, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan tekstil modern contoh dan penjelasannya

 contoh kerajinan tekstil modern dan penjelasannya - Kerajinan tekstil moderen merupakan karya seni yang menggunakan bahan kimia. contoh : tas, dompet, hiasan dari kain flanel dll

Antoni Gaudí

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Kerajinan tekstil modern contoh dan penjelasannya
 
Nama ini menggunakan cara penamaan Spanyol: nama keluarga pertama atau paternalnya adalah Gaudí dan nama keluarga kedua atau maternalnya adalah Cornet.
Antoni Gaudí
Antoni Gaudi 1878.jpg
Gaudí tahun 1878, oleh Pau Audouard
Lahir     25 Juni 1852
Reus, Catalonia, Spanyol[1][2]
Meninggal     10 Juni 1926 (umur 73)
Barcelona, Catalunya, Spanyol
Kebangsaan     Spanyol
Karya
Bangunan     Sagrada Família, Casa Milà,
Casa Batlló
Proyek     Park Güell, Gereja Colònia Güell

Antoni Gaudí i Cornet (Bahasa Katalan: [ənˈtɔni ɣəwˈði]; lahir 25 Juni 1852 – meninggal 10 Juni 1926 pada umur 73 tahun) adalah seorang arsitek Catalunya dari Reus, Spanyol, yang menjadi tokoh utama Modernisme Catalunya. Karya-karya Gaudí mencerminkan gayanya yang individualis dan tidak biasa. Kebanyakan di antaranya terdapat di Barcelona, termasuk magnum opusnya, Sagrada Família.

Banyak karya Gaudí yang mencerminkan kegemarannya dalam hidup, yaitu arsitektur, alam, dan agama.  Gaudí memperhatikan setiap detail karyanya, menggabungkan arsitekturnya dengan serangkaian kerajinan yang ia kuasai: keramik, kaca berwarna, penempaan besi, dan pahat kayu. Ia memperkenalkan sejumlah teknik baru dalam penggunaan bahan, seperti trencadís yang terbuat dari pecahan keramik bekas.

Beberapa tahun kemudian, di bawah pengaruh teknik seni neo-Gothik dan Oriental, Gaudí menjadi bagian dari aliran Modernista yang mencapai puncaknya pada ahir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Karyanya menjadi sumber aliran Modernisme bergaya organik yang terinspirasi oleh alam. Gaudí jarang menggambar secara rinci rancangan karyanya. Ia justru lebih suka membuat model skala tiga dimensi dan membentuk elemen rincinya sambil membayangkannya.

Karya-karya Gaudí mendapat pengakuan luas dari dunia internasional dan banyak sekali studi yang diselenggarakan untuk mempelajari dan memahami arsitekturnya. Hari ini, karya Gaudí memiliki penggemarnya sendiri dari kalangan arsitek maupun masyarakat umum. Mahakaryanya, Sagrada Família yang belum selesai dibangun, merupakan salah satu monumen yang paling sering dikunjungi di Catalunya. Antara 1984 dan 2005, tujuh karyanya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Keyakinan Katolik Roma yang dianut Gaudí lama kelamaan menjadi sangat dalam dan citra religius pun tercermin di karya-karyanya. Hal ini membuatnya dijuluki "Arsitek Tuhan"  dan banyak pihak menginginkan agar Gaudí dibeatifikasi.


Kelahiran, masa kecil, dan studi


Antoni Gaudí lahir tahun 1852 di Riudoms atau di Reus,  dari pasangan pembuat tungku Francesc Gaudí i Serra (1813–1906) dan Antònia Cornet i Bertran (1819–1876). Ia merupakan anak termuda dari lima bersaudara, tiga di antaranya bertahan hidup sampai dewasa: Rosa (1844–1879), Francesc (1851–1876), dan Antoni. Keluarga Gaudí berasal dari region Auvergne di Perancis selatan. Salah satu leluhurnya, Joan Gaudí, seorang pedagang, pindah ke Catalunya pada abad ke-17. Asal usul marga Gaudí diduga Gaudy atau Gaudin. El Mas de la Calderera, rumah keluarga Gaudí di Riudoms

Tempat kelahiran Gaudí tidak diketahui secara pasti karena tidak ada dokumen pendukung yang ditemukan, sehingga muncul kontroversi apakah ia lahir di Reus atau Riudoms, dua kota bertetangga di distrik Baix Camp. Sebagian besar dokumen identifikasi Gaudí sejak remaja dan dewasa mencantumkan Reus sebagai tempat kelahirannya. Gaudí berka
li-kali menyatakan bahwa ia lahir di Riudoms, desa ayahnya.  Gaudí dibaptis di gereja Sant Pere Apòstol, Reus, sehari setelah kelahirannya dengan nama "Antoni Plàcid Guillem Gaudí i Cornet".

Gaudí sangat bangga dengan tanah kelahirannya dan warisan Mediteranianya. Ia percaya bahwa orang Mediterania dikaruniai kreativitas, originalitas, dan citarasa seni dan desain yang mengakar. Gaudí kabarnya mendeskripsikan hal ini dengan mengatakan, "Kami adalah pemilik gambar. Fantasi berasal dari makhluk yang tak terlihat. Fantasi adalah sesuatu yang dimiliki oleh orang-orang di Utara. Kami adalah batuan. Citranya berasal dari Mediterania. Orestes tahu jalannya, ketika Hamlet diluluhantakkan oleh keraguannya."  Waktu yang dihabiskan di luar rumah, terutama sepanjang musim panas di rumah keluarga Gaudí di Mas de la Calderera, memberi Gaudí kesempatan untuk mempelajari alam. Penjelajahan dunia alam oleh Gaudí mendorongnya untuk menjadi anggota Centre Excursionista de Catalunya pada tahun 1879 di usia 27 tahun. Organisasi ini mengadakan ekspedisi penjelajahan di Catalunya dan Perancis selatan, biasanya dengan menaiki kuda atau berjalan kaki sepuluh kilometer per hari.
Gaudí (belakang) bersama ayahnya (tengah), keponakannya, Rosa, dan dokter Santaló dalam kunjungan ke Montserrat (1904)

Gaudí muda menderita berbagai macam penyakit, termasuk reumatisme, sehingga ia memiliki karakter yang diam dan tertutup.  Permasalahan kesehatan dan teori kebersihan Dr. Kneipp  turut memengaruhi keputusan Gaudí untuk beralih ke vegetarianisme sejak dini.  Ketaatan dan vegetarianisme yang ketat membuatnya menjalani serangkaian puasa yang panjang dan berlebihan. Puasa-puasa yang dijalaninya kadang tidak sehat dan sering mengakibatkan sakit yang mengancam jiwa (seperti yang terjadi tahun 1894).

Gaudí belajar di sekolah perawatan yang dijalankan Francesc Berenguer. Putra Berenguer, Francesc, kelak menjadi salah satu asisten utama Gaudí. Ia masuk sekolah Piaris di Reus dan memamerkan bakat seninya melalui lukisan untuk seminar bertajuk El Arlequín (the Harlequin).  Pada waktu itu, ia bekerja sebagai karyawan magang di pabrik tekstil "Vapor Nou" di Reus. Tahun 1868, ia pindah ke Barcelona untuk belajar ilmu pendidikan di Convent del Carme. Pada tahun-tahun remajanya, Gaudí tertarik dengan sosialisme utopia dan merencanakan perbaikan Biara Poblet bersama teman-temannya, Eduard Toda i Güell dan Josep Ribera i Sans, agar biara tersebut berubah menjadi phalanstère Utopia.

Antara 1875 dan 1878, Gaudí menyelesaikan wajib militernya di resimen infanteri di Barcelona sebagai Administrator Militer. Sebagian besar masa dinasnya disia-siakan dengan cuti sakit sehingga ia dapat melanjutkan studinya. Kesehatannya yang buruk membuatnya tidak bisa berdinas pada Perang Carlist Ketiga yang berlangsung sejak 1872 sampai 1876. Pada tahun 1876, ibu Gaudí yang berusia 57 tahun dan saudaranya, Francesc, yang berusia 25 tahun meninggal dunia; Francesc baru saja lulus dari pendidikan kedokterannya. Pada waktu itu, Gaudí sedang belajar arsitektur di Sekolah Llotja dan Sekolah Tinggi Arsitektur Barcelona; ia lulus tahun 1878. Untuk mendanai studinya, Gaudí bekerja sebagai penggambar untuk berbagai arsitek dan pembangun seperti Leandre Serrallach, Joan Martorell, Emili Sala Cortés, Francisco de Paula del Villar y Lozano, dan Josep Fontserè.  Selain kelas arsitekturnya, ia belajar bahasa Perancis, sejarah, ekonomi, filsafat, dan estetika. Nilainya rata-rata dan ia sering gagal mengikuti kursus.  Ketika menyerahkan gelarnya, Elies Rogent, direktur Sekolah Arsitektur Barcelona, mengatakan: "Kami telah memberi gelar akademik ini kepada entah orang bodoh atau orang jenius. Waktulah yang akan membuktikannya."  Ketika lulus, Gaudí kabarnya berkata kepada temannya, pemahat Llorenç Matamala, dengan rasa humor ironisnya, "Llorenç, mereka berkata bahwa aku adalah seorang arsitek."
Masa dewasa dan karya profesional
Gaudí dan Eusebi Güell saat mengunjungi Colònia Güell (1910)

Proyek pertama Gaudí adalah tiang lampu yang dirancang untuk Plaça Reial di Barcelona, gerai berita Girossi yang tidak selesai, dan gedung Cooperativa Obrera Mataronense. Ia mendapat pengakuan luas atas tugas penting pertamanya, Casa Vicens, kemudian mendapatkan proposal-proposal yang lebih penting lagi. Di Pameran Dunia Paris 1878, Gaudí memamerkan etalase yang ia buat untuk produsen sarung tangan Comella. Desain modernista yang fungsional dan estetis menarik perhatian industrialis Catalunya, Eusebi Güell, yang kemudian menugaskan Gaudí untuk membuat sebagian mahakaryanya: tempat penyimpanan anggur Güell, paviliun Güell, Palau Güell, Park Güell, dan ruang bawah tanah gereja Colònia Güell. Gaudí juga berteman dengan marquis Comillas, ayah ipar Count Güell; ia ditugaskan oleh marquis untuk merancang "El Capricho" di Comillas.

Tahun 1883, Gaudí diangkat sebagai ketua proyek pembangunan katedral di Barcelona dengan nama Basílica i Temple Expiatori de la Sagrada Família. Gaudí merombak desain awalnya dan memasukkan gaya khasnya. Sejak 1915 sampai kematiannya, ia menghabiskan masa hidupnya untuk menyelesaikan proyek ini. Karena mulai mendapat banyak pesanan, ia pun bergantung pada timnya untuk mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan. Timnya terdiri dari pekerja profesional dari berbagai bidang konstruksi. Sejumlah arsitek yang pernah bekerja bersamanya kelak menjadi tokoh penting di dunia arsitektur, misalnya Josep Maria Jujol, Joan Rubió, Cèsar Martinell, Francesc Folguera, dan Josep Francesc Ràfols. Tahun 1885, Gaudí pindah ke desa Sant Feliu de Codines untuk menghindari wabah kolera yang menjangkiti Barcelona. Ia tinggal di rumah Francesc Ullar. Sebagai tanda terima kasihnya, Gaudí merancang meja makan untuk Ullar.
Lisensi pameran Gaudí di Exposición Universal de Barcelona, 1888

Pameran Dunia 1888 merupakan salah satu acara besar pada masa itu di Barcelona dan menjadi hal yang penting dalam sejarah aliran Modernisme. Arsitek-arsitek ternama memamerkan karya terbaik mereka, termasuk Gaudí. Ia memamerkan bangunan yang ia rancang untuk Compañía Trasatlántica. Ia pun mendapatkan tugas untuk merancang ulang Saló de Cent di Dewan Kota Barcelona, namun proyek ini akhirnya tidak terlaksana. Pada awal 1890-an, Gaudí mendapatkan dua tugas dari luar Catalunya, yaitu Istana Episkopal, Astorga dan Casa Boti
nes di León. Kedua karya ini turut mendongkrak ketenaran Gaudí di seluruh Spanyol. Tahun 1891, ia mengunjungi Málaga dan Tangiers untuk mempelajari situs proyek Misi Katolik Fransiskan yang desainnya diamanatkan oleh marquis Comillas ke-2.

Pada tahun 1899, Gaudí bergabung dengan Cercle Artístic de Sant Lluc, perkumpulan seniman Katolik yang didirikan tahun 1893 oleh uskup Josep Torras i Bages dan kakak adik Josep dan Joan Llimona. Ia juga bergabung dengan Lliga Espiritual de la Mare de Déu de Montserrat, organisasi Katolik Catalunya lainnya.  Karakter pemikiran politiknya yang konservatif dan religius sangat berkaitan dengan keinginannya untuk mempertahankan identitas budaya bangsa Catalunya.

Pada permulaan abad ke-20, Gaudí mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan. Proyek-proyek tersebut mencerminkan peralihannya ke gaya yang lebih personal yang terinspirasi oleh alam. Pada tahun 1900, ia mendapatkan penghargaan bangunan terbaik tahun ini dari Dewan Kota Barcelona atas karyanya, Casa Calvet. Sepanjang dasawarsa pertama abad ke-20, Gaudí fokus pada proyek-proyek seperti Casa Figueras (lebih dikenal dengan sebutan Bellesguard), Park Güell, sebuah proyek urbanisasi yang gagal, dan restorasi Katedral Palma de Mallorca yang menjadi penyebab seringnya ia berkunjung ke Majorca. Antara 1904 dan 1910, ia membangun Casa Batlló dan Casa Milà, dua karya Gaudí yang paling mudah dikenali.
Santo Filipus Neri merayakan Misa Suci oleh Joan Llimona, Gereja Santo Filipus Neri (Barcelona). Gaudí merupakan model wajah Santo Filipus Neri.

Karena Gaudí semakin terkenal, pada tahun 1902, pelukis Joan Llimona memilih fitur wajah Gaudí sebagai gambaran Santo Filipus Neri di lukisan-lukisan lorong gereja Santo Filipus Neri di Barcelona.  Bersama Joan Santaló, putra temannya, dokter Pere Santaló, Gaudí gagal mendirikan pabrik besi tempa pada tahun yang sama.

Setelah pindah ke Barcelona, Gaudí sering berganti alamat: saat masih pelajar ia tinggal di perumahan di Distrik Gothik; saat mengawali kariernya ia berpindah-pindah apartemen sewaan di wilayah Eixample. Akhirnya, pada tahun 1906, ia menetap di sebuah rumah di Güell Park yang dimilikinya dan dibangun oleh asistennya, Francesc Berenguer, sebagai properti pameran untuk karya-karyanya. Sejak itu, rumahnya perlahan diubah menjadi Museum Gaudí. Di sana ia tinggal bersama ayahnya (meninggal tahun 1906 pada usia 93 tahun) dan keponakannya, Rosa Egea Gaudí (meninggal tahun 1912 pada usia 36 tahun). Ia tinggal di rumah itu sampai tahun 1925, beberapa bulan sebelum kematiannya, kemudian menetap di ruang proyek Sagrada Família.

Peristiwa yang sangat memengaruhi kepribadian Gaudí adalah Minggu Tragis tahun 1909. Gaudí bertahan di rumahnya di Güell Park sepanjang periode kerusuhan ini. Suasana antipendeta dan serangan terhadap gereja dan biara membuat Gaudí mengkhawatirkan keselamatan Sagrada Família, tetapi bangunan tersebut tidak dirusak.

Pada tahun 1910, pameran di Grand Palais Paris diadakan khusus untuk memamerkan karya-karya Gaudí. Pameran tersebut diselenggarakan selama salon tahunan Société des Beaux-Arts di Perancis. Gaudí berpartisipasi atas undangan dari Count Güell; ia memajang serangkaian gambar, rencana, dan model skala plaster dari beberapa karyanya. Meski ia ikut serta secara hors concours, ia mendapat sambutan hangat dari pers Perancis. Sebagian besar pamerannya ini dapat dilihat pada tahun berikutnya di I Salón Nacional de Arquitectura yang berlangsung di ruang pameran kota El Buen Retiro di Madrid.

Selama pameran Paris bulan Mei 1910, Gaudí liburan di Vic. Di sana ia merancang dua tiang lampu basalt dan besi tempa untuk Plaça Major di Vic sebagai bentuk penghormatan seratus tahun Jaume Balmes. Tahun berikutnya, ia berusaha memulihkan diri di Puigcerdà setelah mengidap tuberkulosis. Pada waktu itu pula ia mendapatkan ide untuk fasade Sagrada Família.  Karena masalah kesehatannya, ia membuat surat wasiat di kantor notaris Ramon Cantó i Figueres pada tanggal 9 Juni, tetapi ia kembali sembuh.

Dasawarsa sejak 1910 adalah masa-masa yang sulit bagi Gaudí. Pada waktu itu, keponakannya, Rosa, meninggal dunia tahun 1912 dan teman baiknya, Francesc Berenguer, meninggal tahun 1914; krisis ekonomi parah yang menghambat pembangunan Sagrada Família tahun 1915; kematian temannya, Josep Torras i Bages, uskup Vic, tahun 1916; terhambatnya pembangunan Colonia Güell tahun 1917; dan kematian teman dan pelindungnya, Eusebi Güell, tahun 1918.  Mungkin karena tragedi itulah ia mendedikasikan hidupnya untuk Sagrada Família sejak 1915 dan tinggal di dalamnya. Gaudí mengaku kepada para rekannya:

    Semua sahabatku sudah meninggal; aku tidak punya keluarga dan klien, kekayaan dan segalanya. Sekarang aku bisa mendedikasikan seluruh hidupku kepada Gereja.

Gaudí menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya untuk menyelesaikan "Katedral Kaum Papa" (nama yang umum untuk Sagrada Família) dan ia mencari sumbangan agar bisa melanjutkannya. Selain kesetiaannya pada proyek ini, ia ikut serta dalam aktivitas lain, kebanyakan di antaranya terkait dengan agama Katolik yang dianutnya. Pada tahun 1916, ia mengikuti kursus lagu Gregorian di Palau de la Música Catalana yang diajarkan oleh biarawan Benedictine Gregori M. Sunyol.

contoh kerajinan tekstil modern beserta gambarnya
contoh kerajinan tekstil modern dan cara pembuatannya
contoh kerajinan tekstil modern dan tradisional
contoh kerajinan tekstil modern dan tradisional beserta fungsinya
fungsi kerajinan tekstil modern beserta contohnya
pengertian kerajinan tekstil modern
cara membuat kerajinan tekstil modern

contoh kerajinan tekstil sederhana

APRESIASI SENI KERAJINAN NUSANTARA [download]
karya budidaya dengan contoh-contoh karya konkret [download]
Contoh inovasi baru dalam batik modern produksi. Batik Merak Manis [download]
industri makanan, kerajinan, mebel, hingga konveksi atau tekstil [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh kerajinan tekstil modern dan penjelasannya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Souvenir Pernikahan Handuk Kecil

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://id.wikipedia.org/wiki/Antoni_Gaud%C3%AD

0 komentar:

Post a Comment