, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

4 Cara Membuat Sarung Bantal Kursi dari Kain Perca

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
4 Cara Membuat Sarung Bantal Kursi dari Kain Perca
 alat dan bahan untuk membuat sarung bantal kursi - Memang keberadaan fiurnitur dalam rumah berperan penting untuk mempercantik ruangan. Bahkan rumah yang sederhana dapat disulap menjadi lebih mewah dan menarik dengan menggunakan furniture. Apalagi dalam ruang tamu, keberadaan furniture sangat diperlukan untuk mempercantik ruang tamu. Karena ruang tamu adalah spot utama yang menjn adi pusat perhatian para tamu yang berkunjung.

Selain furniture penambahan pelengkap seperti bantal kursi juga dapat diaplikasikan pada kursi ruang tamu agar lebih menawan. Jika Anda memiliki kursi dengan desain yang tetap selama bertahun-tahun tidak menjadi masalah, karena jika bosan Anda tidak perlu mengganti kursi tamu Anda dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, Anda hanya perlu sedikit berkreasi dengan membuat sarung bantal sendiri. Apalagi jika Anda memiliki beragam kain bekas, hal itu sangatlah bermanfaat. Berikut adalah Cara Membuat Sarung Bantal Kursi dari Kain Perca.

Sebelum memulai siapkan terlebih dahulu alat dan bahan sebagai berikut:


    Kain perca / kain bekas dari baju tak terpakai
    Gunting
    Penggaris
    Jarum jahit dan benang
    Busa bekas dari sarung bantal lama
    Aksesoris pelengkap seperti resleting, pita, renda, kancing, payet, dan sebagainya.

Berikut 4 Cara Membuat Sarung Bantal Kursi dari Kain Perca:


    Setelah semua bahan tersedia, ukur dahulu panjang dan lebar sarung bantal sebelumnya. Untuk cushion standard biasanya memiliki ukuran persegi berkisar 30 x 30 cm. Ukur dan gunting kain perca menjadi 30 x 30 cm (tergantung kreasi, kain perca dapat dicampur menjadi 2, 3, atau 4 bagian corak dan motif).

    Setelah itu lapisi kain perca ukuran 30 x 30 cm tadi dengan kain perca lagi berukuran sama untuk memperkuat ketahanan kain agar tidak mudah robek. Buat dua sisi, depan dan belakang kemudian jahit dan sisakan bagian atas untuk tempat resleting dan mengisi busa.

    Setelah itu ukur resleting  dan jahit resleting. Untuk mempercantik tampilan sarung bantal Anda dapat menambahkan aksesoris lain seperti renda, pita, kancing, dll di sisi tengah atau kiri – kanan bantal sesuai ide dan kreasi Anda masing masing. Buat semenarik mungkin.

    Siapkan busa bantal sebelumnya dan masukkan ke dalam sarung bantal kreasi Anda tadi, dan sarung bantal kursi kain perca buatan Anda sendiri telah siap untuk dipajang di kursi tamu Anda. 

Alat dan Bahan


Ada teman yang menanyakan, apa aja sih alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kreasi perca?
Alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

    Gunting
    Jarum jahit mesin
    Jarum jahit tangan
    Jarum pentul
    Peniti
    Mesin jahit
    Rotary cutter dan Cutting mat ( jika ada )
    Penggaris
    Meteran
    Cukit/ pendedel
    Setrika
    Bidal/ tudung jari tangan

Nah, bahan utama untuk berkreasi so pasti adalah kain perca segala jenis, katun, wool, tenun, songket, kaos, brukat dan bahkan kain vuring.
Semua bahan ini saya dapat dari penjahit secara gratis. Ada juga beberapa kain utuh sisa gulungan yang saya beli dari toko kain. Biasanya ukurannya kurang dari satu meter yang dihargai sekitar Rp 5.000 per lembar. Waw murah banget ya....
Selain kain perca, saya juga memakai bahan lain tergantung dari kreasi yang dibuat. Misalnya kalau saya buat selimut, tentu saya butuh dakron dan kain pelapis jenis katun. Kalau buat sarung bantal kursi, saya butuh busa angin. Dibawah ini adalah beberapa bahan pendukungnya yang mudah ditemukan di toko yang menjual alat-alat menjahit dan toko benang.

    Viselin/ kain pengeras
    Velcrow/ perekat
    Retsleting
    Kancing hias
    Dakron/ silicon
    Koldore/ busa angin
    Bingkai

    Benang jahit
    Benang sulam

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang alat dan bahan untuk membuat sarung bantal kursi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Serat

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://hobiperca.blogspot.co.id/2010/05/alat-dan-bahan.html

0 komentar:

Post a Comment