, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

kewirausahaan kerajinan kain perca

kewirausahaan kerajinan kain perca

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
kewirausahaan kerajinan kain perca

  

makalah kerajinan tekstil tas - Kerajinan kain perca merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari dunia jahit-menjahit. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang tergolong limbah, yaitu bermacam-macam kain perca. Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan yang indah dan bahkan memiliki nilai seni tinggi. Caranya adalah dengan memotong-motong beragam kain sisa menjadi berbagai bentuk, kemudian menggabungkan potongan-potongan tersebut dengan menjahitnya kembali. Tentunya perpaduan warna dan pola kain juga harus diperhatikan agar bisa tercipta sebuah kerajinan perca yang indah. Kerajinan *kain perca* saat ini sudah menjadi salah satu kerajinan yang paling dikagumi dan diminati oleh banyak orang Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia. Awalnya kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan tradisional. Namun, sekarang kerajinan ini malah menjadi salah satu tren baru di dunia kerajinan. Ini disebabkan oleh adanya sentuhan-sentuhan kontemporer yang diberikan pada kreasi-kreasi baru yang tercipta. Sekarang, kita bisa menemukan kerajinan kain ini dalam beragam jenis kreasi serta pola yang indah dan bernilai seni tinggi seperti bed cover, taplak meja cantik, baju, tas, sajadah, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Sejarah kerajinan kain perca Kerajinan kain perca termasuk kerajinan yang paling tua. Teknik penggabungan berbagai macam potongan kain untuk menciptakan motif unik dan satu kain lebar baru ternyata sudah tercipta sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti sejarah menunjukkan bahwa kerajinan perca sudah ada sejak zaman Mesir Kuno dan Cina kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Di masa abad pertengahan, kerajinan perca juga digunakan oleh berbagai bangsa untuk melapisi baju perang para prajurit mereka yang terbuat dari baja. Semakin lama, teknik kerajinan kain perca semakin berkembang. Di abad XI hingga abad XIII, orang-orang di Eropa sudah mulai menggunakan teknik kerajinan ini untuk membuat berbagai kebutuhan rumah tangga, termasuk selimut, baju, dan lain sebagainya. Hal ini seiring dengan perubahan cuaca yang menjadi semakin dingin.

    3. Kemudian, kreasi dan motif -motif baru dalam kerajinan kain ini juga semakin berkembang hingga menjadi salah satu kesenian yang indah. Tradisi pembuatan kerajinan perca ini kemudian tersebar ke seluruh dunia karena dibawa oleh para pengembara dan musafir. Seiring dengan berjalannya waktu dan tersebarnya seni kerajinan perca ke penjuru dunia, semakin banyak pula kreasi dan motif penggabungan kain yang tercipta. Semula kerajinan ini diciptakan hanya untuk menggabungkan beberapa potongan kain dan membuat pakaian yang lebih bisa menghangatkan. Tujuan pembuatannya semakin berkembang dan lebih bernilai seni tinggi. Bahkan sekarang, pembuatan kerajinan kain perca tidak hanya dengan tujuan pemanfaatan limbah kain saja. Kerajinan perca juga dibuat dengan tujuan kenyamanan dan keindahan si pemakai Cukup banyak juga para pengrajin kerajinan perca yang menggunakan 100% bahan baru yang dipotong-potong. Potongan kain tersebut kemudian dibentuk kembali dengan teknik kerajinan kain ini sehingga hasilnya lebih berkualitas, baik dari segi kenyamanan maupun nilai estetikanya. Bahkan motif perca juga sering menjadi ide para desainer untuk menciptakan karya-karya unik dan indah yang baru. Kerajinan Kain Perca di Indonesia Kerajinan kain percasebenarnya sudah cukup lama dikenal di Indonesia dan juga termasuk ke dalam kerajinan seni tradisional. Awalnya kerajinan perca di Indonesia kurang diminati. Karena pembuatannya yang berbahan dasar limbah perca, kerajinan ini menjadi dipandang sebelah mata. Namun, seiring dengan semakin meningkatnya daya kreatifitas dan kualitas bahan yang digunakan oleh para pengrajin, saat ini kerajinan ini semakin populer. Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki dan juga mempelajari seni kerajinan ini. Barang-barang hasil kerajinannya pun semakin beragam dan bernilai jual cukup tinggi. Kerajinan kain ini juga menjadi salah satu kerajinan yang diminati para ibu rumah tangga dan remaja putri untuk dipelajari. Sudah banyak kelompok- kelompok kreatif yang khusus mengerjakan berbagai kerajinan kain ini dan menjualnya.

    4. Bahkan, tidak sedikit dari kelompok-kelompok tersebut yang sukses menciptakan kerajinan berkualitas dan bernilai seni tinggi hingga dapat menembus pasar internasional. Jadi, kerajinan ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga, remaja putri atau siapa saja yang memiliki bakat dan minat di bidang jahit-menjahit. Jika Anda tertarik dengan dunia kreasi kerajinan kain perca, Anda juga bisa belajar membuat dan menghasilkan karya yang tidak kalah berkualitas. Anda bisa mulai belajar dari teknik-teknik dasar terlebih dahulu dan kemudian mulai mengembangkan kreasi setelah anda cukup mahir. Untuk mempelajari kerajinan perca ini, Anda bisa belajar secara otodidak dengan membaca berbagai buku panduan yang bisa ditemukan di berbagai toko buku, baik online maupun offline. Selain itu, Anda juga bisa belajar langsung dari para pengrajin kain perca yang saat ini sudah cukup banyak yang membuka kursus kerajinan perca untuk umum. Bentuk Guntingan dalam Kerajinan Kain Perca Ada beberapa bentuk guntingan yang biasa dibuat dalam mempersiapkan potongan-potongan kain dalam kerajinan ini. Hal ini dilakuakn sebelum digabungkan dan dijahit kembali secara detil dan rapi.  Bentuk segi empat Bentuk segi empat sama sisi ataupun persegi panjang merupakan bentuk yang paling sederhana dalam kerajinan kain ini. Dengan membuat potongan-potongan kain berbentuk segi empat dan berukuran sama, Anda akan lebih mudah menggabungkan dan mengkreasikannya. Bentuk potongan seperti ini paling cocok bagi mereka yang baru saja mulai belajar membuat kerajinan perca.  Bentuk Segi Tiga Bentuk segitiga dalam ukuran beragam juga merupakan salah satu bentuk yang paling sederhana dalam kerajinan kain ini. Namun, dengan bentuk ini, para pengrajin biasanya bisa membuat lebih banyak kreasi dengan menggabungkan berbagai warna dan teknik aplikasi. Misalnya denganmembentuk bunga ukuran kecil atau besar, bintang, dan sebagainya.

    5.  Bentuk Geometri lainnya Seperti yang disampaikan sebelumnya, kerajinan kain ini juga membutuhkankreatifitas dan keuletan dalam pengaplikasian detil. Selain segi empatdan segitiga, anda juga membentuk guntingan kain menjadi bentukgeometrik lainnya sesuai dengan kreatifitas Anda. Kemudian, Anda jugaharus pastikan potongan-potongan tersebut dapat digabungkan secara detildan rapi agar bisa terlihat indah.  Bentuk Karakter atau Tumbuhan Bentuk karakter atau tumbuhan biasanya digunakan sebagai pemanis pada kerajinan kain perca. Seperti misalnya sebuah kerajinan tas, sajadah atau taplak meja. Di tengahnya diberi area polos yang cukup lebar. Kemudian diaplikasikan perca yang sudah dibentuk menjadi sebuah karakter ataupun tumbuhan dan benda-benda lain seperti bunga, pohon, rumah, mobil, dan lain sebagainya. Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca Kerajinan kain ini bisa dibuat dengan dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan. Semakin kecil dan tidak teraturnya potongan kain yang disediakan, maka semakin sulit pula cara menggabungkannya. Misalnya untuk membuat kerajinan perca dengan potongan-potongan kain berbentuk segi empat. Pola yang paling sederhana yang bisa Anda buat yaitu pola seperti papan catur yang berwarna-warni kontras. Anda juga bisa menggabungkan potongan- potongan kain tersebut membentuk pola zig zag, bintang, dan sebagainya. Pusatkan beberapa detil di bagian tengah kerajinan dengan warna kontras sehingga bisa menjadi lebih menarik. Kemudian Anda juga bisa membuat semacam frame yang juga terbuat dari potongan kain dengan warna berbeda sehingga polanya terlihat. Ada banyak sekali kreasi yang bisa Anda buat dengan potongan-potongan perca dalam berbagai bentuk dan warna. Anda bisa belajar lebih banyak dari tutorial atau buku yang bisa didapat secara gratis ataupun berbayar di internet. Setelah mulai menguasai tekniknya, Anda bisa menciptakan kreasi-kreasi baru yang bernilai seni tinggi dari kain perca.


Jenis-jenis jahit perca


Ada beberapa jenis Jahit Perca ditinjau dari cara pembuatannya adalah: 1. Cara acak (tak beraturan) Jahit perca cara acak (tak beraturan) adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain dengan bentuk dan ukuran potongannya tidak sama, kemudian guntingan- guntingan tersebut dijahit sesuai dengan desain. Berikut ini adalah contoh karya jahit perca teknik acak. 2. Cara jiplakan pola (template) Jahit perca teknik jiplakan pola adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang dipola terlebh dahulu, dan selanjutnya dijahit sesuai dengan rencana. 3. Cara tumpang tindih (overlapping) Jahit perca teknik tumpang tindih adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang di pola terlebih dahulu dengan cara meletakkan pola bagian tengah diatas kain telah disiapkan dan selanjutnya dijahit bagian tepinya, kemudian tindihlah dengan pola berikutnya dengan cara dijahit dengan arah dari tengah ketepi hingga selesai secara keseluruhan. 4. Cara jahit jelujur Jahit jelujur adalah teknik yang biasanya digunakan untuk memberi kesan keindahan. Untuk menggabungkannya tetap dikerjakan dengan teknik jahit mesin. Cara ini sifatnya hanya penghias, maka dapat diterapkan baik pada teknik acak, teknik template, teknik overlapping maupun teknik pola geometris. 5. Cara pola geometris. Teknik jahit perca menggabungkan guntingan kain dengan bentuk polapola geometris (segi tiga, segi empat, segi lima dan bentuk-bentuk lainnya) yang terukur dan selanjutnya dijahit sesuai dengan desain.

Cara Membuat Kerajinan dari Kain Perca >>


 Tas jinjing Bahan & Alat: · Benang warna merah + Jarum · Mesin jahit (bisa juga jahit tangan)
· Gunting · Perca warna warni (kain bebas) · 1/2 m kain blacu · 1/2 m kain flanel motif untuk bagian dalam

Cara membuat :


1. Gabungkan kain perca satu demi satu, kreasi bebas, namun diusahakan warna dibuat kontras.

2. Selanjutnya, buat dahulu tas dari kain blacu, seperti berikut; · Potong kain blacu, lebar 50 cm panjang 100 cm · Jahit membentuk kantong ukuran 50 x 50 cm · Rapikan jahitan bagian pojok bawah kanan dan kiri · Pasang bagian dalam tas, sebelumnya lakukan cara yang sama dengan cara membuat tas

3. Lanjutkan dnegan memotong kain blacu untuk tali tas. 2 helai tali dengan lebar 10 cm dan pajang 100 cm Setelah dijahit sesuai ukuran, pasangkan pada tas.

4. Kemudian, pasang aplikasi dari perca pada bagian depan tas


 Ransel Bahan & Alat : · Kain katun polos (contoh : orange) · Kain perca bermotif anak (untuk hiasan) · Benang sulam bergradasi/ polos · Kain kapas (untuk bagian dalam) · Kain flanel (jika diperlukan untuk hiasan) · Busa, resleting dan tali tas + ring D


 Cara Membuat :


1. Potong kain katun sesuai pola tas ransel.
2. Potong busa, sama dan sesuai pola tas.
3. Jahit kain yang disatukan dengan busa/kain kapas, sesuaikan dengan ujung-ujung pola guntingan.
4. Sulam hiasan di depan tas, sebelumnya buat dahulu hiasan ransel dari kain perca; - Buatlah dahulu gambar/pola hiasan, pada contoh, digambarkan bukit. - Untuk membuat pohon, pilih perca berwarna coklat potong memanjang (batang) Untuk daun, pilih perca hijau bermotif, potong melingkar. - Untuk membuat matahari, perca warna kuning, potong bulat, sinarnya dengan sulaman benang gradasi. - Bentuk pesawat, kreasikan perca biru bermotif,
potong segitiga. Tumpuk dengan badan pesawat, dari perca coklat yang dipotong lonjong, dengan ekor segitiga dari kain perca coklat. - Jerapah, dibuat dari kain perca kuning bermotif yang dipotong bulat (untuk kepala) dan lonjong untuk badan, kaki-kaki menyesuaikan besar dan panjangnya. Untuk leher, sebaiknya dipilih warna berbeda, dalam contoh orange. - Bisa juga membuat hiasan dari motif yang ada di perca.
5. Terakhir, pasangkan resleting dan tali.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang makalah kerajinan tekstil tas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tugas prakarya dan kewirausahaan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.slideshare.net/Mariana10_/kewirausahaan-kerajinan-kain-perca

0 komentar:

Post a Comment