RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Mata pelajaran : Prakarya
Kelas : VII
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 jam pelajaran)
Aspek : Kerajinan
Kompetensi Inti (KI) :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Membandingkan desain dan pengemasan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mengaplikasikan sikap disiplin, toleransi, dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan alam.
2. Memahami konsep desain pembuatan karya dan pengemasan karya bahan alam secara kreatif berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3. Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai desain dan bahan alam yang ada di wilayah setempat.
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1. menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
2. mengidentifikasi fungsi, bahan, alat, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras Nusantara dan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
3.merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras dan karya modifikasinya
berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
4. membuat, menguji, dan mempresentasikan karya kerajinan dari bahan alam di wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.
B.Materi Ajar
Buku Siswa BAB I tentang kerajinan dari limbah organik:
1. Pengertian kerajinan dari bahan limbah organik;
2. Berbagai jenis bahan limbah organik lunak atau keras antara lain serat alam, biji-bijian, kerang, serbuk/ hasil serutan kayu, batok kelapa, potongan kayu, dll
3. Jenis karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras dan fungsinya.
4. Motif ragam hias pada kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras.
5. Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras.
6. Pengemasan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras.
7. Nilai-nilai spiritual dan sosial diaplikasikan dalam setiap perbuatan/perilaku peserta didik dalam pembelajaran.
C.Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific dan problem based learning (pembelajaran berbasis masalah)
Strategi : - Penggalian informasi (inquiry based learning)
-Presentasi
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek, dan ceramah.
D.Kegiatan Pembelajaran
1.Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a. Motivasi :
• Berdoa sebelum mulai pelajaran
• Tanya jawab seputar kerajinan bahan limbah organik, membahas dengan mengambil contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.
b. Apersepsi : Tanya jawab tentang kerajinan bahan limbah organik.
c. Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
2.Kegiatan Inti (70 menit)
a.Mengamati
• Memfasilitasi gaya belajar peserta didik dalam kegiatan mengamati contoh-contoh karya kerajinan dari bahan limbah organik dari gambar dan model benda.
• Peserta didik memahami wawasan kerajinan dari bahan limbah organik berdasarkan pengamatan dengan toleransi.
b.Menanya
• Peserta didik menanya dan memberi pendapat mengenai bahan baku dari bahan limbah organik yang dapat dibuat kerajinan dengan percaya diri.
• Peserta didik mendiskusikan dengan cara mengamati dari gambar kerajinan bahan limbah organik atau model benda kerajinan bahan limbah organik berdasarkan jenis bahan, fungsi, bentuk produk, warna, dan bentuk hiasannya.
• Peserta didik melakukan tanya jawab perihal serat alam, biji-bijian, kerang, serbuk/ hasil serutan kayu, batok kelapa, potongan kayu, dll berdasarkan jenisnya, fungsinya, motif hiasnya, dan sebagainya dengan toleransi.
c.Mengumpulkan data (menyelediki)
• Peserta didik membaca sumber referensi mengenai kerajinan dari bahan organik
• Peserta didik mengisi LK kelompok. (LK-1 & LK-2) dengan tanggung jawab.
• Peserta didik menjelaskan hasil diskusi tiap kelompok dalam mengidentifikasi kerajinan bahan organik secara klasikal.
• Peserta didik menyimak dan mengamati demonstrasi guru dalam menjelaskan kerajinan bahan organik dari serat alam, biji-bijian, kerang, serbuk/ hasil serutan kayu, batok kelapa, potongan kayu, dll.
• Peserta didik melakukan pengamatan dan penyelidikan tentang berbagai jenis serat alam di pekarangan sekolah apakah dapat dipergunakan sebagai kerajinan keramik dengan disiplin.
• Peserta didik melakukan pengamatan dan penyelidikan terhadap serat alam dan kayu yang ada di lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal apakah dapat dipergunakan sebagai kerajinan.
• Peserta didik mengamati motif/ragam hias daerah setempat berdasarkan sumber.
d.Mengasosiasi
• Peserta didik merumuskan pengertian dan pemahaman kerajinan dari bahan alam.
• Peserta didik mengungkapkan perasaannya berdasarkan pengalaman kerja kelompok.
• Guru mendemonstrasikan dan peserta didik mencoba (trial and Error) dari tanah liat, serat alam dan kayu.
• Peserta didik dan guru menyamakan persepsi tentang kerajinan dari bahan alam.
• Peserta didik meminta pendapat penilaian teman/kelompok lain tentang hasil diskusi dan presentasi kelompoknya.
e.Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
• Peserta didik mengamati hasil karya siswa lain, memberi komentar, saran, ataupun pujian atas hasil yang telah dibuat.
• Peserta didik melaporkan gambar motif/ragam hias, nama motif/ragam hias, dan makna simboliknya.
• Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran dengan toleransi.
• Peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a) Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
• Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
• Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran kerajinan dari bahan alam ini.
b) Guru menyampaikan pembelajaran pada pertemuan ke-2 yang akan datang yaitu kerajinan dari bahan alam diantaranya bambu, rotan, kulit, dan batu.
A. Sumber Belajar
1. Media :
• Daun pandan, daun lontar, dan kelapa, pelepah/daun pisang, daun jagung, dll, contoh gambar karya atau model kerajinan dari serat.
• Kayu nangka, kayu kelapa, kayu jati dll, contoh gambar karya atau model kerajinan dari kayu (ukiran dari berbagai daerah, pahatan).
2. Sumber :
• Buku :
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs-Prakarya. Jakarta
Kemdikbud. 2013. Prakarya. Jakarta
B. Penilaian
Nama Kelompok :
Nama Anggota :
Jenis bahan alam Fungsi Bentuk produk Warna Bentuk hiasan
Ungkapkan perasaanmu tentang pengalaman yang kamu dapatkan bersama kawan-kawan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
1. Teknik Penilaian : Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
2. Bentuk Instrumen : Penugasan dan Proyek
1. Bobot Penilaian
Nilai = jumlah skor : jumlah skor maksimal
2. Penilaian Karakter :
No. Nilai Karakter Kriteria Skor
1 Kreatif - Kreatif
- Menunjukkan usaha kreatif
- Dibimbing untuk kreatif
- Tidak ada kemauan untuk kreatif A
2 Tanggung jawab - Bertanggung jawab
- Menunjukkan usaha bertanggung jawab
- Dibimbing untuk bertanggung jawab
- Tidak ada kemauan untuk bertanggung jawab A
3 Kerja keras - Bekerja keras
- Menunjukkan usaha kerja keras
- Dibimbing untuk bekerja keras
- Tidak ada kemauan untuk bekerja keras A
4 Mandiri - Mandiri
- Menunjukkan usaha kurang mandiri
- Dibimbing untuk mandiri
- Tidak ada kemauan untuk mandiri A
kerajinan limbah organik
cara membuat kerajinan dari limbah organik
kerajinan dari limbah organik dan cara membuatnya
kerajinan dari limbah organik yang mudah dibuat
kerajinan limbah organik dan cara pembuatannya
makalah limbah organik
kerajinan dari limbah organik kulit jagung
pengertian kerajinan dari limbah organik
Pengertian modifikasi kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras (serat alam) [download]
Alat didesain dengan model dan bahan baku yang tersedia dalam aktifitas sehari-hari [download]
Pelatihan mendesain model dilakukan untuk menambah wawasan [download]
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang model - model prakarya limbah organik dimodifikasi
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Aneka Model Terbaru Baju Batik
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://www.academia.edu/8037069/RENCANA_PELAKSANAAN_PEMBELAJARAN_RPP
0 komentar:
Post a Comment