


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang apakah semua produk berbahan textil bisa di kategori sebagai wujud karya seni,mengapa?

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Aku Bisa

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://belajarkurikulum13.blogspot.co.id/2014/08/rpp1-pkwu-kerajinan-kelas-x10.html

0 komentar:

Post a Comment