, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

proposal uji kompetensi tata busana

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 proposal uji kompetensi tata busana
 contoh proposal bikin busana pesta - PROPOSAL UJI KOMPETENSI
PEMBUATAN BAJU PESTA MUSLIM DENGAN SISTEM TAILORING
 DAFTA ISI
JUDUL LAPORAN
LEMBAR PENGESAHAAN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Tujuan
1.3  Sejarah Baju Pesta Muslim

BAB II PROSES DAN TEMPAT PELAKSANAAN
2.1 Waktu dan Tempat
2.2 Alat Dan bahan
2.3 Gambar Baju Pesta Muslim
2.4 Proses Pengerjaan

BAB III TEMUAN
3.1 Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat)
3.2Manfaat yang di Rasakan
3.3Pengembangan / tidak lanjut
 BAB IV PENUTUP
4.1 kesimpulan
4.2 Saran

KATA PENGANTAR
Puji  dan syukur penulis panjatkan kepada ALLAH SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ujian nasional (UN).
            Tak lupa penulis ucapkan terimakasih kepda pihak-pihak yang telah membantu dan membimbing , baik secara langsung dalam menyelesaikan proposal iji komepetensi ini. Adapun pihak-pihak tersebut antara lain :
1          Dra. Hj.Asma Intan selaku kepala sekolah SMK Negeri 2 Depok
2          Dra.Nurlen Yakub selaku ketua bidang Tata Busana
3          Rini Nurbandiyah sebagai guru dan pembimbing uji kompetensi
4         Tim penilai Industry
5         Keluarga yang telah memberikan dukungan baik moril dan materil
6         Teman-teman SMK Negeri 2 Depok yang telah memberikan bantuan partisipasinya.

Penulis masih menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam pembuatan ataupun dalam penyusunan proposal uji kompetensi ini , oleh sebab itu penulis meminta maafdan berharap pembaca kritik dan saran yang bersifat membangun agar tercapai kesempurnaan suatu karya tulis proposal ini. Semoga proposal ini memberikan manfaat kepada penulis dan pembacanya.

PENDAHULUAN
1.1 BAB I LATAR BELAKANG
            Salah satu segi kehidupan manusia yang tidak kalah penting adalah dalam berbusana dan perlengkapannya. Busana merupakan salah satu petunjuk untuk memperbaiki penampilan pribadi.
            Dengan berbusana serasi maka penampilan seseorang akan terlihat mengesankan dan menambah kepercayaan diri terhadap diri sendirinya tentunya akan di nilai oleh orang lain. Suatu kenyataan dalam kehidupan sehari di negeri kita bahwa busana yang di kenakan warga Indonesia , pria maupun wanita yang mengikuti perkembangan zaman sekarang ini , sangatlah beragam jenisnya dan bentuk modenya tentunya juga busana Indonesia memiliki busana yang unik dan indah.
            Busana wanita adalah busana yang beragam jenis tentunya dalam projext work ini hanya akan di produksi satu jenis saja yaitu busana pesta muslim wanita. Busana pesta juga banyak ragam jenisnya dan bentuk yang member kesan glamor pada si pemakai. Busana pesta tebagi menjadi beberapa waktu dan tenpat pemakaiannya seperti saat malam  mungkin akan lebih banyak menggunakan warna-warna yang menyala jika terkena cahaya namun apa bila di pakai pada siang hari mungjin akan memadukan antara warna yang member kesan sejuk si pemakai.

1.2 TUJUAN
·         Untuk menunjukkan hasil yang lebih baik dari yang sebelumnya
·         Untuk mengngembangkan kreatifitas setiap siswa-siswi smk Negeri 2 Depok
·         Memahami ketrampilan jahit menjahit sesuai dengan  model yang benar
·         Menggali ide hasil karya trend mode yang ada di pasaran dan juga untuk menghasilkan uatu produk yang  baru.

1.4             Sejarah  Baju Pesta Muslim
2        Pada Desember 2001, Nicholas Kristof dilaporkan dalam New York Times bahwa meskipun perempuan Afghanistan tidak lagi membutuhkan untuk mengenakan burqa, mereka melakukannya pula. Dan bahwa "accosting asing perempuan untuk mewawancarainya adalah pelanggaran mengejutkan protokol ..." Kami mematuhi suami kita ... yang budaya kita "kata seorang 23 tahun." Kebanyakan suami, ia menulis, percaya ungkapan Pashto: '. Seorang wanita termasuk di rumah - atau di kuburan'
3        Kepercayaan kuno tidak eksklusif dengan budaya Afghanistan, namun, dalam berbagai derajat, historis dapat ditemukan dalam ideologi banyak budaya, termasuk di Barat. Di dunia Muslim di beberapa daerah hal itu diperkuat oleh keyakinan bahwa kehormatan keluarga berada dalam melakukan perempuannya. Kehormatan tergantung pada seorang wanita yang tersisa suci; ia harus dilanggar dengan cara apapun, orang-orang risiko keluarga dipandang sebagai lemah dan bahkan mungkin dikucilkan. Jadi, agar dihormati oleh laki-laki, dan dilindungi dari mereka, pada seorang wanita publik tidak boleh mencemooh penampilannya. Yang sama pentingnya adalah prinsip yang menyatakan Qu'ranic mengharuskan perempuan untuk berpakaian dengan sopan di depan umum. Meskipun definisi apa ini memerlukan bervariasi regional, banyak perempuan Muslim menutupi diri mereka sampai batas tertentu untuk menghormati agama mereka.
4        Aktivis perempuan di dunia Islam kurang asyik dengan apa yang wanita memakai dibandingkan dengan mengamankan kebebasan lain seperti akses ke pendidikan, perawatan kesehatan yang lebih baik bagi keluarga mereka, atau kesempatan yang lebih luas untuk bekerja. Umumnya mereka berdebat untuk hak-hak perempuan di bawah anggapan dari perjuangan budaya khusus, dengan fokus pada pelaksanaan dan aktivasi hak asasi manusia mengklaim diberikan oleh Islam. Kesadaran feminis dan tindakan memang mungkin ada dalam ukuran yang lebih besar dengan pemakai gaun Islam dibandingkan dengan orang yang memakai up-to-date pakaian gaya Barat!
5        Daripada menawarkan nasihat tanpa diminta, non-Muslim bisa mendidik diri sendiri sehubungan dengan kebiasaan setempat dan keyakinan agama, dan menawarkan dukungan ketika diminta oleh orang-orang dalam budaya itu sendiri. Berikut ini adalah sebuah esai dikutip dari bagian dalam kurikulum satuan Wanita di Dunia Muslim . Esai menyediakan gaun melihat sejarah Islam. Bagian ini berisi account sumber utama pada topik dari berbagai waktu dan tempat.
6      
7        ISLAM DRESS
8        Kebanyakan wanita muslim saat ini tidak mengenakan penutup wajah penuh. Hal ini lebih umum untuk melihat perempuan di jilbab, pakaian longgar diatapi oleh jenis jilbab yang dikenakan di kepala dan di bawah dagu. Perempuan tidak berbagi gaya umum atau memiliki alasan yang sama untuk memakai jilbab. Bagi banyak itu mencerminkan keyakinan bahwa mereka mengikuti perintah-perintah Allah, yang berpakaian menurut "standar yang benar kesopanan," atau hanya mengenakan jenis pakaian tradisional mereka merasa nyaman masuk
9        Sejarah Kompleks Veil
Apa yang merupakan pakaian sederhana telah berubah dari waktu ke waktu. Seperti kebiasaan kebanyakan, apa yang wanita mengenakan telah mencerminkan praktek-praktek daerah dan posisi sosial pemakainya. Selubung itu sendiri mendahului Islam oleh berabad-abad. Di Timur Dekat, raja Asyur pertama kali diperkenalkan baik pengasingan dari perempuan di harem istana dan kerudung. Pelacur dan budak, bagaimanapun, diminta untuk tidak jilbab, dan memangkas jika mereka tidak taat hukum ini.

Di luar Timur Dekat, praktek menyembunyikan wajah seseorang dan sebagian besar hidup dalam pengasingan muncul dalam Yunani klasik, di dunia Kristen Bizantium, di Persia, dan di India di antara bagian atas Rajput perempuan kasta. Muslim di abad pertama merek
a pada awalnya santai tentang gaun perempuan. Ketika keponakan Aisyah Binti Abu Bakar (istri Nabi), Aisyah binti Thalhah diminta oleh Musab suaminya untuk menutupi wajahnya, ia menjawab, "Karena Yang Mahakuasa telah menempatkan pada saya cap keindahan, itu adalah keinginan saya bahwa publik harus melihat keindahan dan dengan demikian diakui kasih karunia-Nya kepada mereka: Pada account tidak ada, karena itu, akan saya jilbab sendiri.. "

Sebagai Islam mencapai negeri-negeri lain, praktik daerah, termasuk yang mencakup perempuan, yang diadopsi oleh kaum Muslim awal. Namun itu hanya pada abad kedua Islam bahwa jilbab menjadi umum, pertama kali digunakan antara simbol yang kuat dan kaya status. Resep Qu'ranic untuk "menarik kerudung mereka atas dada mereka" menjadi ditafsirkan oleh beberapa sebagai perintah untuk, leher jilbab rambut dan telinga seseorang.
Sepanjang sejarah Islam hanya merupakan bagian dari kelas perkotaan terselubung dan terpencil. Perempuan pedesaan dan nomaden, mayoritas penduduk, tidak. Bagi seorang wanita untuk mengasumsikan kerudung pelindung dan tinggal terutama di dalam rumah itu tanda bahwa keluarganya memiliki sarana untuk memungkinkan dia untuk melakukannya.

Karena perempuan berjilbab jarang nomaden, pada tahap awal negara-negara Islam dengan akar nomaden, perempuan sering diizinkan pergi diresmikan, bahkan di kota. Dalam tahun-tahun awal dinasti Safawi, perempuan itu diresmikan, meskipun kebiasaan itu diubah oleh Safawi kali terlambat. Di antara Turki, yang datang ke Anatolia sebagai pengembara, Ibnu Batutah pada abad keempat belas melihat apa yang disebut hal "yang luar biasa. Para perempuan Turki tidak jilbab sendiri. Bukan hanya wanita kerajaan tetapi juga istri-istri pedagang dan masyarakat umum akan duduk dalam gerobak yang ditarik oleh kuda Jendela terbuka dan wajah mereka yang terlihat.. "
10    Abad Pertengahan
Jilbab itu tidak muncul sebagai aturan umum yang harus diikuti sampai sekitar abad kesepuluh. Pada Abad Pertengahan banyak hukum dikembangkan yang paling sering menempatkan perempuan pada kerugian lebih besar dari pada jaman dulu. Dalam beberapa periode, seperti di bawah Mamluk di Mesir, berulang dekrit dikeluarkan, mendesak ketat dalam berjilbab dan berdebat terhadap hak perempuan untuk ambil bagian dalam kegiatan di luar rumah mereka. Salah satu komentator, Ibn al-Hajj, mengaku ini adalah hal yang baik karena seorang wanita di Kairo akan "keluar di jalanan seolah-olah dia adalah pengantin bersinar, berjalan di tengah jalan dan laki-laki berdesak-desakan." Dia memperingatkan penjaga toko untuk berhati-hati ketika seorang wanita datang untuk membeli, "karena jika ia adalah salah satu dari wanita-wanita berpakaian dalam pakaian halus, memperlihatkan pergelangan tangannya, ia harus meninggalkan transaksi penjualan dan memberikan punggungnya sampai dia meninggalkan toko damai ... "
11    Abad Kesembilan Belas
Hingga paruh kedua abad kesembilan belas, intelektual, reformis, dan liberal mulai mengecam gagasan pakaian pelindung perempuan. Kelompok ini sensitif tentang kemajuan bangsa-bangsa Barat telah dibuat, dan ingin mendorong negara-negara mereka menuju masyarakat yang lebih bergaya barat. Salah satu cara untuk mencapai ini, mereka merasa, adalah mengubah status perempuan. Untuk mereka ini berarti meninggalkan kebiasaan tradisional, termasuk pelindung dan jilbab yang mereka pandang sebagai simbol pengucilan perempuan dari kehidupan publik dan pendidikan.

Pada tahun-tahun awal, laki-laki berada di garis depan upaya ini. Qasim Amin, yang pada 1899 menulis The Emansipasi Perempuan, menyerukan interpretasi baru dari Quran berkaitan dengan perceraian terbatas, poligami, dan memakai jilbab. Dia berargumen bahwa praktek-praktek seperti itu tidak ada hubungannya dengan Islam, tetapi akibat dari kebiasaan masyarakat yang telah menjadi Muslim. Debat besar diikuti karyanya. Beberapa dari musuh-musuhnya adalah perempuan. Malak Hifni penulis Mesir Nassef khawatir tentang wanita "bergerak dari keadaan gelap dan akrab" sebelum mereka siap. Dia mengatakan bahwa wanita pertama membutuhkan "benar" pendidikan dan pengetahuan lebih baik dari dunia, dan laki-laki perlu belajar untuk tidak melecehkan perempuan diresmikan. Dia membenci pria mengatakan wanita apa yang harus mereka lakukan: "Jika dia memerintahkan kita untuk jilbab, kerudung kita, dan jika ia sekarang menuntut bahwa kita mengungkap, kami memperkenalkan Tidak ada keraguan bahwa ia telah keliru parah terhadap kita dalam decreeing hak-hak kami di. masa lalu dan tidak ada keraguan bahwa ia melakukan kesalahan parah dalam decreeing hak-hak kami sekarang. "
12    Dampak Nasionalisme
Ide-ide Qasim Amin tercermin mereka yang berhubungan erat emansipasi perempuan dan penolakan jilbab untuk gerakan nasional untuk kemerdekaan. Untuk kelompok ini, perubahan peran perempuan dalam masyarakat adalah cara penting untuk meyakinkan penguasa kolonial di luar negeri bahwa negara-negara subjek mereka siap untuk memerintah diri mereka sendiri. Perempuan didorong untuk menjadi simbol negara baru. Mereka yang menolak ide-ide kemajuan sosial diejek. Elit Turki, misalnya, diejek perempuan ditutupi dalam warna hitam, menyebut mereka "kumbang." Mustafa Kemal Ataturk, yang mulai membangun sebuah negara-bangsa sekuler pada tahun 1923, mencela jilbab, menyebutnya merendahkan dan menjadi halangan bagi bangsa beradab. Tapi dia tidak melarang hal itu. Tak lama setelah itu, di Iran pada tahun 1930, Reza Syah Pahlevi tidak, mengeluarkan proklamasi melarang jilbab langsung. Bagi banyak wanita, ini keputusan mendadak yang dalam tidak membebaskan tetapi menakutkan. Beberapa menolak untuk meninggalkan rumah karena takut kerudung mereka robek dari wajah mereka oleh polisi.

Pemimpin laki-laki dari gerakan nasionalis mendorong wanita untuk bergabung dengan mereka dan muncul lebih bebas di depan umum. Perlahan-lahan beberapa wanita tidak. Pada tahun 1910, seorang wanita muda Turki menarik perhatian dengan berani telah membuat foto dirinya. Pada sekitar waktu yang sama, wanita terdidik di Turki mulai meninggalkan rumah diresmikan, tapi masih memakai jilbab. Pembukaan publik yang paling dramatis adalah dilakukan oleh Huda Shaarawi di Mesir pada tahun 1923. Setelan berikut Ibtihaj Kaddura di Lebanon, Adila Abd al-Jazairi Qudir al-di Suriah, dan banyak kemudian Habibah Manshari di Tunis. Maroko sarjana Fatima Mernissi ingat perjuangan ibunya dengan ayahnya tentang mengganti jilbab dengan berat tradisional "kerudung hitam kecil segitiga yang terbuat dari sutra tipis sifon ini melaju Bapa gila:" Hal ini sangat transparan Anda mungkin juga pergi meluncurkan!.! ' Tapi segera selubung kecil, litham, menjadi mode, dengan istri semua nasionalis 'itu mengenakan seluruh Fez -. Untuk pertemuan di masjid dan untuk perayaan-perayaan umum, seperti ketika tahanan politik dibebaskan oleh Perancis "

Organisasi-organisasi perempuan juga memainkan peran penting dalam mengubah pakaian, meskipun ini adalah masalah kecil dalam perjuangan mereka untuk hak-hak politik perempuan dan reformasi hukum. Perlu ditekankan bahwa bagi banyak wanita itu bukan fakta mengenakan jilbab yang masalah, tapi bahwa jilbab melambangkan degradasi perempuan untuk sebuah dunia terpencil yang tidak memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam urusan publik ...

13    Kebangkitan Hijab
Sebagai abad berkembang, kebangkitan jilbab dan pengenalan pakaian yang lebih sederhana menegaskan kembali sendiri. Oposisi diperlukan untuk pakaian Islam tidak pernah benar-benar universal. Kalangan kelas menengah ke bawah hal itu selalu cenderung dipertahankan dalam menghadapi perubahan. Bahkan di Turki di mana negara telah mendorong ide reformasi, ide-ide baru dan gaya berpakaian tidak menjangkau perempuan di pedalaman.

Di daerah di mana Islam menolak dan orang percaya merasa terancam, seperti Indonesia dan Filipina, wanita Muslim mulai berpakaian lebih konservatif sebagai cara untuk menegaskan siapa mereka. Selama perjuangan militan untuk kemerdekaan, seperti yang melawan Prancis di Aljazair atau Inggris di Mesir, beberapa wanita sengaja disimpan jilbab bertentangan dengan gaya barat. Ini berarti mereka juga bisa mengambil bagian dalam demonstrasi terselubung dan diam, atau bisa menyembunyikan senjata di bawah jubah panjang.

Ada alasan lain untuk mengambil dan membela jilbab. Salah satunya adalah penegasan kembali identitas bangsa tumbuh dan penolakan nilai-nilai dan gaya dipandang sebagai Barat. Dalam menanggapi bencana hilangnya Mesir ke Israel dalam Perang Enam Hari 1967, dan kegagalan tampak sekularisme, ada juga dorongan untuk kembali ke hukum-hukum Islam yang telah ditinggalkan. Modernisasi dilihat sebagai negatif, sebuah fenomena yang mendorong orang untuk menolak tidak hanya Islam tapi semua tradisi pribumi. Mengenakan jilbab datang untuk melambangkan bukan inferioritas budaya dibandingkan dengan cara-cara Barat, tapi keunikan dan keunggulan.

Gelombang nyata terhadap mengenakan jilbab datang dengan revolusi Iran. Perempuan dipandang sebagai elemen kunci dalam mencapai perubahan dalam moralitas publik dan perilaku pribadi. Perempuan meluncurkan diejek, disebut tidak suci "dicat boneka," dan dihukum jika mereka muncul di depan publik tanpa menutupi tepat. Di negara-negara di luar Iran dalam tahun 1970-an, demonstrasi dan duduk-in muncul di oposisi ke kode gaya berpakaian yang dibutuhkan barat untuk mahasiswa universitas dan pegawai negeri sipil.
14    Hari ini
Dengan tren untuk menghidupkan kembali atau membuat gerakan-gerakan Islam, perempuan harus terus mengambil penutup sederhana jilbab. Dalam kelompok-kelompok perempuan perdebatan penggunaannya juga terus. Beberapa kelompok progresif, seperti Forum Aksi Perempuan (WAF) di Pakistan, secara eksplisit mengutuk semua upaya untuk memaksakan aturan berpakaian pada perempuan. Mereka berpendapat bahwa mereka yang tidak sesuai dengan itu adalah stigma. Mereka mengatakan bahwa itu menyangkal perempuan kebebasan untuk memutuskan penampilan mereka sendiri. Kelompok-kelompok perempuan mendukung sebuah interpretasi Islam yang ketat, di sisi lain, agresif mempromosikan kode pakaian, memadamkan lembar informasi daftar persyaratan ...
15    Bagi perempuan yang ingin mengejar kehidupan sosial profesional dan publik, mengenakan jilbab memungkinkan gerakan bebas di luar batas-batas rumah. Dalam meninggalkan rumah mereka, grup ini sebenarnya adalah ponsel upwardly mendefinisikan peran baru bagi diri mereka, tidak membela yang tradisional. Dengan cara yang sama, mahasiswa yang mengambil jilbab mampu bergerak ke daerah-daerah yang dulunya tertutup bagi mereka, seperti kelas menghadiri, kelompok diskusi dan kegiatan keagamaan. Memakai pakaian konservatif melindungi mereka dari pelecehan seksual dan objektifikasi. Seorang gadis sekolah Iran menyatakan, "Kami ingin menghentikan orang dari memperlakukan kita seperti objek seks, seperti yang telah mereka selalu dilakukan Kami ingin mereka untuk mengabaikan penampilan kita dan menjadi perhatian terhadap kepribadian dan pikiran kita.. Kami ingin mereka untuk membawa kita serius dan memperlakukan kita sebagai sama dan bukan hanya mengejar kami sekitar untuk tubuh dan penampilan fisik. "
    
Persiapan kegiatan kompetensi
    
Mengajukan desain
    
Rancangan kerja / susunan proposal
    
Konsultasi gambar desain
    
Mengukur tubuh model

Membuat pola konstruksi
    
Membuat uji coba
    
Menggunting (cutting)
    
Memberi tanda
    
Menjahit dengan mesin
    
Penggepresan (pressing)
    
penyelesaian
    
Menentukan harga jual
    
Penataan / peragaan
    
laporan

2.4 PROSES PENGERJAAN


PENGUKUR

MEMBUAT POLA
MERANCANG BAHAN

MENGGUNTING BAHAN

MENJAHIT BAHAN

FITTING

FINISHING

PENATAAN

BAB III TEMUAN

3.1 Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat)
a.Faktor  Pendukung
   faktor-faktor pendukung dalam pembuatan proposal dan pelaksanaan pra uji kompetensi antara lain :
·         Adanya guru pembimbing yang membimbing dalam pembuatan proposaldan pelaksanaan pra uji kompetensi.
·         Adanya tempat yang di jadikan untuk kegiatan praktek kerja.

·        Tersedianya peralatan sekolah
b.Faktor Penghambat
   Faktor-faktor penghambat dalam pembuatan proposal dan pelaksanaan pra uji kompetensi antara lain :
·         Terbatasnya waktu yang di sediakan , baik dalam pembuatan proposal maupun pelaksanaan pra uji kompetensi .
·         Tidak tersedianya tempat yang layak untuk pelaksanaan pra uji kompetensi.
Peralatan yang di sediakan dari sekolah belum mencukup memadai.


3.2 Manfaat yang Dirasakan
          
            Adapun manfaat yang dirasakan penulis setelah melaksanakan pra iju kompetensi antara lain :
·         Bertambahnya pengetahuan dalam pembuatan proposal.
·         Mengetahui tehnik-tehnik menjahit dengan system tailoring.
·         Bias mengenangani kesulitan-kesulitan dalam menjahit busana pesta muslim.

3.3 pengembangan / Tindak Lanjut
            Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya SMEA harus lebih diperhatikan dalam pembelajaran dibidang busana khususnya dalam membuat pola , mendesain suatu busana , dan dalam tehnik menjahit.

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
            Proyek Tugas Akhir (Project Work) merupakan bentuk evaluasi akhir dari pelajaranbagi siswa tingkat XII yang akan mengahadapi Ujian Nasional (UN). Project work mempunyai pospek yang sangat baik guna meningkatakan siswa –siswi di bidang keahlian yang telah kami tekuni. Untuk menambah pengetahuan dan keratifitas agar dapat terjun langsung ke dunia industry.
          
Dalam menjalani kegiatan project work, siswa-siswi di tuntut untuk disiplin, berinisiatif, etos kerja, dan tangggung jawab,. Melalui project work ini, sehingga tahap akhir penyelesaian.

4.2 Saran
            sebaiknya kegiatan project work di kaji ulang mengenai masalah waktu pelaksanaan agar tidak menggangu konsentrasi siswa-siswi dalam menghadapi Ujian Nasional. Dan juga Tugas Akhir ini agar terus dipertahankan karena sangat bernmanfaat bagi siswa-siswi pada kususnya Sekolah Menengah Kejuran. Serta dalam proses untuk kerja diharapkan adanya pelatihan secara khusus sehingga tidak terlalu banyak mengalami gangguan dan ha
mbatan dalam proses pelaksanaan project work

Busana Pesta Malam dengan Sumber Ide Rumah Gadang Dalam Pagelaran Busana New. Light Heritage [download]
kreativitas mencipta desain busana pesta  [download]
 pembuatan busana pesta malam dengan sumber ide kesenian Bambu [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh proposal bikin busana pesta

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Ciri ciri produk kerajinan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://putriadzanti.blogspot.co.id/2012/01/proposal-uji-kompetensi-tata-busana.html

0 komentar:

Post a Comment