, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bentuk-Bentuk Jahitan Kaos

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Bentuk-Bentuk Jahitan Kaos
  belajar menjahit baju kaos - Kaos adalah pakaian sederhana ringan untuk tubuh bagian atas, biasanya berlengan pendek tanpa kancing dan kerah, dengan leher bulat. Kaos atau T-Shirt pada awalnya digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20. Sejarah penggunaan nama T-shirt, tidak diketahui secara pasti. Teori yang paling umum diterima adalah nama T-Shirt berasal dari bentuknya yang menyerupai huruf "T", atau di karenakan pasukan militer sering menggunakan pakaian jenis ini sebagai "training shirt".

T-shirt alias kaos oblong ini mulai dipopulerkan sewaktu dipakai oleh Marlon Brando pada tahun 1947. Perlahan namun pasti, kaos tidak lagi hanya digunakan sebagai pakaian dalam tetapi juga sebagai pakaian sehari-hari. Kain yang biasa digunakan untuk membuat kaos adalah cotton atau poliester (bisa jadi gabungan keduanya). Sifat kedua jenis bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.

Kain bahan kaos memiliki tekstur yang berbeda dengan kain yang lain sehingga cara menjahitnya pun tentu berbeda. Terdapat beberapa macam jenis atau tipe jahitan yang sering digunakan dalam menjahit kaos dan menjadi standar mutu dari kaos tersebut. Antara lain seperti jahit obras, jahit overdeck, jahit rantai dan jahit lurus.

1.   Jahit Obras


Jahit Obras biasanya digunakan untuk menggabung badan depan dan belakang, lengan dan di leher.
 
Jahitan Obras

2.   Jahit Overdeck

Jahit Overdeck biasanya digunakan untuk menjahit ujung lengan, ujung bagian bawah kaos dan krah kaos bagian dalam.
 

Jahitan Overdeck
3.   Jahit Rantai

Jahitan RantaiJahit Rantai biasanya digunakan untuk menjahit bagian atas kaos. Jahit Rantai menggunakan mesin jahit jarum 2 disebut rantai karena bentuk jahitannya yang mirip rantai.

4.   Jahit lurus

Jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Jahitan ini jarang digunakan pada kaos standar distro tetapi digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

Dalam usaha konveksi dikenal beberapa jenis mesin jahit dengan fungsi, kecepatan dan hasil jahitan yang berbeda. Pada dasarnya mesin jahit biasa dapat digunakan untuk menjahit kaos tetapi hasilnya tidak akan sebaik jika menggunakan mesin yang biasa digunakan untuk industri kaos. Mesin jahit yang umum digunakan antara lain adalah mesin jahit high speed, mesin obras, mesin overdeck dan mesin jahit jarum dua rantai.

1.   Mesin jahit high speed

Mesin jahit ini memiliki kecepatan tinggi dan menghasilkan jahitan yang stabil dan rapi, sehingga baik bila digunakan untuk bahan kaos.
 

Mesin Jahit
2.   Mesin Obras

Selain berfungsi merapikan jahitan, mesin ini juga digunakan untuk menjahit lipatan lengan dan lipatan kaos bagian bawah. Jahitan yang dihasilkan mesin obras kaos ini mirip dengan jahitan mesin obras biasa. Pada mesin obras biasa hanya untuk merapikan jahitan dengan cara memotong tepian jahitan.
 

Mesin Jahit

3.   Mesin Jahit Overdeck


Mesin JahitMesin jahit overdeck  berfungsi merapikan jahitan dengan menutup sempurna jahitan di atas permukaan kain. Pada kaos, jahitan overdeck digunakan untuk menjahit krah kaos bagian dalam. Bagian yang dijahit menggunakan mesin ini akan terlihat rapi menutupi jahitan, sehingga jahitan akan terlindungi, tidak mudah lepas, dan awet.


4.   Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

Mesin JahitMesin ini biasa digunakan untuk menjahit kaos distro. Jahitan dua rantai ini berfungsi merapikan bagian bahu atas, yang menghubungkan krah dengan lengan kaos.
 
Tags : jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian
 

Jenis Jahitan Kaos


  Siapa sih yang gak suka pakai kaos ? terutama kalau lagi panas gerah atau lagi nyantai dipantai wuih adem banget rasanya . Kaos atau yang biasa dikenal dengan sebutan T-Shirt ini merupakan trend fashion yang abadi , tidak mudah dimakan zaman . Mungkin karena bentuknya yang simpel sehingga orang dengan mudah memakainya dan melepasnya tanpa perlu membutuhkan waktu lama . Selain bahannya yang biasanya adem , tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis sehingga enak dipakai .

Kaos oblong atau T-shirt ini sendiri juga terdiri dari berbagai macam sablon seperti sablon plastisol dan sablon rubber , sablon plastisol biasanya hasil sablonan tampak mengkilap dan lebih ngejreng tapi akan cepat pudar jika sering dicuci , sedangkan sablon rubber hasil sablonan nampak masuk atau menyerap kain sehingga hasil sablonan kurang begitu memikat namun awet meski dicuci berkali-kali . Jahitan pada kaos itu sendiri bermacam-macam , diantaranya :


1.    Jahit obras
Jahitan obras biasanya berfungsi untuk merapikan pinggiran kain agar tidak melinting sehingga tampak cantik dipandang . Jahitan obras pada kaos biasanya ditemukan pada daerah badan depan dan belakang , leher atau lengan . Untuk menghasilkan jahit obras tentunya menggunakan mesin jahit obras , mesin jahit obras itu sendiri ada 2 tipe yakni tipe 4 benang dan 3 benang . Untuk tipe 4 benang ini cocok untuk menghasilkan obrasan pada kaos karena menggunakan 2 jarum yakni jarum untuk menjahit dan jarum untuk mengobras .

jahit+obras
2.    Jahitan overdeck
Jahitan overdeck pada kaos bisa ditemukan di daerah ujung lengan , ujung bagian bawah kaos dan kerah kaos bagian dalam . Dalam dunia konveksi , mesin jahit overdeck ini biasa disebut mesin jahit kamput , selain untuk kepentingan menjahit daerah ujung lengan dsb , mesin jahit overdeck ini juga biasa digunakan pada jenis celana training/olahraga untuk membuat lis .
jahit+overdeck
3.    Jahitan rantai
Jahitan rantai ini mulai marak ditemukan pada kaos – kaos distro . Kenapa disebut jahitan rantai ya karena bentuknya memang seperti rantai . Jahitan rantai bisa ditemukan dibagian atas kaos seperti area pundak kanan , pundak kiri dan belakang leher . Awalnya tujuan digunakannya jahitan rantai pada kaos adalah untuk mempermudah pengerjaan menjahit kaos namun seiring berjalannya waktu kini dianggap sebagai acuan tersendiri sehingga kaos tampak rapi dan berkualitas .

jahit+rantai
4.    Jahitan lurus
Jahitan lurus adalah jenis jahitan yang umum digunakan pada seluruh bagian kaos dalam jumlah banyak , sedangkan pada kaos distro jarang digunakan karena lebih banyak penggunaan jahitan rantai daripada jahit lurus .


Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin BB 75F08617
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta






























Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Akhirnya, Cara Menjahit di 2016 Terungkap !






Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang belajar menjahit baju kaos

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang BIAYA KURSUS

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/bentuk-bentuk-jahitan-kaos

0 komentar:

Post a Comment