, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Refashion : Kemeja Kegedean

 cara mengecilkan baju tanpa mesin jahit - Mungkin ada yang pernah ngalami ortu, saudara, teman, bahkan pasangan kita ngasih hadiah ato special gift berupa baju. Bajunya bagus, warnanya juga kita suka, tetapi ada satu masalah yaitu KEGEDEAN. Mungkin karena yang ngasih ga tau pasti ukuran baju kita sebenarnya,jadi asal kelihatan cocok, dibungkus rapi, dikasih ke kita deh. Di satu sisi, seneng banget dikasih hadiah baju, tetapi di sisi laen, kita agak 'tenggelam'
ke dalam baju, hehehehehehehehehe...

Yups, cerita di atas itu pernah aku alami. Aku pernah dikasih kemeja sama teman baikku. Ya jelas aku seneng dunk,suka juga dengan warnanya. Tetapi saat kemejanya aku coba, aku jadi 'tenggelam' di dalam baju, hehehehehehehe... Tau sendiri, badanku kan mungil (kayak panggilannya Bubu ke Syahrini), hihihihihihihi...
Keesokan harinya, tanpa aku kecilin terlebih dahulu, aku tetep pake kemejanya dan pengen perlihatkan ke teman dekatku itu (salah satu bentuk ucapan terima kasih yang tersirat juga kalo kita pake baju di depan teman yang ngasih). Awal make baju nya sih ga terlalu PeDe, tetapi aku berusaha tingkatin PeDeku hari itu.
Sewaktu ketemu ma temen deketku itu, dia terlihat seneng juga kalo baju yang dia kasih dah aku pake.
Dia juga minta maaf karena ga tau pasti ukuran bajuku. Aku bilang ga apa-apa dan seneng banget malahan karena dah dikasih baju,hehehehehehe..
Setelah hari itu, aku coba berpikir gimana caranya ngecilin kemejanya tetapi bentuknya ga monoton kayak kemeja biasanya tetapi dengan mudah. Setelah mencari inspirasi-inspirasi, akhirnya aku mencoba untuk melakukan REFASHION.

Langkah-langkah Refashion kemeja yang kegedean adalah sebagai berikut.

1. Siapkan alat dan bahan untuk refashion:
- kemeja kegedean

- gunting
- mesin jahit (ato buat yang ga punya mesin jahit, bisa dilakukan dengan jahit tangan kok)
- jarum pentul
- pendedel
- penggaris ato meteran kain

2. Ukur bagian pinggang kemeja + 2 cm, kemudian potong lurus. Bisa juga dipotong membentuk huruf V
di pinggang, batas paling bawah adalah bagian pinggang kemeja + 2 cm. Untuk pemotongan seperti huruf V in recommended banget buat yang punya badan ndut agar tetap terlihat sexy, hihihihihihihi...


3. Potong sambungan antara bagian badan dengan bagian lengan kemeja. Boleh juga kalo mau dilepas
sambungannya dengan pendedel tanpa harus dipotong.

http://1.bp.blogspot.com/-jF-vGK2jX5Y/U2SkUHlv90I/AAAAAAAAAA8/zjfoCN8dfwk/s1600/P1010590.JPG
4. Balik badan kemeja sehingga bagian luar kemeja menjadi di dalam dan bagian dalam kemeja menjadi di luar.
5. Tandai dengan jarum pentul, bagian mana saja yang ingin dikecilkan. Kalian dapat memakai badan kemeja tersebut terlebih dahulu, lalu ditandai.

http://3.bp.blogspot.com/-jlXbxVAqvhY/U2SkQ6EbATI/AAAAAAAAAA0/rm9DpomOaJM/s1600/P1010593.JPG
6. Setelah ditandai, jahitlah bagian yang telah ditandai. Kemudian, pakailah bagian badan kemeja tersebut.
Jika belum terasa pas dan sesuai dengan yang kalian harapkan, lepas jahitan dan ulangi menandai serta menjahit bagian badan kemeja yang belum pas. Jika sudah terasa pas dan nyaman dipakai, potonglah sisa bagian badan kemeja yang telah dijahit, kemudian obras atau jahit zig-zag.
7. Satukan bagian bawah kemeja yang telah dipotong dengan bagian badan yang telah dikecilkan. Karena bagian bawah kemeja tidak ikut dikecilkan maka bagian bawah kemeja harus dibuat beberapa lipatan atau kerutan disesuaikan dengan bagian badan kemeja. Satukan dahulu dengan jarum pentul, kemudian baru dijahit. Perhatikan dan sesuaikan  sambungan bajunya agar terlihat lebih rapi. Obras atau jahit zig-zag bagian yang disambung.








8. Beralih ke bagian lengan. Seperti cara mengecilkan bagian badan kemeja, pakailah kemudian tandai bagian-bagian mana saja pada lengan yang perlu dikecilkan. Berhubung saya berhijab, lengan kemeja saya tetap saya  biarkan panjang. Jika ingin bagian lengan dipendekkan, tidak masalah asalkan bentuk tepinya tetap disesuaikan dengan bentuk tepi lengan yang sebelumnya. Untuk lingkar lengan setelah ditandai, jangan dijahit dahulu.


http://4.bp.blogspot.com/-6YbyXwUXri4/U2SkmBEoiBI/AAAAAAAAABM/DDR8cpcbcSY/s1600/P1010621.JPG 
9. Untuk panjang lengan yang telah ditandai, jahit sesuai tanda yang telah dibuat. Potong pula bagian sisa panjang lengan, kemudian obras atau jahit zig-zag.

 


10. Satukan bagian lengan dengan bagian badan kemeja. Satukan menggunakan jarum pentul dahulu
dan sesuaikan lingkar lengan dengan lingkar bahu pada badan kemeja sudah sama besar ato belum. Kalo belum, harus disamakan dan disesuaikan, karena menjahit lengan ini untuk para pemula, cukup membuat geregetan (termasuk saya,hehehehehehehe)...


11. Setelah beberapa bagian kemeja dikecilkan dan disatukan kembali, balik kemejanya. Bagian luar kemeja menjadi di luar, sedangkan bagian dalam kemeja menjadi di dalam kembali.

 
TTTTaaaaarrrrraaaa, kemeja yang semula kegedean, akhirnya pas dan nyaman di badan kita.
Kalian bisa menambahkan aksesoris lain untuk mempercantik penampilan kalian saat mengenakan kemejanya, seperti ikat pinggang atau kalung.

http://4.bp.blogspot.com/-77TkSFkPj3E/U2Sl1SNwrlI/AAAAAAAAACM/UtSjzFyi-bQ/s1600/P1010655_1.jpg
Aku pun pengen cepet-cepet ngelihatin ke temen deketku lagi kalo kemeja yang dikasih ke aku udah ga kegedean lagi, hihihihihihi...

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Refashion : Kemeja Kegedean

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara mengecilkan baju tanpa mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jelaskan jenis jenis jahit aplikasi!

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://irmayuningsih17.blogspot.co.id/2014/05/refashion-kemeja-kegedean-mungkin-ada.html

0 komentar:

Post a Comment