, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara menjahit ban rok anak sekolah

cara menjahit ban rok anak sekolah

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
cara menjahit ban rok anak sekolah


Cara Menjahit Rok (tanpa obras)


cara menjahit ban rok anak sekolah-Masih ingat artikel cara membuat pola dasar rok? Nah.. sekarang saatnya memotong pola di kain dan menjahitnya. Alat yang kita butuhkan untuk memotong pola di kain adalah :

    Jarum pentul
    Pensil kain
    Rader
    Meteran kain
    Karbon jahit (jangan sampai salah karbon kertas ya)
    Gunting kertas 
    Gunting kain
    gunting kain ini berbeda dengan gunting kertas, harganya agak mahal sekitar 25-100rb an. Jangan pernah sekali-kali memotong kertas dengan gunting kain. Gunting kain akan menjadi tumpul.

Sedangkan untuk menjahit memerlukan :

     Mesin jahit
    Benang jahit
    Pendedel


Cara:

– Letakkan pola bagian depan di bagian kain yang ada lipatannya. Sehingga jika pola selesai di potong bagian kain hanya berupa satu lembar.


– Letakkan pola bagian belakang di bagian kain yang terpisah

- Setelah kain dipotong, maka selanjutnya adalah menyalin tanda jahitan. Sisipkan karbon kain ke dalam lipatan kain. Bagian yang berisi tinta menghadap ke kain. Kemudian gerakkan rader mengikuti pola di kain




- Karena saya tidak menggunakan mesin obras untuk merapikan pinggiran kain, maka saya jahit lipatan kecil dengan lebar 0.5 cm



- Kemudian jahit bagian kupnat dan bagian belakang rok sebatas panjang resleting

Jika anda menggunakan resleting jepang, maka silahkan baca artikel di otodidak mengenai menjahit resleting jepang.

- Setelah bagian belakang terpasang resleting, dan seluruh kupnat telah dijahit maka lanjutkan menyambung dengan rok bagian depan. Cara menyatukan jahitan adalah menyatukan tanda jahitan (bekas rader).
Untuk pemula bisa dengan menjelujur. Jika anda sudah cukup mahir dengan mesin jahit gunakan jarum pentul. Sekarang bentuk rok sudah mulai terlihat. Berikutnya menyiapkan ban pinggang.

- Potong kain selebar 12 cm. dan kain keras (viselin) selebar 4 cm. Panjang kain adalah lingkar pinggang + 5 cm (untuk tempat kaitan/hak) + 2 cm (untuk kampuh)

- Lipat kain menjadi 2, gunakan setrika agar lipatan rapi. Tempatkan kain keras (viselin ban pinggang) diantara lipatan, bagian yang mengandung lem menghadap kain. setrika agar kain keras menempel pada kain. Kemudian jahit pada ujungnya.


Kemudian balik kain dengan melipat ujung kampuh kedalam. Sehingga berbentuk ban pinggang.

- Sambungkan ban pinggang dengan bagian rok. Bagian ban pinggang yang ditempel viselin menghadap ke depan. Lebihkan 5 cm pada bagian kanan rok


- Setelah ban pinggang bagian depan terpasang, rapikan kembali bagian dalam dengan memasukkan kampuh ke dalam ban pinggang. Selesaikan dengan menjahit dari bagian depan rok persis di bawah ban pinggang.

- Setelah ban pinggang terpasang. Silahkan coba rok untuk mengukur panjang rok. Jika sudah pas, lakukan finishing bagian bawah. Bisa dengan cara di jahit atau di som (hemming)

- Akhirnya.. rok pun jadi. Jika dalam proses menjahit anda sering salah atau kain terlipat. Jangan putus ada. Gunakan pendedel untuk membongkar jahitan. Semakin sering berlatih semakin membuat kita belajar.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menjahit ban rok anak sekolah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara mengelola kertas

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment