1.1 Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan
keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai
anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai
secara tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa
keterkaitan KI-1 dan KI-2 hanya akan terjadi dalam proses pembelajaran
KI-3 dan KI-4
|
2.1 Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam
menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan
kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam
memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan
menerapkan wirausaha.
2.3 Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi,
disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami
kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan
lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun
semangat usaha.
|
3.1 Mengidentifikasi desain produk dan pengemasasan karya
kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya
setempat dan lainnya.
4.1 Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan
berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan
lainnya.
|
Produk kerajinan tekstil dan pengemasannya, meliputi :
- Pengertian desain produk dalam kerajinan tekstil dengan berbagai
teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, , makrame, tenun, tapestry,
dll)
- Aneka karya kerajinan tekstil
- Fungsi karya kerajinan tekstil
- Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan tekstil
- Motif ragam hias pada kerajinan tekstil
- Teknik pembuatan benda kerajinan tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
- Pengemasan karya kerajinan tekstil
- Desain dan pengemasan produk tekstil
|
Mengamati:
- Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari
kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan tekstil, jenis
bahan dasar, alat, teknik, prosedur pembuatan karya, dan
penyajian/pengemasan produk kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin
tahu dan menunjukkan motivasi internal.
Menanya:
- Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan
fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan
kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat
mensyukuri anugerah Tuhan.
- Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan tekstil dan usaha kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur
pembuatan karya kerajinan tekstil serta tentang keberhasilan dan
kegagalan wirausaha kerajinan tekstil yang ada di wilayah setempat
agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah
air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang
digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil yang ada dilingkungan
wilayah setempat atau nusantara.
- Merekonstruksi model karya kerajinan tekstil dan mengidentifikasi
bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu, ketelitian, dan
rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang diberikan oleh
pengrajin
- Melakukan ekprerimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan
digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku
rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan
guru).
- Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis
untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil dan pengemasannya
berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
- Membuat karya kerajinan tekstil dan pengemasannya dengan
cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama,
gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan
inovatif serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
Mengkomunikasikan
- · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
- Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
- Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan,
foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik,
dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik
terhadap karya kerajinan tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan
pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
- Aneka jenis bahan tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan tekstil
- Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil
- Aspek yang dinilai:
-
a. Apresiasi
kemampuan mengidentifikasi jenis kerajinan tekstil di wilayah
setempat dan langkah-langkah pembuatannya, menunjukkan standar produk
kerajinan tekstil.
-
Keruntutan berpikir kemampuan melaksanakan kerja berdasarkan standar kerja untuk memperoleh produk unggul
-
c. Pilihan kata
dalam mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan
diimplementasikan dalam pembuatan desain produk dan pengemasan kerajinan
tekstil.
-
Penyusunan laporan hasil kerja yang sesuai dengan prinsip yang telah disepakati sebelumnya.
-
Perilaku
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi
Penilaian Pengamatan, tentang:
1. Ketekunan menyimak masalah dari kajian literatur/media tentang:
Pengetahuan, pengertian, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya
kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan tekstil
3. Aspek yang dinilai:
1. Kerincian
menyusun laporan dan hasil rekonstruksi kerja kerajinan tekstil berdasarkan prinsip kerja.
2. Ketepatan pengetahuan kerja terhadap teori dan keselamatan kerja
- Pilihan kata
Mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan diimplementasikan dalam pembuatan desain produk kerajinan tekstil
4. Keativitas bentuk laporan
Kemampuan membuat bentuk laporan yang menarik
5. Perilaku
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya
kerajinan tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
-
Proses pembuatan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
- Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
14 jam pelajaran
|
Contoh karya kerajinan tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, , makrame, tenun, tapestry, dll).
Aneka bahan untuk kerajinan tekstil.
Buku pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan desain produksi
dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan pendekatan budaya
setempat.
|
3.3 Memahami proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber.
4.2 Mendesain proses produksi karya kerajinan tekstil berdasarkan
identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya dengan
pendekatan budaya setempat dan lainnya.
|
Mendesain proses produksi kerajinan tekstil meliputi :
- Pengertian produksi dan proses produksi
- Proses produksi dan sumber yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi kerajinan tekstil.
- Proses produksi pembuatan kerajinan tekstil dengan berbagai teknik
pembuatan benda kerajinan tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat
celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
- Langkah keselamatan kerja
|
Mengamati:
- Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari
kajian literatur/media tentang pengertian produksi dan proses produksi,
pengetahuan sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi
pembuatan karya kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan
menunjukkan motivasi internal.
Menanya:
- Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan
proses produksi pembuatan kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin
tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
- Menggali informasi yang berkaitan dengan proses produksi kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan sumber daya dan proses produksi pembuatan kerajinan
tekstil yang ada di wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu,
bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga
bangsa.
Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan sumber daya
dan proses produksi pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan
menarik terhadap karya kerajinan tesktil yang dibuatnya sebagai
pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan sumber daya dan proses produksi yang
digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil yang ada dilingkungan
wilayah setempat atau nusantara.
- Membuat rancangan gagasan proses produksi berkarya dalam bentuk
gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil
dan pengemasannya berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan
prosedur berkarya (cara/teknik) dengan pendekatan budaya setepat dan
lainnya dengan.orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan
mandiri.
Mengkomunikasikan
- · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
- Mempresentasikan dengan tujuan untuk mengevaluasi/menguji hasil
rancangan gagasan proses produksi berkarya untuk kegiatan pembuatan
karya kerajinan tekstil dan pengemasannya berdasarkan identifikasi
kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya (cara/teknik) untuk
memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
- Aneka jenis sumber daya kerajinan tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan tekstil
- Pengetahuan proses produksi kerajinan tekstil
- Aspek yang dinilai:
-
a. Apresiasi
kemampuan mengidentifikasi proses produksi kerajinan tekstil di
wilayah setempat dan langkah-langkah pembuatannya, menunjukkan standar
produk kerajinan tekstil.
-
Keruntutan berpikir kemampuan melaksanakan kerja berdasarkan standar kerja untuk memperoleh produk unggul
-
c. Pilihan kata
dalam mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan
diimplementasikan dalam pembuatan desain produk dan pengemasan kerajinan
tekstil.
-
Penyusunan laporan hasil kerja yang sesuai dengan prinsip yang telah disepakati sebelumnya.
-
Perilaku
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi
Penilaian Pengamatan, tentang:
- Pengetahuansumber daya kerajinan tekstil dan proses produksi kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
- Aspek yang dinilai:
- Kerincian
- Ketepatan pengetahuan
- Pilihan kata
- Keativitas bentuk laporan
- Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
- Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tesktil
- Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
-
Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya
kerajinan tesktil yang dibuatnya
- Aspek yang dinilai
-
Proses pembuatan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
- Produk jadinya 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
- Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
4 jam pelajaran
|
Gambar atau film sumber daya kerajinan tekstil dan proses produksi karya kerajinan tekstil dengan berbagai teknik berkarya.
Aneka bahan untuk kerajinan tekstil.
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan proses produksi
pembuatan karya kerajinan tekstil dengan pendekatan budaya setempat.
|
3.2 Mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi
4.3 Membuat karya kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur.
|
Sumber daya usaha kerajinan tekstil, meliputi :
- Pengelolaan sumber daya usaha dikenal dengan istilah 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).
- Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada usaha kerajinan tesktil
- Praktek pembuatan kerjainan tekstil
dengan berbagai teknik menghias permukaan kain (ikat celup, batik, sulam, dll)
- Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan tekstil
- Standar produk dan proses kerja kerajinan tekstil
- Penerapan keselamatan kerja
|
Mengamati:
- Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari
kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan tesktil, jenis
bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan
tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi
internal.
Menanya:
- Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan
fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan
kerajinan tekstil agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat
mensyukuri anugerah Tuhan.
- Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan tekstil dan usaha kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur
pembuatan karya kerajinan tekstil, keberhasilan dan kegagalan wirausaha,
dan langkah keselamatan kerja pada pembuatan kerajinan tekstil yang
ada di wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap
santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
- Mencatat dan menyusun standar produk dan standar proses kerja kerajinan tekstil
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang
digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil yang ada dilingkungan
wilayah setempat atau nusantara.
- Mengamati dan merekonstruksi model karya kerajinan tekstil dan
mengidentifikasi bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu,
ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang
diberikan oleh pengrajin
- Melakukan ekperimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan
digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku
rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan
guru).
- Membuat karya kerajinan tekstil dan pengemasannya dengan
cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama,
gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan
inovatif serta memperhatikan keselamatan kerja, kerapihan dan kebersihan
lingkungannya.
- Merekonstruksi kinerja kerajinan tekstil berdasarkan standar kerja dan standar hasil.
Mengkomunikasikan
- · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
- · Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
- · Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan,
foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik,
dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik
terhadap karya kerajinan tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan
pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
- · Menyusun bahan presentasi hasil kerajinan dan langkah kerja sesuai
dengan standar proses dan fasilitas penunjang budidaya tanaman hias.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
- Aneka jenis bahan tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan tekstil
- Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil
- Aspek yang dinilai:
- Apresiasi
- Keruntutan berpikir
- Laporan Kegiatan
- Perilaku
Penilaian Pengamatan, tentang:
1. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan tekstil
3. Aspek yang dinilai:
- Kerincian
- Ketepatan pengetahuan
- Pilihan kata
- Keativitas bentuk laporan
- Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan tekstil
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan tesktil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya
kerajinan tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
-
Proses pembuatan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
- Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
4 jam pelajaran
|
Contoh karya kerajinan tekstil dengan berbagai teknik (ikat celup, batik, sulam, dll).
Aneka bahan untuk kerajinan tekstil.
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan sumber daya
produksi karya kerajinan tekstil dengan pendekatan budaya setempat.
|
3.4 Memahami konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha kerajinan tekstil.
4.4 Menyajikan konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh wirausaha kerajinan tekstil.
|
Konsep kewirausahaan, meliputi :
- Dasar-dasar kewirausahaan bidang kerajinan tekstil
- Stimulasi dan motivasi wirausaha berdasarkan sifat dan karakter isi, bentuk dan kerja produksi.
- Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
- Faktor-faktor penyebab kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
- Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
- Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)
- Prinsip cara kerja prestatif
|
Mengamati:
- Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari
kajian literatur/media tentang pengetahuan wirausaha dan kewirausahaan,
tujuan, dan manfaat wirausaha agar terbangun rasa ingin tahu.
- Mengamati karakteristik wirausahawan berdasarkan buku teks dan
sumber bacaan/media dengan cermat dan teliti serta penuh rasa ingin
tahu.
Menanya:
- Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan
pengalaman menjalankan usaha kerajinan tekstil dan mengidentifikasi
keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan tekstil agar terbangun
rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan wirausaha, keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan
tekstil di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu,
bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga
bangsa.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan wirausaha, keberhasilan dan kegagalan
wirausaha kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat atau
nusantara.
- Membuat rancangan gagasan dalam bentuk tertulis/gambar skets
untuk kegiatan pembuatan usaha kerajinan tekstil berdasarkan
orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
- Membuat usaha kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur
yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin,
tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
Mengkomunikasikan
- Mengevaluasi/menguji hasil analisa usaha kerajinan tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
- Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan,
foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan wirausaha, keberhasilan
dan kegagalan wirausaha kerajinan tesktil dengan tampilan menarik
terhadap sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural,
serta mempresentasikan di kelas.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi,
tentang:
- Pemahaman konsep wirausaha dalam menjalankan sebuah wirausaha kerajinan tekstil
- Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan tekstil
- Aspek yang dinilai:
- Apresiasi
- Keruntutan berpikir
- Laporan Kegiatan
- Perilaku
Penilaian Pengamatan, tentang:
- Pengetahuan wirausaha kerajinan tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
- Aspek yang dinilai:
- Kerincian
- Ketepatan pengetahuan
- Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan
- Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
- Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk usaha kerajinan dari bahan buatan
- Pembuatan usaha kerajinan tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
-
Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya
kerajinan dari bahan buatan yang dibuatnya
- Aspek yang dinilai
-
a. Proses pembuatan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
-
b. Produk jadinya 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
-
c. Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
8 jam pelajaran
|
Gambar/film/cerita tokoh wirausahawan yang bergerak di bidang kerajinan khususnya kerajinan tekstil
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan konsep wirausaha
produksi pembuatan karya kerajinan tekstil di lingkungan setempat
|
3.5 Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya
kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan
budaya setempat dan lainnya.
4.5 Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah
tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat
dan lainnya.
|
Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya, meliputi :
- Pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai
teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame, tenun, tapestry,
dll)
- Aneka karya kerajinan limbah tekstil
- Fungsi karya kerajinan limbah tekstil
- Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil
- Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil
- Teknik pembuatan benda kerajinan limbah tekstil : jahit, jahit
aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
- Pengemasan karya kerajinan limbah tekstil
|
Mengamati:
- Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari
kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan limbah tekstil,
jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya
kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan
motivasi internal.
Menanya:
- Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan
fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan
kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat
mensyukuri anugerah Tuhan.
- Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan limbah tekstil
dan usaha kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah
setempat.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur
pembuatan karya kerajinan limbah tekstil serta tentang keberhasilan dan
kegagalan wirausaha kerajinan limbah tekstil yang ada di wilayah
setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta
tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang
digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil yang ada
dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
- Mengamati dan merekonstruksi model karya kerajinan limbah tekstil
dan mengidentifikasi bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin
tahu, ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari
Tuhan yang diberikan oleh pengrajin
- Melakukan ekprerimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan
digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku
rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan
guru).
- Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis
untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah tekstil dan
pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya
diri dan mandiri.
- Membuat karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya dengan
cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama,
gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan
inovatif serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
Mengkomunikasikan
- · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
- Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan limbah tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
- Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan,
foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik,
dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik
terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman
akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di
kelas.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
- Aneka jenis bahan limbah tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan limbah tekstil
- Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
- Aspek yang dinilai:
-
a. Apresiasi
kemampuan mengidentifikasi jenis kerajinan limbah tekstil di
wilayah setempat dan langkah-langkah pembuatannya, menunjukkan standar
produk kerajinan tekstil.
-
Keruntutan berpikir kemampuan melaksanakan kerja berdasarkan standar kerja untuk memperoleh produk unggul
-
c. Pilihan kata
dalam mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan
diimplementasikan dalam pembuatan desain produk dan pengemasan kerajinan
limbah tekstil.
-
Penyusunan laporan hasil kerja yang sesuai dengan prinsip yang telah disepakati sebelumnya.
-
Perilaku
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi
Penilaian Pengamatan, tentang:
- Ketekunan menyimak masalah dari kajian literatur/media tentang:
Pengetahuan, pengertian, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya
kerajinanlimbah tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
- Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan tekstil
3. Aspek yang dinilai:
-
a. Kerincian
menyusun laporan dan hasil rekonstruksi kerja kerajinan limbah tekstil berdasarkan prinsip kerja.
-
b. Ketepatanpengetahuan kerja terhadap teori dan keselamatan kerja
-
c. Pilihan kata
Mengutarakan pendapat dan kualitas gagasan yang akan diimplementasikan dalam pembuatan desain produk kerajinanlimbah tekstil
d. Keativitas bentuk laporan
Kemampuan membuat bentuk laporan yang menarik
-
e. Perilaku
mempunyai sikap jujur yang ditunjukkan oleh kelugasan mengutarakan pendapat, sikap terbuka dalam menerima masukan dan koreksi
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan limbah tesktil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya
kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
-
Proses pembuatan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
- Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
4 jam pelajaran
|
Contoh karya kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame, tenun, tapestry, dll).
Aneka bahan untuk kerajinan limbah tekstil.
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan desain produk dan
pengemasan karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya
setempat.
|
3.7 Menganalisis proses produksi kerajinan limbah tekstil di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber.
4.6 Mendesain proses produksi karya kerajinan limbah tekstil
berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya
dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
|
Proses produksi kerajinan tekstil berdasarkan standar isi dan standar kerja, meliputi :
- Proses produksi dan sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi.
- Menetapkan desain roses produksi pembuatan kerajinan limbah tekstil berdasarkan prosedur berkarya.
- Langkah keselamatan kerja
|
Mengamati:
- Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari
kajian literatur/media tentang pengetahuan sumber daya yang dibutuhkan
dalam mendukung proses produksi pembuatan karya kerajinan limbah
tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi
internal.
Menanya:
- Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan
proses produksi pembuatan kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa
ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
- Menggali informasi yang berkaitan dengan proses produksi kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan sumber daya dan proses produksi pembuatan kerajinan limbah
tekstil yang ada di wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu,
bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga
bangsa.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang
digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil yang ada
dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
- Membuat rancangan gagasan proses produksi berkarya dalam bentuk
gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah
tekstil dan pengemasannya berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya
dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setepat dan lainnya
dengan.orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
- Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan
menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya sebagai
pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta
mempresentasikan di kelas.
Mengkomunikasikan
- · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
- Mempresentasikan dengan tujuan untuk mengevaluasi/menguji hasil
rancangan gagasan proses produksi pada pembuatan karya kerajinan limbah
tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
- Aneka jenis bahan limbah yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan limbah tekstil
- Pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
- Aspek yang dinilai:
- Apresiasi
- Keruntutan berpikir
- Laporan Kegiatan
- Perilaku
Penilaian Pengamatan, tentang:
- Pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses
pembuatan karya kerajinan dari bahan alam yang ada di lingkungan wilayah
setempat
- Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan limbah tekstil
- 3. Aspek yang dinilai:
- Kerincian
- Ketepatan pengetahuan
- Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
- Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
- Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
-
Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya
kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya
- Aspek yang dinilai
- Proses pembuatan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
- Produk jadinya 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
- Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
4 jam pelajaran
|
Gambar atau film proses produksi karya kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik berkarya.
Aneka bahan untuk kerajinan limbah tekstil.
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan proses produksi
pembuatan karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya
setempat.
|
3.6 Memahami sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi kerajinan limbah tekstil.
4.7 Membuat karya kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur.
|
Sumber daya usaha kerajinan limbah tekstil, meliputi :
- Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada sentra/usaha (dikenal dengan istilah 6M) kerajinan limbah tekstil
- Praktek kerajinan limbah tekstil berdasarkan kebutuhan sumberdaya
(bahan, peralatan, keterampilan bekerja & pasar) dan prosedur yang
ditetapkannya (jenis, manfaat, teknik pengolahan, dan
penyajian/penge-masan)
- Penerapan keselamatan kerja
|
Mengamati:
- Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari
kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan limbah tekstil,
jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya
kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan
motivasi internal.
Menanya:
- Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan
fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan
kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat
mensyukuri anugerah Tuhan.
- Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan limbah tekstil
dan usaha kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah
setempat.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur
pembuatan karya kerajinan limbah tekstil serta tentang keberhasilan dan
kegagalan wirausaha kerajinan limbah tekstil yang ada di wilayah
setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta
tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
- Mencatat dan menyusun standar produk dan standar proses kerja kerajinan limbah tekstil.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang
digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil yang ada
dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
- Mengamati dan merekonstruksi model karya kerajinan tekstil dan
mengidentifikasi bahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu,
ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang
diberikan oleh pengrajin
- Melakukan ekprerimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan
digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku
rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan
guru).
- Membuat karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya dengan
cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama,
gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan
inovatif serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
- Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan,
foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik,
dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik
terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman
akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural.
Mengkomunikasikan
- · Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
- Mempresentasikan dengan tujuan untuk mengevaluasi/menguji hasil
pembuatan karya kerajinan limbah tekstil untuk memperlihatkan kejujuran
dalam berkarya.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
- Aneka bahan limbah yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan limbah tekstil
- Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
- Aspek yang dinilai:
- Apresiasi
- Keruntutan berpikir
- Laporan Kegiatan
- Perilaku
Penilaian Pengamatan, tentang:
- Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan limbah tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
- Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan limbah tekstil
- 3. Aspek yang dinilai:
- Kerincian
b. Ketepatan pengetahuan
- Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan
- Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
- Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan
2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan dari bahan buatan dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat,
teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya
kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya
4. Aspek yang dinilai
-
Proses pembuatan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
b. Produk jadinya 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
- Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
4 jam pelajaran
|
Contoh sumber daya kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik (ikat celup, batik, sulam, dll).
Aneka bahan untuk kerajinan limbah tekstil.
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan sumber daya
pembuatan karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya
setempat.
|
3.8 Menganalisis sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah
tekstil yang dapat mendukung keberhasilan dalam menjalankan sebuah
usaha.
4.8 Menyajikan hasil analisa sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil.
|
Sikap dan Perilaku Wirausaha, meliputi :
- Berbagai sikap membangun semangat usaha (Inovatif, Kreatifitas, Motivasi, Sikap bekerja efektif dan efisien)
- Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
- Bagaimana menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji
- Penerapan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
- Penerapan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri
|
Mengamati:
- Menugaskan untuk mengunjungi/melihat dari media rekam/buku
tentang tokoh usahawan di wilayah setempat dan mengamati bagaimana
pelaku usaha menerapkan waktu, janji, dan kepedulian terhadap mutu hasil
kerja, serta komitmen tinggi terhadap pengendalian diri agar terbangun
rasa ingin tahu, bangga akan produk tradisi setempat dan mensyukuri
anugerah Tuhan agar terbangun rasa ingin tahu.
- Mengamati dan mewawancarai wirausahawan/narasumber atau mencari
informasi/referensi pada sumber bacaan atau media sosial tentang hal-hal
yang mendukung keberhasilan usaha di daerah setempat dengan sikap
santun dan melatih tanggung jawab, kemandirian dan bekerjasama.
Menanya:
- Menyebutkan berbagai sikap dalam membangun semangat wirausaha
- Mengamati dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menunjukkan
komitmen tinggi dalam berwirausaha berdasarkan buku teks dan sumber
bacaan/media/contoh melalui diskusi
agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
- Mewawancarai wirausahawan/nara sumber atau mencari
informasi/referensi pada sumber bacaan atau media sosial tentang hal-hal
yang mendukung keberhasilan usaha di daerah setempat dengan sikap
santun dan melatih tanggung jawab, kemandirian dan bekerjasama.
Mengumpulkan Data
- Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang
pengetahuan wirausaha, keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan
tekstil di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu,
bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga
bangsa.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian
literatur tentang pengetahuan sikap wirausaha dari tokoh wirausahawan
kerajinan limbah tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat atau
nusantara.
- Mengumpulkan dan menyiapkan sumber bahan dari surat kabar/ majalah
yang ada di wilayah setempat yang diperlukan untuk membuat skenario
pentas/drama tentang aktualisasi sikap dan perilaku wirausahawan
Mengkomunikasikan
- Mengevaluasi/menguji hasil analisa usaha kerajinan limbah
tekstildan sikap wirausahawan untuk memperlihatkan kejujuran dalam
berkarya.
- Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan,
foto dan gambar yang mendeskripsikan sikap wirausaha kerajinan limbah
tekstil dengan tampilan menarik terhadap sebagai pemahaman akan
pengetahuan/ konseptual dan prosedural.
|
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
- Analisa sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil
- Pengetahuan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil
- Aspek yang dinilai:
- Apresiasi
- Keruntutan berpikir
- Laporan Kegiatan
- Perilaku
Penilaian Pengamatan, tentang:
- Pengetahuan perilaku wirausaha dari tokoh wirausaha yang ada di lingkungan wilayah setempat
- Menganalisa perilaku wirausaha
- Aspek yang dinilai:
- Kerincian
- Ketepatan pengetahuan
- Pilihan kata
d. Keativitas bentuk laporan
- Perilaku
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
- Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan pentas/drama aplikasi perilaku wirausaha
- Pembuatan skenario kegiatan pentas/drama
-
Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti
tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan perilaku
wirausaha dari tokoh wirausaha kerajinan limbah tekstil dengan tampilan
menarik terhadap karya kerajinan yang dibuatnya
- Aspek yang dinilai
- Proses rancangan 50%
- Ide gagasan
- Kreativitas
- Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
- Presentasi/pementasan 35%
- Uji karya
- Kemasan
- Kreativitas bentuk laporan
- Presentasi
- Sikap 15%
- Mandiri
- Disiplin
- Tanggung jawab
|
4 jam pelajaran
|
Gambar/film/cerita tokoh wirausahawan yang bergerak di bidang kerajinan khususnya kerajinan limbah tekstil
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil
penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan sikap, perilaku
wirausaha produksi pembuatan karya kerajinan limbah tekstil di
lingkungan setempat
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Post a Comment