, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA (KERAJINAN)

 apa saja standar keselamatan kerja dalam pembuatan kerajinan dari limbah - Kompetensi Inti (KI) :

    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berintera
ksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
    Memahami, menerapkan, menganalis
is pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret d
an ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar (KD)
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan

Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI-1 dan KI-2 hanya akan terjadi dalam proses pembelajaran KI-3 dan KI-4



2.1     Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2     Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3     Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.

3.1        Mengidentifikasi desain produk dan pengemasasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.

4.1        Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.



























Produk kerajinan tekstil dan pengemasannya, meliputi :
  1. Pengertian desain produk dalam kerajinan tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, , makrame, tenun, tapestry, dll)
  2. Aneka karya kerajinan tekstil
  3. Fungsi karya kerajinan tekstil
  4. Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan tekstil
  5. Motif ragam hias pada kerajinan tekstil
  6. Teknik pembuatan benda kerajinan tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
  7. Pengemasan karya kerajinan tekstil
  8. Desain dan pengemasan produk tekstil











Mengamati:
  • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan tekstil, jenis bahan dasar, alat,  teknik, prosedur  pembuatan karya, dan penyajian/pengemasan produk kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.

Menanya:
  • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan tekstil  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
  • Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan tekstil dan usaha kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat.  

Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan tekstil serta tentang keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan tekstil  yang ada di wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
  • Merekonstruksi model karya kerajinan tekstil dan mengidentifikasi bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu, ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang diberikan oleh pengrajin
  • Melakukan ekprerimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan guru).
    • Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
    • Membuat  karya kerajinan tekstil dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan
  • · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
    • Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
    • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
  1. Aneka jenis bahan tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan tekstil
  2. Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. a.    Apresiasi 
kemampuan mengidentifikasi jenis kerajinan tekstil di wilayah setempat dan langkah-langkah pembuatannya, menunjukkan standar produk kerajinan tekstil.
  1. Keruntutan  berpikir  kemampuan melaksanakan kerja berdasarkan standar kerja untuk memperoleh produk unggul
  2. c.    Pilihan kata
dalam mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan diimplementasikan dalam pembuatan desain produk dan pengemasan kerajinan tekstil.
  1. Penyusunan laporan hasil kerja yang sesuai dengan prinsip  yang telah disepakati sebelumnya.  
  2. Perilaku 
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi

Penilaian Pengamatan, tentang:
1. Ketekunan menyimak masalah dari kajian literatur/media tentang: Pengetahuan, pengertian, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan tekstil
3. Aspek yang dinilai:
1. Kerincian 
 menyusun laporan dan hasil rekonstruksi kerja kerajinan tekstil berdasarkan prinsip kerja.
2. Ketepatan pengetahuan kerja terhadap teori dan keselamatan kerja
  1. Pilihan kata
Mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan diimplementasikan dalam pembuatan desain produk kerajinan tekstil
4. Keativitas bentuk laporan
Kemampuan membuat bentuk laporan yang menarik
5. Perilaku
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi


Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
  1.  Proses pembuatan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1. Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab
14 jam pelajaran


































Contoh karya kerajinan tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, , makrame, tenun, tapestry, dll).

Aneka bahan untuk kerajinan tekstil.

Buku pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan desain produksi dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan pendekatan budaya setempat.




3.3  Memahami proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber.


4.2  Mendesain proses produksi karya kerajinan tekstil berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.



























Mendesain proses produksi kerajinan tekstil meliputi :
  1. Pengertian produksi dan proses produksi
  2. Proses produksi dan sumber yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi kerajinan tekstil.
  3. Proses produksi pembuatan kerajinan tekstil dengan berbagai teknik pembuatan benda kerajinan tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
  4. Langkah keselamatan kerja











Mengamati:
  • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengertian produksi dan proses produksi, pengetahuan sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi  pembuatan karya kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.

Menanya:
  • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan proses produksi pembuatan kerajinan tekstil  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
  • Menggali informasi yang berkaitan dengan proses produksi kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat.  

Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  sumber daya dan proses produksi pembuatan kerajinan tekstil  yang ada di wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.
Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan sumber daya dan proses produksi pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan tesktil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.

Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan sumber daya dan proses produksi  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
  • Membuat rancangan gagasan proses produksi berkarya dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil dan pengemasannya berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya (cara/teknik) dengan pendekatan budaya setepat dan lainnya dengan.orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.



Mengkomunikasikan
  • · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
    • Mempresentasikan dengan tujuan untuk mengevaluasi/menguji hasil rancangan gagasan proses produksi berkarya untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil dan pengemasannya berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya (cara/teknik) untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
  1. Aneka jenis sumber daya kerajinan tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan tekstil
  2. Pengetahuan proses produksi kerajinan tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. a.      Apresiasi
kemampuan mengidentifikasi proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat dan langkah-langkah pembuatannya, menunjukkan standar produk kerajinan tekstil.
  1. Keruntutan  berpikir  kemampuan melaksanakan kerja berdasarkan standar kerja untuk memperoleh produk unggul
  2. c.    Pilihan kata
dalam mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan diimplementasikan dalam pembuatan desain produk dan pengemasan kerajinan tekstil.
  1. Penyusunan laporan hasil kerja yang sesuai dengan prinsip  yang telah disepakati sebelumnya.  
  2. Perilaku 
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi

Penilaian Pengamatan, tentang:
  1. Pengetahuansumber daya kerajinan tekstil dan proses produksi kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
  2. Aspek yang dinilai:
  3. Kerincian 
  4. Ketepatan pengetahuan
  5. Pilihan kata
  6. Keativitas bentuk laporan
  7. Perilaku

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
  1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tesktil
  2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
  3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan tesktil yang dibuatnya
  4. Aspek yang dinilai
    1.  Proses pembuatan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
  1. Produk jadinya 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1. Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab

4 jam pelajaran

































Gambar atau film sumber daya kerajinan tekstil dan proses produksi karya kerajinan tekstil dengan berbagai teknik berkarya.

Aneka bahan untuk kerajinan tekstil.

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan proses produksi pembuatan karya kerajinan tekstil dengan pendekatan budaya setempat.




3.2  Mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi

4.3         Membuat karya kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur.

















Sumber daya usaha kerajinan tekstil, meliputi :
  1.  Pengelolaan sumber daya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).
  2. Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha kerajinan tesktil
  3. Praktek pembuatan kerjainan tekstil
dengan berbagai teknik menghias permukaan kain (ikat celup, batik, sulam, dll)
  1. Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan tekstil
  2. Standar produk dan proses kerja kerajinan tekstil
  3. Penerapan keselamatan kerja










Mengamati:
  • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan tesktil, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.

Menanya:
  • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan tekstil  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
  • Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan tekstil dan usaha kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat.  

Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan tekstil, keberhasilan dan kegagalan wirausaha, dan langkah keselamatan kerja  pada pembuatan kerajinan tekstil  yang ada di wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.
    • Mencatat dan menyusun standar produk dan standar proses kerja kerajinan tekstil

Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
  • Mengamati dan merekonstruksi model karya kerajinan tekstil dan mengidentifikasi bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu, ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang diberikan oleh pengrajin
  • Melakukan ekperimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan guru).
    • Membuat  karya kerajinan tekstil dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif serta memperhatikan keselamatan kerja, kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
    • Merekonstruksi kinerja kerajinan tekstil berdasarkan standar kerja dan standar hasil.

Mengkomunikasikan
  • · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
  • · Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
  • · Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
  • · Menyusun bahan presentasi hasil kerajinan dan langkah kerja sesuai dengan standar proses dan fasilitas penunjang budidaya tanaman hias.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
  1. Aneka jenis bahan tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan tekstil
  2. Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. Apresiasi 
    2. Keruntutan  berpikir
    3. Laporan Kegiatan
    4. Perilaku 

Penilaian Pengamatan, tentang:
1. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan tekstil
3. Aspek yang dinilai:
  1. Kerincian 
  2. Ketepatan pengetahuan
  3. Pilihan kata
  4. Keativitas bentuk laporan
  5. Perilaku

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan tesktil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
  1.  Proses pembuatan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1. Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab

4 jam pelajaran



































Contoh karya kerajinan tekstil dengan berbagai teknik (ikat celup, batik, sulam, dll).

Aneka bahan untuk kerajinan tekstil.

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan sumber daya produksi karya kerajinan tekstil dengan pendekatan budaya setempat.




3.4  Memahami konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha kerajinan tekstil.

4.4  Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha kerajinan tekstil.























Konsep kewirausahaan, meliputi :  
  1.    Dasar-dasar kewirausahaan bidang kerajinan tekstil
  2. Stimulasi dan motivasi wirausaha berdasarkan sifat dan karakter isi, bentuk dan kerja produksi.
  3.     Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
  4.     Faktor-faktor penyebab kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
  5.     Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
  6. Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)
  7. Prinsip cara kerja prestatif

Mengamati:
  • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan wirausaha dan kewirausahaan, tujuan, dan manfaat wirausaha agar terbangun rasa ingin tahu.
  • Mengamati karakteristik wirausahawan berdasarkan buku teks dan sumber bacaan/media dengan cermat dan teliti serta penuh rasa ingin tahu.

Menanya:
  • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan pengalaman menjalankan usaha kerajinan tekstil dan mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan. 


Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan wirausaha, keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan tekstil di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan wirausaha, keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat atau nusantara.
    • Membuat rancangan gagasan dalam bentuk tertulis/gambar skets untuk kegiatan pembuatan usaha kerajinan tekstil berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
    • Membuat  usaha kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan
  • Mengevaluasi/menguji hasil analisa usaha kerajinan tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
  • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan wirausaha, keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan tesktil dengan tampilan menarik terhadap sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi,
tentang:
  1. Pemahaman konsep wirausaha dalam menjalankan sebuah wirausaha kerajinan tekstil
  2. Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. Apresiasi 
    2. Keruntutan  berpikir
    3. Laporan Kegiatan
    4. Perilaku 

Penilaian Pengamatan, tentang:
  1. Pengetahuan wirausaha kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat 
  2.    Aspek yang dinilai:
    1. Kerincian 
    2. Ketepatan pengetahuan
    3. Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan
  1. Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
  1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk usaha kerajinan dari bahan buatan
  2. Pembuatan usaha  kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
  3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan buatan yang dibuatnya
  4. Aspek yang dinilai
    1. a.      Proses pembuatan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
  1. b.      Produk jadinya 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1. c.       Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab
8 jam pelajaran






























Gambar/film/cerita tokoh wirausahawan yang bergerak di bidang kerajinan khususnya kerajinan tekstil


Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan konsep wirausaha produksi pembuatan karya kerajinan tekstil di lingkungan setempat












3.5        Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.

4.5        Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.



























Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya, meliputi :
  1. Pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi,  makrame, tenun, tapestry, dll)
  2. Aneka karya kerajinan limbah tekstil
  3. Fungsi karya kerajinan limbah tekstil
  4. Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil
  5. Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil
  6. Teknik pembuatan benda kerajinan limbah  tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
  7. Pengemasan karya kerajinan limbah tekstil











Mengamati:
  • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan limbah tekstil, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.

Menanya:
  • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan limbah tekstil  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
  • Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan limbah tekstil dan usaha kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat.  

Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan limbah tekstil serta tentang keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan limbah tekstil  yang ada di wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.


Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
  • Mengamati dan merekonstruksi model karya kerajinan limbah tekstil dan mengidentifikasi bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu, ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang diberikan oleh pengrajin
  • Melakukan ekprerimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan guru).
    • Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
    • Membuat  karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.

Mengkomunikasikan
  • · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
    • Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan limbah tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
    • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
  1. Aneka jenis bahan limbah tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan limbah  tekstil
  2. Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. a.    Apresiasi 
kemampuan mengidentifikasi jenis kerajinan limbah  tekstil di wilayah setempat dan langkah-langkah pembuatannya, menunjukkan standar produk kerajinan tekstil.
  1. Keruntutan  berpikir  kemampuan melaksanakan kerja berdasarkan standar kerja untuk memperoleh produk unggul
  2. c.    Pilihan kata
dalam mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan diimplementasikan dalam pembuatan desain produk dan pengemasan kerajinan limbah  tekstil.
  1. Penyusunan laporan hasil kerja yang sesuai dengan prinsip  yang telah disepakati sebelumnya.  
  2. Perilaku 
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi

Penilaian Pengamatan, tentang:
  1. Ketekunan menyimak masalah dari kajian literatur/media tentang: Pengetahuan, pengertian, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinanlimbah  tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat 
  2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan tekstil
3. Aspek yang dinilai:
  1. a.      Kerincian 
 menyusun laporan dan hasil rekonstruksi kerja kerajinan limbah tekstil berdasarkan prinsip kerja.
  1. b.  Ketepatanpengetahuan kerja terhadap teori dan keselamatan kerja
    1. c.    Pilihan kata
Mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan diimplementasikan dalam pembuatan desain produk kerajinanlimbah  tekstil
d. Keativitas bentuk laporan
Kemampuan membuat bentuk laporan yang menarik
  1. e.  Perilaku
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi




Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan limbah tesktil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
  1.  Proses pembuatan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1. Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab
4 jam pelajaran



































Contoh karya kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame, tenun, tapestry, dll).

Aneka bahan untuk kerajinan limbah tekstil.

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya setempat.












3.7  Menganalisis proses produksi kerajinan limbah tekstil di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber.

4.6  Mendesain proses produksi karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.



























Proses produksi kerajinan tekstil berdasarkan standar isi dan standar kerja, meliputi :
  1. Proses produksi dan sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi.
  2. Menetapkan desain roses produksi pembuatan kerajinan limbah tekstil berdasarkan prosedur berkarya.
  3. Langkah keselamatan kerja














Mengamati:
  • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi  pembuatan karya kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.

Menanya:
  • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan proses produksi pembuatan kerajinan limbah tekstil  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
  • Menggali informasi yang berkaitan dengan proses produksi kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat.  

Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  sumber daya dan proses produksi pembuatan kerajinan limbah tekstil  yang ada di wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
  • Membuat rancangan gagasan proses produksi berkarya dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setepat dan lainnya dengan.orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
    • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

Mengkomunikasikan
  • · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
    • Mempresentasikan dengan tujuan untuk mengevaluasi/menguji hasil rancangan gagasan proses produksi pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
  1. Aneka jenis bahan limbah yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan limbah tekstil
  2. Pengetahuan modifikasi, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. Apresiasi 
    2. Keruntutan  berpikir
    3. Laporan Kegiatan
    4. Perilaku 


Penilaian Pengamatan, tentang:
  1. Pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan alam yang ada di lingkungan wilayah setempat 
  2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan limbah tekstil
  3. 3.    Aspek yang dinilai:
    1. Kerincian 
    2. Ketepatan pengetahuan
    3. Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan Perilaku

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
  1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
  2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
  3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil  yang dibuatnya
  4. Aspek yang dinilai
    1. Proses pembuatan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
  1. Produk jadinya 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1.  Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab

4 jam pelajaran



































Gambar atau film proses produksi karya kerajinan limbah  tekstil dengan berbagai teknik berkarya.

Aneka bahan untuk kerajinan limbah tekstil.

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan proses produksi pembuatan karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya setempat.




3.6  Memahami sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi kerajinan limbah tekstil.

4.7         Membuat karya kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur.
















Sumber daya usaha kerajinan limbah tekstil, meliputi :
  1. Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada sentra/usaha (dikenal dengan istilah 6M) kerajinan limbah tekstil
  2. Praktek kerajinan limbah tekstil  berdasarkan kebutuhan sumberdaya (bahan, peralatan, keterampilan bekerja & pasar) dan prosedur yang ditetapkannya (jenis, manfaat, teknik pengolahan, dan penyajian/penge-masan)
  3. Penerapan keselamatan kerja

Mengamati:
  • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan limbah  tekstil, jenis bahan dasar, alat,  teknik, dan prosedur  pembuatan karya kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.

Menanya:
  • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan limbah tekstil  agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
  • Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan limbah tekstil dan usaha kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat.  

Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan  motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan limbah tekstil serta tentang keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan limbah tekstil  yang ada di wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.
  • Mencatat dan menyusun standar produk dan standar proses kerja kerajinan limbah tekstil.

Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses  yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil  yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
  • Mengamati dan merekonstruksi model karya kerajinan tekstil dan mengidentifikasi bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu, ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang diberikan oleh pengrajin
  • Melakukan ekprerimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan guru).
    • Membuat  karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
    • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.

Mengkomunikasikan
  • · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
    • Mempresentasikan dengan tujuan untuk mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan limbah tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
  1. Aneka bahan limbah yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan limbah tekstil
  2. Pengetahuan, bahan, alat,  teknik, dan proses yang  digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. Apresiasi 
    2. Keruntutan  berpikir
    3. Laporan Kegiatan
    4. Perilaku 

Penilaian Pengamatan, tentang:
  1. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan limbah tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat 
  2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan limbah tekstil
  3. 3.    Aspek yang dinilai:
    1. Kerincian 
b. Ketepatan pengetahuan
  1. Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan
  1. Perilaku

Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
  1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan dari bahan buatan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
  1.  Proses pembuatan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1. Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab

4 jam pelajaran


































Contoh sumber daya  kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik (ikat celup, batik, sulam, dll).

Aneka bahan untuk kerajinan limbah tekstil.

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan sumber daya pembuatan karya kerajinan limbah  tekstil dengan pendekatan budaya setempat.




3.8  Menganalisis sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil yang dapat mendukung keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha.

4.8  Menyajikan hasil analisa sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil.



























Sikap dan Perilaku Wirausaha, meliputi :
  1. Berbagai sikap membangun semangat usaha (Inovatif, Kreatifitas, Motivasi, Sikap bekerja efektif dan efisien)
  2. Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
  3. Bagaimana menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji
  4. Penerapan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
  5. Penerapan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri















Mengamati:
  • Menugaskan untuk mengunjungi/melihat dari media rekam/buku tentang tokoh usahawan di wilayah setempat dan mengamati bagaimana pelaku usaha menerapkan waktu, janji, dan kepedulian terhadap mutu hasil kerja, serta komitmen tinggi terhadap pengendalian diri agar terbangun rasa ingin tahu, bangga akan produk tradisi setempat dan mensyukuri anugerah Tuhan  agar terbangun rasa ingin tahu.
  • Mengamati dan mewawancarai wirausahawan/narasumber atau mencari informasi/referensi pada sumber bacaan atau media sosial tentang hal-hal yang mendukung keberhasilan usaha di daerah setempat dengan sikap santun dan melatih tanggung jawab, kemandirian dan bekerjasama.

Menanya:
  • Menyebutkan berbagai sikap dalam membangun semangat wirausaha
  • Mengamati dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi dalam berwirausaha berdasarkan buku teks dan sumber bacaan/media/contoh melalui diskusi
agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
  • Mewawancarai wirausahawan/nara sumber atau mencari informasi/referensi pada sumber bacaan atau media sosial tentang hal-hal yang mendukung keberhasilan usaha di daerah setempat dengan sikap santun dan melatih tanggung jawab, kemandirian dan bekerjasama.

Mengumpulkan Data
  • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan wirausaha, keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan tekstil di lingkungan wilayah setempat  agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi
  • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan sikap wirausaha dari tokoh wirausahawan kerajinan limbah tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat atau nusantara.
  • Mengumpulkan dan menyiapkan sumber bahan dari surat kabar/ majalah yang ada di wilayah setempat yang diperlukan untuk membuat skenario pentas/drama tentang aktualisasi sikap dan perilaku wirausahawan

Mengkomunikasikan
  • Mengevaluasi/menguji hasil analisa usaha kerajinan limbah tekstildan sikap wirausahawan untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
  • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan sikap wirausaha kerajinan limbah tekstil dengan tampilan menarik terhadap sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
  1. Analisa sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil
  2. Pengetahuan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil
  3. Aspek yang dinilai:
    1. Apresiasi 
    2. Keruntutan  berpikir
    3. Laporan Kegiatan
    4. Perilaku 

Penilaian Pengamatan, tentang:
  1. Pengetahuan perilaku wirausaha dari tokoh wirausaha yang ada di lingkungan wilayah setempat 
  2. Menganalisa perilaku wirausaha
  3. Aspek yang dinilai:
    1. Kerincian 
    2. Ketepatan pengetahuan
    3. Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan
  1. Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
  1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan pentas/drama aplikasi perilaku wirausaha
  2. Pembuatan skenario kegiatan pentas/drama
  3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan perilaku wirausaha dari tokoh wirausaha kerajinan limbah tekstil dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang dibuatnya
  4. Aspek yang dinilai
    1. Proses rancangan 50%
-   Ide gagasan
-   Kreativitas
-   Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
  1. Presentasi/pementasan 35%
-   Uji karya
-   Kemasan
-   Kreativitas bentuk laporan
-   Presentasi
  1. Sikap 15%
-   Mandiri
-   Disiplin
-   Tanggung jawab
4               jam pelajaran































Gambar/film/cerita tokoh wirausahawan yang bergerak di bidang kerajinan khususnya kerajinan limbah tekstil


Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian,  audio-visual,  media maya (internet) dan sikap, perilaku wirausaha produksi pembuatan karya kerajinan limbah tekstil di lingkungan setempat












             


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang apa saja standar keselamatan kerja dalam pembuatan kerajinan dari limbah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PENGENALAN ALAT-ALAT DAN BAHAN MENJAHIT

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://andrizal.smansa-padang.sch.id/?id=9

0 komentar:

Post a Comment