STUDI KELAYAKAN BISNIS BONAMANA COLLECTION
aspek organisasi dan manajemen usaha menjahit - STUDI KELAYAKAN BISNIS
“BONAMANA COLLECTION”
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis
A. Nama Perusahaan
Nama perusahaan yang akan kami dirikan adalah “Bonamana Collection”. Merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konveksi karena ada peluang bisnis di bidang ini. Nama Bonamana berasal dari bahasa korea yang berarti Cantik. Nama ini diperkirakan dapat menarik perhatian karena bonamana juga merupakan judul lagu boyband terkenal asal korea yaitu Super Junior.
B. Lokasi
Usaha yang kami rintis dengan nama “Bonamana Collection” berada di Jl. MT. Haryono 136 Semarang. Lokasi usaha yang kami dirikan berada dikawasan bisnis dan perdagangan kota Semarang, dengan target konsumen yang didominasi oleh siswa sekolah swasta di daerah tersebut yaitu YSKI, Karangturi, Sedes yang memang kebanyakan dari siswa sekolah tersebut adalah warga keturunan China. Bahan baku juga mudah didapatkan yaitu dari pasar Johar Semarang.
C. Diskripsi Batasan Usaha
Usaha yang kami rintis sejalan dengan program pemerintah dalam menyerap tenaga kerja lulusan SMK khususnya bidang tata busana dan menyerap tenaga kerja untuk membantu mengurangi pengangguran di daerah sekitar.
Bisnis ini berpotensi karena dunia fashion yang merupakan gaya berpakaian saat ini harus selalu up to date agar tidak ketinggalan zaman. Semakin banyaknya tayangan drama, film maupun music korea yang merajalela di negeri ini mempengaruhi gaya berpakaian anak muda saat ini. Dari situ dapat disimpulkan bahwa kebutuhan akan fashion ini tak bisa dielakkan samapai kapanpun juga.
D. Tujuan Proyek Jangka Panjang
Usaha ini bertujuan untuk membangun usaha jangka panjang dalam bidang konveksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa. Selain dapat memenuhi kebutuhan sandang masyarakat dan mahasiswa, usaha ini dapat digunakan sebagai tempat praktek kerja lapangan siswa SMK jurusan tata busana. Hal ini dapat membantu meningkatan perekonomian dan membantu dunia pendidikan.
E. Kriteria Kelayakan
Studi kelayakan bisnis ini dikatakan berhasil jika dapat mengembalikan dana insvetasi selama 2 tahun dan memperoleh keuntungan diatas 70%.
F. Beberapa Pedoman Dasar Usaha
1. Dasar Pemikiran
Sesuai dengan perkembaangan zaman yang menuntut masyarakat untuk selalu trendy dan up to date dalam hal pakaian maka usaha yang akan kami rintis diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk yang berkualitas, harga terjangkau, serta model yang sesuai dengan selera konsumen. Fashion dengan kualitas yang baik, modis, serta memiliki performa elegan karena sentuhan kreatifitas yang tinggi, merupakan produk kreatif yang memiliki peluang dan menjadi produk bisnis sangat menjanjikan di masa mendatang. Dengan tingginya animo masyarakat tentang selebritas korea diduga mempengaruhi selera konsumen terhadap pakaian, kami memiliki suatu inisiatif untuk memodifikasi model-model pakaian yang ada saat ini dengan model terbaru yang sesuai permintaan pasar, dengan harapan konsumen banyak yang tertarik dengan barang yang kami produksi.
2. Status proyek dan Jadwal
Waktu yang digunakan untuk menjalankan studi sampai usaha ini berjalan direncanakan waktu 4 bulan, yaitu mulai dari persiapan pembuatan studi, survei dan persiapan pelaksanaan usaha yang dijadwalkan sebagai berikut:
Tabel Jadwal Kegiatan
No
|
KEGIATAN
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
| ||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
| ||
1
|
Persiapan awal
| | | | | | | | | | | | | | | | |
2
|
Penyediaan peralatan & perlengkapan
| | | | | | | | | | | | | | | | |
3
|
Perekrutan karyawan
| | | | | | | | | | | | | | | | |
4
|
Perijinan usaha
| | | | | | | | | | | | | | | | |
5
|
Proses produksi
| | | | | | | | | | | | | | | | |
6
|
Kegiatan promosi
| | | | | | | | | | | | | | | | |
7
|
Grand Opening
| | | | | | | | | | | | | | | | |
8
|
Penjualan produk
| | | | | | | | | | | | | | | | |
3. Inti Bisnis Awal
Pada prinsipnya usaha ini merupakan aplikasi bisnis konveksi dengan mengoptimalkan desain ruang produksi dan ruang display yang rapi, tertata dan suasana yang nyaman sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk-produk yang telah kami produksi. Dengan demikian, diharapkan akan meningkatkan permintaan konsumen.
4. Cara Pendanaan
Usaha konveksi “Bonamana Collection” tergolong sebagai bisnis UKM dengan bentuk usaha firma. Sumber dana tersebut bersumber dari 75 % modal pemilik dan 25 % utang bank .
5. Biaya Investasi
Dana yang dianggarkan dalam usaha konveksi “Bonamana Collection” adalah sebesar Rp 80.000.000. dana ini akan dialokasikan dalam beberapa hal yaitu:
1. Investasi Awal
No
|
Keterangan
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Kas
|
1,500,000.00
|
2
|
Mesin jahit 4 unit
|
8,000,000.00
|
3
|
Mesin obras 2 unit
|
7,000,000.00
|
4
|
Wollsum 1 unit
|
3,000,000.00
|
5
|
Overdeck 2 unit
|
10,000,000.00
|
6
|
Gunting Listrik 1 unit
|
400,000.00
|
7
|
Rak penyimpanan bahan
|
1,200,000.00
|
8
|
Almari penimpanan produk
|
1,000,000.00
|
9
|
Etalase
|
2,200,000.00
|
10
|
Meja & kursi
|
250,000.00
|
11
|
Kaca
|
100,000.00
|
12
|
Hanger
|
150,000.00
|
13
|
Patung model
|
1,500,000.00
|
14
|
Kendaraan (I unit motor)
|
10,000,000.00
|
15
|
Sewa tempat 1 tahun
|
4,000,000.00
|
16
|
DVD Player dan Speaker
|
1,500,000.00
|
17
|
Komputer
|
3,000,000.00
|
18
|
Pengurusan izin
|
1,000,000.00
|
19
|
Pemeliharaan & administrasi
|
500,000.00
|
|
Jumlah
|
56,300,000.00
|
Modal kerja
No
|
Keterangan
|
Jumlah (Rp)
|
| | |
1
|
Kain
|
17,000,000.00
|
2
|
Benang
|
2,500,000.00
|
3
|
Bahan Pelengkap/aksesoris
|
3,200,000.00
|
4
|
Jarum
|
50,000.00
|
5
|
Alat bantu lain (meteran, alat tulis,dll)
|
250,000.00
|
6
|
Perlengkapan packing( tas belanja, label merk danlabel harga)
|
300,000.00
|
7
|
Katalog dan pamphlet
|
400,000.00
|
|
Jumlah
|
23,700,000.00
|
6. Tim Study
Tim studi ini akan dilaksanakan oleh Tim usaha “Bonamana Collection” yang merupakan pemilik yang beranggotakan:
Nur Azmi Bekti
Anita Khilwa L
Yati Dewi S
Sukmaning R
Rossita W
G. Asumsi-asumsi utama dan ringkasan hasil temuan
1. Aspek Manajemen dan organisasi
Struktur manajemen menggunakan struktur organisasi sederhana dengan 3 departemen, yaitu: departemen Produksi, departemen Pemasaran, departemen Keuangan. Sedangkan untuk sistem penggajian menggunakan 1 desainer sebesatr Rp.1000.000; 2 supervisor sebesar 2 Rp750.000; untuk 7 karyawan produksi sebesar @ Rp. 600.000 ,- , 2 karyawan di gerai penjualan sebesar @ Rp. 500.000;
2. Aspek Pemasaran
Permintaan produk bisa dikatakan sangat besar. Pemasaran produk dilakukan dengan membuka outlet sendiri yang terletak dalam satu lokasi dengan tempat produksi. Media pemasaran usaha ini dipromosikan lewat katalog setiap bulan, internet, pameran dan selebaran.
Untuk memenuhi jumlah display penjualan ditempat kami, kami memproduksi 70 potong baju per minggu (lima hari kerja). Sedangkan untuk memenuhi jumlah pesanan, kami sesuaikan dengan jumlah pesanan dan tingkat kerumitan produk yang dipesan.
3. Aspek Teknik
Proses produksi dilaksanakan oleh 7 karyawan dimana alokasi pekerjaan adalah sebagai berikut:
Ø Bagian pembuatan dan pemotongan pola = 2 karyawan
Ø Bagian penjahitan = 4 karyawan
Ø Bagian finishing = 1 karyawan
Penjualan produk dilakukan secara langsung melalui membuka outlet dan menerima pesanan dari konsumen.
4. Aspek Financial
Sumber dana yang dianggarkan dalam usaha ini sebesar Rp. 80.000.000,-. Sumber dana tersebut berasal dari 75% modal pemilik dan 25 % utang bank . Keuntungan bersih yang diperoleh diharapkan 75% per tahun.
5. Aspek perpajakan
Untuk melegalkan usaha yang akan didirikan, pihak firma harus mendaftarkan usahanya ke notaris untuk mendapatkan akta pendirian firma, dan firma mengurus izin ke pemda untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan dan mendaftarkan NPWP ke Dirjen Pajak
6. Aspek Sosial Ekonomi
Dari segi sosial, usaha ini sangat berguna dalam menambah kesejahteeraan masyarakat sekitar terutama dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam mengolah keterampilan. Dari segi ekonomipun demikian, usaha ini diharapkan dapat meningkat perekonomian dan membantu menimbulkan jiwa kewirausahaan di lingkungan sekitar.
Usaha ini bertujuan untuk membangun usaha jangka panjang dalam bidang konveksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pelajar dan mahasiswa khususnya wanita. Selain dapat memenuhi kebutuhan sandang masyarakat, pelajar dan mahasiswa usaha ini dapat digunakan sebagai tempat praktek kerja lapangan siswa SMK jurusan tata busana.
H. HASIL STUDI
Aspek Usaha
Siklus dari produk
Dalam usaha konveksi ini terdapat beberapa siklus penting untuk memproduksi/menghasilkan pakaian yang berkualitas. Siklus dari usaha konveksi ini adalah :
1. Membuat pola (desain) kain
2. Memotong pola
3. Proses menjahit kain, mengobras, memberi ornamen / aksesoris
4. Finishing ( pengecekan barang yang sudah jadi)
5. Packing
6. Penjualan / pemasaran pakaian
Siklus dalam usaha konveksi ini mempunyai keuntungan yang menjanjikan dikarenakan dengan modal awal yang relatif kecil dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat dengan waktu back periode yang cukup singkat, karena usaha konveksi ini tidak hanya menjual produksinya untuk dijual ke konsumen secara langsung dan penjualan secara online.
2. Pemilihan dan Perencanaaa Produk
Usaha konveksi pakaian dipilih karena dirasa memiliki prospek masa depan yang sangat menjanjikan. Karena dilihat dari jumlah pesaing yang hampir tidak ada di sekitar lokasi usaha tersebut serta daerah pemasaran yang mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar. Perencanaan produk awal adalah dalam jangka waktu 1 minggu dengan jumlah produk jadi sebanyak 70 potong pakaian dan di perkirakan mempunyai prospek untuk meningkatnya pesanan dari para pelanggan . Untuk pengujian produk awal usaha tersebut, maka diadakan pengujian dengan melihat jumlah permintaan dan penawaran pakaian di pasaran dalam jangka waktu 2 minggu dengan hasil produksi pakaian tersebut apakah konsumen merasa puas terhadap hasil produk atau belum.
Rencana Kualitas
Dalam proses pembuatan produk, perusahaan telah memiliki standar kualitas tersendiri terhadap produk yang akan dipasarkan. Hal ini dilakukan dengan maksud perusahaan mendapat kepercayaan lebih dari konsumen dan dapat mendominasi persaingan pasar, serta melalui pangawasan langsung dari supervisor. Standar produk yang nantinya akan dipasarkan yaitu kualitas bahan dan model-model yang akan diproduksi, sehingga konsumen selalu puas dan tidak pernah bosan dengan produk yang dihasilkan karena motif dan model yang selalu bervariasi.
4. Tata Letak Perusahaan
Usaha konveksi ini terletak di Jalan MT Haryono 136 Kecamatan Semarang Tengah yang target konsumennya di dominasi warga keturunan cina yang sebagian besar tertarik dengan produk – produk korean style. Maka dari itu kami memutuskan untuk membangun usaha ini didaerah tersebut dikarenakan:
a. Berusaha untuk menciptakan usaha dengan produk yang unik, serta belum ada pesaing dengan produk sejenis
b. Daerah tersebut tidak terlalu jauh dengan produsen bahan baku serta dekat dengan konsumen
5. Perencanaan Layout
Usaha konveksi ini mempunyai 2 ruang utama yaitu ruang produksi dan ruang penjualan dengan gambaran sebagai berikut:
Keterangan:
1. Tempat penyimpanan bahan baku
2. Tempat proses produksi
3. Tempat finishing
4. Tempat penyimpanan persediaan produk jadi
5. Tempat penjualan/outlet
Disamping kami menjual produk di outlet kami, kami juga mengerjakan produk berdasarka pesanan dan pemasaran juga dilakukan secara online.
Untuk memenuhi permintaan pasar, untuk tiap harinya perusahaan akan memproduksi produk sebanyak 14 potong.
6. Metode Persediaan
Metode persediaan dalam pencatatan yang dipakai adalah rata-rata dimana kondisi lapangan yang disesuaikan dengan pesanan pelanggan. Dimana persediaan awal tidak selalu yang diproduksi terlebih dahulu, juga tidak selamanya persediaan bahan akhir akan diproduksi akhir, tapi kondisi tersebut akan disesuaikan dengan keadaan pasar.
Pasar dan Pemasaran
1. Bentuk Pasar
Bentuk usaha “Bonamana Collection” adalah Firma. Usaha yang dibangun belum mempunyai banyak pesaing di daerah MT. Haryono Semarang.
2. Peramalan Permintaan dan Penawaran
Dilihat dari kondisi permintaan, permintaan akan produk bisa dikatakan sangat besar dikarenakan alasan yang sudah disebutkan sebelumnya. Berdasarkan data terbaru dari BPS Semarang Tengah jumlah penduduk wanita adalah 37.578 jiwa. Berdasarkan fakta di lapangan wanita yang suka berbelanja pakaian adalah penduduk wanita berusia antara 15-35 tahun. Dari data kependudukan semarang Jumlah penduduk kelompok umur 15-35 tahun adalah 37% dari jumlah penduduk wanita yaitu 37% dari 37.578 jiwa yaitu 13.904 jiwa. Berdasarkan perkiraan kami dari penduduk wanita yang suka berbelanja pakaian, sebanyak 60% adalah penggemar pakaian bergaya Korea, yaitu sebanyak 60% dari 13.904 adalah 8.342 jiwa. Diperkirakan sebanyak 7% konsumen yang suka berbelanja setiap bulan yaitu 584 jiwa.
Dari segi penawaran, berdasarkan survey yang telah kami lakukan belum ada produsen yang mengkhususkan produksi pakaian bergaya korea (Korean Style), maka belum ada penawaran di lapangan, khususnya di daerah lokasi bisnis yang akan kami laksanakan. Maka dapat disimpulkan bahwa peluang usaha ini yaitu 584 unit per bulan. Peluang yang akan kami ambil adalah 300 unit tiap bulan.
Peluang Pasar & Proyeksi Penjualan
Permintaan di masyarakat sangat banyak sedangkan penawaran belum ada, sebanyak 300 unit produk yang kami ambil dipastikan akan laku. Kapasitas produksi tahap awal yaitu 900 unit per triwulan atau sebanyak 3.600 unit per tahun. Program pemasaran berupa selebaran, pemasaran melalui internet, dan melalui pameran.
3. Segmen – Target – Posisi Pasar
Fashion erat kaitannya dengan wanita. Wanita yang cenderung bersilap konsumtif dalam dunia fashion adalah wanita muda. Mereka ingin selalu update dalam hal berpakaian, bahkan mereka tidak tanggung-tanggung mengeluarkan kocek (uang) banyak demi memperbaharui koleksi baju yang ada di lemarinya. Untuk itu segmentasi yang akan kami terapkan pada usaha kami adalah sebagai berikut :
Target utama yang akan kami bidik adalah wanita muda yang menyukai fashion yang “tidak biasa” dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam hal berbusana. Wanita yang memiliki potensi untuk menjadi konsumen kami adalah wanita Chinese. Mereka sangat memperhatikan style dalam hal berpakaian dimana mereka selalu terlihat modis dan fashionable. Secara kebetulan mereka memiliki kulit yang sesuai dengan Korean Style dan lokasi yang kami pilihpun berada di lingkungan yang banyak di lalui warga cina.
Dalam pasar fashion, kami akan memposisikan produk kami sebagai produk yang update, fashionable, menarik, simple tapi tetap legan, tidak norak dan dapat memberikan manfaat bagi wanita-wanita yang ingin bergaya dan trendy.
4. Sikap, Perilaku & Kepuasan Konsumen
Konsumen selalu menginginkan kualitas produk yang paling baik. Hal itu sangat dicermati oleh perusahaan dan perusahaan selalu berupaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk.
5. Program Pemasaran
a) Analisis Persaingan
Jika membandingkan antara permintaan dan penawaran yang akan menjadi pesaing dalam usaha ini antara lain usaha butik – butik dan toko – toko pakaian. Tetapi kita mempunyai ciri khas produk dan pelayanan yang memuaskan konsumen. Selain itu, kami juga sering melakukan promosi sehingga tidak kalah saing dengan produk pakain wanita.
b) Strategi Pemasaran
Dengan harga dan produk yang bersaing yang didukung dengan kualitas yang baik dan unik diharapkan produk akan mudah untuk diterima oleh masyarakat. Selain penjualan secara langsung, konsumen dapat melihat contoh – contoh produk kami dan memesannya secara online serta biaya pengiriman ditanggung oleh kami.
Manajemen dan Organisasi
1. Identitas
Usaha konveksi ini merupakan suatu jenis usaha kecil menengah dengan bentuk firma. Usaha ini dilakasanakan atau dijalankan 17 orang, dengan 5 orang merupakan pemilik Firma, 1 orang tenaga ahli ( desainer), 7 orang karyawan dalam proses produksi , 2 orang supervisor dan 2 orang dipekerjakan di toko.
2. Legalitas
Untuk melegalkan usaha yang akan didirikan, pihak firma harus mendaftarkan usahanya ke notaris untuk mendapatkan akta pendirian firma, dan firma mengurus izin ke pemda untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan dan mendaftarkan NPWP ke Dirjen Pajak
3. Pengorganisasian
Suatu perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu system untuk mengendalikannya. Pemisahan tugas dan tanggung jawab juga merupakan aspek penting dalam suatu perusahaan atau entitas. Agar keduanya berjalan dengan baik maka perlu dibangun suatu hirarki system organisasi. System organisasi ini adalah sebagai berikut:
Desainer
Tugas dan wewenang dari masing-masing bagian adalah sebagi berikut:
a) Pemilik
Tugas
Ø Mewakili dalam lingkup professionalisme
Ø Mengawasi jalannya kegiatan
Wewenang
Ø Mengangkat dan memperhentikan karyawan
Ø Memutuskan kebijakan – kebijakan yang akan diambil
b) Bagian Pemasaran
Tugas
Ø Memasarkan hasil produksi pada pasar dan konsumen
Ø Menentukan daerah – daerah pemasaran hasil produksi
Wewenang
Ø Memberikan diskon apabila konsumen membeli dalam jumlah yang besar
c) Bagian Produksi
Tugas
Ø Menentukan jumlah produksi konveksi
Wewenang
Ø Memilih hasil produksi yang layak atau tidak layak untuk dijual
d) Bagian Keuangan
Tugas
Ø Mengelola keuangan usaha
Wewenang
Ø Mengambil keputusan yang terkait dengan kondisi keuangan usaha
e) Desainer
Tugas
Ø Membuat desain - desain yang unik dan terbaru
Wewenang
Ø Memutuskan desain produk yang akan di buat
f) Super visor
Tugas
Ø Mengawasi pelaksanaan proses produksi
Ø Mengawasi kegiatan penjualan
Wewenang
Ø Memberi peringatan kepada karyawan yang lalai dalam bekerja
g) Karyawan
Tugas
Ø Melaksanakan proses produksi
Ø Melayani konsumen di outlet penjualan
Perencanaan Sumber Daya Manusia
Usaha konveksi ini merupakan suatu jenis usaha kecil menengah dengan bentukfirma. Usaha ini dilakasanakan atau dijalankan 17 orang, dengan 5 orang merupakan pemilik Firma, 1 orang tenaga ahli ( desainer), 7 orang karyawan dalam proses produksi , 2 orang supervisor dan 2 orang dipekerjakan di toko. Usaha konveksi ini juga menerima siswa SMK yang bermaksud akan melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Kualifikasi masing-masing tenaga kerja yaitu :
- Produksi : - Cermat dan teliti dalam mengontrol jalannya proses produksi
- Keuangan : - Bertanggungjawab dalam keuangan usaha
- Mempunyai keterampilan dalam mengelola keuangan usaha (mencatat pendapatan dan biaya usaha)
- Pemasaran : - Mampu mengkoordinasi jumlah permintaan dan penawaran yang ada di pasar
- Desainer
o Pendidikan minimal S1
o Penampilan menarik
o Berwawasan luas tentang fashion
- Supervisor
Pendidikan minimal D3
Tegas, teliti dan jiwa pemimpin
- Karyawan
- Pendidikan min SMA/SMK
- Wanita usia 18-40 tahun
- Mempunyai keterampilan dalam bidang konveksi
- Rajin dan pekerja keras
- ramah
- Siswa PKL
- Status siswa SMK bidang tata busana
- Mempunyai izin resmi dari sekolah
- Berpenampilan sopan
- Rajin dan pekerja keras
5. Pemberhentian
Pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat terjadi oleh berbagai sebab, antara lain karena keputusan perusahaan (pemilik), keinginan karyawan, kontrak kerja, meninggal dunia dan sebagainya. Adapun pesangon yang diberikan adalah 50 % apabila karyawan diberhentikan oleh perusahaan dan 25 % dari gaji apabila karyawan tersebut berhenti karena keinginannya sendiri.
6. Analisis Pekerjaan
Analisis pekerjaan dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan usaha. Hal-hal yang dilakukan dalam analisis pekerjaan antara lain :
1. Memeriksa proses produksi dari awal sampai akhir
2. Memeriksa kesesuaian antara desain dan hasil produksi
3. Memeriksa kesesuaian antara pesanan dan hasil produksi
4. Memeriksa selera konsumen terhadap produk yang dijual
Perencanaan Kegiatan atau Penjadwalan kegiatan
Sebelum usaha konveksi ini menjalankan kegiatannya, dibuat suatu perencanaan kegiatan atau jadwal kegiatan apa saja yang akan dilakukan.
Tabel Jadwal Kegiatan
No
|
KEGIATAN
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
| ||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
| ||
1
|
Persiapan awal
| | | | | | | | | | | | | | | | |
2
|
Penyediaan peralatan & perlengkapan
| | | | | | | | | | | | | | | | |
3
|
Perekrutan karyawan
| | | | | | | | | | | | | | | | |
4
|
Perijinan usaha
| | | | | | | | | | | | | | | | |
5
|
Proses produksi
| | | | | | | | | | | | | | | | |
6
|
Kegiatan promosi
| | | | | | | | | | | | | | | | |
7
|
Grand Opening
| | | | | | | | | | | | | | | | |
8
|
Penjualan produk
|
Aspek Keuangan
Anggaran Investasi Awal Usaha
No
|
Keterangan
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Kas
|
1,500,000.00
|
2
|
Mesin jahit 4 unit
|
8,000,000.00
|
3
|
Mesin obras 2 unit
|
7,000,000.00
|
4
|
Wollsum 1 unit
|
3,000,000.00
|
5
|
Overdeck 2 unit
|
10,000,000.00
|
6
|
Gunting Listrik 1 unit
|
400,000.00
|
7
|
Rak penyimpanan bahan
|
1,200,000.00
|
8
|
Almari penimpanan produk
|
1,000,000.00
|
9
|
Etalase
|
2,200,000.00
|
10
|
Meja & kursi
|
250,000.00
|
11
|
Kaca
|
100,000.00
|
12
|
Hanger
|
150,000.00
|
13
|
Patung model
|
1,500,000.00
|
14
|
Kendaraan (I unit motor)
|
10,000,000.00
|
15
|
Sewa tempat 1 tahun
|
4,000,000.00
|
16
|
DVD Player dan Speaker
|
1,500,000.00
|
17
|
Komputer
|
3,000,000.00
|
18
|
Pengurusan izin
|
1,000,000.00
|
19
|
Pemeliharaan & administrasi
|
500,000.00
|
|
Jumlah
|
56,300,000.00
|
Anggaran Modal kerja
| |||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pay Back periode merupakan periode waktu yang diperoleh untuk menutup kembali uang yang telah di investasikan dengan hasil yang akan di peroleh dari investasi tersebut.
Perhitungan Pay Back Periode adalah sebagai berikut:
PENJUALAN
| | |
Dress
|
14,525,000
| |
Atasan
|
11,900,000
| |
Bawahan
|
14,000,000
| |
| |
40,425,000
|
BIAYA OPERASI
| |
10,935,500
|
LABA KOTOR
| |
29,489,500
|
| | |
PAJAK
| |
3,686,188
|
LABA BERSIH SETELAH PAJAK
| |
25,803,313
|
| | |
LABA 1 TAHUN
|
309,639,750
| |
| | |
Pp
|
0.26
|
3.10
|
PP
|
6.10
| |
Proses awal untuk memproduksi adalah selama 3 bulan, Jangka waktu pengembalian modal atau investasi adalah 3 bulan + 3,10 bulan = 6,10 bulan. Jadi waktu yang di perlukan untuk menutup kembali uang yang telah di investasikan adalah selama 6 bulan 3 hari.
Net Present Value
TAHUN
|
LABA
|
DISC FACTOR
|
PV PROCEED
|
1
|
155,482,250
|
0.909
|
141,333,365
|
2
|
253,853,250
|
0.826
|
209,682,785
|
3
|
376,098,450
|
0.751
|
282,449,936
|
4
|
529,297,440
|
0.683
|
361,510,152
|
5
|
706,643,028
|
0.621
|
438,825,320
|
|
PV PROCEED
| |
1,433,801,558
|
|
PV OUTLAYS
| |
80,000,000
|
|
NPV
| |
1,353,801,558
|
Jadi nilai PV Proceed lebih besar dari pada PV outlays maka investasi usaha ini dikatakan layak.
Internal Rate Of Return (IRR)
Tingkat bunga yang akan menjadikan nilai sekarang dari proceed yang di harapkan akan diterima sama dengan nilai sekarang dari pengeluaran modal ( capital outlays)
Tahun
|
Proceeds
|
Df 10 %
|
PV Proceeds 10 %
|
Df 15 %
|
PV Proceed 15 %
|
1
|
155,482,250
|
0.909
|
141,333,365
|
0.869
|
135,114,075
|
2
|
253,853,250
|
0.826
|
209,682,785
|
0.756
|
191,913,057
|
3
|
376,098,450
|
0.751
|
282,449,936
|
0.657
|
247,096,682
|
4
|
529,297,440
|
0.683
|
361,510,152
|
0.571
|
302,228,838
|
5
|
706,643,028
|
0.621
|
438,825,320
|
0.497
|
351,201,585
|
|
PV Proceeds
| |
1,433,801,558
| |
1,227,554,237
|
|
PV Outlays
| |
80,000,000
| |
80,000,000
|
| | |
1,353,801,558
| |
1,147,554,237
|
IRR = 10% - (1,147,554,237 - 1,353,801,558) x 15 %- 10 %
1,353,801,558 – 1,147,554,237
IRR = 42.82%
IRR dikatakan layak jika IRR > tingkat bunga. Berdasarkan perhitungan maka dapat diketahui IRR yang diperoleh adalah 42,82 %.
Usaha ini dikatakan layak karena 42,82 % > 10 %
Profitability Indeks
Profitability Indeks adalah dari present value dan Net Cash Flow dengan present value dari initial outlays.
PI=PV CI
PV Inv
PI=1,353,801,558
80000000
PI= 16,92
Berdasarkan pendekatan PI yang dipakai, investasi dikatakan layak jika PI > 1. Dalam usaha ini 17,02 > 1 maka investasi dapat dikatakan layak.
Aspek Perpajakan
Pajak adalah suatu kewajiban kenegaraan berupa pengabdian serta peran aktif warga negara dan anggota masyarakat lainnya untuk membiayai berbagai keperluan negara berupa pembangunan nasional dan daerah yang pelaksanaannya di atur dalam undang – undang dan peraturan – peraturan untuk tujuan kesejahteraan bangsa dan negara.
Untuk melegalkan usaha yang akan didirikan, pihak firma harus mendaftarkan usahanya ke notaris untuk mendapatkan akta pendirian firma, dan firma mengurus izin ke pemda untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan mendaftarkan NPWP ke Dirjen Pajak. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :
Akta Notaris Usaha
Akta notaris usaha di peroleh dari notaris setempat untuk melegalkan dan menjadi bukti bahwa usaha yang kami dirikan benar – benar resmi telah mendapatkan ijin pendirian usaha serta mematenkan nama usaha kami.
SIUP:
Surat Ijin Usaha Perdagangan/SIUP (Standar Pelayanan Minimal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang)
A. Sistem dan Prosedur.
1. Tata cara pengajuan permohonan.
a. Pemohon dating ke loket pelayanan dengan mengambil form SPI
b. Pemohon yang tidak dapat dating sendiri ke loket dapat diuruskan orang lain dengan membawa surat kuasa bermaterai Rp. 6000,-
2. Tata cara penanganan pelayanan
a. Form SPI yang sudah diisi dan dilampiri persyaratan lengkap diserahkan kembali ke petugas loket untuk di cek kebenaran dan keabsahannya.
b. Bila sudah lengkap dan benar maka akan diberi tanda terima pengajuan ijin yang telah diberi tanggal dan paraf petugas.
c. Bila ada kesalahan pengesahan form dan atau ada kekurangan persyaratan akan dikembalikan ke pemohon saat pengajuan.
3. Tata Cara Penyampaian Hasil Pelayanan.
a. Ijin / Tanda Daftar / Rekomendasi yang telah selesai, sesuai target waktu proses dapat diambil di loket pelayanan / loket penyerahan, dengan mengisi buku pengambilan.
b. Pengambilan Ijin / Dokumen / Tanda Daftar / Rekomendasi dengan menyerahkan bukti pendaftaran / pengajuan / tanda terima berkas, poin b.2)
4. Tata Cara Penyampaian Pengaduan
Pemohon dapat mengadukan dengan mengisi formpengaduan pada loket pelayanan, pengaduan dan minta tanda terima pengaduan ke petugas loket.
B. Standar Teknis Pemberian Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
1. Syarat dan Kelengkapan dokumen:
Mengisi Form SP – SIUP Kecil / Menengah / Besar dilampiri dengan : Perusahaan Bukan PT dan Koperasi Perusahaan Persekutuan
a) Copy Akta Notaris Pendirian Perusahaan yang telah didaftarkan pada Pengadilan Negeri.
b) Copy KTP Pemilik / Penanggung jawab perusahaan.
c) Copy NPWP Perusahaan.
d) Copy SITU dari Pemda setempat bagi yang dipersyaratkan Undang- undang Gangguan.
e) Neraca Awal Perusahaan.
f) Pas photo 4 x 6 (2 lembar).
C. Waktu Proses : 5 ( lima ) hari kerja terhitung sejak diterimanya SP SIUP dan dokumen secara lengkap dan benar.
Catatan : SIUP berlaku selama Perusahaan menjalankan kegiatan usahanya.
D. Klasifikasi SIUP :
Badan usaha kami termasuk ke dalam kategori SIUP Kecil karena, modal disetor dan kekayaan bersih perusahaan sampai dengan Rp. 200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
NPWP
Syarat-syarat untuk memperoleh NPWP dan Pengukuhan PKP
1. Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Non Usahawan:
a. Fotokopi KTP atau SIM bagi penduduk Indonesia;
b. Fotokopi Paspor dan surat keteranngan tempat tinggal bagi orang asing
2. Untuk wajib Pajak Orang Pribadi Usahawan:
a. Fotokopi KTP bagi penduduk Indonesia;
b. Fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal bagi orang asing
c. Surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari instansi yang berwenang
3. Untuk Wajib Pajak Badan
a. Fotokopi akta pendirian dan perubahan terakhir atau surat keterangan penunjukan dari kantor pusat bagi BUT
b. Fotokopi KTP bagi penduduk Indonesia salah seorang pengurus;
c. Fotokopi paspor bagi orang asing dan surat keterangan tempat tinggal
d. Surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang
Bagi WP UMKM yang berbentuk badan diberikan insentif pengurangan tarif sebesar 50% dari tarif normal yang berlaku terhadap bagian peredaran bruto sampai dengan Rp 4,8 miliar. Pemberian insentif tersebut dimaksudkan untuk mendorong berkembangnya UMKM yang pada kenyataannya memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian di Indonesia. Pemberian insentif juga diharapkan dapat mendorong kepatuhan WP yang bergerak di UMKM.
Aspek Sosial dan Ekonomi
1. Dampak Ekonomi
Pendirian Bonamana Collection akan membawa akibat secara khusus terhadap struktur ekonomi masyarakat di lingkungan pendirian usaha ini, hal ini dapat dilihat dari peningkatan penghasilan karyawan. Di mana pendapatan rata-rata pekerja akan meningkat dengan gaji yang diterimanya ditambah bonus-bonus yang diberikan apabila jumlah konsumen yang membeli produk kami lebih banyak jumlahnya dari waktu-waktu biasanya.
2. Dampak Sosial
Pendirian Bonamana Collection yang beralamat di Jalan MT Haryono 136 ini akan memberikan produk kepada seluruh kalangan masyarakat baik dari remaja maupun dewasa. Dengan adanya rencana pendirian usaha ini akan membuka peluang untuk menyerap tenaga kerja langsung di sekitar lokasi pendirian usaha bisnis ini. Selain itu juga meningkatkan kreativitas anak muda baik di sekitar lingkungan bisnis maupun di luar lingkungan bisnis karena usaha ini juga menerima tenaga magang dari siswa SMK. Hal ini juga membantu program pemerintah dalam menanggulangi masalah keterbatasan lapangan pekerjaan dan masalah mengenai keternagakerjaan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
Pendirian usaha ini akan membawa perubahan tingkat pengetahuan dan perilaku kehidupan, baik bagi karyawan itu sendiri maupun bagi masyarakat sekitar lokasi pendirian usaha ini. Perubahan bagi karyawan dapat dilihat melaui kemahiran karyawan dalam mengelola bisnis, mengoperasikan peralatan yang ada serta dapat menyalurkan kreativitas dari masing-masing karyawan. Dengan adanya bisnis ini kemahiran penggunaan alat-alat untuk membuat produk oleh karyawan diharapkan bertambah sehingga secara langsung dan tidak langsung, jasa ini dapat ikut serta dalam usaha meningkatkan keterampilan masyarakat.
Penutup
Studi kelayakan ini layak ditinjau dari aspek pasar & pemasaran, organisasi & manajemen, teknik & produksi, keuangan, perpajakan dan aspek sosial ekonomi. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :
Pay Back Period
Jangka waktu pengembalian modal atau investasi adalah 6 bulan 3 hari.
Net Present Value
Berdasarkan pendekatan NPV yang digunakan, investasi dikatakan layak jika PV inv < PV ci, 80,000,000 >1,433,801,558 maka investasi dapat dikatakan layak.
Profitability Indeks
Berdasarkan pendekatan PI yang dipakai, investasi dikatakan layak jika PI > 1,16,92 >1, maka investasi dikatakan layak.
Internal Rate of Return (IRR)
IRR dikatakan layak jika IRR > Tingkat bunga. Berdasarkan perhitungan maka dapat dikatakan IRR yang diperoleh adalah 42,82 %, maka investasi dikatakan layak.
Demikian gambaran singkat mengenai usaha Bonamana Collection sehingga memberi kemantapan dan kepastian untuk menjalankan usaha ini karena dari gambaran tersebut usaha ini dapat dikatakan layak.
FORMULIR PENILAIAN PELAPORAN
STUDI KELAYAKAN BISNIS
1. JUDUL SKB :BONAMANA COLLECTION
2. NAMA KETUA :ROSSITA WULANSARI
3. NIM :7101408328
4. NAMA JENIS USAHA :KONVEKSI
5. JURUSAN / PRODI : PEND.EKONOMI / PEND.EKONOMI AKUNTANSI
6. NAMA ANGGOTA :
JADWAL DISKUSI KELOMPOK
TANGGAL
|
NUR AZMI
|
ANITA
|
YATI DEWI
|
SUKMANING
|
ROSSITA
|
Sabtu,9 April 2011
| | | | | |
Selasa,12 April 2011
| | | | | |
Rabu,13 April 2011
| | | | | |
Senin,25 April 2011
| | | | | |
Jumat,6 Mei 2011
| | | | | |
Minggu, 8 Mei 2011
| | | | | |
STUDI KELAYAKAN BISNIS BONAMANA COLLECTION |
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Limbah Tekstil jadi Produk Ekonomis dan Ramah Lingkungan
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://dewyutsukushiimind.blogspot.co.id/2011/06/studi-kelayakan-bisnis-bonamana.html
0 komentar:
Post a Comment